Wabup Said Hasyim Ikuti Rakor Penetapan Status Siaga Darurat Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan Riau Tahun 2020, Menuju Riau Khususnya Meranti Bebas Asap.

Pekanbaru,RN Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim Ikuti Rakor bersama Gubernur Riau dan Forkopimda Riau terkait Penetapan Statu...

Pekanbaru,RN

Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim Ikuti Rakor bersama Gubernur Riau dan Forkopimda Riau terkait Penetapan Status Siaga Darurat Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan Provinsi Riau Tahun 2020, Rakor dalam rangka mengantisipasi, menanggulangi, dan meminimalisir Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Riau itu, dipusatkan di Aula Pauh Janggi, Komplek Gubernuran, Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Selasa malam (11/2/2020).

Turut hadir dalam Rakor tersebut, Sekretaris Utama (Sestama) BNPB Harmensyah, Ketua DPRD Riau H. Indra Gunawan Eet, Wakil Gubernur Riau Brigjend TNI Edi Natar, Dandrem 031/Wira Bima Brigjen TNI Mohammad Fadjar, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Rektor UIR Prof. Dr. Syafrinaldi bersama anggota Forum Rektor, Kajati Riau Dr. Mia Amiati, Danlanud Roesman Nurjadin Pekanbaru Marsma TNI Roni Irianto, Bupati/Walikota Se-Provinsi Riau, Sekretaris Daerah Provinsi Riau Yan Prana Jaya, Kepala BPBD Provinsi Riau H. Edwar Sanger, Kepala BPBD Se-Kabupaten Kota, Perwakilan Perusahaan dan Dunia Usaha di Riau.

Pada kesempatan itu Wakil Bupati didampingi Kepala BPBD Meranti Drs. Idris Sudin.

Penetapan Status Siaga Darurat Karhutla di Provinsi Riau langsung dilakukan oleh Gubernur Riau H. Syamsuar. Dengan penetapan itu maka mulai 11 February-31 Oktober 2020 Riau resmi berstatus Siaga Darurat Karhutla. 

Sebelumnya seperti dilaporkan Kepala BPBD Provinsi Riau Edwar Sanger, saat ini kondisi Hotspot sudah terdeteksi hampir diseluruh Kabupaten dan Kota di Riau. Terutama diwilayah Kabupaten Bengkalis, Dumai, Siak, Rohil dan Kepulauan Meranti.

Sejauh ini 2 Kabupaten yakni Siak dan Bengkalis telah menetapkan Status Siaga Darurat, ditambah 1 Kota Dumai.

Jumlah lahan yang terbakar sejak January 2020 seluas 271 Ha lebih yang tersebar di 10 Kabupaten Kota selain Kuansing dan Rohul, dengan jumlah Hotspot sebanyak 60 Titik, yang terluas berada di Kabupaten Siak.

Untuk Meranti sendiri luas lahan yang terbakar seluas 5.5 Ha, namun meski sempat terjadi Karlahut dengan jumlah 60 Hotspot, dari laporan Kabupaten Kota ke BPBD Provinsi Riau diakui Edwar Sanger masalah Karlahut sudah dapat dikendalikan.

Didasari kajadian itu maka Pemerintan Provinsi Riau mencoba mengambil langkah Preventif dengan penetapan Status Siaga Darurat di Provinsi Riau yang selanjutnya meminta Kabupaten Kota untuk mengaktifkan lagi posko-posko Karlahut diwilayahnya masing-masing.

Menyikapi hal itu, Gubernur Riau H. Syamsuar menjelaskan kegiatan ini sejalan dengan Rapat di Istana Negara bersama Presiden Jokowi beberapa waktu lalu. Dimana Gubernur telah melaporkan kepada Presiden Jokowi tentang kondisi Karlahut di Riau dan dari kejadian itu Riau akan segera menetapkan status Siaga Darurat.

Diharapkan dengan telah ditetapkanny Satus Siaga Darurat Karlahut di Provinsi Riau maka semua pihak mulai dari Pemerintah Daerah, Perusahaan Koorporate yang beroperasi di Riau serta masyatakat siap bekerjasama mengatasi Karlahut diwilayahnya masing-masing.

"Karena bencana asap tidak bisa dilakukan secara partial tapi perlu kerjasam semua pihak, termasuk juga masyarakat dan semua perusahaan yang beroperasi di Riau," ujar Syamsuar.

Untuk mengatasi Karlahut ini, dikatakan Gubri Syamsuar Pemprov Riau sendiri telah menetapkan kebijakan strategis dengan melakukan pemetaan kembali kawasan rawan bencana Karhutla di 346 Desa dan 99 Kecamatan, mengkaji kembali izin usaha perusahaan perkebunan dan kehutanan, melibatkan perusahaan dalam patroli bersama, menyediakan alat pertanian sebanyak 12 unit Ekscavator dan ratusan Pompa, melibatkan dunia Perguruan Tinggi, meningkatkan kerjasama Pemerintan Kabupaten Kota, membangun sistem informasi data Dasboard Lancang Kuning, Membentuk Posko Relawan yang didukung Manggala Agni, Penegakan Hukum, Sinergitas Pemerintah, Dunia Usaha dan Masyarakat.

"Dengan kerjasama dan kerja keras semua pihak kita berharap tidak terjadi lagi kebakaran hebat di Riau seperti tahun lalu," ucap Gubri.

Terakhir Gubernur juga berharap masukan dari Forum Rektor untuk mencari cara terbaik dalam mencegah dan menanggulangi Karlahut di Riau menuju Riau Bebas Asap

Menyangkut penetapan Satus Siaga Darurat Karlahut tersebut mendapat apresiasi dari Sestama BNPB RI.

"Ini merupakan yang pertama di Indonesia, kami salut dan bangga pada Riau, semoga melalui kegiatan ini tidak terjadi lagi Karlahut di Provinsi Riau," ujarnya.

Dengan telah ditetapkannya Status Siaga Darurat Karlahut maka BNPB mengintruksikan 1. Posko Karlahut di Kabupaten Kota, 2. BPBD lebuh bersinergi untuk melaksanakan tugas, 3. Satgas siap diterjunkan, 4. BPPT diintruksikan segera melakukan kegiatan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dengan cara penaburan garam, 5. Memberikan Dukungan TNI/Polri melakukan pencegahan dan penanggulangan Karlahut, Lahan perusahaan radius 5 KM harus dijaga dari Karlahut.

Selain itu juga meminta kepada masyarakat jangan lagi melakukan pengrusakan ekosistem Gambut, membuat embung dan skat kanal dalam upaya tata kelola air pada lahan Gambut.

Menyangkut penetapan Status Siaga Darurat Karlahut di Provinsi Riau itu, Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim mengaku sangat mendukung, karena dengan penetapatan stautus itu membuat Provinsi Riau lebih siap mengantisipasi bencana Karlahut dan Kabut Asap.

Penatapan Status Siaga Darurat Karlahut ini juga semakin meningkatkan kerjasama dan sinergitas Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Kota dalam mengatasi Karlahut sehingga ketika bencana terjadi dapat diatasi secara cepat.

Kapolda Riau Brigjend Pol. Agung Setya Imam Efendi mengatakan kebijakan itu sangat tepat dan sesuai dengan realitas titik api yang muncul saat ini, dengan penetapan itu ia berharap tahun ini Provinsi Riau semakin sukses mencegah dan menanggulangi Karlahut.

Hal senada juga disampaikan oleh Dandrem 031/WB Brigjend TNI M. Fadjar, dikatakan Dandrem pihaknya sangat mendukung penetapan penetapan Status Siaga Darurat Karlahut di Provinsi Riau.

"Dengan begitu Riau dapat mempersiapkan diri lebih dini dalam menanggulangi Karlahut karena Perintah Presiden jangan sampai terjadi bencana asap yang disebabkan oknum tak bertanggungjawab apalagi sampai melintas hingga kenegara tetangga," jelas Dandrem 031/WB.

Selain itu ia berharap kecolongan Karlahut tahun 2019 lalu dapat diperbaiki ditahun 2020 ini melalui komitmen dan kekompakan antara Pemerintan Daerah, TNI, Kepolisian, Dunia Usuha serta masyarakat.

"Semoga kita dapat mengantidipasi hotspot dan berupaya secara bersama-sama merubah mainset masyarakat sebagai faktor utama Karlahut. Merubah mai set masyarakat terkait cara membuka lahan yang lebih baik dan aman tanpa membakar," harap Dandrem.

Begitu juga Danlanut Pekanbaru  Marsma TNI Roni Irianto, diakuinya sangat mendukung penetapan Siaga Darurat oleh Gubernur Riau dengan begitu semua pihak terkait dapat bekerja lebih awal dalam mengantisipasi Karlahut. Dan pihaknya sendiri siap mengerahkan pesawat maupun Helicopter Water Boombing dilokasi-lokasi Karlahut.zam

COMMENTS
































































Nama

.,3,.berita terkini,11108,.beritaterkini,6,.kalbar,17,(Merlung),5,abiansemal,1,Aceh,35,ACEH SINGKIL,78,Aceh Tamiang,23,Aceh Tengah,120,ACEH TENGGARA,2,ACEH TIMUR,2,Aceh Utara,3,advertorial,21,aek kanopan,1,Aekkanopan,9,agam,18,aimas,1,ALAI.,5,Alor,1,ambon,7,amlapura,65,anjatan,2,Anyer,1,AS,1,Asahan,6,babel,1,badau,1,badung,595,Bagansiapiapi,4,bakan,1,BALAESANG,1,bali,906,balige,8,BALIKPAPAN,6,balut.berita terkini,3,Banda Aceh,16,BANDAR LAMPUNG,39,Bandar Seri Begawan,1,bandara,7,Bandung,176,Bandung Barat,23,banggai,5,bangka,2,bangka barat,1,Bangka Belitung,5,Bangka Tengah,2,bangkep,1,BANGKEP - RN,1,BANGKINANG,5,bangli,817,Bangun Purba,1,Banguwangi,1,Banjar,23,Banjarnegara,8,bantaeng,46,Banten,147,Banyuasin,6,Banyumas,13,Banyuwangi,148,barito utara,1,Barru,6,Batam,103,batang,67,BATANG HARI,3,batang kuis,3,BATU,7,batu bara,68,baturaja,4,bekasai,1,Bekasi,2312,bekasi terkini,3,Bekasi Utara,1,belawan,2,Belitung,218,Belitung Timur,17,Beltim,225,belu,2,benakat,1,bener,1,Bener Meriah,481,BENGKALIS,78,Bengkayang,76,BENGKULU,6,BENGKULU SELATAN,19,BENGKULU UTARA,1,benoa,6,BER,3,BERI,1,beria terkini,1,beriita terkini,3,berit terkini,2,berita,1,Berita terkini,3268,berita terkini daerah,1,berita terkini.,1,berita terkinia,1,berita terkink,1,berita terkinu,2,berita tetkini,1,beritaterkini,4,beritq terkini,1,berta terkini,1,Bima,2,binjai,3,Bintan,9,Bintuni,1,Bitung,6,blahbatu,2,blahbatuh,16,Blitar,15,Blora,2,BMKG,1,BNN,1,Bogor,457,BOGOR TIMUR,71,Bola,1,BOLAANG MONGONDOW,3,bolmong,533,Bolmong raya,3,Bolmong selatan,13,bolmong timur,2,bolmong utara,1,bolmongsiar,1,bolmut,2,BOLNONG,1,bolong mopusi,1,bolsel,8,boltim,18,bone,3,BOYOLALI,2,Brebes,173,bualu,1,Bukit Tinggi,51,bukittinggi,18,buleleng,220,BUMIMORO,1,BUNGKU,1,Buol,90,BUTENG,1,Catatan Radar Nusantara,10,Ciamis,85,Cianjur,18,Cibinong,15,Cibitung,3,cikampek,42,Cikampek barat,1,Cikande,1,Cikarang,97,CIKARANG BARAT,1,CIKARANG PUSAT,1,cikarang utara,2,Cilacap,11,Cilegon,45,cilengsi,3,Cileungsi,41,Cimahi,461,Cimanggung,1,Cirebon,557,Cirebon Kota,2,Cisarua,1,citeureup,1,Dabo Singkep,266,daer,2,Daerah,7545,daerah Terkini,2,daerh,1,Daik Lingga,3,Dairi,245,Deli Serdang,53,Deli tua,1,deliserdang,1,demak,51,Denpasa,3,denpasar,827,denpasar timur,3,Dentim,1,Depok,620,derah,5,dharmasraya,6,DIY,8,Dolok,4,Doloksanggul,75,Dompu,2,Donggala,179,donri donri,1,DPRD Kab. Bekasi,11,DPRD Kota Bekasi,99,DPRD LamSel,8,Dumai,27,Dumoga,179,Dumoga Utara,2,duri,3,Ekonomi,3,EMPAT LAWANG,14,ende,2,eretan,1,Erkini,1,Fakfak,2,fakta,1,Garut,101,gianyar,788,gilimanuk,1,gorontalo,67,Gowa,107,Gresik,1,GROBOGAN,2,gunung mas,2,Gunung Putri,2,gunungsitoli,1,HL,23,HSU,1,Hukum,11,HUMAS BELTIM,6,humbahas,14,Indonesia,5,INDRA,1,Indragiri hulu,5,indralaya,44,Indramayu,35,Indrapura,15,info,1,INHIL,48,inhilriau,1,INHU,8,Jabar,22,jaka,4,Jakarta,1746,Jakarta barat,2,jakarta selatan,5,jakarta timur,3,jakarta utara,3,Jambi,160,jateng,5,jatijajar,1,JATIM,7,Jawa Barat,48,Jawa Tengah,10,Jawa Timur,13,Jayapura,54,Jember,8,jembrana,305,Jeneponto,23,Jepara,106,jimbaran,3,Jombang,4,kab,7,kab .Bandung,208,Kab 50 Kota,4,kab Bandung,30,kab. Agam,1,Kab. Bandung,3875,kab. bekasi,195,Kab. Bogor,27,Kab. Brebes,61,kab. buru,1,KAB. CIREBON,2,KAB. DAIRI,1,kab. Garut,1,Kab. Gumas,1,kab. Kajen,1,Kab. Kapuas Hulu,8,kab. Karawang,2,KAB. KARO,2,Kab. Kuningan,84,kab. langkat,2,kab. malang,1,Kab. Minahasa Tenggara,1,KAB. PELALAWAN,2,Kab. Serang,7,Kab. Serdang Bedagai,4,Kab. Sukabumi,12,kab. tangerang,6,Kab. Tasikmalaya,97,Kab. Toba,8,kab.agam,1,Kab.Bandung,1877,kab.barru,3,Kab.Bekasi,389,kab.bogor,31,KAB.BOGOR.BERITA TERKINI,1,kab.buru,2,Kab.Dogiyai Papua Tengah,1,kab.garut,2,kab.langkat,1,Kab.Malang,3,Kab.Nganjuk,6,kab.pekalongan,26,Kab.Samosir,8,KAB.SEMARANG,1,Kab.Sergai,5,KAB.SINJAI,5,kab.sorong,3,Kab.Sumedang,26,Kab.Tangerang,27,kab.Tasikmalaya,52,Kab.Way kanan,24,KABANJAHE,1,kabBandung,2,Kabupaten Bandung Barat,1,KABUPATEN SINJAI,3,KABUPATEN SINJAJ,3,kaimana,4,Kajen,4,Kalbar,590,kalideres,1,Kalimantan Barat,9,kalimantan timur,15,kalipuro,1,Kalsel,10,Kalteng,264,Kaltim,25,Kampar,164,Kampar Kiri,4,Kampar Riau,286,kapuas,3,Kapuas Hulu,278,kara,1,karanganyar,1,karangasem,860,Karawang,342,karawang Berita terkini,1,KARIMUN,6,KARIMUN - RN,1,KARO,27,katapang,1,KATINGAN,6,kayong utara,6,keban agung,1,KEBUMEN,1,Kec.Ukui,1,Kediri,61,KEEROM,27,Kendari,4,kepahiang,4,KEPRI,4,Kepulauan Riau,10,Kerinci,23,keritang inhil,1,kerobokan,2,KETAPANG,17,kintamani,1,klapanunggal,1,klungkung,525,KOBAR,1,kolaka,1,Kolaka Utara,1,Kominfo Kab.Bekasi,34,Korupsi,9,kota agung,1,KOTA BATU,1,KOTA KOTOMOBAGU,5,KOTA MANNA,2,KOTA METRO,29,kota pekalongan,8,Kota Sorong,9,kotabaru,1,Kotabumi,1,KOTAMIBAGU,3,Kotamobagu,107,kotawaringin barat,3,KOTAWARINGIN TIMUR,4,KOTIM,11,kriminal,5,Kronjo,1,Kuala Kapuas,6,kuala lumpur,1,Kuala Tungkal,9,kuansing,15,kuantan,1,kuantan Sengingi,4,kubu,4,kubu raya,41,KUDUS,123,Kuningan,1536,kupang,3,kuta,18,kuta badung,3,KUTAI KERTANEGARA,9,Kutai Timur,12,Kutim,6,l,1,Labuhan Bajo,1,Labuhan Batu,17,Labura,407,labusel,1,Lahat,31,LAMBATA,1,Lamongan,3,Lampung,96,Lampung Barat,196,LAMPUNG METRO,105,LAMPUNG SELATAN,63,Lampung Tengah,23,Lampung Timur,466,Lampung Utara,794,LAMPUNGUTARA,1,lampura,20,landak,6,langkat,5,langsa,3,LANTAMAL V,86,LANTAMAL X JAYAPURA,20,lawang kidul,46,lebak,202,LEMBATA,7,LIMAPULUHKOTA,6,Lingga,1071,liwa,13,Loksado,1,lolak,1,LOLAYAN,3,Lombok,6,Lombok barat,5,Lombok tengah,13,lombok timur,132,Lombok Utara,1,LOTIM,12,lotim.berita terkini,37,LUBUK LINGGAU,17,Lubuk Pakam,8,lubuk sikaping,1,lubuklinggau,16,lubuksikapaing,1,LUBUKSIKAPING,1,lukun,1,Lumajang,7,Lumanjang,1,Luwu,2,Luwuk,8,m,1,M.Labuhan,1,Mabar,1,madina,1,madura,1,Magelang,4,mahakam hulu,1,majaleMajalengka,1,Majalengka,638,majalengMajalengka,1,majalenMajalengka,1,majalMajalengka,1,majaMajalengka,1,majene,3,maka,1,makasar,3,makassar,212,malaka,1,Malang,192,Maluku,8,Maluku tengah,2,MALUKU UTARA,2,MAMAJU.RN,3,MAMASA,195,MAMUJU,219,MAMUJU TENGAH,7,Manado,64,mancanegara,1,mandau,1,mangapura,3,Manggar,91,Manggarai,1,manggarai barat,2,mangupura,110,Manokwari,162,mansel,1,marga,1,maros,1,mataram,13,MATENG,7,Mauk,2,Maybrat,1,medan,243,Mekar Baru,1,melawi,14,MEMPAWAH,1,mentawai,1,merak,4,merangin,93,MERANTI,969,MERAUKE,7,Merbau,3,Mesuji,75,metro,216,metro lampung,10,meulaboh,1,Minahasa,7,Minahasa Selatan,5,Minahasa Tenggara,2,Minahasa Utara,1,Minas,1,Minut,1,miranti,1,Mojokerto,560,monokwari,2,morowali,29,MOROWALI UTARA,1,MORUT,3,moskow,1,Muara Belida,1,Muara Bulian,1,muara bungo,3,Muara Enim,583,muara Tami,2,Muaro Jambi,4,muba,8,Mukomuko,81,muratara,534,murung raya,2,Musi Banyuasin,15,MUSI RAWAS,35,musirawas,7,Nabire,1,Naibenu,1,namlea,4,Nangka Bulik,2,Nasional,16,Natuna,95,negara,5,ngawi,3,Nias barat,21,NTB,74,NTT,14,nunukan,25,Ogan Ilir,7,OKI,3,OKU,2,Oku Selatan,564,Oku Timur,52,Opini,14,P. Bharat,1,P.SIANTAR,12,PACITAN,2,Padang,15,Padang Lawas,14,PADANG PANJANG,2,padang pariaman,1,Pagaralam,34,Pagimana,1,Pahuwato,1,Pakpak Bharat,21,Pakuhaji,2,Palangka raya,347,Palas,23,palelawan,44,Palembang,102,pali,2,Palu,195,palu utara,1,Paluta,66,pamekasan,2,Panang Enim,2,pancur batu,1,pand,1,pande,1,pandegelang,3,Pandeglang,2330,Pangandaran,23,Pangkalan Kerinci,1,pangkalanbun,3,Pangkalpinang,21,pangkep,4,pantai labu,1,Papandayan,1,Papua,96,PAPUA BARAT,226,papua barat daya,2,papua tengah,2,parapat,2,PARIAMAN,10,Parigi,6,Parigi Moutong,19,PARIMO,1063,Parlemen,32,PARUNG PANJANG,1,Pasaman,13,Pasangkayu,1,pasbar,1,Pasir Pangarayan,1,PASSI,1,PASSI TIMUR,6,Pasuruan,2,PATI,190,Patia,1,patrol,14,PAYAKUMBUH,9,PEBAYURAN,2,Pekalongan,85,pekan baru,7,Pekanbaru,478,Pekanbaru Riau,1567,pelalawan,26,pemalang,3,Pematangsiantar,46,pemekas,1,Pemkab Bekasi,7,Pemkot Bekasi,6,penanaman,1,penang Enim,2,Pendidikan,81,pengkadan,1,Penukal Abab Lematang Ilir (PALI),116,perbaungan,1,perimo,2,peristiwa,16,Permohonan,1,pesawaran,26,pesel,1,Pesisir Barat,2,Pesisir Barat,2,PESISIR SELATAN,1,Pilkada,1,pintianak,1,PIPIKORO,1,PN.TIPIKOR,2,polda jabar,1,Polhukam,154,Politik,2,polman,1,polres Pekalongan,2,ponorogo,1,Pontianak,1400,Poso,4,prabumulih,1,primo,9,Pringsewu,46,probolinggo,2,PROTOKOL DOLOK SANGGUL,1,PT Bukit Asam,1,Pulang Pisau,5,pulau merbau,7,pulau tidung,1,pulpis,1,purbalingga,5,Purwakarta,1859,Purwokerto,2,Putussibau,58,radar,3,Radar Artikel,33,Radar Selebrity,3,ragam,58,raja ampat,6,rambang dangku,1,RANGSANG,11,RANGSANG BARAT,1,rangsang pesisir,3,rantauprapat,1,rejang lebong,5,REMBANG,2,Renah mendalu,1,rengasdengklok,1,rengat,1,Riau,187,Rohil,5,rokan,1,Rokan Hilir,54,rokan hulu,14,Rongurnihuta,1,rote ndao,1,Sabang,57,Samarinda,60,sambas,1,sambilan,1,sampang,76,SAMPI,1,Sampit,652,Sangatta kutim,1,Sanggau,13,Sangihe,2,sar,1,Sarolangun,460,sekadau,7,SELAT PANJANG,10,SELATPANJANG,2,Selayar,18,selong,3,Semarang,62,Semarapura,43,semende,1,SEMOGA,2,SEMOGA TENGGARA,1,SENTANI,1,sentul,1,Seram Bagian Barat,1,Serang,481,Serdang Bedagai,42,Sergai,32,Seruyan,19,SIAK,21,siak hulu,9,sian,1,sibau hulu,1,Sibolga,166,siborongborong,1,sidikalang,1,SIDOARJO,6,SIDRAP,15,Sigi,103,silaen,1,Simalungun,138,simpang apek,1,Singaparna,10,singaraja,43,SINGKAWANG,14,SINGKEP BARAT,1,Sinjai,6,sintang,44,situbondo,6,sleman,2,solo,9,SOLOK,18,Solok Selatan,9,Soppeng,38,Sorong,278,Sorong selatan,4,Sragen,31,Subang,2012,SUKABUM,1,Sukabumi,571,sukawati,2,Sukoharjo,1,Sukra,1,Sulawesi,3,Sulawesi Selatan,33,sulawesi tengah,57,sulawesi tenggara,1,Sulbar,349,Sulsel,30,Sulteng,314,Sulut,375,Sumatera Selatan,6,SUMATERA UTARA,6,SUMB,1,sumba barat,1,Sumbar,63,Sumbawa,6,Sumbawa Barat(NTB),5,Sumedang,158,sumenep,43,sumsel,43,Sumut,108,Sungai Penuh,1,sungai tohor,3,Sunggal,2,SURABAYA,109,Surakarta,2,tabanan,609,tajabbarat,1,Takalar,203,talangpadang,5,TAMBANG,1,Tambraw,3,Tambraw - RN,6,tana toraja,1,tanah,1,tanah datar,2,TANAH JAWA,5,Tanah Karo,122,Tangerang,461,Tangerang Selatan,101,tangg,1,tanggamus,139,Tanjab Barat,973,Tanjab Timur,140,tanjabbar,1,Tanjabtim,1,tanjung agung,8,tanjung balai,4,Tanjung Enim,115,Tanjung Jabung timur,1,tanjung makmur,1,TANJUNG PINANG,14,tanjung samak,1,tanjung selor,1,tanjungenim,2,TANOYAN,8,Tapanuli Selatan,5,Tapanuli Tengah,99,Tapanuli Utara,31,tapung,3,tapung hulu,4,tarakan,1,tarutung,34,Tasikmalaya,398,tebi,1,tebin,1,tebing,1,Tebing Tinggi,106,tebing tinggi timur,1,tebingtinggi barat,11,Teekini,11,Teelini,1,Tegal,30,tekini,5,Telawang,1,teluk bintani,1,teluk buntal,1,telukuantan,5,temanggung,1,tembilahan,2,tembuku,2,Teminabuan,6,tenan,1,Tenggarong,1,ter,1,Terjini,3,TERJUN GAJAH,1,Terk,1,Terki,1,Terki i,3,Terkii,1,Terkiji,4,Terkimi,1,Terkin,9,Terkin8,1,Terkini,47651,Terkinii,1,Terkinin,1,TERKINIO,1,TERKINIP,2,Terkino,11,Terkinu,1,terkiri,9,TERKNI,3,Terkuni,2,Terlini,2,Termini,4,ternate,1,Tetkini,14,Timika,2,Toabo,1,toba,41,tolikara,2,tolitol,3,Tolitoli,1437,tolotoli,3,TOMOHON,5,Touna,27,Trenggalek,20,Trkini,1,Tterkini,1,tuba,1,tuba barat,11,Tuerkini,1,Tulang Bawang,14,Tulang Bawang Barat,9,Tulung agung,2,Tulungagung,304,Twrkini,1,ubud,25,Waibakul,1,Waisai,23,wajo,1,warseno,1,WAY KANAN,32,wonosari,1,Yogyakarta,9,
ltr
item
RADAR NUSANTARA NEWS: Wabup Said Hasyim Ikuti Rakor Penetapan Status Siaga Darurat Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan Riau Tahun 2020, Menuju Riau Khususnya Meranti Bebas Asap.
Wabup Said Hasyim Ikuti Rakor Penetapan Status Siaga Darurat Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan Riau Tahun 2020, Menuju Riau Khususnya Meranti Bebas Asap.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjcR90TiSDHzoc32EtKytCUSJBDA6MX47d3pYxaWOYQ8gAN5axLdgU94DczKmoNoT_E9NqsbU-B6BWp2zcfNJ5wAAXv-fJ0arUhxBi6puCYVDwdhFZeNDv4aGYaDfd7PMFFAmZo_ZPXJ3A/s640/WhatsApp+Image+2020-02-12+at+05.56.28.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjcR90TiSDHzoc32EtKytCUSJBDA6MX47d3pYxaWOYQ8gAN5axLdgU94DczKmoNoT_E9NqsbU-B6BWp2zcfNJ5wAAXv-fJ0arUhxBi6puCYVDwdhFZeNDv4aGYaDfd7PMFFAmZo_ZPXJ3A/s72-c/WhatsApp+Image+2020-02-12+at+05.56.28.jpeg
RADAR NUSANTARA NEWS
https://www.radarnusantara.com/2020/02/wabup-said-hasyim-ikuti-rakor-penetapan.html
https://www.radarnusantara.com/
http://www.radarnusantara.com/
http://www.radarnusantara.com/2020/02/wabup-said-hasyim-ikuti-rakor-penetapan.html
true
8338290086939464033
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy