Salam Peduli ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Redaksi   |  Biro Daerah

Jumat, 21 Juni 2013

Kegiatan Patroli Dialogis Tepat Sasaran di Polres Barru Sulawesi Selatan


Kab. Barru, Radar Nusantara

Kabupaten Barru merupakan salah satu kabupaten yang paling aman yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan, hal ini diungkapkan oleh salah satu perwakilan Lembaga Pemantau Penyelenggara Negara (LPPN-RI) yang ada di wilayah ini. menurut data dari lembaga tersebut bahwa, tingkat keamanan dan ketertiban masyarakat dikabupaten Barru semakin baik, sehingga para investor atau pelaku usaha yang masuk ke daerah ini pun semakin meningkat dari tahun ketahun, serta pembangunan dan sumber daya manusia juga meningkat. Semua itu tidak terlepas dari kesigapan aparat keamanan dan kerjasama  yang baik antara Pemerintah bersama Kepolisian Resor Barru dan masyarakat, dalam mengantisipasi segala bentuk tindakan yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban.

Dalam mengantisipasi adanya gangguan keamanan dan ketertiban, jajaran Polres Barru melakukan tindakan pencegahan dan pengendalian keamanan serta penertiban masyarakat secara cepat dan tepat sasaran. dengan melaksanakan berbagai kegiatan yaitu dengan mengadakan kunjungan langsung ke masyarakat secara berkeliling ditempat-tempat keramaian disetiap kecamatan, melaksanakan Bakti Sosial, Pelayanan Kesehatan Gatis, pemahaman tentang Surat Keterangan Catatan Kriminal (SKCK) yang biasa disebut Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari Kepolisian, sebagai wujud nyata bahwa Polri ada untuk masyarakat dan memiliki sejuta kawan serta mewujdkan reformasi di tubuh Polri.

Dari semua kegiatan yang telah dilaksanakan jajaran Polres Barru, ada salah satu kegiatan yang cukup menarik yang dilaksanakan oleh Satuan Shabhara Polres Barru yaitu melakukan patroli dengan berjalan kaki ditempat keramaian dan melakukan dialog (berbicara  langsung) dengan masyarakat atau yang dikenal dengan Patroli Dialogis. Kasat Shabhara Polres Barru AKP. J. E. Simaila ketika ditemui wartawan Media ini, diruang kerjanya baru-baru ini mengatakan bahwa “ sehubungan dengan reformasi birokrasi Polri dan masyarakat, yang mana dalam hal ini sudah menjadi tugas Polri dengan menjalin kemitraan dengan berbagai pihak termasuk masyarakat dalam rangka menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat  (KAMTIBMAS), oleh sebab itu melalui kegitan Patroli Dialogis yang tepat sasaran, kita memberikan pelayanan nyata yang langsung kepada masyarakat dan penerapannya kami dari Satuan Shabhara Polres Barru bekerjasama dengan Satuan Polisi Pamong Praja (SAT POL P.P.) Pemda Kabupaten Barru untuk melakukan patroli bersama ketempat-tempat hiburan dan tempat-tempat yang diduga dapat menimbulkan peristiwa kejahatan/pelanggaran hukum atau tempat-tempat yang dianggap sebagai tempat prostitusi, selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat melalui pendekatan emosional antara Polri dengan masyarakat “ ungkapnya.

Terkait dengan hal tersebut, Kapolres Barru AKBP. Yosef Sriyono, J.H. S.IK, disela-sela kesibukannnya setelah selesai memimpin apel siaga dalam rangka pengamanan menjelang kenaikan harga BBM, belum lama ini mengatakan bahwa” patroli ini adalah merupakan kegiatan dialogis yang tepat sasaran guna memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dengan berjalan kaki ketempat-tempat keramaian dan berdialog secara langsung, agar supaya anggota Kepolisian bisa berkomunikasi secara langsung kepada masyarakat dan sekaligus mendengarkan apa yang ingin disampaikan kepada polisi, baik itu berupa keluhan-keluhan juga saran-saran yang dapat kami tampung dan akan segera kami atasi dengan cepat dan tepat. Begitupun juga setiap kampung yang kami kunjungi, masyarakat dapat memberikan informasi tanpa ada hambatan. Kami beserta seluruh jajaran Polres Barru akan selalu ada ditengah-tengah masyarakat dan selalu siap melindungi, mengayomi, dan melayani”. Tegasnya. (Ahkam/Suaib)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar untuk memberikan tanggapan/ pertanyaan.