Sigi Laksanakan Program GerakanTanam Jagung

Sigi, RN. Dalam rangkah meningkatkan produksi tanaman pangan dan holtikultura Khususnya Pajala,di Provinsi Sulawesi Tengah dengan upa...

Sigi, RN.
Dalam rangkah meningkatkan produksi tanaman pangan dan holtikultura Khususnya Pajala,di Provinsi Sulawesi Tengah dengan upaya meningkatkan produksi pertanian sesuai dengan program pemerintah baik di tingkat pusat maupun tingkat daerah melalui sector pertanian Pemerintah Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah menggelar Kegiatan Gerakan Tanam Jagung dalam rangkah peningkatan Pertanian Khususnya Padi Jagung dan Kedelai dan juga tanaman pangan lainnya seperti Bawang Merah dan Juga Cabai yang saat ini mengalami mengalami penurunan hasil produksi maka melalui kegiatan ini pemerintah terus melakukan terobosan dengan pengembangan tanaman pangan Holtikultura yang seyogyanya dapat meningkatkan produksi pertanian di seluruh daerah.

Dalam kesempatan itu pula kegiatan tersebut dihadiri oleh Kementerian Pertanian Ri,Dirgen Pertanian Tanaman Pangan,Ibu Rahayu, Gubernur Sulawesi Tengah diwakili oleh Staf ahli bidang pembangunan perekonomian dan kesejahteraan Rakyat, Dr Ir Rusdi Bachtiar Rioeh,SPi.MPM.MM ,Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sulawesi Tengah,Ir,Tri Iriani Lamakampali, mewakili Dandim Kabupaten Sigi, kadis Pertanian Kabupaten Sigi, Kepala BPPT ,Para Eselon Tiga dilingkungan Dinas Pertanian Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sulawesi Tengah, para Camat dan Kepala Desa Gapoktan dan seluruh kelompok tani se-Kabupaten Sigi juga dihadiri sebanyak 250 orang Peserta yang terdiri dari Gapoktan,kelompok tani dan unsure TNI yang juga turut membantu dalam program kegiatan tersebut.

Melalui Surat Pelaksanaan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sulawesi tengah,SK.KPA tentang penetapan panitia pelaksana gerakan tanam Jagung di Kabupaten Sigi No,188/02/27/b.td/2017 yang kedua No.DPA SKPD.303.01.015.0153 tentang kegiatan pelaksanaan Gerakan Tanam jagung yang dibiayai melalui sumber dana APBN.

Tujuan Pelaksanaan,Dinas Pertanian Melakukan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang setiap tahunnya di laksanakan diberbagai kabupaten yang ada di Sulawesi Tengah terutama di sentra-sentra pengembangan dan produksi sesuai komuditi.

Dikabupaten Sigi  juga telah memiliki gerakan tanam dan gerakan Panen Padi,Jagung,Kedelai,Upsus Pajala dan Program tanaman Bawang merah dan Cabai  merupakan sentra pengembangan produksi dengan tujuan untuk memberikan suport kepada seluruh masyarakat petani dan juga kegiatan ini bertujuan memberikan motifasi dan suport dalam rangkah mencapai peningkatan upsus padi,jagung dan kedelai ditambah dengan program Bawang merah dan Cabai yang ada di Sulawesi Tengah.

Perencanaan kegiatan ini direncanakan dan telah dilaksanakan sejak tanggal 22 Februari yang seharusnya dilaksanakan 24 hari kamis 2017,namun karena perhatian yang begitu besar dari kepala Dinas Pertanian  dan Bapak Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah maka pelaksanaan kegiatan ini di percepat ini merupakan bentuk perhatian dan kepedulian dari Pemerintah dalam rangkah Peningkatan produksi Pertanian.

Gubernur Sulteng Berikan Apresiasi Kepada Para Petani Sigi Dalam Rangkah Gerakan Taman Jagung

Dalam Sambutannya Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H Longki Djanggola, MSi. Yang diwakili oleh Dr Ir Rusdi Bachtiar Rioeh, SPi., MPM., MM. Staf Ahli Gubernur Sulawesi Tengah Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat. Meninjau Gerakan tanam serempak komoditas jagung di Kabupaten Sigi bertempat di-Desa Pesaku. Beliau didampingi oleh Ir Trie Iriany Lamakampali MM Kapala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Tengah. Serta jajaran SKPD terkait dan para penyuluh kelompok tani yang tersebar di Kabupaten Sigi.

Gubernur yang dibacakan oleh Staf Ahli.Terkait dengan program pemerintah yaitu gerakan tanam jagung ini.Saya menyambut baik dan memberi Apresiasi dan dukungan terhadap program ini dalam upaya integritas para petani Sigi dalam mewujudkan swasembada pangan, khususnya komoditi jagung di Sulawesi Tengah,Ujar Gubernur dalam sambutannya Pada Hari Rabu,(22/2/2017).

Ia berharap dalam momen ini dapat menjadi penyemangat bagi para petani dalam upaya meningkatkan produksi jagung secara serius,para Petani harus berpikir selakah lebih maju dan bekerja serius sehingga produksi jagung dapat meningkat yang pada intinya dapat meningkatkan kesejahteraan para petani.’’ Himbau Gubernur Sulteng.

Kepala Dinas Tanaman pangan dan Hortikultura Provinsi Sulteng Ir.Tri Iriani Lamakampali menilai,pada tahun 2016 kemarin target produksi jagung menurun,atau masih dibawa target sebesar 61 ribu ton dari target yang seharusnya dicapai 66 ribu ton ,menurutnya salah satu penyebab turunya produksi jagung adalah kecenderungan petani masih menanam hanya di lahan basah. Padahal jagung dapat pula ditanam di lahan kering.

Untuk mengatasi masalah tersebut dan agar target produksi jagung dapat meningkat untuk itu kami mengajak kepada para petani dan Stakeholder agar bekerjasama dengan baik. Demi kemajuan dan kemakmuran Sulawesi Tengah. “Petani, mari bersinergi dan bekerjasama untuk membangunkan lahan tidur bersama Babinsa. dan saya juga memotivasi kalian. Agar dalam satu tahun panen tidak hanya satu kali. Kalau bisa kita panen tiga kali,”Ajak Tri Iriani.

Menteri Pertanian,yang diwakili oleh Dirjen Tanaman pangan dan Hortikultura dalam sambutan yang sama juga memberikan apresiasi dan semangat kepada para petani dan juga menghimbau para petani yang belum menanam jagung. Agar dapat menanam tanaman Jagung,hal ini sangat baikuntuk meningkatkan produksi dan mutu  Karena bagi siapa saja yang akan menanam jagung akan mendapat bibit secara gratis dan akan difasilitasi dengan penyuluhan dan pendampingan bagi mereka, Imbuhnya. (Manto)

COMMENTS

Nama

Aceh Tengah,30,Banda Aceh,2,Bandung,21,Bangka Tengah,1,Bangun Purba,1,Banjar,7,Banjarnegara,1,Banten,4,Banyuasin,4,Banyuwangi,6,Batam,12,Bekasi,140,Belitung,25,Beltim,60,Bener Meriah,45,Bengkayang,20,Berita terkini,61,Bintan,2,BNN,1,Bogor,54,Bola,1,Brebes,16,Ciamis,8,Cianjur,1,Cibinong,1,Cikarang,1,Cilacap,5,Cilegon,2,Cileungsi,19,Cirebon,80,Daerah,2508,Dairi,15,Deli Serdang,6,Depok,37,Dolok,2,Doloksanggul,3,Donggala,2,Ekonomi,2,Garut,7,Hukum,6,Indramayu,1,Jabar,1,Jakarta,103,Jambi,5,Jawa Barat,13,Jawa Timur,2,Jember,1,Kab. Brebes,1,Kab. Kuningan,2,Kab. Minahasa Tenggara,1,Kab. Serang,1,Kab. Sukabumi,2,Kab.Bandung,85,Kab.Bekasi,18,Kab.Sergai,5,Kab.Sumedang,5,Kalbar,11,Kalsel,6,Kalteng,28,Kaltim,11,Kapuas Hulu,62,Karawang,2,Kec.Ukui,1,Kerinci,3,Korupsi,4,Kotabumi,1,Kronjo,1,Kuala Kapuas,3,Kuningan,81,Kutai Timur,10,Kutim,1,Labura,1,Lahat,12,Lampung,6,Lampung Barat,5,Lampung Tengah,1,Lampung Timur,81,Lampung Utara,52,Lingga,119,Loksado,1,Lombok,1,Lubuk Pakam,4,Luwuk,4,Magelang,1,Majalengka,18,Malang,16,Manado,1,Manokwari,2,Mauk,2,medan,1,Mekar Baru,1,Minahasa Tenggara,2,Minut,1,Mojokerto,82,Muara Belida,1,Muara Enim,48,Musi Banyuasin,4,Nasional,2,Ogan Ilir,2,Oku Selatan,14,Oku Timur,4,Opini,1,Pagaralam,2,Pakpak Bharat,12,Pakuhaji,2,Palangka raya,172,Palangkaraya,23,Palas,6,Palembang,10,Palu,32,Paluta,1,Pandegelang,15,Pandeglang,24,Pangkalpinang,2,Papua,4,Parigi,4,Parlemen,29,Pasuruan,1,Patia,1,Pekanbaru,4,Pematangsiantar,3,Pendidikan,57,Polhukam,127,Pontianak,7,Pulang Pisau,2,Purwakarta,99,Purwokerto,1,Putussibau,40,Radar Selebrity,2,Riau,6,Rokan Hilir,9,Sabang,55,Samarinda,10,Sampit,127,Sarolangun,40,Selayar,10,Serang,11,Serdang Bedagai,20,Sergai,23,Seruyan,1,Sibolga,4,Sigi,8,Simalungun,1,Solok Selatan,7,Subang,22,Sukabumi,28,Sulawesi,1,Sulteng,113,Sulut,83,Sumbar,2,Sumedang,1,sumsel,3,Sumut,46,Sungai Penuh,1,Tangerang,45,Tanjab Barat,65,Tanjab Timur,15,Tanjung Enim,1,Tapanuli Selatan,1,Tapanuli Tengah,9,Tapanuli Utara,10,Tasikmalaya,27,Tebing Tinggi,19,Tegal,9,Terkini,2830,Tolitoli,4,Touna,1,Tulang Bawang,2,
ltr
item
RADAR NUSANTARA NEWS: Sigi Laksanakan Program GerakanTanam Jagung
Sigi Laksanakan Program GerakanTanam Jagung
https://3.bp.blogspot.com/-XPx14JNtK00/WLzMkSVQiTI/AAAAAAABIgc/iYZjlYovPqkyyoVZA8BkilCIlVDFuAw7wCLcB/s320/ac.bmp
https://3.bp.blogspot.com/-XPx14JNtK00/WLzMkSVQiTI/AAAAAAABIgc/iYZjlYovPqkyyoVZA8BkilCIlVDFuAw7wCLcB/s72-c/ac.bmp
RADAR NUSANTARA NEWS
http://www.radarnusantara.com/2017/03/sigi-laksanakan-program-gerakantanam.html
http://www.radarnusantara.com/
http://www.radarnusantara.com/
http://www.radarnusantara.com/2017/03/sigi-laksanakan-program-gerakantanam.html
true
8338290086939464033
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy