Salam Peduli ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Redaksi   |  Biro Daerah

Jumat, 14 Desember 2012

Dugaan korupsi Dana Bos di Nisel Diekspos

Nias Selatan, Radar Nusantara

 Hasil penyelidikan kasus dugaan korupsi Dana Bos di Dinas Pendidikan Kabupaten Nias Selata, pihak kejakasaan Negeri Teluk Dalam ekspos ke Badan Pemeriksaan Keuangan Pemerintah ( BPKP ) Medan sebagai saksi untuk  perhitungan kerugian keuangan Negara. Hal ini di kemukan  Kasi Intel kejari Teluk Dalam Nixson Lubis, SH kepada Sejumlah Wartawan di ruang kerjanya Rabu (11/12) .

    Dari ekspos tersebut, Katanya,  BPKP menyarankan pihak penyidik  melengkapi bukti bukti  lainnya seperti bukti setoran ke Rekening sekolah serta dokumen – dokumen pendukung lainya sesuai dengan Juklak dan Juknis penggunaan Dana Bos dan keterangan saksi.  Pasalnya, dari  kekurangan bukti tersebut BPKP belum bisa melakukan perhitungan yang pasti atas nilai kerugian keuangan Negara.  “Namun, dari hasil ekspos terdapat indikasi kerugian keuangan Negara,” terang Nixson.

Untuk melengkapi bukti tersebut, Ungkanya, ada 17 orang lagi saksi  yang akan kita panggil untuk di mintai keterangan saksi, diantaranya, Manager Bos Ta. 2010, 2011 dan 2012 dan  termasuk guru PNS dan Guru tidak tetap ( GTT) pegawai Disdik serta para rekanan pengadaan barang dan jasa.  “ besok(hari ini-Red), Rabu,(12/12), kita akan periksa Kabid Dikdas PHT, dan Kabid Dikmen  JB serta Staf Disdik TL,” Tuturnya.

    Menindaklanjuti presentase dari  BPKP itu, lanjutnya, Kejari Teluk Dalam akan segera melakukan pemanggilan terhadap Manager Bos Propinsi Sumatera Utara untuk TA. 2010, 2011 dan 2012.  Pasalnya, tahapan prosedur pengusulan calon penerimaan Dana Bos serta Alokasi Dana yang diterima serta laporan realisasi penggunaan Dana tersebut berasal dari Kabupaten Nias Selatan untuk di teruskan ke Pihak Propinsi.  “ termasuk, SMP Negeri I Lahusa sebagai penerima,” Tukasnya.

    Seperti diketahui, Pengusutan dugaan korupsi Dana Bos  TA.2010, 2011 dan 2012 sebesar RP.550 Juta di SMP Negeri I Lahusa diduga dilakukan  Oknum Mantan Kepala Sekolah dan Saat ini menjabat  sebagai Kacabdis Lahusa SBA, sudah di tingkatkan ke Penyidikan oleh Kejaksaan Negeri Telukdalam. Bahkan, belum ini, Tim dari  Kejari Telukdalam di komandoi Nixson Lubis SH telah melakukan penggeledahan sekaligus penyitaan sejumlah  Dokumen yang berhubungan dengan  Dana BOS  di Kantor Dinas Pendidikan Nisel. Bukan hanya di Kantor Disdik saja, namun, Tim juga telah menggeledah Kantor SMP Negeri I Lahusa. Namun, dalam penggeledahan tersebut, tidak ada satu pun dokumen yang di sita. (Halawa)
   

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar untuk memberikan tanggapan/ pertanyaan.