Salam Peduli ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Redaksi   |  Biro Daerah

Jumat, 14 Desember 2012

Disinyalir Pendirian PT MPP di Garut Ilegal

Mansur dan Jujun dari PT MPP Garut saat berbincang dengan wartawan
Garut, Radar Nusantara

Minuman dalam kemasan kian hari semakin marak merknya, termasuk pemasarannyapun marambah ke berbagai daerah. Bukan saja di Kota besar memasarkan produk tersebut, tetapi suadah ke pelosok daerah, termasuk munculnya agen dan sub agen dari pemasaran tersebut.

Dengan munculnya agen atau sub agen, pastilah membutuhkan tempat penampungan barang barang tersebut. Suatau missal gudang tempat transitnya barang yang dipasarkan. Seperti halnya sebuah  perusahaan minuman kemasan yang yang menamakan perusahaannya  PT MPP dan berdiri di Kampung Cimaragas, Desa Ngamplangsari Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut,  dan merupakan salah satu Cabang dari Bandung. PT MPP yang bergerak di bidang makanan dan minuman, satu diantaranya produk yang dipasarkan dan diedarkan di Kabupaten Garut adalah Susu Angline dan  beberapa produk lainnya.

Ketika  wartawan Radar Nusantara melakukan investigasi, beberapa sumber yang namanya tidak mau untuk ditulis, mengatakan, bahwa pendirian kantor dan gudang di Kampung Cimarags ini tidak pernah melapor apalagi mengajukan  ijin.  Sehingga ijin dari lingkungan, mulai rukun tetangga (RT), rukun warga (RW), hingga desa dan kecamatan itu tidak ada, ujar sumber.

“Memang benar, perusahaan itu belum pernah melaporkan tentang pendirian gudang di daerah kami, apalagi mengajukan ijin. Ini juga menimbulkan pertanyaan beberapa tokoh masyarakat di lingkungan kami, “ tegas Hari Sekeratris Desa Ngamplangsari ketika dihubungi telpun selulernya. “ Ini jadi pertanyaan, apakah PT MPP ini legal atau tidak, masa perusahaan besar mengabaikan prosedur untuk melapor ke lingkungan ?” lanjut Sekdes.

 Ketika dilakukan konfirmasi ke pihak PT MPP, diterima oleh Mansur selaku Kepala PT MPP Kabupaten Garut yang didampingi oleh Jujun sebagai Supervisor, mereka tidak bisa memperlihatkan surat ijin pendirian di tempat tersebut.  Malah, mereka menyarankan untuk menanyakan surat ijin tersebut ke Kantor Pusat nya yang berada di Bandung. Bahkan, sang Supreviser, Mansur, mengatakan., “ Perusahaan ini bukan perusahaan besar. Tapi, perusahaan kecil…ya.perusahaan ecek.ecek.,” ujarnya seperti nada mengejek. Ada atau tidaknya surat ijin pendirian  gudang PT MPP di Kp. Cimaragas Desa Ngamplangsari Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut ? Ini merupakan pekerjaan rumah dan tugas kantor terkait yang membidangi perijinan untuk memantaunya. (HSs)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar untuk memberikan tanggapan/ pertanyaan.