Sah, HMI Cabang Tangerang Jadi Cabang Penuh

Banten,RN  Himpunan Mahasiswa Islam yang di prakarsai oleh Ayahanda Lafran Pane (Pahlawan Nasional) dan kawan-kawan pada tanggal 5...



Banten,RN 
Himpunan Mahasiswa Islam yang di prakarsai oleh Ayahanda Lafran Pane (Pahlawan Nasional) dan kawan-kawan pada tanggal 5 Februari 1947 di Jogjakarta bertujuan agar Terbinanya Insan Akademis, Pencipta, Pengabdi yang bernafaskan Islam dan bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhoi Allah SWT. Telah terbukti sebagai organisasi kemahasiswaan tertua di Indonesia yang melahirkan banyak pemimpin baik tingkat Nasional maupun daerah.

Keberadaan kader HMI begitu banyak membangun bangsa Indonesia dengan berbagai macam profesi nya. Sudah lebih dari 200 HMI Cabang terbentuk di seluruh Indonesia sebagai wadah berhimpun mahasiswa Islam, dalam mengembangkan dan mengaktualisasikan potensi diri yang notabene Komisariat dalam hal ini kampus merupakan ujung tombaknya Perkaderan.

Keberadaan HMI di Tangerang sudah muncul dari tahun delapan puluhan, namun tidak begitu kelihatan dikarenakan minimnya kampus di Tangerang. Sekalipun ada juga mahasiswa yang telah bekerja dan kuliah malam, sehingga keberadaan HMI di Tangerang maju-mundur.

Tahun 2012, *Yudhistira Prasasta* yang merupakan mahasiswa tingkat akhir Institut Pertanian Bogor yang merupakan Kader HMI Cabang Bogor balik ke Tangerang (Kampung Halamannya) melihat gerakan kemahasiswaan tidak terlalu masif. Padahal di Tangerang sudah mulai banyak Kampus-kampus, keberadaan mahasiswa sebagai penyambung lidah rakyat dengan aktif di organisasi mahasiswa tidak terlihat.

Kegelisahan itulah, Yudhistira memberanikan diri untuk mengembangkan HMI di Tangerang. Oktober 2012, ia berhasil mendapatkan 11 orang kader dari Kampus UNIS Tangerang dan Mengkader di Latihan Kader I (Basic Training) di Cabang Jakarta Barat. Bulan Februari 2013 Yudhistira bersama teman-temanya kembali meng-LK kan kader angkatan kedua.

Setelah mengadakan dua kali LK I, maka sesuai konstitusi HMI (AD/ART HMI) dengan minimal 25 kader didirikanlah Komisariat Persiapan yaitu HMI Komisariat Persiapan UNIS Tangerang yang menginduk ke Cabang Jakarta Barat.

19 Mei 2013, Irwanto dilantik sebagai Ketua Umum Komisariat pertama di Tangerang sekaligus menandakan berdirinya organisasi HMI  tingkat Komisariat di Tangerang yakni HMI Komisariat Persiapan UNIS Tangerang.

Dengan semangat melakukan perkaderan, dari satu komisariat dibawah Kepemimpinan Irwanto" bisa memekarkan menjadi tiga komisariat, yakni Komisariat UNIS dengan Ketua Umum Catur Wahyudi, Komisariat FISIP UNIS dengan Ketua Umum Irwanto, dan Komisariat FE UNIS dengan Ketua Umum Muhammad Fajrin (Kemudian periode berikutnya berganti nama menjadi Komisariat Perintis). Sebuah prestasi yang luar biasa, kader HMI bukan Hanya dari Kampus UNIS. Namun juga telah menyebar ke kampus UMT, Raharja, BSI, Bina Madani, Gunadarma, dan kampus di Kota dan Kabupaten Tangerang lainnya.

Berikutnya pergantian kepengurusan di tingkat Komisariat dengan melakukan Rapat Anggota Komisariat. Maka kendali tiga komisariat di Tangerang dilantik Ricky Ardiansyah (Fatkay) sebagai Ketua Umum HMI Komisariat UNIS, Adde Arief Budiman sebagai Ketua Umum HMI Komisariat FISIP UNIS, Hekbar Deni Adzannu sebagai Komisariat Perintis masa Bakti 2014-2015 dibawah payung HMI Cabang Jakarta Barat.

Perkaderan secara masif terus dilakukan untuk memenuhi persyaratan pemekaran cabang. Kongres HMI ke XXIX di Pekanbaru tahun 2015 diusulkan draft pemekaran HMI Cabang Tangerang. Hasil kongres mendukung pemekaran HMI Cabang Tangerang dari cabang induk.

