Salam Peduli ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Redaksi   |  Biro Daerah

Selasa, 11 Juni 2013

Putusan MK, Buat Akte Tidak Lagi Proses Pengadilan

Martapura-Oku Timur, Radar Nusantara

Sejak turunnya surat edaran dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nomor 472.11/2304/SJ tertanggal 6 Mei 2013 lalu, yang ditujukan kepada Bupati dan Walikota seluruh Indonesia bahwa pembuatan akte kelahiran tidak lagi memerlukan penetapan Pengadilan Negeri.

Hal demikian dikatakan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk Capil) Kabupaten Oku Timur (OKUT), Hermansyah Qodho melalui Kepala Bidang (Kabid) Pencatatan dan Pelayanan, Sri Suhartati, Jumat (31/5/2013) di ruang kerjanya.

Surat edaran itu dikeluarkan, menurut Sri, menindak lanjuti dan berdasarkan keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) nomor 18/PUU-XI/2013 tanggal 30 April 2013 yang menyatakan bahwa pasal 32 ayat (2) Undang-Undang Nomor 23 tahun 2006 tentang administrasi kependudukan tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat.

“Sehubungan dengan hal tersebut, isinya memerintahkan Kepala Disduk Capil segera menyesuaikan tata cara dan persyaratan pelayanan pencatatan kelahiran dan penerbitan kutipan akte kelahiran yang pelaporannya melampaui batas 60 hari sejak tanggal kelahiran, “terang Sri.

Dia melanjutkan, sejak tanggal 1 Mei 2013, pelaporan kelahiran yang melampaui batas waktu 1 (satu) tahun pencatatannya tidak lagi memerlukan penetapan Pengadilan Negeri.

“Tetapi langsung diproses oleh Dinas Disduk Capil kabupaten/kota setempat, “ujarnya. Pelaporan kelahiran yang melampaui batas waktu 60 hari sejak tanggal kelahiran, menurut Sri, pencatatan kelahirannya dilaksanakan setelah mendapatkan keputusan kepala instansi pelaksana.

“Dalam hal ini yang dimaksudkan adalah keputusan Kepala Disduk Capil kabupaten atau kota, “katanya.
Ditegaskannya, Pencatatan kelahiran tersebut dilengkapi dengan syarat-syarat sebagaimana ditentukan dalam Peraturan Presiden Nomor 25 tahun 2008. “Isinya yakni tentang persyaratan dan tata cara pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil,”tandasnya.

Saat ditanyakan program Pemkab OKUT terkait pembuatan akte gratis beberapa waktu lalu, kapan sudah bisa direalisasikan, menurut Sri, bulan Juni nanti akte yang sudah jadi akan didistribusikan ke seluruh kecamatan di OKUT.

“Lebih kurang sebanyak 10.000 lembar akte kelahiran tanggal 3 Juni ini akan dikirim ke kecamatan masing-masing. Nantinya kita sertakan data rilis bagi masyarakat yang aktenya sudah jadi dan bisa diambil. Sedangkan bagi yang belum selesai aktenya, kami harap bersabar karena masih dalam proses di Disduk Capil, “ungkapnya. (Eddy. K/Farlin)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar untuk memberikan tanggapan/ pertanyaan.