Rekontruksi Kejumudan

Opini : Rekontruksi Kejumudan Penulis : Aji Pangestu Mahasiswa Jurusan Ilmu Hadis Semester 2 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Dalam...



Opini : Rekontruksi Kejumudan

Penulis : Aji Pangestu
Mahasiswa Jurusan Ilmu Hadis Semester 2
UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Dalam Buku Steven covey The 7 Habits Hal pertama yang harus kita lakukan adalah Pro Aktif. Pro aktif adalah Bagaimana kita Menentukan Reaksi apa yang harus kita munculkan tatkala Terjadi sebuah stimulus pada diri kita.

Seperti yang kita tahu, kalo kita dihina degan kata-kata bodoh, jelek, hitam dll pasti Reaksi yang akan kita munculkan adalah marah, sedih, kecewa dan sebagainya.

Nah disinilah Peran pro Aktif. Ketika Ada semacam Rangsangan semacam itu kita Berhak dan wajib dong menentukan Reaksi yang harus kita keluarkan.

Kalo dengan sedih, marah dan kecewa bisa berdampak merugikan kita, bahkan membuat mood turun maka jangan pilih reaksi itu tapi ubah dengan reaksi yang lebih Positif.

Hal ini Berkaitan erat dengan Konsep Diri.
Karena konsep diri yang kita ciptakan akan mempengaruhi cara kita berpikir, bertindak dan bersikap.

Aku teringat sebuah cerita seorang berkulit hitam yg punya konsep diri, bahwasanya dia sangat lemah IQ nya menurut pandangan teman, kerabat dan lingkungan tersebut.
Akhirnya diadakan sebuah penelitian orang berkulit hitam ini dibagi menjadi 2 kelompok dan di suruh mengerjakan soal yang sama. yang satu di kasi tahu bahwasanya itu tes IQ dan satu lagi dikasih tahu itu tes bahasa.

Akhirnya yang mengerjakan tes IQ nilainya benar benar jelek karena sebelum mengerjakan soal saja dia udah berpikir "Ah, aku kan bodoh". "Aku ga bisa ngerjain ini" dan seterusnya.

Sedangkan kelompok lainya mendapatkan nilai yang cukup fantastis karena mereka sangat bersemangat mengerjakan Soal tersebut karena mereka punya konsep diri bahwa mereka jago, pinter dalam hal bahasa sehingga mereka kerjakan soal dengan sangat maksimal.

Dari cerita tersebut dapat kita ambil kesimpulan meskipun soalnya sama tapi konsep dirinya berbeda maka hal tersebut akan sangat berpengaruh pada diri seseorang itu.

Cerita yang hampir serupa Aku dengar Dari Founder Zenius education bang sabda.
Waktu itu dalam kelas yg Kecerdasan hampir sama beliau memberikan soal yang muatannya fisika, matematika atau Matematika yg dikerjakan dalam bentuk fisika. Dibagi lah 2 (dua) Kelompok dan yang satu di bilang Ini soal Matematika dan kelompok lain di bilang Fisika.

Akhirnya tes selesai dan yang terjadi adalah mereka yang mengerjakan soal yang dikasih tahu bahwa itu soal matematika relatif nilainya pada bagus sedangkan yang di kasi tau itu soal fisika cenderung Jelek nilainya. Kenapa demikian ?

Lagi lagi karena Konsep diri Anak anak bahwah fisika itu susah dan matematika itu mudah sehingga dari konsep diri itu munculah kecenderungan nya.

Jadi sudah seharusnya kita merekontruksi konsep diri kita yang lama.
Konsep diri , "Aku tuh lemah dalam hal ini.., aku malas banget kalo udah gini.. ,aku pelupa, ga suka ini dan lain lain, begitulah itu semua harus kita rekontruksi menjadi konsep diri yang lebih positif.

Setelah Kita merekonstruksi konsep diri kita yang lama Barulah kita Bikin Konsep diri baru yang lebih Positif . Arahkan sebisa mungkin Untuk Menciptakan Konsep diri dan kebiasaan yang bermanfaat atau sering kita sebut Habits atau kebiasaan.

Dalam buku Yg ditulis Oleh ust Felix Siauw "How to master your Habits".
Bahwah “Habits adalah segala sesuatu yang kita lakukan secara otomatis, bahkan kita melakukannya tanpa berfikir. Lebih lanjut menurut Felix “Habits adalah suatu aktivitas yang dilakukan terus menerus sehingga menjadi bagian daripada seorang manusia dan dia adalah kebiasaan kita”.

Bayangkan kalo kita sudah otomatis punya Habits Sholat berjamaah di masjid, ngaji one day one juz, Al matsurat, Baca Buku, olahraga, Menolong orang lain, senang berbagi, Berprasangka baik, peka pada lingkungan sekitar dll.
Konsep diri yang benar dilakukan secara terus menerus sampai mengakar betul dalam diri akan sangat menguntungkan bagi kita.

Setidaknya ada 2 Hal yang harus dilakukan untuk menciptakan Habits Yang Otomatis itu.pertama, Latihan. Kedua, Pengulangan dan dari hasil tersebut lah akan tercipta Habits2 baru.

Menurut sebuah penelitian Kebiasaan itu akan tercipta Paling sedikit setelah di ulang sebanyak 30 X kalo mau lebih Mantap bisa di ulang 60X,120X Atau 360X sehingga Bener2 mengakar pada diri kita.

Kamu adalah programer buat dirimu sendiri. Kamu yang menentukan Kamu harus Melakukan apa dan bagaimana,menentukan Reaksi apa yg seharusnya kamu lakukan.
** Redaktur (Roby Gobriz)*

COMMENTS

BLOGGER: 3
Loading...
Nama

.berita terkini,3087,.beritaterkini,2,Aceh,10,ACEH SINGKIL,77,Aceh Tamiang,22,Aceh Tengah,64,Aekkanopan,3,ambon,2,BALAESANG,1,BALIKPAPAN,5,balut.berita terkini,2,Banda Aceh,4,Bandung,54,Bandung Barat,3,banggai,1,Bangka Belitung,3,Bangka Tengah,1,bangkep,1,BANGKEP - RN,1,Bangun Purba,1,Banjar,14,Banjarnegara,4,bantaeng,3,Banten,22,Banyuasin,5,Banyumas,10,Banyuwangi,30,Barru,1,Batam,69,batang,3,Bekasi,373,bekasi terkini,1,Belitung,54,Beltim,83,Bener Meriah,120,BENGKALIS,5,Bengkayang,25,BENGKULU SELATAN,6,BER,3,BERI,1,berita,1,Berita terkini,1775,Bintan,8,Blitar,4,BNN,1,Bogor,177,BOGOR TIMUR,3,Bola,1,bolmong,133,bolmong utara,1,BOLNONG,1,boltim,9,BOYOLALI,1,Brebes,46,Bukit Tinggi,29,Buol,61,Ciamis,14,Cianjur,2,Cibinong,1,Cikarang,19,Cilacap,6,Cilegon,7,Cileungsi,41,Cimahi,60,Cirebon,234,Cirebon Kota,1,Dabo Singkep,189,Daerah,6409,Daik Lingga,1,Dairi,80,Deli Serdang,7,Depok,147,derah,4,Dolok,4,Doloksanggul,6,Donggala,3,DPRD Kab. Bekasi,10,DPRD Kota Bekasi,14,Dumoga,25,Dumoga Utara,1,Ekonomi,3,Garut,24,Gowa,8,Gresik,1,Gunung Putri,2,Hukum,11,indralaya,11,Indramayu,7,Jabar,7,jaka,1,Jakarta,284,jakarta selatan,2,Jambi,31,JATIM,1,Jawa Barat,8,Jawa Tengah,3,Jawa Timur,7,Jayapura,1,Jember,2,Jeneponto,1,Jepara,62,Jombang,3,kab,2,Kab. Bandung,9,Kab. Bogor,14,Kab. Brebes,3,Kab. Kuningan,8,Kab. Minahasa Tenggara,1,Kab. Serang,2,Kab. Serdang Bedagai,2,Kab. Sukabumi,10,kab. tangerang,4,Kab. Tasikmalaya,15,Kab.Bandung,156,Kab.Bekasi,57,KAB.BOGOR.BERITA TERKINI,1,Kab.Malang,2,Kab.Samosir,2,Kab.Sergai,5,KAB.SINJAI,5,kab.sorong,1,Kab.Sumedang,10,Kab.Tangerang,2,KABUPATEN SINJAI,3,KABUPATEN SINJAJ,3,Kajen,2,Kalbar,48,Kalimantan Barat,9,kalimantan timur,13,Kalsel,7,Kalteng,40,Kaltim,15,Kampar,11,Kampar Riau,28,Kapuas Hulu,236,Karawang,31,KARIMUN - RN,1,Kec.Ukui,1,Kediri,5,Kendari,2,KEPRI,1,Kepulauan Riau,9,Kerinci,5,Korupsi,9,Kota Sorong,5,Kotabumi,1,KOTAMIBAGU,1,Kotamobagu,18,Kronjo,1,Kuala Kapuas,5,Kuala Tungkal,5,KUDUS,29,Kuningan,147,KUTAI KERTANEGARA,4,Kutai Timur,12,Kutim,1,Labuhan Batu,4,Labura,165,Lahat,12,Lamongan,1,Lampung,38,Lampung Barat,24,LAMPUNG METRO,105,Lampung Tengah,4,Lampung Timur,460,Lampung Utara,74,LANTAMAL