Salam Peduli ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  Redaksi   |  Biro Daerah

Senin, 08 Juli 2013

Peringatan Hari Lingkungan Hidup Tingkat Kabupaten Deli Serdang

Tanjung Morawa, Radar Nusantara.

Bupati Deli Serdang Drs H. Amri Tambunan mengajak  seluruh elemen masyarakat untuk  bersama-sama turut melestarikan lingkungan hidup, meski sekecil apapun  yang disumbangkan,  itu sangat berarti bagi  kelangsungan hidup   manusia  dan seluruh makhluk yang  ada   di bumi ini.


Ajakan itu  dikemukakan  Bupati  Drs H Amri Tambunan   pada  peringatan Hari Lingkungan hidup  tingkat Kabupaten Deli Serdang, Jum'at (28/6) di lapangan sepak bola  SMA Negeri I Jalan Batang Kuis Tanjung Morawa,  dihadiri Ketua TP PKK Ny. Hj Anita Amri Tambunan, Anggota DPRD Deli Serdang Imran Obos, Ka. Badan Lingkungan Hidup Sumut  Hidayati,  Ka. Bapedalda  Deli Serdang  Ir Artini Marpaung, Kadis Kehutanan   Ir. Arli M.Si, Kadis Infokom Drs. Neken Ketaren dan Pimpinan SKPD lainnnya  para Camat se-jajaran Pemkab Deli serdang dan undangan lainnya.

Acara Peringatan Lingkungan hidup yang dirangkai dengan  aksi penanaman  pohon  buah-buahan berupa  bibit mangga, rambutan, lengkeng, sawo, duku dan durian unggulan Deli Serdang juga diserahkan  hadiah dan penghargaan kepada Sekolah Adiwiyata Mandiri tahun 2013, yaitu SMPN 2 Sunggal, SD 105855 PTPN 2 Tanjung Morawa dan  Sekolah Adiwiyata tahun 2013. Masing-masing enam sekolah   tingkat SD, 10 tingkat SMP dan lima untuk tingkat SMA/SMK.

Juga diserahkan hadiah  kepada  penerima nominasi Kalpataru  Nasional  tahun 2013 N Akelaras,  Pemenang lomba Karya Tulis bertemakan lingkungan hidup bagi Wartawan yang  masing-masing. T.H. Sihombing dari Harian Andalas, menyusul  Irianto Media Online News hari ini dan Fani Ardana dari Harian Medan Bisnis, hadiah  lomba karya daur ulang, pidato, puisi, nyanyi, melukis bagi  siswa, serta pemenang  lomba kebersihan  Desa/Kelurahan  se-Kecamatan Lubuk Pakam.

Dengan momentum  peringatan  Hari Lingkungan  hidup kali ini  Bupati Juga mengingatkan untuk mensyukuri  nikmat alam yang sempurna  ciptaan Allah Tuhan yang  maha kuasa, dengan  cara menjaga  keleestarian  dan keseimbangan alam, tidak merusak dan menggerogoti nya yang tentu dikhawatirkan lambat laun menuju kehancuran.

Dikatakan  meskipun kita telah berbuat banyak untuk kelestarian lingkungan ini,  ternyata masih berlangsung juga pengrusakan oleh segelintir orang yang semata untuk memenuhi kebutuhannya, akibat dari ketidak mampuannya menghadapi tuntutan perkembangan zaman ini, mereka  nekat mencari jalan pintas tanpa merasa bersalah, mengabaikan kelangsungan hidup manusia dan mahluk yang ada di bumi ini yang kerap merasakan perubahan cuaca, pemanasan global bahkan sampai menimbulkan bencana alam.

Oleh karenanya kita tidak boleh berhenti menanam, tidak saja tanaman pohon lindung tetapi kita terus kembangkan ragam tanaman buah-buahan andalan Kabupaten Deli Serdang, sehingga kelestariannya dapat dipertahankan dan dikembang tingkatkan.

Sebelumnya Kepala Bapedalda Deli Serdang Ir. Artini Marpaung menjelaskan, tujuan utama digelar peringatan Hari lingkungan hidup semeriah ini adalah merupakan upaya meningkatkan komitmen dan penguatan pengelolaan lingkungan hidup di Kabupaten Deli serdang, berbagai upaya juga telah dilakukan dengan melakukan sosialisasi pengelolaan sampah ke 22 Kecamatan, penanaman pohon di jalan protokol di lima Kecamatan, akses menuju bandara Kualanamu, serta menggelar berbagai lomba bagi anak-anak sekolah yang bertemakan lingkungan hidup. (Sumarno)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Silahkan tinggalkan komentar untuk memberikan tanggapan/ pertanyaan.