Salam Peduli ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Redaksi   |  Biro Daerah

Minggu, 05 Februari 2012

Seni Dapat Menciptakan Kebersamaan, Kerukunan dan Mempererat Rasa Persatuan

Sergai, Radar Nusantara

Seni dapat membuat kehidupan manusia menjadi lebih indah, perkembangan masyarakat tidak terlepas dari kesenian sebagai salah satu unsur dari kebudayaan yang mendukung perkembangan kehidupan dan ilmu pengetahuan. Karena melalui seni diyakini dapat menciptakan kebersamaan, kerukunan kehidupan beragama dan mempererat rasa persatuan dan kesatuan.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Soekirman yang dalam kesempatan ini didaulat menjadi dalang pada acara temu kangen bedah budaya Paguyuban Pujakesuma se-Kabupaten Sergai di Balai Pertemuan Dusun III Desa Mainu Tengah Kecamatan Dolok Merawan, Sabtu sore (4/2).

Wabup Soekirman mengucapkan terima kasih atas perhatian Perseroan Terbatas Perkebunan Nusantara (PTPN) IV Kebun Pabatu atas bantuan CSR kepada masyarakat berupa pembangunan jalan Desa Mainu Tengah sepanjang 800 m. Selain kepada PTPN IV, Wabup Soekirman juga menyerahkan piagam penghargaan kepada tiga orang tokoh masyarakat yang menghibahkan tanah untuk gedung Poskesdes dan PAUD sebagai perwujudan Gerbang Swara serta memberikan bantuan tali asih kepada anak yatim piatu.

Acara yang mendapat antusiasme tinggi dari masyarakat setempat juga turut dihadiri Camat Dolok Merawan M. Syafransyah Nasution P. S.STP, mewakili Dinas Parbudpora Arya Trijaya SPd, Wakil Manager PTPN IV Kebun Pabatu Ir. H. M. Abdi Damanik, Danramil Dolok Merawan Kapt. Inf Jonson Sinaga, mewakili Kapolsek Dolok Merawan, alim ulama, tokoh masyarakat Suwito dan para pemerhati budaya wayang.

Dengan terselenggaranya pagelaran wayang kulit ini selain mengkajipemahaman filsafat budaya Jawa diharapkan makna ataupun pesan-pesan yang disampaikan kepada masyarakat yang tidak hanya diterima suku Jawa saja tetapi juga mencakup suku-suku lainnya. Sehingga rasa kebersamaan antar suku etnis yang berada di wilayah tanah bertuah negeri beradat ini dapat terjaga dalam mewujudkan pembangunan Kabupaten Sergai semakin maju dan makmur.

Pagelaran wayang kulit semalam suntuk yang didalangi Wabup Soekirman diiringi musik tradisional gamelan dan gending asli dengan melakonkan cerita berjudul ”Tapa Ngeli” yang mengandung pesan antara lain hendaknya manusia itu berserah diri, ikhlas dalam menjalani kehidupan, tidak salah jalan dan tetap mensyukuri segala nikmat yang diberikan.

Disamping itu juga mengetengahkan pentingnya peranan masyarakat untuk bersama-sama dengan pemerintah dalam melaksanakan, mendukung suksesnya pembangunan nasional maupun pembangunan di Kabupaten Sergai karena sekecil apapun yang kita berikan akan memberikan manfaat yang besar bagi negara dan bangsa, ujar Wabup Soekirman.

Lebih lanjut Wabup Soekirman juga menghimbau pentingnya membayar pajak tepat pada waktunya, karena pajak yang dibayar oleh masyarakat merupakan salah sumber pendapatan bagi negara maupun daerah yang akan dipergunakan untuk biaya pembangunan berbagai infrastruktur bagi kelangsungan hidup masyarakat.

Saat mendalang Soekirman juga menitipkan pesan bagi para orang tua untuk mengawasi anak-anaknya agar terhindar dari penyakit masyarakat seperti penyalahgunaan narkoba, perjudian, tawuran dan kebut-kebutan di jalan raya. Secara khusus diungkapkan Wabup Soekirman, bahwa dari data yang diperoleh dari Polresta angka kecelakaan yang terjadi di kawasan jalan raya terutama di sepanjang jalinsum di daerah ini sangat tinggi dalam jangka waktu dua hari sekali memakan korban jiwa dan diantara korban lalu lintas didominasi anak-anak remaja dari usia 16 -22 tahun. (dm)

Wakil Bupati Sergai Ir. H. Soekirman didampingi Camat Dolok Merawan M Safransyah P. Nasution, S.STP, unsur Muspika Kecamatan Dolok Merawan dan Wakil Manajer PTPN IV Kebun Pabatu Ir. H.M. Abdi Damanik photo bersama dengan Anak Yatim/Piatu penerima santunan pada acara temu kangen Paguyuban Pujakesuma se-Kabupaten Sergai sekaligus syukuran atas pembangunan jalan bantuan CSR dari PTPN IV Kebun Pabatu di Balai Pertemuan Dusun III Desa Mainu Tengah Kecamatan Dolok Merawan, Sabtu sore (4/2)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar untuk memberikan tanggapan/ pertanyaan.