Ini Harapan Harris Bobihoe Untuk Kota Bekasi di Hari Jadinya yang ke 25 Tahun

    BEKASI, RN - Hari ini 10 maret 2022, merupakan hari spesial bagi Kota Bekasi. Kota yang merupakan bagian dari Provin...

   

BEKASI, RN- Hari ini 10 maret 2022, merupakan hari spesial bagi Kota Bekasi. Kota yang merupakan bagian dari Provinsi Jawa Barat dan berbatasan langsung dengan Provinsi DKI Jakarta genap berusia 25 tahun. Di usianya di tahun perak, Kota berjuluk Kota Patriot terus bertransformasi baik dari sisi pembangunan infrastruktur maupun pembangunan sumber daya manusia.


Salah satu sosok sekaligus Wakil Rakyat dari DPRD Provinsi Jawa Barat dari Fraksi Partai Gerindra, Dr. H. Abdul Harris Bobihoe turut memberikan ucapan Selamat Hari Jadi Kota Bekasi ke 25 tahun. 


Ketua Komisi 5 DPRD Provinsi Jawa Barat Daerah Pemilihan Kota Bekasi dan Kota Depok yang dikenal humbel menyampaikan pesan di usia Kota Bekasi ke 25 tahun.


Berikut pesan dan harapan beliau untuk Kota yang sudah menjadi bagian hidup dan sangat memiliki arti penting dalam perjalanan karir kehidupannya.


Saya Abdul Harris Bobihoe, perkenan saya sebagai warga Kota Bekasi yang saat ini diamanahkan sebagai Wakil Rakyat dj DPRD Provinsi Jawa Barat untuk mengucapkan selamat Dirgahayu Kota Tercinta Kita Semua Kota Bekasi yang ke 25 Tahun.


Usia Kota Bekasi bukan usia yang muda sudah 25 tahun tapi memang sampai saat ini kompleksivitas yang ada di Kota Bekasi, memang belum selesai. Karena apa? Kota Bekask secara geografis yang berdekatan dengan ibukota DKI Jakarta sampai sekarang memang harus terus ada kolaborasi. 


Artinya dalam membangun Kota Bekasi ini tidak bisa sendirian oleh Wali Kota, tapi harus ada kerjasama dengan Gubernur DKI Jakarta, juga dengan Kabupaten dan Kota yang berhimpitan dengan Kota Bekasi. 


Hal ini penting, karena selama ini memang track Kota Bekasi ini jadi semacam transit yang dilewati serta menjadi Pintu Gerbang masuk menuju DKI Jakarta. Selain itu sebagai Kota yang memiliki jumlah populasi kurang lebih 2,5 Juta Jiwa penduduk menjadi pekerja komuter, artinya warga yang tinggal di Kota Bekasi tidak sedikit yang setiap paginya beraktivitas dan bekerja menuju DKI Jakarta.


Sebagai warga Kota Bekasi, tentunya saya memiliki harapan bagi kota dengan begitu banyak kenangan. Harapan kita untuk Kota Bekasi adalah bagaimana kemudian kita membina hubungan ini dengan baik, dan terus  berkolaborasi dengan semua pihak.


Kemudian tentunya sistem yang ada di pemerintahan Kota Bekasi harus kita kembali lihat ulang. Kita coba program ulang, ini penting agar nantinya bagaimana kita bisa memanfaatkan modal daripada Sumber Daya Manusia yang ada di Kota Bekasi ini supaya betul-betul kita pakai sebagaimana mestinya.


Selain memaksimalkan SDM yang ada di Kota Bekasi, selanjutnya  yang ke dua yang tidak kalah penting adalah penataan kota. Tentunya dalam penataan, kami ingin penataan Kota Bekasi dilakukan secara betul-betul dengan memperhatikan semua aspek kehidupan.


Kami sadar, hal ini memang perlu kerja keras semua pihak, karena Kota dengan Indeks Prestasi Manusia (IPM) terbaik kedua di Jawa Barat setelah Kota Bandung sudah sedemikian terbentuk penataan kotanya dengan semua kompleksitas yang ada. Dan tugas kita untuk ikut terlibat langsung dalam menata ulang dari awal Kota Bekasi agar Kota Bekask  akan lebih baik lagi kedepannya.  


Hal ini harus dilakukan, karena kalau tidak permasalahan di Kota Bekasi ini tidak akan selesai.


Untuk itu, dalam proses semangat menata Kota Bekasi agar lebih baik lagi kedepan, diperlukan kerjasama dengan seluruh elemen masyarakat yang ada tentunya dengan berbagai pihak, terutama elemen paling kecil dan bersentuhan langsung dengan masyarkat yaitu Rukun Tetangga (RT), kita harus mendengar apa yang mereka mau. Setelah kita mendengar aspirasi masyarakat serta melibatkan mereka dalam penataan lingkungan baru kemudian kita bangun lingkungan sesuai dengan estetika tanpa merusak sendi kehidupan masyarakat.


Permasalahan selanjutnya di Kota Bekasi  yang sangat klasik adalah persoalan banjir yang ada di Kota Bekasi. Saya kira dalam penanganan banjir ini juga tidak bisa tuntas sendiri diselesaikan sendiri oleh Kota Bekasi, penanganan ibu  tidak bisa dilakukan parsial tetapi harus dilakukan secara bersama sama. Harus ada kolektifitas dalam melakukan (penanganan) ini. Dibutuhkan kolaborasi dengan semua pihak, karena air (banjir) ini tidak muncul tiba tiba tetapi berasal dari daerah lainnya, dan ini harus didiskusikan bersama sehingga menghasilkan keputusan bersama.


Seperti itu saya kira, perlu sistem yang baik untuk membangun Kota Bekasi. Pertama adalah tadi kolaborasi  yanv dilakukan, kemudian kerjasama dengan seluruh elemen masyarakat yang ada.


Dengan demikian kita dapat melakukan perubahan sistem perubahan tata letak tata kota yang lebih baik. Dalam menata dan membangun memang memerlukan waktu dan biaya yang cukup besar, tetapi saya kira kalau ada kemauan dari kita semua insya allah bisa selesai. 


Di usia yang ke 25 tahun, pembangunan sudah banyak, gedung-gedung terus dibangun, hotel, apartemen dan mall pun bermunculan.


Akan tetapi, sebagai bagian dari warga Kota Bekasi saya sangat menyesalkan proses penataan tata kota yang tidak baik dilakukan sejak awal.


Proses penataan Kota Bekasi harusnya melihat Rencana Tata Ruang dan Rencana Tata Wilahnya, harus ada penyesuaian pemanfaatannya. Kita lihat Kota Bekasi sangat minim Ruang Terbuka Hijau (RTH), sehingga terjadilah penataan dan pembangunan seperti saat ini.


Tentunya kalau  penataannya sudah seperti saat ini, sulit rasanya untuk menata kalau melihat kondisinya sekarang. Harusnya sejak awal, pada awal Kota Bekasi terbentuk, harus ada site plan yang jelas.


Bisa kita lihat, tanpa adanya perencanaan yang jelas dan terukur sekarang pembangunan begitu masif terjadi dimana mana tanpa memperhatikan aspek lainnya. Bahkan saya juga menyesalkan beberapa ijin dilakukan dan diberikan oleh pemerintah Kota Bekasi. 


Mudahnya perijinan menjadi pintu masuk proses tata Kota Bekasi yang perlu di kaji ulang kembali. Mudahnya perijinan terhadap pembangunan mall, apartemen saya kira itu memang boleh dikata beberapa kegiatan yang sudah merusak lingkungan,  bahkan merusak tatanan yang ada disekitar masyarakat.


Untuk itu saya kira kedepan dalam menata dan membangun perlu adanya keterlibatan semua elemen anak bangsa yang ada di Kota Bekasi. Kita lihat kedepan kalo ada  ijin mall, apartemen dan lainnya perlu dikaji bersama kalau memang tidak bisa jangan dikasih.


Jangan karena hanya melihat dari sisi Pendapatan Asli Daerah (PAD) saja dalam proses penataan, tapi juga harus melihat dampak serta akibat dari penataan yang kurang baik berakibat kerusakan lingkungan, yang pada akhirnya kita yang malah sibuk membenahi akibat salah penataan lingkungan tersebut.


Pada kesempatan ini pun, saya ingin berpesan kepada  pak Plt Wali Kota saya, Mas Tri Adhianto.  Saya melihat dalam membangun Kota Bekasi, beliau harus kerja keras.