V,3,lebak,9,LIMAPULUHKOTA,1,Lingga,545,Loksado,1,Lombok,4,lombok timur,6,LOTIM,4,lotim.berita terkini,37,Lubuk Pakam,4,Lumajang,1,Lumanjang,1,Luwuk,7,Magelang,1,Majalengka,45,makassar,7,Malang,104,Maluku,3,Maluku tengah,2,MAMAJU.RN,3,MAMASA,8,Manado,9,Manokwari,4,Mauk,2,medan,23,Mekar Baru,1,MERANTI,18,Mesuji,70,metro,95,metro lampung,5,Minahasa,3,Minahasa Selatan,2,Minahasa Tenggara,2,Minut,1,Mojokerto,188,morowali,2,Muara Belida,1,Muara Enim,74,Musi Banyuasin,10,Nasional,15,Natuna,93,NTB,7,Ogan Ilir,3,Oku Selatan,232,Oku Timur,5,Opini,1,Padang,2,Padang Lawas,14,Pagaralam,11,Pagimana,1,Pakpak Bharat,12,Pakuhaji,2,Palangka raya,193,Palas,17,palelawan,3,Palembang,33,Palu,97,Paluta,36,pande,1,Pandeglang,617,Pangkalpinang,2,Papandayan,1,Papua,3,PAPUA BARAT,4,Parigi,6,Parigi Moutong,12,PARIMO,1,Parlemen,32,PARUNG PANJANG,1,Pasaman,11,Pasuruan,1,PATI,18,Patia,1,PAYAKUMBUH,2,Pekalongan,24,Pekanbaru,143,Pekanbaru Riau,19,pelalawan,22,Pematangsiantar,33,Pemkab Bekasi,7,Pemkot Bekasi,6,Pendidikan,78,Pilkada,1,PIPIKORO,1,Polhukam,149,Politik,1,Pontianak,87,Poso,1,Pringsewu,24,Pulang Pisau,4,purbalingga,3,Purwakarta,579,Purwokerto,1,Putussibau,40,Radar Artikel,3,Radar Selebrity,2,Riau,90,Rokan Hilir,11,Sabang,57,Samarinda,22,SAMPI,1,Sampit,275,sar,1,Sarolangun,116,Selayar,10,selong,2,Semarang,4,Seram Bagian Barat,1,Serang,48,Serdang Bedagai,32,Sergai,24,Seruyan,4,Sibolga,7,SIDRAP,14,Sigi,36,Simalungun,29,Singaparna,3,SINGKEP BARAT,1,Sinjai,4,SOLOK,3,Solok Selatan,8,Sorong,45,Subang,83,Sukabumi,92,Sulawesi,2,Sulawesi Selatan,31,sulawesi tengah,44,Sulbar,17,Sulsel,8,Sulteng,178,Sulut,257,Sumatera Selatan,1,SUMATERA UTARA,1,sumba barat,1,Sumbar,21,Sumedang,3,sumsel,6,Sumut,55,Sungai Penuh,1,Takalar,28,Tambraw,3,Tambraw - RN,6,Tangerang,365,Tangerang Selatan,2,Tanjab Barat,400,Tanjab Timur,46,Tanjung Enim,1,TANJUNG PINANG,5,Tapanuli Selatan,1,Tapanuli Tengah,15,Tapanuli Utara,10,tarutung,1,Tasikmalaya,60,Tebing Tinggi,62,Tegal,12,Teminabuan,5,Tenggarong,1,ter,1,Terkini,6723,terkiri,4,Timika,1,Toabo,1,Tolitoli,550,TOMOHON,4,Touna,1,Trenggalek,11,Tulang Bawang,11,Tulang Bawang Barat,7,Tulungagung,138,Waisai,5,
ltr
item
RADAR NUSANTARA NEWS: Rekontruksi Kejumudan
Rekontruksi Kejumudan
https://1.bp.blogspot.com/-9SO3IWiRn10/XQNkg1KgRqI/AAAAAAAAWMM/-YGZVtbnvYw0lM4zuVehTu4fzDh4DilDQCLcBGAs/s320/IMG-20190614-WA0024.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-9SO3IWiRn10/XQNkg1KgRqI/AAAAAAAAWMM/-YGZVtbnvYw0lM4zuVehTu4fzDh4DilDQCLcBGAs/s72-c/IMG-20190614-WA0024.jpg
RADAR NUSANTARA NEWS
http://www.radarnusantara.com/2019/06/rekontruksi-kejumudan.html
http://www.radarnusantara.com/
http://www.radarnusantara.com/
http://www.radarnusantara.com/2019/06/rekontruksi-kejumudan.html
true
8338290086939464033
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy