Salam Peduli ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Redaksi   |  Biro Daerah

Kamis, 22 September 2011

Peringatan Hari Jadi Karawang Ke 378


Karawang, Radar Nusantara-

Tepat pada tanggal 14 September 2011, Kabupaten Karawang merayakan hari jadinya yang Ke-378 tahun. Guna memeriahkan kegiatan tersebut, Pemerintah Kabupaten Karawang mengelar beragam event kegiatan untuk dinikmati masyarakat. Puncak Kegiatan Peringatan Hari Jadi tersebut dilaksanakan dengan menggelar Sidang Paripurna Istimewa DPRD, Rabu (14/9).

Sidang paripurna istimewa tersebut turut dihadiri oleh Kepala Badan Koordinasi Pemerintah Provinsi (BKPP) Wilayah II Purwakarta, Drs. H. Ruchyat, M.Si yang mewakili Gubernur Jawa Barat, H. Ahmad Heryawan. Dalam sambutan tertulisnya, Gubernur Ahmad Heryawan mengucapkan selamat Hari Jadi Ke-378 kepada Pemerintah Daerah dan seluruh masyarakat Karawang. ”Semoga dengan hari jadi ini, Pemerintah Daerah dapat termotiivasi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Gubernur melanjutkan, prestasi Kab. Karawang sebagai lumbung beras dan pemasok kebutuhan beras nasional sangat membangkan, sehingga perlu dipertahankan dan ditingkatkan. Kab. Karawang saat ini pun terus berkembang sebagai daerah industri. ”Namun demikian, keberadaan industri tersebut diharapkan tidak akan menggerus lahan pertanian yang ada,” tuturnya.

Untuk itu, Gubernur berpesan kepada Pemerintah Daerah untuk terus menjaga lahan pertanian agar tidak dikonversi untuk penggunaan lainnya, karena dapat membahayakan ketahanan pangan di tingkat provinsi maupun nasional. ”Pemerintah Daerah agar tidak mengizinkan alih fungsi lahan pertanian, karena saya yakin bahwa dengan pembangunan sektor pertanian yang baik akan membawa kesejahteraan bersama,” imbuhnya seraya mengingatkan untuk tetap mengembangkan sektor lainnya, seperti industri, sumber daya manusia, UKM, pendidikan dan pemerintahan.

Di sisi lain, Bupati Karawang, H. Ade Swara mengatakan, mengawali usianya yang ke- 378 tahun, Kab. Karawang mulai memasuki era baru dalam proses pembangunan daerah ”Khususnya dalam mewujudkan Visi baru Kabupaten Karawang yaitu, Karawang Sejahtera Berbasis Pembangunan Berkeadilan Dilandasi Iman Dan Taqwa,” ujarnya.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, kesejahteraan rakyat merupakan titik akhir yang dituju dalam setiap program pembangunan yang akan dilaksanakan. Guna mencapai tujuan tersebut, Pemerintah Daerah pada tahun ini telah menetapkan kebijakan penanggulangan kemiskinan, yang diwujudkan melalui strategi penanggulangan kemiskinan daerah. Keberhasilan program-program penanggulangan kemsikinan tersebut diantaranya dapat terlihat dari keberhasilan penanganan program beras untuk keluarga miskin atau raskin,  dimana Pemerintah Pusat akhirnya menetapkan Kabupaten Karawang sebagai Pilot Project Program Nasional Fortifikasi Raskin.

Di sisi lain, upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat juga diimplementasikan melalui berbagai kebijakan lintas sektor, khususnya di sektor Pendidikan, Kesehatan, dan Ekonomi Kerakyatan.
Pemerintah Daerah sendiri saat ini tengah berupaya mengembangkan kawasan perkotaan Cikampek, disamping kawasan perkotaan Karawang Kota dan Rengasdengklok. Pengembangan kawasan perkotaan Cikampek tersebut adalah untuk mendukung pengembangan Pusat Kegiatan Wilayah (PKW) Cikampek – Cikopo dengan dominasi kegiatan berupa permukiman perkotaan, perdagangan dan jasa, dan pengembangan industri.

Pada bidang Pemerintahan, lanjut Bupati, Sedangkan pada bidang pemerintahan, Pemerintah Daerah tengah membahas rancangan Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) pemerintahan yang baru, yang  diantaranya rencana membentuk Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman dan Badan Penanaman Modal dan Perizinan. dengan harapan pembentukan lembaga dan kegiatan operasionalnya dapat berlangsung pada tahun 2012 mendatang.

Bupati juga menambahkan Pada bidang Kependudukan, Kab. Karawang telah ditunjuk Kementerian Dalam Negeri sebagai salah satu daerah yang menerapkan kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP). E-KTP ini menggunakan autentikasi biometrik (sidik jari), yang mampu mencegah adanya pemalsuan maupun KTP Ganda karena terhubung langsung dengan sistem AFIS atau Automated Fingerprint Identification System yang terpusat di Jakarta.

Kaitan dengan program Corporate Social Reponsibility (CSR) Perusahaan, Pemerintah Daerah akan membentuk lembaga independen yang menangani CSR, yang beranggotakan unsur Pemerintah Daerah, Swasta, dan masyarakat sipil. keberadaan lembaga tersebut, diharapkan dapat menjadikan CSR sebagai bagian dari investasi dan strategi bisnis perusahaan guna menjamin keberlanjutan perusahaan, serta menciptakan kehidupan masyarakat yang lebih sejahtera dan mandiri. Sehingga pada akhirnya, baik dunia usaha maupun masyarakat akan bersama-sama mendapatkan hasil yang bermanfaat.

Sementara itu, rangkaian kegiatan lainnya yang diselenggarakan untuk memeriahkan Hari Jadi Kab. Karawang Ke-378 antara lain adalah Mancing Massal Gratis, Khitanan Masal disetiap kecamatan, Binojakaran / Festival Wayang Golek, Pameran Kegiatan PNPM Mandiri, Pawai Kendaraan Hias dan Helaran Budaya, Bajidoran, serta Kolaborasi Wayang Golek dan Wayang Kulit. (Limbong) 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar untuk memberikan tanggapan/ pertanyaan.