DWI TUNGGAL UMARA' DAN ULAMA'

OLEH : M A R S A L PENGHULU KUA KECAMATAN MUARA ENIM Pidato Bung Karno pada sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK...


OLEH : M A R S A L

PENGHULU KUA KECAMATAN MUARA ENIM

Pidato Bung Karno pada sidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI), 1 Juni 1945, Bung Karno  menyampaikan pidato penting yang sangat berpengaruh untuk konstruksi awal bangsa ini. Bung Karno mengatakan bahwa jika orang-orang Islam ingin agar hukum-hukum di Indonesia berdasarkan Islam, maka hendaknya orang-orang Islam berjuang untuk merebut sebanyak-banyaknya kursi di parlemen, sehingga bisa mempengaruhi pembuatan hukum. Pernyataan presiden pertama Indonesia ini sebenarnya mengarah kepada bagaimana mewujudkan pemerintahan yang bersih, tanpa KKN. Sebab, Bung Karno percaya bahwa seorang agamawan akan mampu menjaga diri, jika dihadapkan dengan praktik kekuasaan yang senantiasa yang sangat banyaksekali godaan, Selain itu, keterlibatan ulama’ diyakini juga akan membawa Indonesia menjadi lebih maju, karena ilmu yang mereka miliki. Sepertinya, maksud pidato tersebut bisa dikontekskan dengan kehidupan politik Indonesia yang sekarang dalam masa “bahaya”.

Banyaknya pelanggaran yang dilakukan oleh pemimpin-pemimpin negeri ini, membuat sebagian besar rakyat kecewa dan muak dengan perilaku mereka. Persoalan korupsi yang saat ini menjadi isyu sentral permasalahan politik Indonesia, ditambah dengan lemahnya penegakan hukum oleh pemerintah, menjadi derita lengkap rakyat bangsa ini. Masyarakat kini telah kehilangan krisis kepercayaan terhadap para pemimpinnya. Jika sudah begitu, kegoncangan demi kegoncangan lah yang terjadi. Tentu saja dalam rangka membentuk negara yang maju dan berperadaban akan semakin sulit.Bahkan, kekecewaan publik semakin lengkap ketika pemimpin mereka, yang berasal dari partai yang mengatasnamakan agama, juga ikut terlibat dalam tindak penyimpangan. Kini, rakyat sangat merindukan pemimpin yang memang benar-benar bisa memimpin, pemimpin yang bisa mengayomi dan melindungi kepentingan rakkat. Ada banyak faktor yang menyebabkan krisis kebaikan dalam perpolitikan Indonesia, baik di tingkat nasional maupun di level daerah.

Istilah Umara’ berasal dari bahasa Arab yang merupakan bentuk jama’ dari “Amiirun” yang berarti Pemimpin atau penguasa, maka Umara’ berarti para pemimpin atau penguasa di suatu negeri, di wilayah atau di daerah. Para Amiir atau penguasa , mereka adalah orang orang yang berkuasaa di suatu negeri atau di daerah, di pundak merekalah tanggungjawab mengenai kehidupan ummat. Sejahtera tidaknya suatu masyarakat, aman tidaknya suatu masyarakat tegantung pada keadilan dan kebijaksanaan para pemimpinnnya, jadi jika mereka itu adil dan bijaksana, jujur dan amanah, kelak masyarakat yang dipimpinnya itu akan mencapai kesejahteraan, ketenteraman dan kemakmuran, tetapi sebaliknya jika seorang pemimpin tidak jujur, tidak adil, semena mena, kejam dan dzalim, maka kelak rakyat akan mengalami kesengsaraan, penderitaan, ketakutan dan akhirnya kehancuran. Seorang pemimpin atau penguasa bias berlaku adil dan bijaksana, jujur dan amanah, jika ia memiliki jiwa iman dan taqwa serta menguasai petunjuk petunjuk Allah secara Konfrehensif (menyeluruh).sedangkan seseorang dapat mengetahui petunjuk petunjuk Allah tersebut hanyalah melalui para pewaris Nabi,   yaitu para Ulama’. Walaupun petunjuk petunjuk Allah itu bias di dapat melalui buku atau kitab, namun buku buku itu juga di jaga dan di sebarkan oleh para penerus perjuangan Nabi.

Sementara pengertian Ulama’ adalah orang orang yang sangat ahli atau sangat pandai di bidang Ilmu pengetahuan, kelompok ini juga sering disebut para Cendikiawan. Sebutan Ulama’ dimasa perkembangan dan kejayaan Islam tidak hanya terbatas pada para ahli agama, tetapi juga diberikan kepada para ahli ilmu pengetahuan umum. Namun perlu diketahui bahwa umumnya Ulama’ pada masa itu , sekalipun ahli di bidang ilmu pengetahuan Agama, misalnya saja Al Farabi, seorang Filosof dan juga seorang ahli ilmu Agama. Ibnu Sina seorang ahli ilmu kedokteran yang juga seorang Fuqaha (ahli Fiqih/Ilmu Syariah), ada juga seorang Filosof Islam yang juga seorang Fuqaha Yakni Ibnu Rusydi, Al Khawarizmi seorang ahli ilmu ukur (aljabar / Matematika) yang juga ahli ilmu Agama, Ibnu Khaldun seorang Sosiolog tersohor di Zamannya, juga seorang Agamawan. Dimasa kini sebutan Ulama’ itu sudah semakin di persempit atau di sederhanakan, yang dahulunya mempunyai makna yang sangat luas, saat ini karena pengaruh budaya barat yang sudah meramban dalam segala aspek kehidupan masyarakkat modern, gelar itu hanya di berikan kepada para ahli ilmu Agama, namun terlepas dari itu semua, para ulama sejak dahulu sampai sekarang tetap konsekuwen pada misi utamanya, yakni meneruskan perjuangan Nabi besar Muhammad Saw dalam mengajarkan Islam beserta Ilmu pengetahuannya, menganjurkan umat manusia untuk berbuat kebaikan dan mencegah perbuatan Munkar, mereka di juluki pewaris Nabi, oleh karena itu kedudukan merreka amat mulia disisi Allah SWT dan ditengah tengah masyarakat. Maka dipundak ulama’lah tanggungjawab mengenai akhlak umat manusia. Jika para ulama makin besar perannyadimasyarakat maka akan semakin baiklah akhlak masyarakat, jika makin kecil peran mereka, maka keburukan akan makin menonjol di masyarakat. Dalam hal Ulama’ sebagai pewaris Nabi Rasulullah bersabda : “ Ulama’ itu adalah lampu lampu bumi, wakil-wakilnya para Nabi, pewarisku (Muhammad Saw) dan pewaris para Nabi”. (HR Ibnu Adi dan Ali ra).

Oleh karena itu di saat di saat inilah pentinga kerja sama antara Umara’ dan Ulama’. Para pengauasa sebagai kelompok orang yang berjanggungjawab atas jalannya roda kehidupan rakyat, sedangkan para Ulama’ adalah kelompok orang yang bertanggungjawab memberi penjelasan tentang manakah jalan kehidupan yang benar menurut Al Qur an. Dengan kerja sama itu Insya Allah akan tercapai kemaslahatan Ummat. Dalam hal kerja sama Rasulullah Saw Bersabda : ” Dua golongan dari Manusia, apabila mereka baik maka baiklah semua Manusia, dan apabila mereka Rusak maka rusaklah manusia, yaitu Ulama’ dan Umara’ (para penguasa)”. (HR Abu Na’im).

Jika ada seorang bertanya, apakah kerja sama antara Umara’ dan Ulama’ dalam membangun masyarakat dapat mencapai kemaslahatan atau kesejahteraan Ummat ?, sebab dengan kerja sama antara Umara’ dan Ulama’ itu maka: para Umara’ (penguasa) akan memperoleh penjelasan penjelasan dari Ulama’ tentang petunjuk petunjuk Al Qur an dan Sunnah Nabi mengenai pembangunan Masyarakat. Maka akan memperoleh memperoleh bimbingan dari Al Qur an dan Sunnah mengenai hal hal tersebut, seorang pemimpin akan menyesuaikan diri dari petunjuk Allah tersebut dalam menetapkan tindakan dan kebijakannya,sehingga tidak bertentangan dengan ajaran Allah dan membela kepentingan Rakyat banyak. Namun Ulama’ yang dimaksud disini adalah Ulama’ yang benar benar takut kepada Allah, sehingga mereka tidak mudah di peralat, Fatwa fatwanya bukan karena harapan duniawi, melainkan semata mata Karena Allah. Tentang Umara’ yang dekat Ulma’Rasulullah Saw bersabda : “ Sesungguhnya Allah mencintai Umara’ (penguasa) apabila mereka bergaul dengan Ulama”, dan Allah murka kepada Ulama’ apabila mereka mencampuri Umara’. Karena apabila Umara’ mencampuri Ulama’ (berarti) mereka gemar kepada Akhirat’. (HR Ad Dailami).

Sebab dengan kerja sama antara Umara’ dan Ulama’ maka Ulama’ akan memperoleh kesemptan dan perlindungan yang luas dan bebas untuk membrikan dakwa Islamiyah kepada masyarakat, sehingga masyarakat dapat memahami Islam secara luas, dapat mengamalkannya dan mereka akan semakin sadar terhadap hokum, sehingga Umara’ akan mendapatkan kemudahan dengan mengatur kehidupan masyarakatnya, Insya Allah segala bentuk penyimpangan dan kemungkaran di masyarakat dapat di hindari.

Dengan kerja sama antara Umara’ dan Ulama’ segala macam kebijakan dapat ditumbuh suburkan, dan segala keburukan dapat di bernatas. Sebab Ulama’ ibarat mengurus sebuah pohon, merekalah yang menyirami dan memupuk pohoj tersebut. Sedangkan Umara’ sebagai penjaga pohon itu dari segala gangguan hama. Dengan demikian pohoon akan tumbuh subur dan sehat sehinggga memberikan buah yang banyakserta berkwalitas .dalam pembangunan masyarakat , para Ulama’ memberikan konsep tentang pembangunan Islami (Qur ani), para penguaasa yang menjabarkan, menerapkan dadn menjaganya dari segala gangguan penyakit. Dengan demikian masyarakat akan tumbuh subur dan sehat serta menghasilkan buah yang lebih baik berupa ke adilan, kemakmuran, kesejahteraann, dan keluhuran budi.

Dengan kerja sama antara Umara’ dan Ulama’, wibawa Umara’akan semakin tinggi dihadapan rakyatnya. Mereka dicintai rakyatnya dan mereka luhur kedudukannya di sisi Allah SWT. Sebab Ulama’ adalah orang orang yang mulia, karena mereka mengemban tugas mulia pula, yaitu sebagai pewaris para Nabi, menegakkan Agama Allah Swt, maka apabila Umara’ selalu dekat dengan Ulama’ dan menerima petunjuknya, kedudukan Umara’ menjadi mulia karena hakikatnya mereka meneruskan missi para Nabi, yakni menegakkan Agama Allah SWT. Umara’ yang menegakkan Agama Allah, berarti senang berbuat kebajikan dan benci terhadap kemungkaran.

Untuk itu perkokohlah kerja sama antara Umara’ dan Ulama’ akan terjaga kesinambungan kerja sama antara keduanya yang selam ini telah berjalan dengan baik Semoga Allah SWT memberkahinya.

Khairlani

COMMENTS

Nama

.,3,.berita terkini,11107,.beritaterkini,6,.kalbar,17,(Merlung),4,Aceh,31,ACEH SINGKIL,78,Aceh Tamiang,23,Aceh Tengah,114,ACEH TENGGARA,1,ACEH TIMUR,1,advertorial,3,Aekkanopan,9,agam,10,ALAI.,5,ambon,3,Anyer,1,AS,1,Asahan,1,babel,1,Bagansiapiapi,1,bakan,1,BALAESANG,1,bali,1,BALIKPAPAN,5,balut.berita terkini,3,Banda Aceh,8,BANDAR LAMPUNG,8,Bandung,93,Bandung Barat,15,banggai,2,Bangka Belitung,5,Bangka Tengah,1,bangkep,1,BANGKEP - RN,1,BANGKINANG,2,Bangun Purba,1,Banguwangi,1,Banjar,19,Banjarnegara,7,bantaeng,45,Banten,65,Banyuasin,6,Banyumas,10,Banyuwangi,144,Barru,1,Batam,92,batang,51,BATANG HARI,3,BATU,7,batu bara,5,baturaja,3,Bekasi,1000,bekasi terkini,2,Bekasi Utara,1,belawan,1,Belitung,163,Beltim,177,bener,1,Bener Meriah,369,BENGKALIS,41,Bengkayang,70,BENGKULU,4,BENGKULU SELATAN,17,BENGKULU UTARA,1,BER,3,BERI,1,beriita terkini,3,berita,1,Berita terkini,2440,berita terkini.,1,berita terkinia,1,berita terkink,1,berita tetkini,1,beritaterkini,4,berta terkini,1,Bima,2,Bintan,9,Bintuni,1,Bitung,3,Blitar,11,Blora,2,BNN,1,Bogor,260,BOGOR TIMUR,61,Bola,1,BOLAANG MONGONDOW,2,bolmong,243,Bolmong raya,3,Bolmong selatan,2,bolmong utara,1,bolmongsiar,1,bolmut,2,BOLNONG,1,bolsel,5,boltim,12,BOYOLALI,1,Brebes,50,Bukit Tinggi,45,bukittinggi,5,BUMIMORO,1,BUNGKU,1,Buol,81,BUTENG,1,Catatan Radar Nusantara,1,Ciamis,21,Cianjur,5,Cibinong,5,cikampek,7,Cikande,1,Cikarang,50,CIKARANG BARAT,1,CIKARANG PUSAT,1,cikarang utara,1,Cilacap,6,Cilegon,23,cilengsi,2,Cileungsi,41,Cimahi,252,Cimanggung,1,Cirebon,311,Cirebon Kota,1,Cisarua,1,Dabo Singkep,266,daer,2,Daerah,6920,Daik Lingga,3,Dairi,230,Deli Serdang,13,Deli tua,1,demak,28,Depok,321,derah,4,Dolok,4,Doloksanggul,16,Dompu,2,Donggala,43,DPRD Kab. Bekasi,11,DPRD Kota Bekasi,30,Dumai,4,Dumoga,97,Dumoga Utara,2,Ekonomi,3,EMPAT LAWANG,14,Fakfak,2,fakta,1,Garut,46,gorontalo,57,Gowa,86,Gresik,1,GROBOGAN,1,Gunung Putri,2,Hukum,11,HUMAS BELTIM,6,humbahas,3,Indonesia,1,INDRA,1,Indragiri hulu,2,indralaya,44,Indramayu,20,info,1,INHIL,1,inhilriau,1,INHU,4,Jabar,8,jaka,1,Jakarta,632,jakarta selatan,4,jakarta timur,1,Jambi,148,jatijajar,1,JATIM,1,Jawa Barat,8,Jawa Tengah,4,Jawa Timur,7,Jayapura,17,Jember,2,Jeneponto,15,Jepara,105,Jombang,3,kab,6,kab .Bandung,202,Kab 50 Kota,4,kab Bandung,30,kab. Agam,1,Kab. Bandung,3665,kab. bekasi,58,Kab. Bogor,19,Kab. Brebes,3,KAB. CIREBON,2,KAB. DAIRI,1,kab. Garut,1,kab. Kajen,1,Kab. Kapuas Hulu,1,kab. Karawang,1,KAB. KARO,2,Kab. Kuningan,17,kab. langkat,1,kab. malang,1,Kab. Minahasa Tenggara,1,KAB. PELALAWAN,2,Kab. Serang,3,Kab. Serdang Bedagai,2,Kab. Sukabumi,11,kab. tangerang,4,Kab. Tasikmalaya,47,kab.agam,1,Kab.Bandung,465,Kab.Bekasi,62,KAB.BOGOR.BERITA TERKINI,1,kab.garut,2,kab.langkat,1,Kab.Malang,3,kab.pekalongan,24,Kab.Samosir,7,KAB.SEMARANG,1,Kab.Sergai,5,KAB.SINJAI,5,kab.sorong,2,Kab.Sumedang,15,Kab.Tangerang,2,kab.Tasikmalaya,7,Kab.Way kanan,7,KABANJAHE,1,kabBandung,2,Kabupaten Bandung Barat,1,KABUPATEN SINJAI,3,KABUPATEN SINJAJ,3,kaimana,4,Kajen,4,Kalbar,575,kalideres,1,Kalimantan Barat,9,kalimantan timur,14,kalipuro,1,Kalsel,8,Kalteng,119,Kaltim,22,Kampar,91,Kampar Kiri,2,Kampar Riau,100,Kapuas Hulu,236,Karawang,196,karawang Berita terkini,1,KARIMUN,5,KARIMUN - RN,1,KARO,27,katapang,1,KATINGAN,4,KEBUMEN,1,Kec.Ukui,1,Kediri,11,KEEROM,23,Kendari,2,kepahiang,4,KEPRI,1,Kepulauan Riau,10,Kerinci,22,KETAPANG,1,KOBAR,1,Kolaka Utara,1,Korupsi,9,KOTA BATU,1,KOTA KOTOMOBAGU,4,KOTA MANNA,2,KOTA METRO,24,kota pekalongan,8,Kota Sorong,7,Kotabumi,1,KOTAMIBAGU,3,Kotamobagu,46,KOTAWARINGIN TIMUR,2,KOTIM,6,kriminal,5,Kronjo,1,Kuala Kapuas,6,kuala lumpur,1,Kuala Tungkal,9,kuansing,2,kuantan,1,kuantan Sengingi,1,KUDUS,103,Kuningan,340,KUTAI KERTANEGARA,8,Kutai Timur,12,Kutim,6,Labuhan Batu,6,Labura,368,Lahat,29,LAMBATA,1,Lamongan,1,Lampung,50,Lampung Barat,30,LAMPUNG METRO,105,LAMPUNG SELATAN,44,Lampung Tengah,10,Lampung Timur,460,Lampung Utara,383,LAMPUNGUTARA,1,lampura,7,langkat,4,LANTAMAL V,86,LANTAMAL X JAYAPURA,20,lebak,97,LEMBATA,7,LIMAPULUHKOTA,2,Lingga,846,Loksado,1,lolak,1,LOLAYAN,2,Lombok,5,Lombok barat,4,Lombok tengah,7,lombok timur,92,Lombok Utara,1,LOTIM,12,lotim.berita terkini,37,LUBUK LINGGAU,15,Lubuk Pakam,4,lubuk sikaping,1,lubuklinggau,15,lubuksikapaing,1,LUBUKSIKAPING,1,lukun,1,Lumajang,1,Lumanjang,1,Luwu,2,Luwuk,7,m,1,Mabar,1,Magelang,1,mahakam hulu,1,majaleMajalengka,1,Majalengka,237,majalengMajalengka,1,majalenMajalengka,1,majalMajalengka,1,majaMajalengka,1,majene,2,makasar,1,makassar,110,Malang,181,Maluku,4,Maluku tengah,2,MALUKU UTARA,1,MAMAJU.RN,3,MAMASA,125,MAMUJU,118,MAMUJU TENGAH,6,Manado,35,mancanegara,1,Manggar,36,Manokwari,137,mansel,1,mataram,12,MATENG,3,Mauk,2,Maybrat,1,medan,164,Mekar Baru,1,MEMPAWAH,1,merak,1,merangin,92,MERANTI,939,MERAUKE,1,Merbau,3,Mesuji,72,metro,203,metro lampung,8,meulaboh,1,Minahasa,7,Minahasa Selatan,4,Minahasa Tenggara,2,Minahasa Utara,1,Minut,1,miranti,1,Mojokerto,405,monokwari,2,morowali,29,MOROWALI UTARA,1,MORUT,2,moskow,1,Muara Belida,1,Muara Bulian,1,muara bungo,3,Muara Enim,241,muara Tami,1,Muaro Jambi,2,Mukomuko,81,muratara,135,Musi Banyuasin,10,MUSI RAWAS,34,musirawas,7,Naibenu,1,Nangka Bulik,2,Nasional,16,Natuna,95,negara,1,Nias barat,18,NTB,66,NTT,5,nunukan,23,Ogan Ilir,7,Oku Selatan,472,Oku Timur,40,Opini,8,P. Bharat,1,P.SIANTAR,3,PACITAN,2,Padang,10,Padang Lawas,14,PADANG PANJANG,1,Pagaralam,31,Pagimana,1,Pahuwato,1,Pakpak Bharat,21,Pakuhaji,2,Palangka raya,212,Palas,23,palelawan,16,Palembang,83,pali,2,Palu,151,Paluta,65,pancur batu,1,pande,1,pandegelang,2,Pandeglang,1061,Pangandaran,2,Pangkalan Kerinci,1,pangkalanbun,1,Pangkalpinang,18,Papandayan,1,Papua,53,PAPUA BARAT,176,parapat,1,PARIAMAN,1,Parigi,6,Parigi Moutong,16,PARIMO,146,Parlemen,32,PARUNG PANJANG,1,Pasaman,12,pasbar,1,Pasir Pangarayan,1,PASSI,1,PASSI TIMUR,6,Pasuruan,2,PATI,101,Patia,1,patrol,3,PAYAKUMBUH,3,PEBAYURAN,1,Pekalongan,50,pekan baru,6,Pekanbaru,257,Pekanbaru Riau,276,pelalawan,25,pemalang,1,Pematangsiantar,37,Pemkab Bekasi,7,Pemkot Bekasi,6,Pendidikan,80,Penukal Abab Lematang Ilir (PALI),63,perimo,1,peristiwa,16,Pesisir Barat,1,PESISIR SELATAN,1,Pilkada,1,pintianak,1,PIPIKORO,1,PN.TIPIKOR,2,polda jabar,1,Polhukam,154,Politik,2,polman,1,polres Pekalongan,2,Pontianak,1121,Poso,3,primo,9,Pringsewu,24,PROTOKOL DOLOK SANGGUL,1,PT Bukit Asam,1,Pulang Pisau,5,pulau merbau,7,pulpis,1,purbalingga,4,Purwakarta,1193,Purwokerto,1,Putussibau,40,Radar Artikel,7,Radar Selebrity,2,ragam,58,raja ampat,5,RANGSANG,11,RANGSANG BARAT,1,rangsang pesisir,3,REMBANG,1,Renah mendalu,1,rengat,1,Riau,159,Rohil,1,rokan,1,Rokan Hilir,14,rokan hulu,4,Rongurnihuta,1,Sabang,57,Samarinda,59,sambilan,1,SAMPI,1,Sampit,578,Sangatta kutim,1,Sanggau,1,Sangihe,2,sar,1,Sarolangun,417,SELAT PANJANG,8,SELATPANJANG,2,Selayar,18,selong,3,Semarang,16,semende,1,SEMOGA,2,SEMOGA TENGGARA,1,SENTANI,1,Seram Bagian Barat,1,Serang,186,Serdang Bedagai,34,Sergai,30,Seruyan,18,SIAK,14,Sibolga,7,SIDOARJO,3,SIDRAP,15,Sigi,98,Simalungun,106,simpang apek,1,Singaparna,7,SINGKAWANG,1,SINGKEP BARAT,1,Sinjai,6,solo,1,SOLOK,6,Solok Selatan,8,Soppeng,6,Sorong,62,Sorong selatan,2,Subang,669,SUKABUM,1,Sukabumi,301,Sukoharjo,1,Sukra,1,Sulawesi,3,Sulawesi Selatan,32,sulawesi tengah,52,Sulbar,54,Sulsel,20,Sulteng,285,Sulut,267,Sumatera Selatan,5,SUMATERA UTARA,5,SUMB,1,sumba barat,1,Sumbar,48,Sumbawa,5,Sumbawa Barat(NTB),5,Sumedang,28,sumsel,39,Sumut,76,Sungai Penuh,1,sungai tohor,3,Sunggal,2,SURABAYA,51,tajabbarat,1,Takalar,137,TAMBANG,1,Tambraw,3,Tambraw - RN,6,tanah datar,1,TANAH JAWA,3,Tanah Karo,92,Tangerang,377,Tangerang Selatan,8,Tanjab Barat,741,Tanjab Timur,137,tanjabbar,1,Tanjabtim,1,tanjung balai,3,Tanjung Enim,1,Tanjung Jabung timur,1,tanjung makmur,1,TANJUNG PINANG,7,tanjung samak,1,TANOYAN,8,Tapanuli Selatan,2,Tapanuli Tengah,17,Tapanuli Utara,10,tapung,3,tarutung,1,Tasikmalaya,141,Tebing Tinggi,67,tebing tinggi timur,1,tebingtinggi barat,11,Teekini,2,Tegal,13,tekini,1,teluk bintani,1,teluk buntal,1,Teminabuan,5,tenan,1,Tenggarong,1,ter,1,TERJUN GAJAH,1,Terk,1,Terki,1,Terki i,1,Terkin,2,Terkini,18490,TERKINIO,1,TERKINIP,1,Terkino,1,terkiri,9,TERKNI,2,Termini,1,Timika,1,Toabo,1,tolitol,3,Tolitoli,1051,tolotoli,2,TOMOHON,4,Touna,25,Trenggalek,20,tuba,1,tuba barat,5,Tuerkini,1,Tulang Bawang,13,Tulang Bawang Barat,9,Tulung agung,2,Tulungagung,299,Waisai,5,warseno,1,WAY KANAN,2,Yogyakarta,4,
ltr
item
RADAR NUSANTARA NEWS: DWI TUNGGAL UMARA' DAN ULAMA'
DWI TUNGGAL UMARA' DAN ULAMA'
https://1.bp.blogspot.com/-lIJVVHIqNvI/X_Mv_BoOT0I/AAAAAAADDSs/77ncT3AM-tAII2SgMdFED_JQ0UpfkhrNACLcBGAsYHQ/s320/IMG-20210104-WA0173.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-lIJVVHIqNvI/X_Mv_BoOT0I/AAAAAAADDSs/77ncT3AM-tAII2SgMdFED_JQ0UpfkhrNACLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20210104-WA0173.jpg
RADAR NUSANTARA NEWS
https://www.radarnusantara.com/2021/01/dwi-tunggal-umara-dan-ulama.html
https://www.radarnusantara.com/
https://www.radarnusantara.com/
https://www.radarnusantara.com/2021/01/dwi-tunggal-umara-dan-ulama.html
true
8338290086939464033
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy