"Ketika Bangkrak Kembali Mangkrak"

Ocit Abdurrosyid Siddiq  Penulis adalah putra Binuangeun Dulu, masa kecil saya, di era tahun 80an, hidup di kampung. Kampung Binuangeun Desa...


Ocit Abdurrosyid Siddiq 

Penulis adalah putra Binuangeun

Dulu, masa kecil saya, di era tahun 80an, hidup di kampung. Kampung Binuangeun Desa Muara Kecamatan Malingping Kabupaten Lebak. Kini, masuk wilayah Kecamatan Wanasalam. Binuangeun merupakan kampung pesisir. Warganya mayoritas berprofesi sebagai nelayan.

Waktu itu, lazimnya anak kecil di kampung nelayan, saya dan kawan-kawan sepermainan, dalam keseharian tidak lepas dari aktifitas rutin; berenang, memancing, dan “nguras”. Nguras adalah membantu nelayan membersihkan perahu ketika mereka datang dari melaut atau mencari ikan.

Setiap pagi, sebelum kami berangkat ke sekolah, kami nongkrong di pelelangan. Pelelangan ikan. Diatas dermaga, kami menanti datangnya perahu. Dari kejauhan, kami sudah bisa menebak, perahu apa dan milik siapa yang datang. Kami sudah punya “kurasan” perahu masing-masing.

Hal yang paling membahagiakan kami adalah bila melihat perahu hampir tenggelam saat melintasi muara di Karang Malang. Hampir tenggelam itu pertanda sarat dengan muatan. Ya, sarat dengan ikan tangkapan nelayan. Kami menyebutnya dengan istilah “along”.

Saat perahu merapat ke dermaga, dengan cekatan saya dan kawan-kawan meloncat ke atas perahu. Lalu turut membantu nelayan mengangkut ikan yang sudah diikat dengan tali dari bambu. Satu ikat terdiri dari 10 ekor ikan. Sementara ikan dalam ukuran besar cukup digotong satu persatu. Semua dibawa ke pelelangan.

Saat para nelayan, pemilik perahu, dan calon pembeli berkumpul di pelelangan untuk bersama menyaksikan proses lelang, kami bertugas membersihkan perahu. Menyiramnya, menggosoknya, dan menguras air yang menggenang di kabin perahu. Mengurasnya bisa pakai pompa, atau “ditau”.

Atas jasa menguras perahu, biasanya kami dapat imbalan. Upah itu berupa satu genceng ikan. Ikan yang kami dapatkan, biasanya dibawa pulang. Untuk dimasak di rumah. Tapi kami kadang menjualnya di pasar. Uangnya kami pakai untuk jajan di sekolah.

Bila uang hasil penjualan ikan yang kami dapat dari upah nguras perahu sudah di tangan, kami pulang. Mandi, sarapan, dan berangkat sekolah. Jadi, jajan kami tidak selalu dari pemberian orang tua. Tapi dari hasil keringat kami sendiri; nguras perahu.

Saat itu, proses jual beli ikan tidak dengan cara ditimbang atau dikilo. Tapi cukup dengan gencengan. Gencengan itu, ya itu tadi; 10 ekor ikan diikat dengan tali yang dimasukkan lewat mulut dan rahangnya. Jual-beli kadang dengan cara barter; ikan ditukar dengan barang lain. Seperti beras, pisang, dan lainnya.

Karena dijual dengan cara bukan ditimbang atau dikilo, maka tidak ada standar harga. Yang penting, saat ikan gencengan tadi ditawarkan, pembeli melihat langsung dan melakukan penawaran. Bila harga telah disepakati, maka proses jual-beli terjadi.

Hal yang paling mengesankan adalah bila jaring tangkapan berhasil menangkap kepiting atau rajungan. Waktu itu, kepiting tidak ada harganya. Malah dianggap sebagai hama. Karena bila sudah kena jaring, sulit untuk dilepaskan. Akibatnya, jaring ikan menjadi rusak.

Kami, para tukang kuras inilah yang kebagian berkah. Usai membersihkan perahu, anak-anak kuras inilah yang mencopoti kepiting dari jaring. Kerap bisa dapat kepiting hingga satu ember. Hama itu kami bawa ke rumah. Karena hampir tiap rumah ada kepiting, biasanya kami jadikan sebagai pakan hewan piaraan. Parab ayam dan bebek.

Tapi, yang paling mengesankan adalah bila jaring ikan berhasil menangkap udang. Sama seperti kepiting, waktu itu udang juga belum memiliki harga yang baik. Udang belum dianggap setara apalagi melebihi harga ikan. Bahkan udang juga sama seperti kepiting; dianggap sebagai hama. Hama bagi jaring.

Jadi, tak aneh bila masa kecil kami waktu itu berlimpah dengan udang. Udang bagi kami menjadi makanan rutin, makanan biasa. Bukan makanan mewah. Bukan makanan aneh. Bukan makanan prestisius, seperti yang kita kenal sekarang; sebagai makanan bonafid di restoran dan hotel-hotel di kota besar.

Waktu itu belum ada larangan penangkapan udang dalam berbagai ukuran berapapun. Nelayan bukan saja leluasa dan bebas menangkapnya. Bahkan, ya itu tadi seperti yang saya tulis diatas. Bahkan udang tidak diharapkan nyangkut di jaring karena dianggap hama; bisa merusak benang-benang jaring.

Udang mulai memiliki harga setelah masuknya para pengusaha dari kota ke kampung kami. Mereka juga lah yang kemudian mengenalkan timbangan atau kiloan dalam transaksi jual beli ikan. Sejak mereka datang ke kampung kami, ikan, udang, dan kepiting, mulai memiliki harga.

Udang yang selama ini kami dapatkan dengan mudah dan menjadi santapan rutin kami, perlahan mulai menghilang. Bukan hilang karena tidak didapatkan oleh nelayan di laut. Tapi karena langsung dijual oleh nelayan sendiri kepada para pengusaha. Anak kuras tak lagi terlihat mencopoti hama itu dari jaring.

Seiring perkembangan waktu, harga udang semakin melambung. Kini, bukan hanya anak kuras yang tidak bisa menyantapnya. Bahkan nelayan, pemilik perahu, dan pengusaha ikan lokal juga sudah jarang menyantap udang. Setiap dapat udang, langsung dijual dan diangkut ke kota. Hama itu kini harganya mahal.

Karena harga udang sangat menggiurkan, banyak nelayan yang kemudian beralih cara. Yang tadinya melaut untuk mencari ikan, kini membuat alat tangkap udang. Bangkrak namanya. Bangkrak itu sejenis bagan tapi berukuran lebih kecil dari bagan.

Bangkrak ini menjadi media alat tangkap udang. Bukan udang yang sudah layak dikonsumsi. Tapi untuk menangkap anak udang. Benur namanya. Harga benur sama gengsinya dengan udang besar. Masih lebih mahal dibanding ikan. Bila harga sedang baik, binatang seukuran ujung jarum jahit itu bisa mencapai 17.00 per ekornya!

Karena banyak nelayan jaring ikan yang beralih menjadi nelayan bangkrak penangkap benur, berdampak terhadap kondisi ekonomi warga kampung kami. Benur menjadi berkah. Banyak orang kaya baru. Indikator itu amat kentara; Ninja 250 banyak berseliweran di kampung kami.

Ketika Susi Pudjiastuti jadi menteri, keluar larangan untuk menangkap benur. Udang yang masih kecil tidak boleh ditangkap. Bila ada nelayan dapat udang dengan ukuran dibawah 200 gram, wajib dilepaskan kembali ke lautan.

Kebijakan itu sejatinya bagus. Sebagai cara untuk menjaga ketersediaan, kelestarian, dan keberlanjutan. Tapi regulasi itu menjadi pukulan telak bagi nelayan penangkap benur. Tak tanggung. Bagi yang ketahuan menangkap benur, bisa berurusan dengan hukum.

Menangkap benur bisa dipidana. Tragedi perusakan Mapolsek Bayah beberapa waktu lalu menjadi salah satu contohnya. Karena dilarang, sebagian diantara mereka masih melakukannya. Tentu saja dengan cara rahasia dan tersembunyi.

Saat Bu Susi sudah tidak jadi menteri, lalu diganti oleh Edy Prabowo, ada kelonggaran aturan. Benur boleh diekspor, diperjual-belikan. Tersirat makna bahwa boleh juga ditangkap. Nelayan di kampung kami bergairah kembali. Bangkrak kembali marak.

Ketika pertengahan pekan ini ada kabar bahwa KPK menangkap Pak Menteri, karena dugaan suap yang berkaitan dengan ekspor benur, lalu berpotensi keluarnya regulasi memperketat kembali aturan ekspor, jual-beli, dan penangkapan benur, semoga bangkrak kami tidak kembali mangkrak.

[Roby RN].

COMMENTS
































































Nama

.,3,.berita terkini,11108,.beritaterkini,6,.kalbar,17,(Merlung),5,abiansemal,1,Aceh,35,ACEH SINGKIL,78,Aceh Tamiang,23,Aceh Tengah,120,ACEH TENGGARA,2,ACEH TIMUR,2,Aceh Utara,3,advertorial,21,aek kanopan,1,Aekkanopan,9,agam,18,aimas,1,ALAI.,5,Alor,1,ambon,7,amlapura,65,anjatan,2,Anyer,1,AS,1,Asahan,6,babel,1,badau,1,badung,595,Bagansiapiapi,4,bakan,1,BALAESANG,1,bali,906,balige,8,BALIKPAPAN,6,balut.berita terkini,3,Banda Aceh,16,BANDAR LAMPUNG,39,Bandar Seri Begawan,1,bandara,7,Bandung,176,Bandung Barat,23,banggai,5,bangka,2,bangka barat,1,Bangka Belitung,5,Bangka Tengah,2,bangkep,1,BANGKEP - RN,1,BANGKINANG,5,bangli,817,Bangun Purba,1,Banguwangi,1,Banjar,23,Banjarnegara,8,bantaeng,46,Banten,147,Banyuasin,6,Banyumas,13,Banyuwangi,148,barito utara,1,Barru,6,Batam,103,batang,67,BATANG HARI,3,batang kuis,3,BATU,7,batu bara,68,baturaja,4,bekasai,1,Bekasi,2311,bekasi terkini,3,Bekasi Utara,1,belawan,2,Belitung,218,Belitung Timur,17,Beltim,225,belu,2,benakat,1,bener,1,Bener Meriah,481,BENGKALIS,78,Bengkayang,76,BENGKULU,6,BENGKULU SELATAN,19,BENGKULU UTARA,1,benoa,6,BER,3,BERI,1,beria terkini,1,beriita terkini,3,berit terkini,2,berita,1,Berita terkini,3267,berita terkini daerah,1,berita terkini.,1,berita terkinia,1,berita terkink,1,berita terkinu,2,berita tetkini,1,beritaterkini,4,beritq terkini,1,berta terkini,1,Bima,2,binjai,3,Bintan,9,Bintuni,1,Bitung,6,blahbatu,2,blahbatuh,16,Blitar,15,Blora,2,BMKG,1,BNN,1,Bogor,457,BOGOR TIMUR,71,Bola,1,BOLAANG MONGONDOW,3,bolmong,533,Bolmong raya,3,Bolmong selatan,13,bolmong timur,2,bolmong utara,1,bolmongsiar,1,bolmut,2,BOLNONG,1,bolong mopusi,1,bolsel,8,boltim,18,bone,3,BOYOLALI,2,Brebes,173,bualu,1,Bukit Tinggi,51,bukittinggi,18,buleleng,220,BUMIMORO,1,BUNGKU,1,Buol,90,BUTENG,1,Catatan Radar Nusantara,10,Ciamis,85,Cianjur,18,Cibinong,15,Cibitung,3,cikampek,42,Cikampek barat,1,Cikande,1,Cikarang,97,CIKARANG BARAT,1,CIKARANG PUSAT,1,cikarang utara,2,Cilacap,11,Cilegon,45,cilengsi,3,Cileungsi,41,Cimahi,461,Cimanggung,1,Cirebon,556,Cirebon Kota,2,Cisarua,1,citeureup,1,Dabo Singkep,266,daer,2,Daerah,7544,daerah Terkini,2,daerh,1,Daik Lingga,3,Dairi,245,Deli Serdang,53,Deli tua,1,deliserdang,1,demak,51,Denpasa,3,denpasar,826,denpasar timur,3,Dentim,1,Depok,620,derah,5,dharmasraya,6,DIY,8,Dolok,4,Doloksanggul,75,Dompu,2,Donggala,179,donri donri,1,DPRD Kab. Bekasi,11,DPRD Kota Bekasi,99,DPRD LamSel,8,Dumai,27,Dumoga,179,Dumoga Utara,2,duri,3,Ekonomi,3,EMPAT LAWANG,14,ende,2,eretan,1,Erkini,1,Fakfak,2,fakta,1,Garut,101,gianyar,788,gilimanuk,1,gorontalo,67,Gowa,107,Gresik,1,GROBOGAN,2,gunung mas,2,Gunung Putri,2,gunungsitoli,1,HL,23,HSU,1,Hukum,11,HUMAS BELTIM,6,humbahas,14,Indonesia,5,INDRA,1,Indragiri hulu,5,indralaya,44,Indramayu,35,Indrapura,15,info,1,INHIL,48,inhilriau,1,INHU,8,Jabar,22,jaka,4,Jakarta,1746,Jakarta barat,2,jakarta selatan,5,jakarta timur,3,jakarta utara,3,Jambi,160,jateng,5,jatijajar,1,JATIM,7,Jawa Barat,48,Jawa Tengah,10,Jawa Timur,13,Jayapura,54,Jember,8,jembrana,305,Jeneponto,23,Jepara,106,jimbaran,3,Jombang,4,kab,7,kab .Bandung,208,Kab 50 Kota,4,kab Bandung,30,kab. Agam,1,Kab. Bandung,3875,kab. bekasi,195,Kab. Bogor,27,Kab. Brebes,61,kab. buru,1,KAB. CIREBON,2,KAB. DAIRI,1,kab. Garut,1,Kab. Gumas,1,kab. Kajen,1,Kab. Kapuas Hulu,8,kab. Karawang,2,KAB. KARO,2,Kab. Kuningan,84,kab. langkat,2,kab. malang,1,Kab. Minahasa Tenggara,1,KAB. PELALAWAN,2,Kab. Serang,7,Kab. Serdang Bedagai,4,Kab. Sukabumi,12,kab. tangerang,6,Kab. Tasikmalaya,97,Kab. Toba,8,kab.agam,1,Kab.Bandung,1877,kab.barru,3,Kab.Bekasi,389,kab.bogor,31,KAB.BOGOR.BERITA TERKINI,1,kab.buru,2,Kab.Dogiyai Papua Tengah,1,kab.garut,2,kab.langkat,1,Kab.Malang,3,Kab.Nganjuk,6,kab.pekalongan,26,Kab.Samosir,8,KAB.SEMARANG,1,Kab.Sergai,5,KAB.SINJAI,5,kab.sorong,3,Kab.Sumedang,26,Kab.Tangerang,27,kab.Tasikmalaya,52,Kab.Way kanan,24,KABANJAHE,1,kabBandung,2,Kabupaten Bandung Barat,1,KABUPATEN SINJAI,3,KABUPATEN SINJAJ,3,kaimana,4,Kajen,4,Kalbar,590,kalideres,1,Kalimantan Barat,9,kalimantan timur,15,kalipuro,1,Kalsel,10,Kalteng,264,Kaltim,25,Kampar,164,Kampar Kiri,4,Kampar Riau,286,kapuas,3,Kapuas Hulu,278,kara,1,karanganyar,1,karangasem,859,Karawang,342,karawang Berita terkini,1,KARIMUN,6,KARIMUN - RN,1,KARO,27,katapang,1,KATINGAN,6,kayong utara,6,keban agung,1,KEBUMEN,1,Kec.Ukui,1,Kediri,61,KEEROM,27,Kendari,4,kepahiang,4,KEPRI,4,Kepulauan Riau,10,Kerinci,23,keritang inhil,1,kerobokan,2,KETAPANG,17,kintamani,1,klapanunggal,1,klungkung,525,KOBAR,1,kolaka,1,Kolaka Utara,1,Kominfo Kab.Bekasi,34,Korupsi,9,kota agung,1,KOTA BATU,1,KOTA KOTOMOBAGU,5,KOTA MANNA,2,KOTA METRO,29,kota pekalongan,8,Kota Sorong,9,kotabaru,1,Kotabumi,1,KOTAMIBAGU,3,Kotamobagu,107,kotawaringin barat,3,KOTAWARINGIN TIMUR,4,KOTIM,11,kriminal,5,Kronjo,1,Kuala Kapuas,6,kuala lumpur,1,Kuala Tungkal,9,kuansing,15,kuantan,1,kuantan Sengingi,4,kubu,4,kubu raya,41,KUDUS,123,Kuningan,1536,kupang,3,kuta,18,kuta badung,3,KUTAI KERTANEGARA,9,Kutai Timur,12,Kutim,6,l,1,Labuhan Bajo,1,Labuhan Batu,17,Labura,407,labusel,1,Lahat,31,LAMBATA,1,Lamongan,3,Lampung,96,Lampung Barat,196,LAMPUNG METRO,105,LAMPUNG SELATAN,63,Lampung Tengah,23,Lampung Timur,466,Lampung Utara,794,LAMPUNGUTARA,1,lampura,20,landak,6,langkat,5,langsa,3,LANTAMAL V,86,LANTAMAL X JAYAPURA,20,lawang kidul,46,lebak,202,LEMBATA,7,LIMAPULUHKOTA,6,Lingga,1071,liwa,13,Loksado,1,lolak,1,LOLAYAN,3,Lombok,6,Lombok barat,5,Lombok tengah,13,lombok timur,132,Lombok Utara,1,LOTIM,12,lotim.berita terkini,37,LUBUK LINGGAU,17,Lubuk Pakam,8,lubuk sikaping,1,lubuklinggau,16,lubuksikapaing,1,LUBUKSIKAPING,1,lukun,1,Lumajang,7,Lumanjang,1,Luwu,2,Luwuk,8,m,1,M.Labuhan,1,Mabar,1,madina,1,madura,1,Magelang,4,mahakam hulu,1,majaleMajalengka,1,Majalengka,638,majalengMajalengka,1,majalenMajalengka,1,majalMajalengka,1,majaMajalengka,1,majene,3,maka,1,makasar,3,makassar,212,malaka,1,Malang,192,Maluku,8,Maluku tengah,2,MALUKU UTARA,2,MAMAJU.RN,3,MAMASA,195,MAMUJU,219,MAMUJU TENGAH,7,Manado,64,mancanegara,1,mandau,1,mangapura,3,Manggar,91,Manggarai,1,manggarai barat,2,mangupura,110,Manokwari,162,mansel,1,marga,1,maros,1,mataram,13,MATENG,7,Mauk,2,Maybrat,1,medan,243,Mekar Baru,1,melawi,14,MEMPAWAH,1,mentawai,1,merak,4,merangin,93,MERANTI,969,MERAUKE,7,Merbau,3,Mesuji,75,metro,216,metro lampung,10,meulaboh,1,Minahasa,7,Minahasa Selatan,5,Minahasa Tenggara,2,Minahasa Utara,1,Minas,1,Minut,1,miranti,1,Mojokerto,560,monokwari,2,morowali,29,MOROWALI UTARA,1,MORUT,3,moskow,1,Muara Belida,1,Muara Bulian,1,muara bungo,3,Muara Enim,583,muara Tami,2,Muaro Jambi,4,muba,8,Mukomuko,81,muratara,534,murung raya,2,Musi Banyuasin,15,MUSI RAWAS,35,musirawas,7,Nabire,1,Naibenu,1,namlea,4,Nangka Bulik,2,Nasional,16,Natuna,95,negara,5,ngawi,3,Nias barat,21,NTB,74,NTT,14,nunukan,25,Ogan Ilir,7,OKI,3,OKU,2,Oku Selatan,564,Oku Timur,52,Opini,14,P. Bharat,1,P.SIANTAR,12,PACITAN,2,Padang,15,Padang Lawas,14,PADANG PANJANG,2,padang pariaman,1,Pagaralam,34,Pagimana,1,Pahuwato,1,Pakpak Bharat,21,Pakuhaji,2,Palangka raya,347,Palas,23,palelawan,44,Palembang,102,pali,2,Palu,195,palu utara,1,Paluta,66,pamekasan,2,Panang Enim,2,pancur batu,1,pand,1,pande,1,pandegelang,3,Pandeglang,2330,Pangandaran,23,Pangkalan Kerinci,1,pangkalanbun,3,Pangkalpinang,21,pangkep,4,pantai labu,1,Papandayan,1,Papua,96,PAPUA BARAT,226,papua barat daya,2,papua tengah,2,parapat,2,PARIAMAN,10,Parigi,6,Parigi Moutong,19,PARIMO,1063,Parlemen,32,PARUNG PANJANG,1,Pasaman,13,Pasangkayu,1,pasbar,1,Pasir Pangarayan,1,PASSI,1,PASSI TIMUR,6,Pasuruan,2,PATI,190,Patia,1,patrol,14,PAYAKUMBUH,9,PEBAYURAN,2,Pekalongan,85,pekan baru,7,Pekanbaru,477,Pekanbaru Riau,1566,pelalawan,26,pemalang,3,Pematangsiantar,46,pemekas,1,Pemkab Bekasi,7,Pemkot Bekasi,6,penanaman,1,penang Enim,2,Pendidikan,81,pengkadan,1,Penukal Abab Lematang Ilir (PALI),116,perbaungan,1,perimo,2,peristiwa,16,Permohonan,1,pesawaran,26,pesel,1,Pesisir Barat,2,Pesisir Barat,2,PESISIR SELATAN,1,Pilkada,1,pintianak,1,PIPIKORO,1,PN.TIPIKOR,2,polda jabar,1,Polhukam,154,Politik,2,polman,1,polres Pekalongan,2,ponorogo,1,Pontianak,1400,Poso,4,prabumulih,1,primo,9,Pringsewu,46,probolinggo,2,PROTOKOL DOLOK SANGGUL,1,PT Bukit Asam,1,Pulang Pisau,5,pulau merbau,7,pulau tidung,1,pulpis,1,purbalingga,5,Purwakarta,1859,Purwokerto,2,Putussibau,58,radar,3,Radar Artikel,33,Radar Selebrity,3,ragam,58,raja ampat,6,rambang dangku,1,RANGSANG,11,RANGSANG BARAT,1,rangsang pesisir,3,rantauprapat,1,rejang lebong,5,REMBANG,2,Renah mendalu,1,rengasdengklok,1,rengat,1,Riau,187,Rohil,5,rokan,1,Rokan Hilir,54,rokan hulu,14,Rongurnihuta,1,rote ndao,1,Sabang,57,Samarinda,60,sambas,1,sambilan,1,sampang,76,SAMPI,1,Sampit,652,Sangatta kutim,1,Sanggau,13,Sangihe,2,sar,1,Sarolangun,460,sekadau,7,SELAT PANJANG,10,SELATPANJANG,2,Selayar,18,selong,3,Semarang,62,Semarapura,43,semende,1,SEMOGA,2,SEMOGA TENGGARA,1,SENTANI,1,sentul,1,Seram Bagian Barat,1,Serang,481,Serdang Bedagai,42,Sergai,32,Seruyan,19,SIAK,21,siak hulu,9,sian,1,sibau hulu,1,Sibolga,166,siborongborong,1,sidikalang,1,SIDOARJO,6,SIDRAP,15,Sigi,103,silaen,1,Simalungun,138,simpang apek,1,Singaparna,10,singaraja,43,SINGKAWANG,14,SINGKEP BARAT,1,Sinjai,6,sintang,44,situbondo,6,sleman,2,solo,9,SOLOK,18,Solok Selatan,9,Soppeng,38,Sorong,278,Sorong selatan,4,Sragen,31,Subang,2012,SUKABUM,1,Sukabumi,571,sukawati,2,Sukoharjo,1,Sukra,1,Sulawesi,3,Sulawesi Selatan,33,sulawesi tengah,57,sulawesi tenggara,1,Sulbar,349,Sulsel,30,Sulteng,314,Sulut,375,Sumatera Selatan,6,SUMATERA UTARA,6,SUMB,1,sumba barat,1,Sumbar,63,Sumbawa,6,Sumbawa Barat(NTB),5,Sumedang,158,sumenep,43,sumsel,43,Sumut,108,Sungai Penuh,1,sungai tohor,3,Sunggal,2,SURABAYA,109,Surakarta,2,tabanan,609,tajabbarat,1,Takalar,203,talangpadang,5,TAMBANG,1,Tambraw,3,Tambraw - RN,6,tana toraja,1,tanah,1,tanah datar,2,TANAH JAWA,5,Tanah Karo,122,Tangerang,461,Tangerang Selatan,101,tangg,1,tanggamus,139,Tanjab Barat,973,Tanjab Timur,140,tanjabbar,1,Tanjabtim,1,tanjung agung,8,tanjung balai,4,Tanjung Enim,115,Tanjung Jabung timur,1,tanjung makmur,1,TANJUNG PINANG,14,tanjung samak,1,tanjung selor,1,tanjungenim,2,TANOYAN,8,Tapanuli Selatan,5,Tapanuli Tengah,99,Tapanuli Utara,31,tapung,3,tapung hulu,4,tarakan,1,tarutung,34,Tasikmalaya,398,tebi,1,tebin,1,tebing,1,Tebing Tinggi,106,tebing tinggi timur,1,tebingtinggi barat,11,Teekini,11,Teelini,1,Tegal,30,tekini,5,Telawang,1,teluk bintani,1,teluk buntal,1,telukuantan,5,temanggung,1,tembilahan,2,tembuku,2,Teminabuan,6,tenan,1,Tenggarong,1,ter,1,Terjini,3,TERJUN GAJAH,1,Terk,1,Terki,1,Terki i,3,Terkii,1,Terkiji,4,Terkimi,1,Terkin,9,Terkin8,1,Terkini,47646,Terkinii,1,Terkinin,1,TERKINIO,1,TERKINIP,2,Terkino,11,Terkinu,1,terkiri,9,TERKNI,3,Terkuni,2,Terlini,2,Termini,4,ternate,1,Tetkini,14,Timika,2,Toabo,1,toba,41,tolikara,2,tolitol,3,Tolitoli,1437,tolotoli,3,TOMOHON,5,Touna,27,Trenggalek,20,Trkini,1,Tterkini,1,tuba,1,tuba barat,11,Tuerkini,1,Tulang Bawang,14,Tulang Bawang Barat,9,Tulung agung,2,Tulungagung,304,Twrkini,1,ubud,25,Waibakul,1,Waisai,23,wajo,1,warseno,1,WAY KANAN,32,wonosari,1,Yogyakarta,9,
ltr
item
RADAR NUSANTARA NEWS: "Ketika Bangkrak Kembali Mangkrak"
"Ketika Bangkrak Kembali Mangkrak"
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhAL1bINzSZ5hOpQnF1yDegOgwJiY5UUNfRVogebjoDbK3T7y7Lp9QomFzQhCshXoJRWlFhaUJoLhXPyjIevugtkehUwja_afS6_z6KSrxCBn6xSOAYU6TVEeXu-C2oLpZHGsBnzEWGDOYd/s320/IMG-20201127-WA0045.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhAL1bINzSZ5hOpQnF1yDegOgwJiY5UUNfRVogebjoDbK3T7y7Lp9QomFzQhCshXoJRWlFhaUJoLhXPyjIevugtkehUwja_afS6_z6KSrxCBn6xSOAYU6TVEeXu-C2oLpZHGsBnzEWGDOYd/s72-c/IMG-20201127-WA0045.jpg
RADAR NUSANTARA NEWS
https://www.radarnusantara.com/2020/11/ketika-bangkrak-kembali-mangkrak.html
https://www.radarnusantara.com/
http://www.radarnusantara.com/
http://www.radarnusantara.com/2020/11/ketika-bangkrak-kembali-mangkrak.html
true
8338290086939464033
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy