Salam Peduli ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Redaksi   |  Biro Daerah

Jumat, 03 Mei 2013

Pelaksanaan Pilkades Tahun 2013

Kab. Tangerang, Radar Nusantara

Dalam rangka pelaksanaan Pilkades tahun 2013, Ketua panitia pemilihan kepala desa (Pilkades) yang akan dilaksanakan pada tanggal 30 juni mendatang, maka hasil pantauan RN di lapangan di sejumlah desa khususnya Kabupaten Tangerang, para ketua panitia pilkades disibukan dengan berbagai macam persiapan, dari pembentukan panitia pemilihan, pembuatan tata tertib, pencatatan daftar pemilih sementara dan lain sebagainya. Hal ini sudah barang tentu memerlukan anggaran awal untuk biaya pengadaan pemberkasan, biaya poto copy, Transport  dan lain sebagainya. Maka yang menjadi hambatan para ketua panitia yakni tidak adanya anggaran awal yang diberikan oleh Pemerintah Daerah, sehingga bagi ketua yang memang tidak memiliki dana atau uanuntuk Pemerintah daerah, agar kedepan persiapan Pilkades berjalan baik sesuai harapan seluruh ketua panitia.

Seperti yang dialami Samsul Rizal salah seorang ketua panitia Pilkades Buaran Jati Kecamatan Sukadiri Kabupaten Tangerang, saat dimintai tanggapannya seputar pelaksanaan Pilkades, dia (Samsul Rizal-red) mengatakan, bahwa, “pembuatan program kerja panitia sudah berjalaanggaran, sehingga kami mengalami kesulitan,sehingga banyak waktu yang terbuang,” ujarnya. Harapan kami, kata Samsul, mudah-mudahan kedepan Pemerintah daerah respon, pasalnya Pilkades sifatnya sangat sensitive jadi harus benar benar di perhitungkan,” katanya.

Demikian pula menurut Iwan Kabid Investigasi LSM Aliansi Indonesia menjelaskan bahwa Dinas terkait jangan hanya bicara peraturan pilkades saja, disisi lain juga harus turun kebawah, sehingga apa yang harus dibutuhkan atau kendala para panitia dapat di cari solusinya. Demikian pula perlu diketahui bahwa Pilkades ini sangat rentan pasalnya  kondisi masyarakat atau para pendukung  sangat sensitif. Jadi kesimpulanya bahwa panitia harus benar benar propesional, teliti dan bersikap netral dan tidak memihak kepada salah satu calon.

Masih menurut Iwan, bahwa Pilkades yang akan diadakan secara serentak, mengacu berdasarkan Perda Kabupaten tangerang nomor 7 tahun 2006 tentang pemerintah desa dan peraturan Bupati Tangerang nomor 16 tahun 2007 tentang pedoman pelaksanaan Pilkades, serta keputusan Bupati nomor 141/Kep.100-Huk/2013 tentang pelaksanaan Pilkades serecara serentak tahun 2013 di Kabupaten Tangerang. Kiranya harus di dukung oleh seluruh lapisan masyarakat agar Pilkades ini berjalan lancar,aman dan kondusif. (Tim)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar untuk memberikan tanggapan/ pertanyaan.