Pemkab Sergai Gelar Kegiatan Pemberdayaan KIM Tahun 2017

*Pengelolaan informasi secara benar memberikan pengaruh positif bagi masyarakat* Sergai (Sumut), RN. Pemerintah Kabupaten Serdang Beda...

*Pengelolaan informasi secara benar memberikan pengaruh positif bagi masyarakat*
Sergai (Sumut), RN.
Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerjasama dengan Dinas Kominfo Provsu menggelar kegiatan Pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Tahun 2017 bertempat di aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati di Sei Rampah, Rabu (14/6) siang.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Bupati Sergai Ir. H. Soekirman diwakili oleh Kepala Dinas Kominfo Ikhsan AP ini dihadiri oleh Kadis Kominfo Provsu yang diwakili oleh Kepala Bidang Informasi Publik  Hj. Afini, SE beserta jajaran serta puluhan peserta dari beberapa Kim se- Kabupaten Sergai.

Bupati Serdang Bedagai Ir. H. Soekirman dalam sambutannya sekaligus membuka acara yang diwakili Kadis Kominfo Ikhsan, AP mengutarakan di era keterbukaan informasi masyarakat saat ini, keberadaan KIM mempunyai peranan penting dan strategis dalam pengelolaan dan pemberdayaan informasi bagi masyarakat umum. Melalui pengelolaan informasi yang benar, diharapkan mampu memberikan pengaruh positif bagi masyarakat dan mendorong perilaku masyarakat yang berkontribusi secara aktif dalam berbagai program pembangunan.

Oleh karenanya Bupati berharap setiap kecamatan bahkan setiap desa harus memiliki kelompok informasi sehingga arus lalu lintas informasi dari pemerintah ke masyarakat maupun sebaliknya dari masyarakat kepada pemerintah dapat berjalan dengan baik dan terjadi kesepahaman diantara keduanya. Selain itu juga kelompok informasi masyarakat mitra pemerintah dalam meminimalisir maupun menghilangkan kesenangan Informasi di masyarakat, antara satu kelompok masyarakat dengan kelompok lainnya.

Dikatakan Bupati bahwa saat ini layanan informasi bagi masyarakat di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat sudah tersedia berbagai saluran seperti loket layanan informasi PPID dan Media Center, layanan SMS, layanan pengaduan melalui Facebook maupun Website Pemkab Sergai. Oleh sebab itu akses informasi dari masyarakat kepada Pemkab Sergai sudah terbuka seluas-luasnya untuk berkomunikasi dan berkontribusi secara positif agar terwujud visi dan misi Kabupaten Sergai, ujar Bupati.
Sebelumnya Laporan Panitia Kegiatan Dra. Efi Zarnita, M.Si mengatakan maksud dan tujuan kegiatan di Sergai ini adalah untuk membantu memberikan informasi, pengetahuan, pengalaman, keterampilan yang bermanfaat bagi segala aspek pembangunan kepada KIM sehingga dapat berdaya, mandiri dan mampu mengatasi permasalahan yang dihadapi.

Sementara itu Kadis Kominfo Provinsi Sumut dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Publik Hj. Afini, SE mengemukakan bahwa dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses serta mekanisme kerja atau prosedur dalam sistem manajemen pemerintahan, maka perlu dilaksanakan dan dikembangkan dalam elemen masyarakat yaitu suatu kelompok untuk memberikan informasi yang tepat dan menyeluruh. Salah satu upaya ke arah tersebut yaitu adanya KIM.

Lebih lanjut dikemukakan Hj. Afini, KIM adalah kelompok sosial masyarakat yang secara realitas muncul dalam komunitas kehidupan atau kumpulan individu yang mempunyai kesamaan tujuan dalam menyelesaikan berbagai persoalan. Oleh karenanya masyarakat perlu diberdayakan guna mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk kepentingannya sendiri dan untuk kepentingan kebijakan pemerintah dalam melanjutkan informasi pembangunan agar tidak terjadi kesenjangan informasi, katanya.

Ditambahkan oleh Hj. Afini bahwa KIM dibentuk salah satunya dari pilar pembangunan Provisi Sumut maupun Kabupaten Sergai yaitu inovasi, kolaborasi dan desentralisasi dengan tujuan memberikan informasi kepada warga yang khususnya ada di Sergai. Harapan kedepannya, dengan adanya KIM disetiap kewilayahan bisa memberikan informasi yang akurat tentang perkembangan Provinsi Sumut maupun Kabupaten Sergai, pungkas Afini. (RS)

COMMENTS

Nama

Aceh Tengah,20,Banda Aceh,2,Bandung,20,Bangka Tengah,1,Bangun Purba,1,Banjar,7,Banjarnegara,1,Banyuwangi,3,Batam,6,Bekasi,109,Belitung,14,Beltim,51,Bener Meriah,40,Bengkayang,16,Berita terkini,40,Bintan,2,BNN,1,Bogor,45,Bola,1,Brebes,7,Ciamis,5,Cianjur,1,Cilacap,5,Cilegon,1,Cileungsi,14,Cirebon,73,Daerah,1856,Dairi,15,Deli Serdang,5,Depok,34,Doloksanggul,3,Donggala,2,Ekonomi,1,Garut,7,Hukum,6,Indramayu,1,Jabar,1,Jakarta,91,Jambi,5,Jawa Barat,13,Jawa Timur,2,Jember,1,Kab. Minahasa Tenggara,1,Kab. Sukabumi,1,Kab.Bandung,73,Kab.Bekasi,17,Kab.Sergai,5,Kab.Sumedang,4,Kalbar,6,Kalsel,5,Kalteng,20,Kaltim,1,Kapuas Hulu,56,Karawang,2,Kec.Ukui,1,Kerinci,3,Korupsi,4,Kotabumi,1,Kronjo,1,Kuala Kapuas,3,Kuningan,52,Kutai Timur,9,Kutim,1,Labura,1,Lahat,12,Lampung,5,Lampung Barat,1,Lampung Tengah,1,Lampung Timur,62,Lampung Utara,49,Lingga,41,Loksado,1,Lombok,1,Lubuk Pakam,1,Luwuk,2,Magelang,1,Majalengka,13,Malang,16,Manado,1,Manokwari,1,Mauk,2,medan,1,Mekar Baru,1,Minahasa Tenggara,2,Minut,1,Mojokerto,67,Muara Belida,1,Muara Enim,43,Musi Banyuasin,1,Ogan Ilir,1,Oku Selatan,12,Oku Timur,3,Opini,1,Pagaralam,2,Pakpak Bharat,12,Pakuhaji,2,Palangka raya,140,Palangkaraya,20,Palas,6,Palembang,7,Palu,31,Pandegelang,10,Pangkalpinang,2,Papua,2,Parigi,4,Parlemen,29,Pasuruan,1,Pekanbaru,2,Pematangsiantar,3,Pendidikan,49,Polhukam,121,Pontianak,6,Pulang Pisau,2,Purwakarta,74,Purwokerto,1,Putussibau,40,Radar Selebrity,2,Rokan Hilir,9,Sabang,55,Samarinda,6,Sampit,101,Sarolangun,32,Selayar,10,Serang,9,Serdang Bedagai,15,Sergai,20,Seruyan,1,Sibolga,4,Sigi,8,Simalungun,1,Solok Selatan,7,Subang,17,Sukabumi,17,Sulawesi,1,Sulteng,71,Sulut,66,Sumbar,2,sumsel,2,Sumut,24,Sungai Penuh,1,Tangerang,32,Tanjab Barat,31,Tanjab Timur,8,Tanjung Enim,1,Tapanuli Tengah,7,Tapanuli Utara,10,Tasikmalaya,15,Tebing Tinggi,9,Tegal,4,Terkini,2160,Tolitoli,4,Tulang Bawang,2,
ltr
item
RADAR NUSANTARA NEWS: Pemkab Sergai Gelar Kegiatan Pemberdayaan KIM Tahun 2017
Pemkab Sergai Gelar Kegiatan Pemberdayaan KIM Tahun 2017
https://2.bp.blogspot.com/-VAr1KiaPBQk/WUIHjZG9UaI/AAAAAAABLoQ/bBg8ICwTL4wjFbkcKDGsATOj9Af0BEG0QCLcBGAs/s640/av.bmp
https://2.bp.blogspot.com/-VAr1KiaPBQk/WUIHjZG9UaI/AAAAAAABLoQ/bBg8ICwTL4wjFbkcKDGsATOj9Af0BEG0QCLcBGAs/s72-c/av.bmp
RADAR NUSANTARA NEWS
http://www.radarnusantara.com/2017/06/pemkab-sergai-gelar-kegiatan.html
http://www.radarnusantara.com/
http://www.radarnusantara.com/
http://www.radarnusantara.com/2017/06/pemkab-sergai-gelar-kegiatan.html
true
8338290086939464033
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy