HATI YANG RUSAK MAKA RUSAK PULA PERBUATANYA

Oleh : Marsal Penulis adalah Penghulu KUA kec Muara Enim Tidak hanya tubuh yang bisa kotor, hati pun juga bisa mengalaminya. Hati yang rusak...


Oleh : Marsal

Penulis adalah Penghulu KUA kec Muara Enim

Tidak hanya tubuh yang bisa kotor, hati pun juga bisa mengalaminya. Hati yang rusak atau kotor maksudnya adalah hati seseorang yang penuh dengan berbagai macam penyakit hati seperti iri, dengki, munafik, kafir, dendam dan sebagainya. Seseorang yang memiliki hati kotor tidak pernah mencari Cara menghindari perilaku tercela, melainkan menjadikan perbuatan tercela itu sebagai pembawaannya sehari – hari. Allah telah berfirman mengenai penyakit hati ini dalam surat Al Baqarah ayat 10 bahwa di dalam hati manusia ada penyakit, lalu penyakit tersebut ditambah oleh Allah, dan orang yang memiliki hati berpenyakit akan mendapatkan siksa yang pedih karena dustanya.

Hati yang kotor juga bisa diibaratkan sebagai hati yang tidak jernih. Jika kita memandang dunia dengan hati yang kotor, maka dunia akan tampak buram. Sebaliknya jika kita memandang dunia dengan  hati yang jernih, maka segala sesuatu juga akan tampak jernih di mata kita. Memandang

dunia dengan hati yang kotor membuat kita tidak bisa menemukan cara bersikap tenang dan cara menenangkan diri dalam menjalani hidup.

Kotoran yang menutupi hati itu adalah perbuatan maksiat atau perbuatan tercela. Karena itu kita harus berusaha membersihkan kotoran yang menutupi kejernihan hati kita.

Mari kita perhatikan percakapan Rasulullah SAW dengan Abu Dzar. Suatu hari Rasulullah SAW bertanya pada sahabat Abu Dzar “ Wahai Abu Dzar adakah kamu memandang banyaknya harta itu adalah kekaayaan ?” kemudian Abu Dzar menjawab : “ Ya, Wahai Rasulullah” Rasulullah bertanya kembali kepada Abu Dzar : “Jadi kamu memandang sedikitnya harta itu adalah kefakiran ?” Abu Dzar menjawab : “Ya Rasulullah “ akhirnya Rasulullah Saw Berssabda   “ Sesungguhnya kekayaan itu adalah kaya hati, dan kefakiran itu adalah miskin hati “

Sebagai contoh dari pernyataan Rasulullah Saw. Adalah pengalaman yang dialami Nabi Saw bersama keluarga dekatnya saat di boikot (diembargo secara ekonomi) oleh gembong gembong Kafir quraisy, selama tiga tahun masa krisis itu di alami oleh Rasulullah  Saw bersama karib kerabatnya, hingga mereka terpaksa makan daun dedaunan. Tetapi mereka tidak mengeluh, tidak putus asa, tidak mengutuk masa dan tiddak menyalahkan situasi dan kondisi saat itu.

Rasulullah Saw tetap tenang menghadapi semua cobaan itu,  karena beliau dan keluarga dekatnya yang sudah muslim waktu itu telah kaya hati, subur rohaninya, dan iman yang bersemayam dalah hati mereka telah kuat. Maka modal utama seorang muslim yang harus selalu di jaga kesuburannya, diperkaya Investasinya, dihindarkan kemacetannya adalah  “HATI”

Sabda Rasulullah SAW :

“Ketahuilah di dalam jasad ini ada segumpal daging; jika ya baik maka baik pulalah perbuatan seluruh badan. Dan apabilah segumpal daging tadi rusak, maka rusaklah semua perbuatan badan. Ketahuilah segumpal daging tersebut adalah HATI”.

Hati sebagai alat Proyektor atau sebagai komandan, Hati juga merupakan Fokus, titik Sentral penilaian Allah terhadap Hamba Nya. Sebagaimana Sabda  Rasulullah SAW :

“ Sesungguhnya Allah tiddak melihata pada bentuk bentuk jasad dan bilangan harta kamu sekalian, melainkan dia melihat pada HATI dan perbuatan kamu sekalian”.

Maka sungguh di sayangkan orang otrang yang hanya terpaku memperhatikan keindahan,bentuk, dan kebersihan badan / jasad  saja sementara mereka tidak pernah peduli dengan dekilnya dan kerusakan hati.

Marilah kita perhatikan amalan amalan praktis yang di ajarkan Rasulullah Saw dalam upaya membersihkan dan menyehatkan Hati. Rasulullah Bersabda :

” Sungguh Hati ini mudahlah berkarat, dan proses pembersihannya adalah Al Qur an, ingat mati, dan sering hadir ke majlis majlis Ilmu”.

Cara Membersihkan Hati :

Melihat ke dalam diri sendiri itu perlu untuk mengukur seberapa jauh hati kita telah tertutupi oleh noda – noda atau kotoran tersebut. Ingatlah bagaimana diri kita sehari – hari. Apakah kita lebih banyak merasa iri dengki, tidak tahu cara menghindari sifat jasad dan cara menghindari prilaku fitnah atau bisa menjalani hidup dengan cara membuat hati ikhlas dan cara bersikap sabar menghadapi berbagai permasalahan hidup sehari – hari. Kita bisa mencoba mencari apa saja penyakit hati kita yang pernah atau masih kita rasakan sehari – hari serta apa kekurangan dan kelemahan diri kita.

Ketika kita sudah bisa mengetahui apa saja penyakit yang membuat hati kita kotor, maka untuk mulai membersihkannya bisa kita lakukan cara menjaga kesehatan Hati dengan bertaubat. Artinya kita meminta ampun atas dosa yang telah kita lakukan berkaitan dengan penyakit hati kita dan berusaha untuk tidak mengulanginya lagi. Bertaubat mungkin tidak akan bisa dilakukan sekaligus, namun lebih baik dilakukan secara bertahap.

Menjalankan shalat lima waktu tanpa terlewat sangat penting untuk tetap menjaga hati kita tetap bersih dan jauh dari penyakit hati. Rajin beribadah wajib akan meningkatkan keimanan kita sehingga tidak mudah terpengaruh dengan berbagai sifat tercela dan pikiran buruk, karena kita yakin bahwa Allah akan memberikan yang terbaik bagi umatNya. Dengan keimanan yang teguh kita dapat menemukan cara menenangkan hati dan fikiran ketika menghadapi masalah dan mudah mencari Cara menghadapi masalah yang beraat agar beban pikiran tidak mengotori hati.

Selain shalat lima waktu yang merupakan ibadah wajib, banyak sekali ibadah tambahan yang bisa kita lakukan untuk menaikkan kadar keimanan kita. Diantaranya adalah shalat malam seperti tahajud dan istikharah. Pelajarilah cara shalat malam yang benar agar ibadah yang dilakukan dapat menjadi khusyu dan diterima oleh Allah SWT.

Rajin membaca Al Qur’an juga bisa meningkatkan pertahanan hati kita dari serangan berbagai macam penyakit hati. Tidak hanya membaca, tetapi juga mengerti isinya dan berusaha mengamalkannya dalam hidup sehari – hari. Untuk itu kita memerlukan bimbingan seseorang yang lebih mengerti tentang isi Al Qur’an. Bergabung dalam suatu kelompok kajian atau pengajian akan menjadi hal yang baik.

Dzikir artinya mengingat Allah SWT dalam keadaan yang bagaimanapun. Ada dua macam dzikir yaitu dzikir lisan artinya mengingat Allah dengan perkataan lafal dzikir seperti Subhanallah, Astagfirullah, Alhamdulillah dan lain – lain. Satu lagi dzikir amali yaitu mengamalkan dzikir dalam perbuatan sehari – hari dengan mengingat ajaran Allah dalam berbagai kegiatan yang dilakukan sehari – hari. Rutin melakukan dzikir artinya kita bisa menemukan cara menghilangkan sifat sombong dan menghilangkan sifat Egois dalam diri kita sehingga tidak menjadi penyakit hati.

Segala perbuatan dan amal yang diridhoi Allah SWT adalah yang disebut sebagai amal saleh. Dengan menjaga diri kita tetap melakukan perbuatan yang dianjurkan dan memiliki nilai pahala yang besar, maka kita akan dapat menemukan cara merubah sifat menjadi lebih baik dan cara merubah kepribadian yang masih sering terkena penyakit hati menjadi seseorang yang hatinya lebih bersih. Contohnya dengan berbagi kepada anak yatim serta fakir miskin dan keluarga atau kerabat terdekat dengan ikhlas agar kita bisa turut merasakan penderitaan dan kekurangan orang lain.

Kita bisa memiliki hati yang berpenyakit juga karena tidak bisa menjadi seorang yang sabar ketika menanggapi perkataan orang lain yang bertujuan memojokkan atau menjelekkan diri kita. Perkataan orang yang buruk akan diri kita memang akan memancing keburukan yang keluar dalam hati kita. Karena itu kita harus bisa bersikap wajar ketika menemui hal semacam ini agar perasaan buruk dalam hati tidak berkelanjutan dan mengetahui cara menjadi pribadi yang baik.

Dengan siapa kita bergaul juga menentukan pengaruh apa yang masuk ke dalam diri kita. Jika kita membiasakan diri untuk bergaul dengan orang – orang yang shaleh tentunya kita juga akan terbawa dengan sifat baik mereka dan memiliki ciri ciri orang yang baik ahti. Sebaliknya jika terbiasa bergaul di lingkungan orang yang bermaksiat maka akan sulit bagi kita untuk membersihkan hati dengan benar.

Walaupun diberi berbagai kelebihan oleh Allah, manusia tetap mempunyai keterbatasan diri. Yang membatasi manusia adalah umur. Usia kita yang singkat ini hanya memberi waktu yang singkat pula untuk beribadah dan menebus segala dosa serta kesalahan yang pernah dilakukan. Tujuan hidup menurut Islam adalah untuk beribadah kepada Allah SWT, Karena itu sebaiknya tidak membuang waktu dengan berbagai macam sikap yang buruk yang bisa mengotori hati kita.

Perilaku kita sehari – hari merupakan cerminan dari kondisi hati kita. Jika perilaku kita baik dan benar, itu tandanya kita memiliki hati yang bersih dan bening, tidak dikotori dengan berbagai macam penyakit hati. Namun jika sehari – hari kita berperilaku yang kurang baik, maka dapat dengan mudah dikatakan bahwa hati kita kurang jernih dan tertutupi dengan kotoran atau penyakit. Sehingga amal yang kita lakukan pun bisa menjadi sia – sia atau ternoda dengan kondisi hati yang tidak bersih. Karena itulah usahakan untuk selalu menjaga kondisi hati agar bersih.

Khairlani

COMMENTS

Nama

.,3,.berita terkini,11107,.beritaterkini,6,.kalbar,17,(Merlung),4,Aceh,31,ACEH SINGKIL,78,Aceh Tamiang,23,Aceh Tengah,114,ACEH TENGGARA,1,ACEH TIMUR,1,advertorial,3,Aekkanopan,9,agam,10,ALAI.,5,ambon,3,Anyer,1,AS,1,Asahan,1,babel,1,Bagansiapiapi,1,bakan,1,BALAESANG,1,bali,1,BALIKPAPAN,5,balut.berita terkini,3,Banda Aceh,8,BANDAR LAMPUNG,8,Bandung,93,Bandung Barat,15,banggai,2,Bangka Belitung,5,Bangka Tengah,1,bangkep,1,BANGKEP - RN,1,BANGKINANG,2,Bangun Purba,1,Banguwangi,1,Banjar,19,Banjarnegara,7,bantaeng,45,Banten,65,Banyuasin,6,Banyumas,10,Banyuwangi,144,Barru,1,Batam,92,batang,51,BATANG HARI,3,BATU,7,batu bara,5,baturaja,3,Bekasi,1007,bekasi terkini,2,Bekasi Utara,1,belawan,1,Belitung,163,Beltim,178,bener,1,Bener Meriah,370,BENGKALIS,41,Bengkayang,70,BENGKULU,4,BENGKULU SELATAN,17,BENGKULU UTARA,1,BER,3,BERI,1,beriita terkini,3,berita,1,Berita terkini,2440,berita terkini.,1,berita terkinia,1,berita terkink,1,berita tetkini,1,beritaterkini,4,berta terkini,1,Bima,2,Bintan,9,Bintuni,1,Bitung,3,Blitar,11,Blora,2,BNN,1,Bogor,260,BOGOR TIMUR,61,Bola,1,BOLAANG MONGONDOW,2,bolmong,243,Bolmong raya,3,Bolmong selatan,2,bolmong utara,1,bolmongsiar,1,bolmut,2,BOLNONG,1,bolsel,5,boltim,12,BOYOLALI,1,Brebes,50,Bukit Tinggi,45,bukittinggi,5,BUMIMORO,1,BUNGKU,1,Buol,81,BUTENG,1,Catatan Radar Nusantara,1,Ciamis,21,Cianjur,5,Cibinong,5,cikampek,7,Cikande,1,Cikarang,50,CIKARANG BARAT,1,CIKARANG PUSAT,1,cikarang utara,1,Cilacap,6,Cilegon,24,cilengsi,2,Cileungsi,41,Cimahi,252,Cimanggung,1,Cirebon,311,Cirebon Kota,1,Cisarua,1,Dabo Singkep,266,daer,2,Daerah,6920,Daik Lingga,3,Dairi,230,Deli Serdang,14,Deli tua,1,demak,28,Depok,322,derah,4,Dolok,4,Doloksanggul,16,Dompu,2,Donggala,43,DPRD Kab. Bekasi,11,DPRD Kota Bekasi,30,Dumai,4,Dumoga,101,Dumoga Utara,2,Ekonomi,3,EMPAT LAWANG,14,Fakfak,2,fakta,1,Garut,46,gorontalo,57,Gowa,86,Gresik,1,GROBOGAN,1,Gunung Putri,2,Hukum,11,HUMAS BELTIM,6,humbahas,3,Indonesia,1,INDRA,1,Indragiri hulu,2,indralaya,44,Indramayu,22,info,1,INHIL,1,inhilriau,1,INHU,4,Jabar,8,jaka,1,Jakarta,634,jakarta selatan,4,jakarta timur,1,Jambi,148,jatijajar,1,JATIM,1,Jawa Barat,8,Jawa Tengah,4,Jawa Timur,7,Jayapura,17,Jember,2,Jeneponto,15,Jepara,105,Jombang,3,kab,6,kab .Bandung,202,Kab 50 Kota,4,kab Bandung,30,kab. Agam,1,Kab. Bandung,3665,kab. bekasi,60,Kab. Bogor,19,Kab. Brebes,3,KAB. CIREBON,2,KAB. DAIRI,1,kab. Garut,1,kab. Kajen,1,Kab. Kapuas Hulu,1,kab. Karawang,1,KAB. KARO,2,Kab. Kuningan,17,kab. langkat,1,kab. malang,1,Kab. Minahasa Tenggara,1,KAB. PELALAWAN,2,Kab. Serang,3,Kab. Serdang Bedagai,2,Kab. Sukabumi,11,kab. tangerang,4,Kab. Tasikmalaya,47,kab.agam,1,Kab.Bandung,465,Kab.Bekasi,62,KAB.BOGOR.BERITA TERKINI,1,kab.garut,2,kab.langkat,1,Kab.Malang,3,kab.pekalongan,24,Kab.Samosir,7,KAB.SEMARANG,1,Kab.Sergai,5,KAB.SINJAI,5,kab.sorong,2,Kab.Sumedang,15,Kab.Tangerang,2,kab.Tasikmalaya,7,Kab.Way kanan,7,KABANJAHE,1,kabBandung,2,Kabupaten Bandung Barat,1,KABUPATEN SINJAI,3,KABUPATEN SINJAJ,3,kaimana,4,Kajen,4,Kalbar,575,kalideres,1,Kalimantan Barat,9,kalimantan timur,14,kalipuro,1,Kalsel,8,Kalteng,119,Kaltim,22,Kampar,93,Kampar Kiri,2,Kampar Riau,100,Kapuas Hulu,236,Karawang,197,karawang Berita terkini,1,KARIMUN,5,KARIMUN - RN,1,KARO,27,katapang,1,KATINGAN,4,KEBUMEN,1,Kec.Ukui,1,Kediri,11,KEEROM,23,Kendari,2,kepahiang,4,KEPRI,1,Kepulauan Riau,10,Kerinci,22,KETAPANG,1,KOBAR,1,Kolaka Utara,1,Korupsi,9,KOTA BATU,1,KOTA KOTOMOBAGU,4,KOTA MANNA,2,KOTA METRO,24,kota pekalongan,8,Kota Sorong,7,Kotabumi,1,KOTAMIBAGU,3,Kotamobagu,47,KOTAWARINGIN TIMUR,2,KOTIM,6,kriminal,5,Kronjo,1,Kuala Kapuas,6,kuala lumpur,1,Kuala Tungkal,9,kuansing,2,kuantan,1,kuantan Sengingi,1,KUDUS,103,Kuningan,341,KUTAI KERTANEGARA,8,Kutai Timur,12,Kutim,6,Labuhan Batu,6,Labura,369,Lahat,29,LAMBATA,1,Lamongan,1,Lampung,50,Lampung Barat,30,LAMPUNG METRO,105,LAMPUNG SELATAN,45,Lampung Tengah,10,Lampung Timur,460,Lampung Utara,384,LAMPUNGUTARA,1,lampura,7,langkat,4,LANTAMAL V,86,LANTAMAL X JAYAPURA,20,lebak,98,LEMBATA,7,LIMAPULUHKOTA,2,Lingga,846,Loksado,1,lolak,1,LOLAYAN,2,Lombok,5,Lombok barat,4,Lombok tengah,7,lombok timur,92,Lombok Utara,1,LOTIM,12,lotim.berita terkini,37,LUBUK LINGGAU,15,Lubuk Pakam,4,lubuk sikaping,1,lubuklinggau,15,lubuksikapaing,1,LUBUKSIKAPING,1,lukun,1,Lumajang,1,Lumanjang,1,Luwu,2,Luwuk,7,m,1,Mabar,1,Magelang,1,mahakam hulu,1,majaleMajalengka,1,Majalengka,237,majalengMajalengka,1,majalenMajalengka,1,majalMajalengka,1,majaMajalengka,1,majene,2,makasar,1,makassar,110,Malang,181,Maluku,4,Maluku tengah,2,MALUKU UTARA,1,MAMAJU.RN,3,MAMASA,125,MAMUJU,118,MAMUJU TENGAH,6,Manado,35,mancanegara,1,Manggar,36,Manokwari,137,mansel,1,mataram,12,MATENG,3,Mauk,2,Maybrat,1,medan,164,Mekar Baru,1,MEMPAWAH,1,merak,1,merangin,92,MERANTI,942,MERAUKE,1,Merbau,3,Mesuji,73,metro,203,metro lampung,8,meulaboh,1,Minahasa,7,Minahasa Selatan,4,Minahasa Tenggara,2,Minahasa Utara,1,Minut,1,miranti,1,Mojokerto,406,monokwari,2,morowali,29,MOROWALI UTARA,1,MORUT,2,moskow,1,Muara Belida,1,Muara Bulian,1,muara bungo,3,Muara Enim,242,muara Tami,1,Muaro Jambi,2,Mukomuko,81,muratara,138,Musi Banyuasin,10,MUSI RAWAS,34,musirawas,7,Naibenu,1,Nangka Bulik,2,Nasional,16,Natuna,95,negara,1,Nias barat,20,NTB,66,NTT,5,nunukan,23,Ogan Ilir,7,Oku Selatan,473,Oku Timur,40,Opini,8,P. Bharat,1,P.SIANTAR,3,PACITAN,2,Padang,10,Padang Lawas,14,PADANG PANJANG,1,Pagaralam,31,Pagimana,1,Pahuwato,1,Pakpak Bharat,21,Pakuhaji,2,Palangka raya,213,Palas,23,palelawan,16,Palembang,83,pali,2,Palu,151,Paluta,65,pancur batu,1,pande,1,pandegelang,2,Pandeglang,1069,Pangandaran,2,Pangkalan Kerinci,1,pangkalanbun,1,Pangkalpinang,18,Papandayan,1,Papua,53,PAPUA BARAT,177,parapat,1,PARIAMAN,1,Parigi,6,Parigi Moutong,16,PARIMO,149,Parlemen,32,PARUNG PANJANG,1,Pasaman,12,pasbar,1,Pasir Pangarayan,1,PASSI,1,PASSI TIMUR,6,Pasuruan,2,PATI,101,Patia,1,patrol,3,PAYAKUMBUH,3,PEBAYURAN,1,Pekalongan,50,pekan baru,6,Pekanbaru,257,Pekanbaru Riau,276,pelalawan,25,pemalang,1,Pematangsiantar,37,Pemkab Bekasi,7,Pemkot Bekasi,6,Pendidikan,80,Penukal Abab Lematang Ilir (PALI),63,perimo,1,peristiwa,16,Pesisir Barat,1,PESISIR SELATAN,1,Pilkada,1,pintianak,1,PIPIKORO,1,PN.TIPIKOR,2,polda jabar,1,Polhukam,154,Politik,2,polman,1,polres Pekalongan,2,Pontianak,1121,Poso,3,primo,9,Pringsewu,24,PROTOKOL DOLOK SANGGUL,1,PT Bukit Asam,1,Pulang Pisau,5,pulau merbau,7,pulpis,1,purbalingga,4,Purwakarta,1195,Purwokerto,1,Putussibau,40,Radar Artikel,7,Radar Selebrity,2,ragam,58,raja ampat,5,RANGSANG,11,RANGSANG BARAT,1,rangsang pesisir,3,REMBANG,1,Renah mendalu,1,rengat,1,Riau,159,Rohil,1,rokan,1,Rokan Hilir,14,rokan hulu,4,Rongurnihuta,1,Sabang,57,Samarinda,59,sambilan,1,SAMPI,1,Sampit,578,Sangatta kutim,1,Sanggau,1,Sangihe,2,sar,1,Sarolangun,417,SELAT PANJANG,8,SELATPANJANG,2,Selayar,18,selong,3,Semarang,16,semende,1,SEMOGA,2,SEMOGA TENGGARA,1,SENTANI,1,Seram Bagian Barat,1,Serang,188,Serdang Bedagai,34,Sergai,30,Seruyan,18,SIAK,14,Sibolga,7,SIDOARJO,3,SIDRAP,15,Sigi,98,Simalungun,106,simpang apek,1,Singaparna,7,SINGKAWANG,1,SINGKEP BARAT,1,Sinjai,6,solo,1,SOLOK,6,Solok Selatan,8,Soppeng,6,Sorong,62,Sorong selatan,2,Subang,673,SUKABUM,1,Sukabumi,302,Sukoharjo,1,Sukra,1,Sulawesi,3,Sulawesi Selatan,32,sulawesi tengah,52,Sulbar,54,Sulsel,20,Sulteng,285,Sulut,268,Sumatera Selatan,5,SUMATERA UTARA,5,SUMB,1,sumba barat,1,Sumbar,48,Sumbawa,5,Sumbawa Barat(NTB),5,Sumedang,28,sumsel,40,Sumut,76,Sungai Penuh,1,sungai tohor,3,Sunggal,2,SURABAYA,51,tajabbarat,1,Takalar,138,TAMBANG,1,Tambraw,3,Tambraw - RN,6,tanah datar,1,TANAH JAWA,3,Tanah Karo,92,Tangerang,377,Tangerang Selatan,8,Tanjab Barat,741,Tanjab Timur,137,tanjabbar,1,Tanjabtim,1,tanjung balai,3,Tanjung Enim,1,Tanjung Jabung timur,1,tanjung makmur,1,TANJUNG PINANG,7,tanjung samak,1,TANOYAN,8,Tapanuli Selatan,2,Tapanuli Tengah,17,Tapanuli Utara,10,tapung,3,tarutung,1,Tasikmalaya,141,Tebing Tinggi,67,tebing tinggi timur,1,tebingtinggi barat,11,Teekini,2,Tegal,13,tekini,1,teluk bintani,1,teluk buntal,1,Teminabuan,5,tenan,1,Tenggarong,1,ter,1,Terjini,2,TERJUN GAJAH,1,Terk,1,Terki,1,Terki i,1,Terkin,2,Terkini,18558,TERKINIO,1,TERKINIP,1,Terkino,1,terkiri,9,TERKNI,2,Termini,1,Timika,1,Toabo,1,tolitol,3,Tolitoli,1053,tolotoli,2,TOMOHON,4,Touna,25,Trenggalek,20,tuba,1,tuba barat,5,Tuerkini,1,Tulang Bawang,13,Tulang Bawang Barat,9,Tulung agung,2,Tulungagung,299,Waisai,5,warseno,1,WAY KANAN,2,Yogyakarta,4,
ltr
item
RADAR NUSANTARA NEWS: HATI YANG RUSAK MAKA RUSAK PULA PERBUATANYA
HATI YANG RUSAK MAKA RUSAK PULA PERBUATANYA
https://1.bp.blogspot.com/-PjVWPpoiD-k/X_uk7fs652I/AAAAAAADD38/dpaIpNDfbCsmUZhjlN7l-ARpRVJHo4o8QCLcBGAsYHQ/s320/IMG-20210111-WA0011.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-PjVWPpoiD-k/X_uk7fs652I/AAAAAAADD38/dpaIpNDfbCsmUZhjlN7l-ARpRVJHo4o8QCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG-20210111-WA0011.jpg
RADAR NUSANTARA NEWS
https://www.radarnusantara.com/2021/01/hati-yang-rusak-maka-rusak-pula.html
https://www.radarnusantara.com/
https://www.radarnusantara.com/
https://www.radarnusantara.com/2021/01/hati-yang-rusak-maka-rusak-pula.html
true
8338290086939464033
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy