Salam Peduli ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Redaksi   |  Biro Daerah

Kamis, 24 Mei 2012

P2WKSS Membentuk Masyarakat Kreatif Yang Mandiri

KADER P2WKSS- bersama-sama mengelola lahan sekitar demi mensejahterakan masyarakat

Bogor, Radar Nusantara

Kelompok Kerja P2WKSS mengembangkan program P3, pertanian, peternakan, perikanan
dan berbagai macam kegiatan yang meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Bagi masyarakat kampung cikondang meningkatkan kesejahteraan adalah hal yang paling utama. Dengan program kegiatan yang dilakukan banyak menghasilkan lapangan  kerja baru dan berbagai macam hasil pangan yang dibina dalam P2WKSS.

Luar biasa!! itulah kalimat yang akan keluar begitu kita melihat sebuah kelurahan yang memiliki potensi yang begitu luar biasa bagi masyarakat sekitar. Dahulu kelurahan Katulampa Bogor Timur merupakan daerah yang bisa dibilang terbelakang dimana keadaan sekitar masih tertinggal khususnya di daerah cikondang , sebelum adannya bantuan dari berbagai dinas setempat untuk membentuk program P2WKSS. Sebagai contoh dimana adanya program P3 yaitu Pertanian, Perikanan, dan Peternakan, yang masing-masing mendapat bantuan dari dinas pertanian, ketahanan pangan dan juga dinas cipta karya dan tata kota. Selain itu juga telah didirikannya posyandu, juga kegiatan-kegiatan yang menunjang khususnya bagi ibu-ibu yang lebih dikenal dengan nama KWT atau singkatan dari kelompok wanita tani.

Kreatif  juga Mandiri itulah hal yang patut dibanggakan dari kampung  ini, ketika wartawan Radar Nusantara mengunjungi daerah tersebut,  Dimana di bidang pertanian berbagai macam  tanaman, sayur-sayuran, buah-buahan ditanam disini selain itu juga berbagai produk makanan dan minuman  dihasilkan oleh ibu-ibu KWT tersebut. dari bunga Rossella berkat kreasi ibu-ibu KWT didapatkan hasil berupa selai, sirup, dan agar-agar, juga keripik singkong, keripik pisang, bahkan dodol bisa dihasilkan dari tanaman lidah buaya, selain itu dibidang perikanan dan juga peternakan kurang lebih sebanyak 1000 ekor ikan dan 11 ekor kambing dibudidayakan disini. Juga lahan kosong di pekarangan rumah warga dijadikan lahan untuk ditanami berbagai macam tanaman sehingga hasilnya dapat dijual untuk menambah penghasilan warga sekitar. Sehingga program ini telah membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat sekitar yang dapat membantu juga meningkatkan kesejahteraan warga sekitar dan juga para pengusaha kecil “setelah kegiatan P2WKSS berjalan banyak orang-orang dari dinas setempat memesan dan  juga lebih memperhatikan kegiatan kami “ Ujar Husen.
   
Selain dibidang pertanian, perikanan, dan peternakan, disini juga diberikan bantuan berupa Rumah Binaan yang dimana tujuan dari rumah binaan itu adalah untuk memperbaiki kehidupan masyarakat  khususnya bagi yang tidak mampu untuk menuju rumah yang sehat. Berbagai sarana diberikan berupa WC,Bak Sampah, dan posyandu yang setelah hampir 15 tahun tidak memiliki bangunan ketika kegiatan P2WKSS berjalan dibangunlah posyandu yang melayani masyarakat tanpa memungut biaya sedikitpun dikarenakan “ bagi kita posyandu ini dibangun untuk warga bukan untuk mencari keuntungan semata” Tegas Ibu Hj. Wiwin sebagai ketua Posyandu cikondang.

Berbagai prestasi pun telah ditorehkan oleh kampung cikondang ini, penilaian P2WKSS yang dilakukan oleh pemerintah setempat, menjadikan kampung Cikondang Kelurahan Katulampa bogor  timur ini sebagai juara, dimana penilaian dilihat dari beberapa aspek mulai dari kebersihan, lahan hijau hingga aspek-aspek yang dinilai penting oleh panitia. Kebersihan bisa dilihat dengan tidak terlihatnya sampah di aliran kali dan juga adannya mata air yang dialirkan kerumah-rumah warga sehingga tanpa harus memasang air bersih kepada pemerintah warga dapat menikmati air bersih untuk kehidupan sehari-hari, begitu alaminya daerah tersebut dikarenakan pengelolaan alam sekitar yang  baik oleh masyarakat sekitar .

Harapan warga semoga pemerintah lebih memperhatikan lagi kegiatan masyarakat sekitar, yang dapat memberikan dana bantuan tidak hanya pada acara-acara tertentu saja dikarenakan masyarakat membutuhkan bantuan untuk memajukan kesejahteraan masyarakat sekitar , yang dengan bantuan tersebut dapat membantu juga membuka berbagai lapangan pekerjaan demi memberikan kesempatan kepada warga untuk dapat memiliki kehidupan yang lebih baik lagi dengan adannya kegiatan P2WKSS ini. (dod/ich)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar untuk memberikan tanggapan/ pertanyaan.