Salam Peduli ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Redaksi   |  Biro Daerah

Selasa, 02 Juli 2013

“NONTON BARENG FILM INSPIRATIF” KEMENDIKBUD RI MERIAHKAN HARI JADI KOTA PARIAMAN YANG KE – 11

Direktur Sejarah Nilai Budaya Kemendikbud
Endjat Djaenuderadjat - Kadis Pariaman
Pariaman, Radar Nusantara
Menjelang hari jadi Kota Pariaman yang ke 11 tanggal 2 Juli 2013  , Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan  -  Direktorat Sejarah dan Nilai Budaya Republik Indonesia menyelenggarakan perhelatan “Persemaian Nilai Budaya – Nonton Bareng Film Inspiratif” pada tanggal 1 Juli 2013  di Aula Balaikota Pariaman  dan dibuka oleh Direktur Sejarah & Nilai Budaya Kemendikbud RI , Drs.Endjat Djaenuderadjat dan juga dihadiri oleh Walikota Pariaman Drs. H. Mukhlis Rahman, MM  . Hal ini menjadi semacam penghargaan dari Kemendikbud RI bagi kota Pariaman yang dikenal sebagai “Kota Tabuik” yang kaya akan budayanya , dimana Kota Pariaman merupakan kota persinggahan terakhir dari Kegiatan Inspiratif ini untuk periode Mei – Juli 2013.

Program yang memiliki tema “Film Berkarakter, Inspirasi Kita”  ini memang bertujuan untuk memberi kesempatan bagi pelajar, tenaga pendidik dan masyarakat setempat untuk menonton film berkualitas yang bernuansa pembangunan karakter bangsa sesuai dengan tujuan program yakni membangun karakter bangsa  dengan film sebagai media internalisasi nilai-nilai karakter bangsa melalui penciptaan tokoh-tokoh inspiratif dan jalan cerita yang terdapat dalam film ; dimana film memang dianggap menjadi media efektif karena sifatnya yang mudah dicerna dan memiliki “wow factor” didalamnya. Kemendikbud RI saat ini tengah giat menggalakan sosialisasi dan edukasi pengembangan nilai budaya dan pendidikan karakter bangsa yang dituangkan dalam 18 Nilai Karakter Bangsa.

Acara yang dibagi dalam tiga sesi yakni sesi untuk tenaga pendidik, siswa dan masyarakat umum ini dihadiri oleh para guru, siswa sekolah dasar dan menengah pertama serta masyarakat umum dan terbagi dalam 3 sesi. Adapun film yang diputar di Kota Pariaman  adalah “Negeri 5 Menara” untuk sesi guru, “Cita – citaku Setinggi Tanah ” untuk sesi siswa dan “Pengejar Angin” yang diperuntukkan bagi masyarakat umum.
sesi 2 pariaman
Selain menonton film, acara juga dilengkapi dengan pengantar motivasi oleh praktisi pendidikan Desak Made Hughesia Dewi SPd, atau yang lebih dikenal dengan nama Dewi Hughes, serta diskusi interaktif dengan narasumber yang berasal dari industri perfilman antara lain  Widya Wardhani Ichram (Produser Negeri 5 Menara) , Tania Samantha Sagrul (Line Producer “Cita – Citaku Setinggi Tanah”) , M. Syihab Imam Mutaqqin (Artis Cilik, pemain utama “Cita – citaku Setinggi Tanah” ) .

Kegiatan yang sudah memasuki tahun ketiga nya ini perlahan – lahan mencoba untuk menggapai seluruh kabupaten di Indonesia dengan memprioritaskan daerah – daerah yang tidak memiliki fasilitas / infrastruktur setara dengan bioskop; dimulai dari 5 kota , kemudian 12 kota, dan untuk tahun ini di 30 kota. Untuk periode Mei – Juli 2013 , Kegiatan “Persemaian Nilai Budaya - Nonton Bareng Film Inspiratif” telah melintasi  19 kota mencakup area Sumatera, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah , Daerah Istimewa Yogyakarta , Bali – Nusa Tenggara dan Indonesia Timur ; dibuka di Kabupaten Batanghari , Jambi , dan ditutup di Kota Pariaman , Sumatra Barat  . Kegiatan inspiratif ini akan berlangsung kembali di bulan Agustus – September menuju 11 kota yang  mencakup area Jawa Timur, Kalimantan dan Sulawesi . (tim)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar untuk memberikan tanggapan/ pertanyaan.