Dan memang kalo sudah ada surat defenitif penetapan beliau sebagai Wali Kota Bekasi, beliau tidak bisa kerja sendiri. Perlu adanya kolaborasi dengan semua pihak, khususnya kerjasama dengan DPRD Kota Bekasi sebagai mitra pembangunan dan bagian dari pemerintah daerah sesuai dengan undang-undang Pemerintah Daerah.


Harus ada kerjasama yang baik dengan DPRD, teman-teman DPRD itu kan punya ide-ide yang banyak. Dan mereka tau persis masalah yang ada di Kota Bekasi,  jadi saya kira mas Tri harus merangkul.


Dengan begitu kebijakan yang dihasilkan secara bersama antara eksekutid bersama dengan legislatif mampu menghasilkan kebijakan yang pro masyarakat sehingga ujungnya mampu untuk meredam gejolak yang ada dimasyarakat.


Sebagai Sekretaris DPD Gerindra Provinsi Jawa Barat, tentunya saya pun terus berkomunikasi dengan DPC Gerindra Kota Bekasi khususnya dengan Fraksi Gerindra DPRD Kota Bekasi. 


Saya sangat apresiasi dan berterima kasih dengan semua teman-teman anggota DPRD Kota Bekasi dari Fraksi Partai Gerindra yang di pimpin bu Puspayani, kami pun memiliki wakil ketua DPRD yaitu Pak Tahapan Bambang Sutopo sehingga memudahkan kami dalam menyuarakan aspirasi masyarakat Kota Bekasi.


Selain itu saya pun terus berkomunikasi semua anggota dewan  fraksi Gerindra yang ada  DPRD Kota Bekasi. 


Kami terus memberikan suatu upaya, upaya pertama tentunya kita terus memberikan masukan dan mengkritik jika mereka tidak menyuarakan kepentingan masyarakat, dan alhamdulillah mereka langsung merespon saat kami berikan kritik dan masukan.


Saya pun berpesan kepada fraksi Gerindra DPRD Kota Bekasi untuk membangun komunikasi dengan Plt. Wali Kota Bekasi Mas Tri Adhianto, saya tekankan dan memesan agar mengawal kebijakan Plt. Wali Kota Bekasi yang betul-betul pro kepada masyarakat, selain itu jangan juga berdiam diri saat ada suatu hal kebijakan yang dinilai tidak pro masyarakat, saya meminta kepada mereka untuk mengkritik serta mengevaluasi kebijakan Plt. Wali Kota jika memang kebijakan tersebut tidak memihak kepada kepentingan masyarakat Kota Bekasi, sampaikan kritik dengan cara yang baik dengan tujuan sama-sama untuk saling menggingatkan. Antara eksekutif dan legislatif harus menjadi mitra yang baik, sehingga dengan begitu terwujudlah pembangunan Kota Bekasi sesuai dengan harapan dan keinginan masyarakat.


Sekali lagi, saya ucapkan selamat Hut Kota Bekasi ke 25 tahun. (@nt)



COMMENTS































Nama

.,3,.berita terkini,11108,.beritaterkini,6,.kalbar,17,(Merlung),5,Aceh,33,ACEH SINGKIL,78,Aceh Tamiang,23,Aceh Tengah,120,ACEH TENGGARA,1,ACEH TIMUR,2,advertorial,10,aek kanopan,1,Aekkanopan,9,agam,17,ALAI.,5,ambon,4,amlapura,42,anjatan,2,Anyer,1,AS,1,Asahan,5,babel,1,badung,143,Bagansiapiapi,4,bakan,1,BALAESANG,1,bali,156,BALIKPAPAN,5,balut.berita terkini,3,Banda Aceh,16,BANDAR LAMPUNG,31,bandara,2,Bandung,122,Bandung Barat,21,banggai,3,bangka,1,Bangka Belitung,5,Bangka Tengah,1,bangkep,1,BANGKEP - RN,1,BANGKINANG,4,bangli,554,Bangun Purba,1,Banguwangi,1,Banjar,22,Banjarnegara,7,bantaeng,46,Banten,108,Banyuasin,6,Banyumas,12,Banyuwangi,148,barito utara,1,Barru,1,Batam,101,batang,67,BATANG HARI,3,batang kuis,3,BATU,7,batu bara,61,baturaja,4,Bekasi,1738,bekasi terkini,3,Bekasi Utara,1,belawan,1,Belitung,198,Belitung Timur,2,Beltim,225,belu,1,benakat,1,bener,1,Bener Meriah,481,BENGKALIS,69,Bengkayang,75,BENGKULU,5,BENGKULU SELATAN,17,BENGKULU UTARA,1,benoa,1,BER,3,BERI,1,beriita terkini,3,berit terkini,2,berita,1,Berita terkini,2825,berita terkini daerah,1,berita terkini.,1,berita terkinia,1,berita terkink,1,berita terkinu,2,berita tetkini,1,beritaterkini,4,beritq terkini,1,berta terkini,1,Bima,2,binjai,3,Bintan,9,Bintuni,1,Bitung,3,blahbatuh,6,Blitar,15,Blora,2,BMKG,1,BNN,1,Bogor,386,BOGOR TIMUR,71,Bola,1,BOLAANG MONGONDOW,2,bolmong,400,Bolmong raya,3,Bolmong selatan,7,bolmong timur,1,bolmong utara,1,bolmongsiar,1,bolmut,2,BOLNONG,1,bolong mopusi,1,bolsel,7,boltim,17,bone,1,BOYOLALI,2,Brebes,133,bualu,1,Bukit Tinggi,50,bukittinggi,16,buleleng,108,BUMIMORO,1,BUNGKU,1,Buol,87,BUTENG,1,Catatan Radar Nusantara,7,Ciamis,55,Cianjur,6,Cibinong,6,Cibitung,1,cikampek,36,Cikampek barat,1,Cikande,1,Cikarang,68,CIKARANG BARAT,1,CIKARANG PUSAT,1,cikarang utara,1,Cilacap,8,Cilegon,35,cilengsi,3,Cileungsi,41,Cimahi,363,Cimanggung,1,Cirebon,406,Cirebon Kota,1,Cisarua,1,Dabo Singkep,266,daer,2,Daerah,7261,daerah Terkini,2,Daik Lingga,3,Dairi,244,Deli Serdang,21,Deli tua,1,demak,29,denpasar,454,Depok,445,derah,5,DIY,3,Dolok,4,Doloksanggul,16,Dompu,2,Donggala,83,donri donri,1,DPRD Kab. Bekasi,11,DPRD Kota Bekasi,82,DPRD LamSel,8,Dumai,19,Dumoga,167,Dumoga Utara,2,duri,1,Ekonomi,3,EMPAT LAWANG,14,eretan,1,Erkini,1,Fakfak,2,fakta,1,Garut,73,gianyar,565,gorontalo,61,Gowa,106,Gresik,1,GROBOGAN,1,gunung mas,2,Gunung Putri,2,gunungsitoli,1,HL,7,HSU,1,Hukum,11,HUMAS BELTIM,6,humbahas,3,Indonesia,5,INDRA,1,Indragiri hulu,3,indralaya,44,Indramayu,33,Indrapura,14,info,1,INHIL,2,inhilriau,1,INHU,7,Jabar,19,jaka,1,Jakarta,1332,jakarta selatan,5,jakarta timur,2,jakarta utara,2,Jambi,152,jateng,3,jatijajar,1,JATIM,4,Jawa Barat,33,Jawa Tengah,7,Jawa Timur,10,Jayapura,27,Jember,8,jembrana,152,Jeneponto,20,Jepara,106,Jombang,4,kab,6,kab .Bandung,203,Kab 50 Kota,4,kab Bandung,30,kab. Agam,1,Kab. Bandung,3827,kab. bekasi,194,Kab. Bogor,19,Kab. Brebes,49,kab. buru,1,KAB. CIREBON,2,KAB. DAIRI,1,kab. Garut,1,Kab. Gumas,1,kab. Kajen,1,Kab. Kapuas Hulu,1,kab. Karawang,1,KAB. KARO,2,Kab. Kuningan,43,kab. langkat,2,kab. malang,1,Kab. Minahasa Tenggara,1,KAB. PELALAWAN,2,Kab. Serang,6,Kab. Serdang Bedagai,2,Kab. Sukabumi,12,kab. tangerang,4,Kab. Tasikmalaya,51,kab.agam,1,Kab.Bandung,1652,Kab.Bekasi,314,kab.bogor,8,KAB.BOGOR.BERITA TERKINI,1,kab.garut,2,kab.langkat,1,Kab.Malang,3,Kab.Nganjuk,6,kab.pekalongan,26,Kab.Samosir,8,KAB.SEMARANG,1,Kab.Sergai,5,KAB.SINJAI,5,kab.sorong,2,Kab.Sumedang,23,Kab.Tangerang,6,kab.Tasikmalaya,11,Kab.Way kanan,7,KABANJAHE,1,kabBandung,2,Kabupaten Bandung Barat,1,KABUPATEN SINJAI,3,KABUPATEN SINJAJ,3,kaimana,4,Kajen,4,Kalbar,579,kalideres,1,Kalimantan Barat,9,kalimantan timur,14,kalipuro,1,Kalsel,10,Kalteng,264,Kaltim,24,Kampar,118,Kampar Kiri,2,Kampar Riau,184,kapuas,3,Kapuas Hulu,240,kara,1,karangasem,375,Karawang,333,karawang Berita terkini,1,KARIMUN,6,KARIMUN - RN,1,KARO,27,katapang,1,KATINGAN,6,keban agung,1,KEBUMEN,1,Kec.Ukui,1,Kediri,54,KEEROM,25,Kendari,4,kepahiang,4,KEPRI,2,Kepulauan Riau,10,Kerinci,22,KETAPANG,6,klungkung,356,KOBAR,1,Kolaka Utara,1,Kominfo Kab.Bekasi,34,Korupsi,9,KOTA BATU,1,KOTA KOTOMOBAGU,4,KOTA MANNA,2,KOTA METRO,27,kota pekalongan,8,Kota Sorong,7,kotabaru,1,Kotabumi,1,KOTAMIBAGU,3,Kotamobagu,86,kotawaringin barat,3,KOTAWARINGIN TIMUR,3,KOTIM,9,kriminal,5,Kronjo,1,Kuala Kapuas,6,kuala lumpur,1,Kuala Tungkal,9,kuansing,9,kuantan,1,kuantan Sengingi,4,kubu,1,kubu raya,7,KUDUS,122,Kuningan,758,kupang,2,kuta,1,kuta badung,1,KUTAI KERTANEGARA,9,Kutai Timur,12,Kutim,6,l,1,Labuhan Bajo,1,Labuhan Batu,9,Labura,405,Lahat,31,LAMBATA,1,Lamongan,3,Lampung,79,Lampung Barat,119,LAMPUNG METRO,105,LAMPUNG SELATAN,62,Lampung Tengah,20,Lampung Timur,465,Lampung Utara,768,LAMPUNGUTARA,1,lampura,12,landak,5,langkat,5,langsa,2,LANTAMAL V,86,LANTAMAL X JAYAPURA,20,lawang kidul,45,lebak,179,LEMBATA,7,LIMAPULUHKOTA,6,Lingga,966,liwa,9,Loksado,1,lolak,1,LOLAYAN,3,Lombok,6,Lombok barat,4,Lombok tengah,12,lombok timur,132,Lombok Utara,1,LOTIM,12,lotim.berita terkini,37,LUBUK LINGGAU,17,Lubuk Pakam,4,lubuk sikaping,1,lubuklinggau,16,lubuksikapaing,1,LUBUKSIKAPING,1,lukun,1,Lumajang,7,Lumanjang,1,Luwu,2,Luwuk,7,m,1,Mabar,1,madina,1,Magelang,2,mahakam hulu,1,majaleMajalengka,1,Majalengka,592,majalengMajalengka,1,majalenMajalengka,1,majalMajalengka,1,majaMajalengka,1,majene,3,makasar,2,makassar,180,Malang,185,Maluku,5,Maluku tengah,2,MALUKU UTARA,1,MAMAJU.RN,3,MAMASA,178,MAMUJU,184,MAMUJU TENGAH,7,Manado,47,mancanegara,1,mandau,1,mangapura,1,Manggar,83,Manokwari,159,mansel,1,maros,1,mataram,12,MATENG,5,Mauk,2,Maybrat,1,medan,220,Mekar Baru,1,MEMPAWAH,1,merak,3,merangin,92,MERANTI,967,MERAUKE,2,Merbau,3,Mesuji,75,metro,212,metro lampung,8,meulaboh,1,Minahasa,7,Minahasa Selatan,5,Minahasa Tenggara,2,Minahasa Utara,1,Minut,1,miranti,1,Mojokerto,559,monokwari,2,morowali,29,MOROWALI UTARA,1,MORUT,3,moskow,1,Muara Belida,1,Muara Bulian,1,muara bungo,3,Muara Enim,554,muara Tami,2,Muaro Jambi,4,Mukomuko,81,muratara,534,murung raya,2,Musi Banyuasin,12,MUSI RAWAS,35,musirawas,7,Naibenu,1,Nangka Bulik,2,Nasional,16,Natuna,95,negara,3,ngawi,1,Nias barat,21,NTB,74,NTT,8,nunukan,25,Ogan Ilir,7,OKI,3,OKU,2,Oku Selatan,529,Oku Timur,52,Opini,11,P. Bharat,1,P.SIANTAR,6,PACITAN,2,Padang,13,Padang Lawas,14,PADANG PANJANG,2,Pagaralam,33,Pagimana,1,Pahuwato,1,Pakpak Bharat,21,Pakuhaji,2,Palangka raya,347,Palas,23,palelawan,37,Palembang,101,pali,2,Palu,187,palu utara,1,Paluta,66,Panang Enim,2,pancur batu,1,pand,1,pande,1,pandegelang,3,Pandeglang,1637,Pangandaran,11,Pangkalan Kerinci,1,pangkalanbun,1,Pangkalpinang,21,Papandayan,1,Papua,90,PAPUA BARAT,224,parapat,2,PARIAMAN,2,Parigi,6,Parigi Moutong,19,PARIMO,995,Parlemen,32,PARUNG PANJANG,1,Pasaman,13,pasbar,1,Pasir Pangarayan,1,PASSI,1,PASSI TIMUR,6,Pasuruan,2,PATI,167,Patia,1,patrol,13,PAYAKUMBUH,8,PEBAYURAN,1,Pekalongan,84,pekan baru,6,Pekanbaru,279,Pekanbaru Riau,986,pelalawan,25,pemalang,3,Pematangsiantar,37,Pemkab Bekasi,7,Pemkot Bekasi,6,penanaman,1,penang Enim,2,Pendidikan,80,Penukal Abab Lematang Ilir (PALI),112,perbaungan,1,perimo,2,peristiwa,16,Permohonan,1,pesawaran,22,Pesisir Barat,1,PESISIR SELATAN,1,Pilkada,1,pintianak,1,PIPIKORO,1,PN.TIPIKOR,2,polda jabar,1,Polhukam,154,Politik,2,polman,1,polres Pekalongan,2,ponorogo,1,Pontianak,1340,Poso,4,prabumulih,1,primo,9,Pringsewu,25,PROTOKOL DOLOK SANGGUL,1,PT Bukit Asam,1,Pulang Pisau,5,pulau merbau,7,pulau tidung,1,pulpis,1,purbalingga,5,Purwakarta,1789,Purwokerto,1,Putussibau,40,Radar Artikel,19,Radar Selebrity,3,ragam,58,raja ampat,6,rambang dangku,1,RANGSANG,11,RANGSANG BARAT,1,rangsang pesisir,3,rantauprapat,1,rejang lebong,1,REMBANG,1,Renah mendalu,1,rengasdengklok,1,rengat,1,Riau,172,Rohil,3,rokan,1,Rokan Hilir,46,rokan hulu,9,Rongurnihuta,1,Sabang,57,Samarinda,60,sambilan,1,sampang,2,SAMPI,1,Sampit,652,Sangatta kutim,1,Sanggau,6,Sangihe,2,sar,1,Sarolangun,460,sekadau,1,SELAT PANJANG,10,SELATPANJANG,2,Selayar,18,selong,3,Semarang,41,Semarapura,38,semende,1,SEMOGA,2,SEMOGA TENGGARA,1,SENTANI,1,sentul,1,Seram Bagian Barat,1,Serang,389,Serdang Bedagai,34,Sergai,31,Seruyan,19,SIAK,16,siak hulu,3,Sibolga,131,sidikalang,1,SIDOARJO,6,SIDRAP,15,Sigi,103,silaen,1,Simalungun,120,simpang apek,1,Singaparna,8,singaraja,18,SINGKAWANG,5,SINGKEP BARAT,1,Sinjai,6,sintang,3,situbondo,5,solo,5,SOLOK,13,Solok Selatan,9,Soppeng,37,Sorong,67,Sorong selatan,3,Subang,1317,SUKABUM,1,Sukabumi,566,Sukoharjo,1,Sukra,1,Sulawesi,3,Sulawesi Selatan,32,sulawesi tengah,56,sulawesi tenggara,1,Sulbar,199,Sulsel,27,Sulteng,312,Sulut,296,Sumatera Selatan,5,SUMATERA UTARA,5,SUMB,1,sumba barat,1,Sumbar,51,Sumbawa,5,Sumbawa Barat(NTB),5,Sumedang,108,sumenep,1,sumsel,43,Sumut,104,Sungai Penuh,1,sungai tohor,3,Sunggal,2,SURABAYA,101,Surakarta,1,tabanan,212,tajabbarat,1,Takalar,184,talangpadang,3,TAMBANG,1,Tambraw,3,Tambraw - RN,6,tanah,1,tanah datar,2,TANAH JAWA,5,Tanah Karo,122,Tangerang,402,Tangerang Selatan,74,tanggamus,45,Tanjab Barat,970,Tanjab Timur,140,tanjabbar,1,Tanjabtim,1,tanjung agung,8,tanjung balai,4,Tanjung Enim,65,Tanjung Jabung timur,1,tanjung makmur,1,TANJUNG PINANG,12,tanjung samak,1,TANOYAN,8,Tapanuli Selatan,5,Tapanuli Tengah,75,Tapanuli Utara,15,tapung,3,tapung hulu,1,tarakan,1,tarutung,2,Tasikmalaya,299,Tebing Tinggi,69,tebing tinggi timur,1,tebingtinggi barat,11,Teekini,10,Teelini,1,Tegal,26,tekini,5,Telawang,1,teluk bintani,1,teluk buntal,1,telukuantan,5,tembilahan,2,tembuku,2,Teminabuan,5,tenan,1,Tenggarong,1,ter,1,Terjini,3,TERJUN GAJAH,1,Terk,1,Terki,1,Terki i,3,Terkii,1,Terkiji,4,Terkin,6,Terkin8,1,Terkini,36275,Terkinii,1,TERKINIO,1,TERKINIP,2,Terkino,11,Terkinu,1,terkiri,9,TERKNI,2,Terkuni,2,Terlini,2,Termini,4,ternate,1,Tetkini,6,Timika,1,Toabo,1,toba,33,tolikara,2,tolitol,3,Tolitoli,1264,tolotoli,2,TOMOHON,4,Touna,27,Trenggalek,20,Trkini,1,Tterkini,1,tuba,1,tuba barat,11,Tuerkini,1,Tulang Bawang,14,Tulang Bawang Barat,9,Tulung agung,2,Tulungagung,302,Twrkini,1,ubud,15,Waibakul,1,Waisai,23,warseno,1,WAY KANAN,2,wonosari,1,Yogyakarta,5,
ltr
item
RADAR NUSANTARA NEWS: Ini Harapan Harris Bobihoe Untuk Kota Bekasi di Hari Jadinya yang ke 25 Tahun
Ini Harapan Harris Bobihoe Untuk Kota Bekasi di Hari Jadinya yang ke 25 Tahun
https://lh3.googleusercontent.com/-FTyl0f-FW8c/YilYqFFAtyI/AAAAAAAAC4A/bMeN02Omk00tEwdqCtuM0Z09f7E9hz8-ACNcBGAsYHQ/s1600/1646876752911420-0.png
https://lh3.googleusercontent.com/-FTyl0f-FW8c/YilYqFFAtyI/AAAAAAAAC4A/bMeN02Omk00tEwdqCtuM0Z09f7E9hz8-ACNcBGAsYHQ/s72-c/1646876752911420-0.png
RADAR NUSANTARA NEWS
https://www.radarnusantara.com/2022/03/ini-harapan-harris-bobihoe-untuk-kota.html
https://www.radarnusantara.com/
https://www.radarnusantara.com/
https://www.radarnusantara.com/2022/03/ini-harapan-harris-bobihoe-untuk-kota.html
true
8338290086939464033
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy