18 Jenis Gejala Penyakit Akibat Abaikan Mandi

Lampung Timur, RN.  Mandi merupakan pola hidup yang selama ini diabaikan oleh sebagian besar manusia. Tanpa disadari, mandi cukup teratu...

Lampung Timur, RN. 
Mandi merupakan pola hidup yang selama ini diabaikan oleh sebagian besar manusia. Tanpa disadari, mandi cukup teratur amat penting bagi kesehatan tubuh. Sedari dulu kita hanya berpedoman pada 3 pola saja, yakni makan cukup teratur, olahraga cukup teratur dan istirehat cukup teratur. Sementara pada umumnya kita menyepelekan pola mandi cukup teratur. Sedangkan mandi amat bermanfaat untuk ketahanan fisik kita dari serangan berbagai jenis penyakit.

Terlintas dibenak kita, mandi merupakan hal yang wajar dan  bukan suatu keharusan. Kita beranggapan bahwa mandi tidak teratur tidak akan terjadi apapun. Bahkan mandi tak dipandang dengan sebelah mata. Ternyata apabila kita melalaikan mandi dampaknya sangat fatal. Jika di cermati menjaga kesehatan adalah hal yang tidak gampang. Sehat begitu besar nilainya bila dibandingkan dikala kita sedang terbaring sakit.

Berlimpahnya harta bukan suatu jaminan selalu hidup sehat, meskipun disaat sakit mendapat layanan medic di dalam sampai luar negeri. Pada kesempatan ini penulis (Wartawan SKU Radar Nusantara Lampung Timur, Ropian Kunang), ingin berbagi pengalaman. Penulis menganjurkan agar seluruh insan di nusantara, senantiasa mandi cukup teratur, dari yang dikota sampai ke pelosok desa. Terutama bagi simiskin dan juga yang kaya, dari yang balita sampai ke lanjut usia.

Mandi pagi sebaiknya dilakukan pada jam 04:00 WIB subuh sebelum fajar menyingsing.

Jadikanlah mandi subuh sebagai aktivitas utama yang rutin dilakukan. Siapa terlena, maka tubuh kita akan lemah dan mudah terserang penyakit. Selain itu jangan sampai kita melalaikan mandi sore sebab bilamana lalai juga berakibat negativte. Mandi sore layaknya dilakukan pukul 16:00 WIB petang, sebelum matahari terbenam. Marilah mandi dengan teratur, agar senantiasa sehat sepanjang umur.

Sebagian penyakit ditimbulkan akibat mandi subuh tidak teratur. Terdapat 18 jenis gejala penyakit akibat mengabaikan mandi. Mulanya kita mengalami flu atau pilek, air liur terasa pahit, sariawan dan bibir pecah - pecah. Sakit gusi, sakit gigi dan radang tenggorokan (amandel). Mata rabun, telinga tuli, sakit kepala (migren) dan tubuh tumbuh bisul. Terjadi pembengkakan dipersendian, pinggang dan payudara (tumor).

Tubuh demam menggigil panas dan dingin, bahkan suhu panas di tubuh kian tinggi (malaria). Tekanan (tensi) darah sangat tinggi, apabila tidak teratasi terjadi pecah pembuluh darah sehingga mengalami lumpuh (stroke). Bersarangnya suhu panas didalam tubuh dapat merusak jaringan saraf. Ilmuwan berpendapat hanya ada 3 macam pola hidup sehat, selayaknya mandi teratur dijadikan pola prioritas, karena 3 pola terdahulu belum memadai. Penyakit panas dapat menyerang berbagai lapisan usia, baik pria dan khususnya wanita. Usia balita, anak - anak, remaja, dewasa orangtua dan manusia usia lanjut.
Untuk membiasakan bangun tidur tepat waktu subuh terasa sangat berat. Karena kita terbiasa memanjakan diri bangun tidur setelah terbit matahari. Kecuali bagi yang taat ibadah pada Allah SWT atau Tuhan YME. Mereka akan rutin bangun, mandi diteruskan menunaikan shalat subuh. Demikian halnya mandi diwaktu senja sebelum shalat asar.

Fisik bayi lima tahun (balita) dan anak - anak, rentan terserang sakit panas tinggi (steps). Jika sakit panas tak tertanggulangi berakibat fatal yaitu tubuh mengalami lumpuh total (polio). Disamping itu, bilamana mandi  petang diabaikan dengan cara berganti mandi malam, maka kondisi dingin bersarang ditubuh. Akibatnya timbul rasa linu dan nyeri pada persendian sehingga menyebabkan rematik. Bila rematik tidak cepat terobati maka akan muncul gejala asam urat.

Untuk mencapai usia ratusan tahun saat ini menjadi suatu hal yang mustahil. Karena penyakit stroke menyerang bagi usia muda hingga menemui ajal. Bagi yang tidak terbiasa  dengan mandi subuh, maka tubuh akan terasa dingin. Tetapi menahan rasa dingin berarti melatih kekebalan tubuh. Agar fisik kuat menahan dinginnya air, siasatnya diupayakan makan agar perut tidak kosong. Apabila kita sekeluarga disiplin mandi secara teratur, maka akan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Munculnya suhu panas didalam tubuh akibat siang malam lambung kita melakukan proses pengolahan makanan yang disebut proses kimiawi. Upaya mengeluarkan suhu panas dalam tubuh, cukup dengan melakukan mandi teratur. Lagipula tidak baik bagi kesehatan apabila mandi menggunakan air hangat. Karena air hangat akan menghilangkan kekebalan tubuh. Ingat pepatah lama, "mencegah lebih baik daripada mengobati", bila rakyat sehat wal afiat maka negara kita menjadi kuat.

Lebih daripada itu, Pemerintah dapat menghemat anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN). Khususnya alokasi untuk program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS). Alokasi kedua program itu dapat dialihkan untuk program pembangunan yang lainnya demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat se-Indonesia. (Ropi)

COMMENTS

Nama

Aceh Tengah,20,Banda Aceh,2,Bandung,20,Bangka Tengah,1,Bangun Purba,1,Banjar,7,Banjarnegara,1,Banyuwangi,3,Batam,6,Bekasi,109,Belitung,14,Beltim,49,Bener Meriah,40,Bengkayang,16,Berita terkini,40,Bintan,2,BNN,1,Bogor,45,Bola,1,Brebes,7,Ciamis,5,Cianjur,1,Cilacap,5,Cilegon,1,Cileungsi,12,Cirebon,72,Daerah,1830,Dairi,15,Deli Serdang,5,Depok,33,Doloksanggul,3,Donggala,2,Ekonomi,1,Garut,7,Hukum,6,Indramayu,1,Jabar,1,Jakarta,90,Jambi,5,Jawa Barat,13,Jawa Timur,2,Jember,1,Kab. Minahasa Tenggara,1,Kab. Sukabumi,1,Kab.Bandung,73,Kab.Bekasi,15,Kab.Sergai,5,Kab.Sumedang,4,Kalbar,6,Kalsel,5,Kalteng,20,Kaltim,1,Kapuas Hulu,55,Karawang,2,Kec.Ukui,1,Kerinci,3,Korupsi,4,Kotabumi,1,Kronjo,1,Kuala Kapuas,3,Kuningan,48,Kutai Timur,9,Kutim,1,Labura,1,Lahat,12,Lampung,5,Lampung Barat,1,Lampung Tengah,1,Lampung Timur,61,Lampung Utara,49,Lingga,37,Loksado,1,Lombok,1,Lubuk Pakam,1,Luwuk,2,Magelang,1,Majalengka,13,Malang,16,Manado,1,Manokwari,1,Mauk,2,medan,1,Mekar Baru,1,Minahasa Tenggara,2,Minut,1,Mojokerto,67,Muara Belida,1,Muara Enim,43,Musi Banyuasin,1,Ogan Ilir,1,Oku Selatan,12,Oku Timur,3,Opini,1,Pagaralam,2,Pakpak Bharat,12,Pakuhaji,2,Palangka raya,140,Palangkaraya,20,Palas,6,Palembang,7,Palu,31,Pandegelang,10,Pangkalpinang,2,Papua,2,Parigi,4,Parlemen,29,Pasuruan,1,Pekanbaru,2,Pematangsiantar,3,Pendidikan,49,Polhukam,121,Pontianak,6,Pulang Pisau,2,Purwakarta,74,Purwokerto,1,Putussibau,40,Radar Selebrity,2,Rokan Hilir,9,Sabang,55,Samarinda,6,Sampit,101,Sarolangun,32,Selayar,10,Serang,9,Serdang Bedagai,15,Sergai,20,Seruyan,1,Sibolga,4,Sigi,8,Simalungun,1,Solok Selatan,7,Subang,17,Sukabumi,16,Sulawesi,1,Sulteng,69,Sulut,66,Sumbar,2,sumsel,2,Sumut,24,Sungai Penuh,1,Tangerang,30,Tanjab Barat,29,Tanjab Timur,8,Tanjung Enim,1,Tapanuli Tengah,6,Tapanuli Utara,10,Tasikmalaya,15,Tebing Tinggi,9,Tegal,4,Terkini,2134,Tolitoli,4,Tulang Bawang,2,
ltr
item
RADAR NUSANTARA NEWS: 18 Jenis Gejala Penyakit Akibat Abaikan Mandi
18 Jenis Gejala Penyakit Akibat Abaikan Mandi
RADAR NUSANTARA NEWS
http://www.radarnusantara.com/2017/03/18-jenis-gejala-penyakit-akibat-abaikan_27.html
http://www.radarnusantara.com/
http://www.radarnusantara.com/
http://www.radarnusantara.com/2017/03/18-jenis-gejala-penyakit-akibat-abaikan_27.html
true
8338290086939464033
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy