Pelatihan Paralayang Resmi Dimulai. Parimo Siap Mencetak Atlit Paralayang Profesional

PARIGI MOUTONG,RN Bupati Parigi Moutong H Samsurizal Tombolotutu membuka secara resmi kegiatan pelatihan Paralayang tingkat dasar bagi pemul...





PARIGI MOUTONG,RN

Bupati Parigi Moutong H Samsurizal Tombolotutu membuka secara resmi kegiatan pelatihan Paralayang tingkat dasar bagi pemula untuk kepentingan anak anak daerah dalam rangka mencari bibit Atlit Atlit Profesional yang diharapkan berguna bagi daerah.


Dengan adanya kegiatan Pelatihan tersebut, Parigi Moutong siap mencetak Atlit Paralayang profesional.


Kegiatan Pelatihan Paralayang dilaksanakan bertempat Di Resort Lolaro Tinombo Parigi Moutong, Sabtu (24/7/21).


Bupati katakan, kegiatan itu juga bertujuan untuk mempersiapkan Atlit Atlit Paralayang pada kegiatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulawesi Tengah yang akan digelar tahun depan di Kabupaten Buol.


"Pelatihan Paralayang yang akan dilatih oleh pelatih Nasional sekaligus untuk memilih Atlit Paralayang yang akan mengikuti Porprov di Kabupaten Buol,"Ucapnya. 


Lanjut Bupati Samsurizal, kegiatan pelatihan Paralayang sengaja tidak dibuat di pusat Ibu Kota (Parigi) karena melihat kondisi yang ada belum menjamin keamanan dan keselamatan untuk ketinggian bukitnya. Menurutnya, Paralayang memerlukan terjun dari ketinggian paling tinggi dan mendarat ditempat yang tepat atau sesuai pendaratan Paralayang.


Olehnya Bupati mengajak masyarakat untuk berpartisipasi ikut Paralayang, dan kata ia pada umumnya secara naluri manusiawi banyak yang takut ikut terbang layang, namun jika sudah didapatkan seninya pasti akan ketagihan untuk mau kembali terbang layang. 


"Pengalaman saya 30 tahun yang lalu biar dilarang saya tetap terbang Halo diketinggian 11 kilo diatas permukaan, dan jika dilihat kebawah semua kelihatan biru, tetapi enak karena kita sudah dapatkan seninya,"Cerita Bupati mengenang masa lalunya saat di TNI angkatan darat.


Buparti Samsurizal mengatakan, semua ini terlaksana secara tidak sengaja, seperti Paralayang kata ia, awalnya ia mencari tempat tinggal diperbukitan asam ogolongkap dengan ketinggian 110 meter kemudian dapat lagi ketinggian 300 sampai 350, dan cari lebih ketas lagi dapat 500 sampai 700 meter ketinggian dan secara tiba tiba datang tim Paralayang mencari lokasi semua ketinggian yang diinginkan untuk Paralayang sesuai harapan ada di bukit ogolongkap Tinombo.


"Semua ini mungkin karena naluri saya penerjun, jadi tahu dasar dasar ketinggian untuk Paralayang. Semuanya itu terjadi secara tidak sengaja,"Heranya.


"Saya berterima kasih kepada yang mau Diving dan Paralayang, perlu diketahui ini adalah olahraga mahal, pelatihnya saja tidak ada di Sulaweai Tengah yang ada hanya Atlitnya,"Jelasnya.


"Harapan saya mari kita ikuti dengan sungguh sungguh pelatihan Paralayang ini. Tidak ada pelatih memberikan ilmunya itu membahayakan. Pasti ia berpikir bagaimana dengan keselamatan orang. Intinya tidak ada hubungan bisnis, dan ini akan berkembang setelah turisnya datang dan sudah menjadi pemandu Paralayang,"Tambahnya.


Sementara itu pelatih Nasional dari Jakarta Gendon Subandono yakin, kedepan Parigi Moutong bisa menyumbangkan olahraga minat Khusus Paralayang. Olehnya ia berharap perlu dukungan semua pihak dan dapat mensuport sehingga secara reguler bisa mengembangkan olahraga Paralayang.


Sebagai pelatih dan pernah dipercayakan melatih Atlit Paralayang di Asean Games 2018 sehingga Indonesia menyumbangkan satu medali emas dicabang olahraga Paralayang, buat Gendon itu adalah sebuah upaya keberhasilan yang ia miliki khususnya keberhasilan masyarakat Indonesia, dan itu kata ia akan ia terapkan untuk melatih kepada calon Atlit Atlit Paralayang Parigi Moutong sehingga bisa berprestasi ditingkat Nasional maupun Internasional.


Gendon memberikan informasi sekaligus motivasi bahwa untuk nomor ketepatan pendaratan Paralayang Indonesia sudah masuk level dunia.


"Untuk pengembangan kedepan, nomor itulah yang menjadi andalan Indonesia pada olahraga Paralayang yaitu ketepatan mendarat,"Terangnya.


Gendon menjelaskan, di Paralayang ada tiga nomor lomba yaitu pertama nomor ketepatan mendarat tepat pada satu titik alat elektronik, jika diangka nol itulah yang terbaik. Kedua lintas alam,terbang dari ketinggian tertentu bisa berlama lama, kemudian kata ia Posandrik dua hingga tiga jam di udara dengan cara mencapai hingga 2 kilo, dan yang tercepat dialah pemenagnya. Ketiga akrobatik atau nomor khusus.


Dari semua itu kata Gendon ketepatan mendarat menjadi anadalan Indonesia.


"Terkait hal ini saya berharap, kedepan Atlit Atlit Parigi Moutong bisa mencapai prestasi ditingkat dunia,"Harapnya.


Untuk Parigi Moutong kata ia, sudah memiliki tempat latihan yang bagus tinggal butuh proses di Sekolahkan. Karena Parigi Moutong untuk pemula ada bukit 70 untuk terbang pendek.


"Kita punya bukit 70 untuk terbang pendek tetapi masih ada lagi bukit lebih tinggi, sehingga kita pakai yang 70 dulu untuk pemula bagi teman teman di Parigi Moutong, dan tidak menutup kemungkinan bisa dilakukan terbang lintas alam dan potensi ini bisa kita gunakan,"Bebernya.


Olehnya ia berharap kepada KONI Parigi Moutong untuk mensuport, karena kata ia KONI menjadi tulang punggung olahraga khususnya olahraga Paralayang.


Paralayang kata ia hanya mempunyai tiga hal pertama olahraga, kedua prestasi dan ketiga Pariwisata.


"Kalau olahraga sudah, prestasi oke, pasti Pariwisata ikut, dan yang bangga adalah diri kita sendiri, keluarga kita dan daerah kita apalagi kalau Parigi Moutong juara Di Porprov tahun depan itu sudah luar biasa,"Suportnya.


Yang terpenting kata ia bagaimana mengembangkan wisata minat khusus Paralayang menjadi Primadona Parigi Moutong, dan yang terdampak adalah pemandu wisata.


Gendon berceritra, pada saat ia bekerja menjadi pemandu wisata sekaligus pelatih paralayang di puncak bogor, satu tahun sekitar 20 ribu wisatawan yang mau melakukan tandem Paralayang, dan 95 persen adalah wisatawan asal timur tengah.


"Setiap tahun dan terakhir tahun 2009 dipuncak Bogor 20 ribu wisatawan yang tandem. Saat masuk Pandemi Covid-19 tahun 2020 semuanya habis alias kunjungan wisatawan menurun hingga saat ini,"Tandasnya.


Kata ia kesempatan inilah harus dimanfaatkan dan salah satu cara mendorong dari sisi olahraga dan Parigi Moutong sudah siap, dengan begitu kata ia Covid selesai Wisata bangkit maka ambil manfaatnya untuk wisata minat khusus utamanya Diving dan Paralayang.


"Yang terpenting adalah progres dulu, bagaimana Paralayang itu, karena Paralayang punya tingkatan mulai PL 1, PL 2 Dan PL 3. PL 1 adalah dasar, PL 2 menengah dan PL 3 Advan yang bisa memandu atau membawa orang,"Ujarnya.


Sementara itu Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Parigi Moutong Dra Alina Deu MSi mengatakan, untuk langkah awal peserta Paralayang dibatasi 10 orang, dan ia berharap jumlah tersebut bertambah ditahap berikutnya.


"Kami informasikan bahwa kegiatan Diving tahap pertama sudah kami laksanakan kami batasi juga jumlahnya dan sudah terlaksana dengan baik serta sudah mempunyai lisensi atau sertifikat Diving dan bisa digunakan dimana saja,"Katanya.


Masih menurutnya, untuk peserta Paralayang dibatasi umur. Adapun batasan umur 14 sampai 30 tahun, karena tujuan kegiatan kata ia untuk mencari bibit bibit Paralayang yang ada di Kabupaten Parigi Moutong, dan itu terus dipromosikan untuk menambah minat putra putri Parigi Moutong yang ingin berlatih.


"Kemarin saja yang mendaftar Diving 15 orang tahap pertama, sekarang untuk tahap kedua sudah lebih dari 20 orang yang mendaftar Diving dan ini kemungkinan besar akan bertambah peminatnya,"Imbuhnya.


"Ternyata di dalam laut itu begitu indah terumbu karangnya. Saya kemarin bersama ibu Bupati menyelam di kedalaman 12 meter lebih dan itu luar biasa,"Tutupnya.