Angin segar pasca kongres Pekanbaru, meningkatkan semangat Kader HMI Tangerang untuk mewujudkan berdirinya HMI Cabang Tangerang. Musyawarah Badan Kordinasi (MUSDA ke VII) HMI BADKO Jabodetabeka-Banten tanggal 13 - 17 Agustus 2016 kembali mendukung Pemekaran HMI Cabang Tangerang dari HMI Cabang Jakarta Barat.

Konferensi Cabang ketiga HMI Cabang Jakarta Barat 20 Agustus 2016 merekomendasikan Pemekaran HMI Cabang Tangerang. Maka secara de facto HMI Cabang Persiapan Tangerang telah berdiri.

Pleno I PB HMI dibawah kepemimpinan Mulyadi P. Tamsir yang diadakan di Graha Insan Cita tanggal 2 Oktober 2016 M bertepatan 1 Muharram 1438 H, menetapkan HMI Cabang Persiapan Tangerang sebagai cabang baru pemekaran dari HMI Cabang Jakarta Barat. Yang dilanjutkan dalam rapat harian PB HMI yang menunjuk *Hadi Roesmanto dan Muhammad Nur Fikri* Pengurus PB HMI sebagai Carataker HMI Cabang Persiapan Tangerang.

8 April 2017, HMI Cabang Persiapan Tangerang mengadakan Musyawarah Cabang pertama. Terpilih Abdul Kadir sebagai Formateur atau Ketua Umum HMI Cabang Persiapan Tangerang Periode 2017-2018. Abdul Kadir yang dilantik tanggal 19 Mei 2017 sebagai Ketua Umum Cabang Tangerang pertama dengan Adde Arief Budiman sebagai Sekretaris Umum dan beberapa pengurus cabang.

Di bawah kepemimpinan Abdul Kadir yang konsisten melakukan perkaderan, tercatat enam kali mengadakan LK I dan satu kali mengadakan LK II. Terus menjalin silaturahmi dan hubungan dengan segala pemangku kepentingan yang ada di Kota dan Kabupaten Tangerang.

Berbagai macam kerjasama dan kegiatan yang dilakukan untuk mensiarkan dan mengenalkan HMI Cabang Tangerang ke masyarakat luas di Tangerang Raya. Dukungan dari Senior HMI Tangerang / KAHMI Tangerang menjadikan HMI sebagai organisasi kemahasiswaan dan kepemudaan yang disegani dan dipandang di Tangerang.

Segala hal persyaratan amanat konstitusi HMI agar menjadi cabang penuh dilakukan oleh Pengurus HMI Cabang Tangerang. Mulai dari perkaderan penambahan jumlah kader, melaksanakan LK II dan persyaratan penunjang lainnya. 

Kongres HMI ke XXX di Ambon 14 - 25 Februari 2018, ikhtiar pemenuhan cabang dilakukan. Alhamdulillah hasil Kongres, HMI Cabang Persiapan Tangerang menjadi cabang penuh. Seluruh HMI Cabang Se Indonesia mendukung HMI Cabang Tangerang sebagai cabang penuh. Kongres yang merupakan pengambilan keputusan tingkat tertinggi di HMI telah merekomendasikan, maka secara DE FACTO HMI Cabang Tangerang telah menjadi Cabang penuh.

Musyawarah BADKO HMI Jabodetabeka-Banten ke VIII tanggal 21 - 28 Juli 2018 kembali mendukung HMI Cabang Tangerang sebagai cabang penuh.

Ibarat pepatah "Setiap Orang ada masanya, setiap masa ada orangnya". Organisasi yang sehat adalah organisasi yang bisa melakukan regenerasi kepemimpinan, organisasi yang berkesinambungan estafet kepemimpinan. Begitupun HMI Cabang Tangerang harus melakukan Musyawarah yang kedua dilaksanakan tanggal  5 - 6 Oktober 2018, terpilih Tiba Yudha Laksana sebagi Formateur atau Ketua Umum Kedua HMI Cabang Tangerang. Pelantikan dan serah terima jabatan HMI Cabang Tangerang dilakukan 18 November 2018 di Gedung Arsip Kota Tangerang. 

Pleno I PB HMI periode 2018-2020 di bawah kepemimpinan Saddam Al Jihad yang dilaksanakan di Lampung   22 - 24 November 2018 menetapkan HMI Cabang Tangerang sebagai cabang penuh. Maka secara DE FACTO dan DE JURE dan secara SAH, HMI Cabang Tangerang menjadi cabang penuh yang mendapatkan hak yang sama dengan cabang lainnya 

Kebahagiaan dan perjuangan selama enam tahun berdirinya HMI Tangerang membuahkan hasil. Ini menjadi sejarah yang tidak akan terlupakan. Dinamika, retorika, dan air mata seluruh kader kader HMI Cabang Tangerang menjadi nyata.

Terwujudnya cabang penuh juga mendapatkan dukungan dan pengawalan dari segenap Alumni HMI Tangerang, diantaranya Hendy Zein (Ketua Presidium KAHMI Kota Tangerang), Sanusi Pane (Ketua KPUD Kota Tangerang), Rusdi Alam (Ketua DPD KNPI 2015-2018), Agus Muslim (Ketua Bawaslu Kota Tangerang), Turidi Susanto ( Presidium KAHMI Tangerang), Eni Suhaeni (Presidium KAHMI Kabupaten Tangerang), Irgan Chairul Mahfuz (Anggota DPR RI) , Yayat Biaro (Anggota DPR RI) dan senior HMI Tangerang lainnya yang tidak dapat tersebutkan yang telah mendorong dan membantu HMI Cabang Tangerang.

Dukungan dari Pemerintah Kota Tangerang dan Pemerintah Kabupaten Tangerang juga menjadi alasan kuat berdirinya HMI Cabang Tangerang. ***(Saepul Anwar)

COMMENTS

Nama

.berita terkini,1794,.beritaterkini,1,Aceh,10,ACEH SINGKIL,77,Aceh Tamiang,22,Aceh Tengah,59,Aekkanopan,3,ambon,2,BALAESANG,1,BALIKPAPAN,2,balut.berita terkini,2,Banda Aceh,3,Bandung,43,banggai,1,Bangka Belitung,2,Bangka Tengah,1,bangkep,1,BANGKEP - RN,1,Bangun Purba,1,Banjar,14,Banjarnegara,1,bantaeng,1,Banten,15,Banyuasin,5,Banyumas,10,Banyuwangi,29,Barru,1,Batam,68,batang,2,Bekasi,324,bekasi terkini,1,Belitung,44,Beltim,76,Bener Meriah,111,BENGKALIS,5,Bengkayang,24,BENGKULU SELATAN,6,BER,3,BERI,1,berita,1,Berita terkini,1689,Bintan,8,Blitar,4,BNN,1,Bogor,158,Bola,1,bolmong,128,bolmong utara,1,boltim,9,BOYOLALI,1,Brebes,45,Bukit Tinggi,27,Buol,41,Ciamis,13,Cianjur,2,Cibinong,1,Cikarang,14,Cilacap,5,Cilegon,6,Cileungsi,41,Cimahi,20,Cirebon,218,Cirebon Kota,1,Dabo Singkep,147,Daerah,6361,Dairi,74,Deli Serdang,6,Depok,95,derah,4,Dolok,4,Doloksanggul,5,Donggala,2,DPRD Kab. Bekasi,10,DPRD Kota Bekasi,6,Dumoga,21,Dumoga Utara,1,Ekonomi,3,Garut,22,Gowa,3,Gunung Putri,2,Hukum,11,indralaya,9,Indramayu,7,Jabar,6,jaka,1,Jakarta,241,Jambi,23,JATIM,1,Jawa Barat,8,Jawa Tengah,3,Jawa Timur,7,Jayapura,1,Jember,2,Jeneponto,1,Jepara,51,Jombang,3,kab,2,Kab. Bogor,8,Kab. Brebes,3,Kab. Kuningan,7,Kab. Minahasa Tenggara,1,Kab. Serang,2,Kab. Serdang Bedagai,2,Kab. Sukabumi,9,Kab. Tasikmalaya,15,Kab.Bandung,145,Kab.Bekasi,57,KAB.BOGOR.BERITA TERKINI,1,Kab.Malang,1,Kab.Samosir,2,Kab.Sergai,5,KAB.SINJAI,5,kab.sorong,1,Kab.Sumedang,10,KABUPATEN SINJAI,3,KABUPATEN SINJAJ,3,Kajen,2,Kalbar,35,Kalimantan Barat,1,kalimantan timur,10,Kalsel,7,Kalteng,40,Kaltim,13,Kampar,8,Kampar Riau,17,Kapuas Hulu,233,Karawang,31,Kec.Ukui,1,Kediri,3,Kendari,2,KEPRI,1,Kepulauan Riau,8,Kerinci,4,Korupsi,9,Kota Sorong,3,Kotabumi,1,KOTAMIBAGU,1,Kotamobagu,18,Kronjo,1,Kuala Kapuas,5,Kuala Tungkal,3,KUDUS,25,Kuningan,139,KUTAI KERTANEGARA,4,Kutai Timur,12,Kutim,1,Labuhan Batu,4,Labura,127,Lahat,12,Lampung,34,Lampung Barat,24,LAMPUNG METRO,104,Lampung Tengah,4,Lampung Timur,459,Lampung Utara,73,LANTAMAL V,3,lebak,8,LIMAPULUHKOTA,1,Lingga,542,Loksado,1,Lombok,4,lombok timur,3,lotim.berita terkini,33,Lubuk Pakam,4,Lumajang,1,Lumanjang,1,Luwuk,7,Magelang,1,Majalengka,36,makassar,3,Malang,93,Maluku,3,Maluku tengah,2,MAMAJU.RN,2,MAMASA,1,Manado,7,Manokwari,4,Mauk,2,medan,16,Mekar Baru,1,MERANTI,15,Mesuji,65,metro,66,metro lampung,4,Minahasa,1,Minahasa Selatan,2,Minahasa Tenggara,2,Minut,1,Mojokerto,167,morowali,2,Muara Belida,1,Muara Enim,74,Musi Banyuasin,10,Nasional,15,Natuna,93,NTB,4,Ogan Ilir,3,Oku Selatan,196,Oku Timur,5,Opini,1,Padang,2,Padang Lawas,14,Pagaralam,9,Pagimana,1,Pakpak Bharat,12,Pakuhaji,2,Palangka raya,193,Palas,11,palelawan,3,Palembang,32,Palu,91,Paluta,36,pande,1,Pandeglang,567,Pangkalpinang,2,Papandayan,1,Papua,3,PAPUA BARAT,4,Parigi,6,Parigi Moutong,12,PARIMO,1,Parlemen,32,PARUNG PANJANG,1,Pasaman,11,Pasuruan,1,PATI,14,Patia,1,PAYAKUMBUH,1,Pekalongan,24,Pekanbaru,141,Pekanbaru Riau,15,pelalawan,22,Pematangsiantar,29,Pemkab Bekasi,7,Pemkot Bekasi,6,Pendidikan,78,Pilkada,1,PIPIKORO,1,Polhukam,149,Politik,1,Pontianak,59,Poso,1,Pulang Pisau,4,purbalingga,2,Purwakarta,461,Purwokerto,1,Putussibau,40,Radar Selebrity,2,Riau,87,Rokan Hilir,9,Sabang,57,Samarinda,22,Sampit,253,sar,1,Sarolangun,80,Selayar,10,selong,2,Semarang,1,Seram Bagian Barat,1,Serang,38,Serdang Bedagai,32,Sergai,24,Seruyan,4,Sibolga,7,SIDRAP,14,Sigi,22,Simalungun,26,Singaparna,2,Sinjai,4,SOLOK,3,Solok Selatan,7,Sorong,45,Subang,39,Sukabumi,76,Sulawesi,2,Sulawesi Selatan,31,sulawesi tengah,38,Sulsel,7,Sulteng,178,Sulut,242,Sumatera Selatan,1,SUMATERA UTARA,1,sumba barat,1,Sumbar,19,Sumedang,2,sumsel,6,Sumut,55,Sungai Penuh,1,Takalar,22,Tambraw - RN,5,Tangerang,347,Tanjab Barat,339,Tanjab Timur,35,Tanjung Enim,1,TANJUNG PINANG,1,Tapanuli Selatan,1,Tapanuli Tengah,15,Tapanuli Utara,10,Tasikmalaya,50,Tebing Tinggi,62,Tegal,12,Teminabuan,2,ter,1,Terkini,6723,terkiri,4,Timika,1,Tolitoli,446,Touna,1,Trenggalek,11,Tulang Bawang,10,Tulang Bawang Barat,7,Tulungagung,114,Waisai,5,
ltr
item
RADAR NUSANTARA NEWS: Sah, HMI Cabang Tangerang Jadi Cabang Penuh
Sah, HMI Cabang Tangerang Jadi Cabang Penuh
https://2.bp.blogspot.com/-e2SoeGcDDZY/W_pEKpnD8VI/AAAAAAAAQ2M/jlBUGYb_k90OMFxbNzuAqNrxsgQ41ftzgCK4BGAYYCw/s640/IMG-20181125-WA0010-704729.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-e2SoeGcDDZY/W_pEKpnD8VI/AAAAAAAAQ2M/jlBUGYb_k90OMFxbNzuAqNrxsgQ41ftzgCK4BGAYYCw/s72-c/IMG-20181125-WA0010-704729.jpg
RADAR NUSANTARA NEWS
https://www.radarnusantara.com/2018/11/sah-hmi-cabang-tangerang-jadi-cabang.html
https://www.radarnusantara.com/
http://www.radarnusantara.com/
http://www.radarnusantara.com/2018/11/sah-hmi-cabang-tangerang-jadi-cabang.html
true
8338290086939464033
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy