Salam Peduli ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Redaksi   |  Biro Daerah

Senin, 29 April 2013

PT ASDP Luncurkan KMP Jatra III Paciran - Garongkong

Pengoperasian Perdana Pelabuhan Paciran Lamongan

Surabaya, Radar Nusantara

 Melalui pelabuhan penyeberangan (ro-ro) Paciran, Lamongan, PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (persero) optimis meramaikan bisnis pelayaran dan penyeberangan antar pulau di Indonesia. Terbukti, PT ASDP berhasil memberangkatkan KMP Jatra III dari Lamongan menuju ke Garongkong, Makassar, Jum’at (19/4).
Disampaikan Elvi Yosa, General Manager (GM) PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), pembangunan Pelabuhan Penyeberangan Paciran Lamongan rencananya akan diresmikan oleh Menteri Perhubungan dan disaksikan Gubernur Jatim pada 29 April mendatang. “Untuk pengoperasian pelabuhan Paciran ini, KMP Jatra III disiapkan sebagai pelayaran uji coba sebelum secara resmi pelabuhan Paciran diresmikan dan untuk memperkenalkan trayek Paciran-Garongkong kepada masyarakat,” ujarnya pada Radar Nusantara, Jum’at (19/4).

Menurur Elvi Yoza, mewujudkan amanah pemerintah, PT ASDP mempersiapkan KMP Jatra3 yang biasa melayani penyeberangan Merak-Bakauhuni untuk seterusnya akan ditempatkan di Paciran melayani penyeberangan Lamongan-Garongkong. Diketahui, KMP Jatra 3 jenis kapal roll on-roll off/roro mempunyai panjang (LOA) 89.95m, lebar (LPP) 84.30m , kecepatan 17 knot dengan call sigh Jatra3/YGJV berkapasitas penumpang sebanyak 300-400 orang, kendaraan pribadi 30 unit (di dek atas) dan truk sedang/TS 14 unit, truk besar/TB 20 unit (di dek bawah).

Pengoperasian perdana kapal roro KMP Jatra 3 milik ASDP itu berlayar tepat pukul 21.50 WIB kapal bergerak menuju laut lepas mengangkut Truk Besar (TB) bermuatan sembako dengan waktu tempuh 36 jam. “Fasilitas dermaga yang mendukung adalah salah satu faktor yang menentukan keberhasilan pelayaran ini,” jelas Elvi Yosa.

Dijelaskan Elvi Yoza, Pelabuhan Paciran Lamongan dibangun oleh Dinas Perhubungan Jatim merupakan pelabuhan pertama yang dikelola oleh PT ASDP cabang Surabaya di Jawa Timur. Letak pelabuhan yang strategis di pinggir jalan raya Paciran dan didukung dengan fasilitas parkirnya luas, ruang tunggu yang nyaman, sarana ibadah dan stand jajanan merupakan kenyamanan tersendiri bagi para calon penumpang.

Dari sisi darat, pelabuhan ini memiliki panjang klaster 800 meter dan mempunyai dermaga dengan panjang 200 meter yang mampu di sandari dua kapal. Sedangkan dari sisi laut, memiliki kolam dan alur pelayaran dengan kedalaman 10 -15 meter LWS, serta didukung fasilitas breakwater dari dua sisi sehingga aman bagi kapal yang sandar.

 Elvi Yoza menambahkan, pelabuhan Paciran Lamongan selain sebagai trayek baru ASDP, juga sebagai solusi mengatasi crouded pelabuhan Tanjung Perak. “Karena sebenarnya, pelabuhan penumpang kurang layak jika dijadikan satu dengan pelabuhan barang atau umum. Harapannya, kedepan semua kapal ro-ro bisa beroperasi di Pelabuhan Paciran,” pungkasnya. (Mah)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar untuk memberikan tanggapan/ pertanyaan.