Usai pembukaan, langsung dilanjutkan dengan pelatihan Paralayang untuk materi dasar pengenalan Paralayang dan cara cara pengoperasian Parasut di laksnaakan di lapangan sepak bola Dusunan Tinombo untuk beberapa hari kedepan, setelah itu naik kebukit lebih tinggi di bukit Ogolongkap Desa Silabia Kecamatan Tinombo untuk aksi.

SUMBER: DISKOMINFO PARIMO

COMMENTS




































































Nama

.,3,.berita terkini,11108,.beritaterkini,6,.kalbar,17,(Merlung),5,abiansemal,2,Aceh,35,ACEH SINGKIL,78,Aceh Tamiang,23,Aceh Tengah,120,ACEH TENGGARA,2,ACEH TIMUR,2,Aceh Utara,3,advertorial,21,aek kanopan,1,Aekkanopan,9,agam,18,aimas,2,ALAI.,5,Alor,1,ambon,7,amlapura,65,anjatan,2,Anyer,1,AS,1,Asahan,6,babel,1,badau,1,badung,612,Bagansiapiapi,4,bakan,1,BALAESANG,1,bali,927,balige,9,BALIKPAPAN,6,balut.berita terkini,3,Banda Aceh,16,BANDAR LAMPUNG,39,Bandar Seri Begawan,1,bandara,7,Bandung,177,Bandung Barat,23,banggai,5,bangka,2,bangka barat,1,Bangka Belitung,5,Bangka Tengah,2,bangkep,1,BANGKEP - RN,1,BANGKINANG,5,bangli,825,Bangun Purba,1,Banguwangi,1,Banjar,23,Banjarnegara,8,bantaeng,46,Banten,151,Banyuasin,6,Banyumas,13,Banyuwangi,148,barito utara,1,Barru,6,Batam,103,batang,67,BATANG HARI,3,batang kuis,3,BATU,7,batu bara,68,baturaja,4,bekasai,1,Bekasi,2327,bekasi terkini,3,Bekasi Utara,1,belawan,2,Belitung,218,Belitung Timur,17,Beltim,225,belu,2,benakat,1,bener,1,Bener Meriah,481,BENGKALIS,78,Bengkayang,76,BENGKULU,6,BENGKULU SELATAN,19,BENGKULU UTARA,1,benoa,6,BER,3,BERI,1,beria terkini,1,beriita terkini,3,berit terkini,2,berita,1,Berita terkini,3280,berita terkini daerah,1,berita terkini.,1,berita terkinia,1,berita terkink,1,berita terkinu,2,berita tetkini,1,beritaterkini,4,beritq terkini,1,berta terkini,1,Bima,2,binjai,3,Bintan,9,Bintuni,1,Bitung,6,blahbatu,2,blahbatuh,17,Blitar,15,Blora,2,BMKG,1,BNN,1,Bogor,457,BOGOR TIMUR,71,Bola,1,BOLAANG MONGONDOW,3,bolmong,533,Bolmong raya,3,Bolmong selatan,13,bolmong timur,2,bolmong utara,1,bolmongsiar,1,bolmut,2,BOLNONG,1,bolong mopusi,1,bolsel,8,boltim,18,bone,3,BOYOLALI,2,Brebes,173,bualu,1,Bukit Tinggi,52,bukittinggi,19,buleleng,225,BUMIMORO,1,BUNGKU,1,Buol,90,BUTENG,1,Catatan Radar Nusantara,10,Ciamis,85,Cianjur,18,Cibinong,15,Cibitung,3,cikampek,42,Cikampek barat,1,Cikande,1,Cikarang,99,CIKARANG BARAT,1,CIKARANG PUSAT,1,cikarang utara,2,Cilacap,11,Cilegon,46,cilengsi,3,Cileungsi,41,Cimahi,461,Cimanggung,1,Cirebon,561,Cirebon Kota,2,Cisarua,1,citeureup,1,Dabo Singkep,266,daer,2,Daerah,7553,daerah Terkini,2,daerh,1,Daik Lingga,3,Dairi,245,Deli Serdang,53,Deli tua,1,deliserdang,1,demak,51,Denpasa,3,denpasar,837,denpasar timur,3,Dentim,1,Depok,621,derah,5,dharmasraya,6,DIY,8,Dolok,4,Doloksanggul,75,Dompu,2,Donggala,179,donri donri,1,DPRD Kab. Bekasi,11,DPRD Kota Bekasi,99,DPRD LamSel,8,Dumai,27,Dumoga,179,Dumoga Utara,2,duri,3,Ekonomi,3,EMPAT LAWANG,14,ende,2,eretan,1,Erkini,1,Fakfak,2,fakta,1,Garut,101,gianyar,798,gilimanuk,1,gorontalo,67,Gowa,107,Gresik,1,GROBOGAN,2,gunung mas,2,Gunung Putri,2,gunungsitoli,2,HL,23,HSU,1,Hukum,11,HUMAS BELTIM,6,humbahas,14,Indonesia,5,INDRA,1,Indragiri hulu,5,indralaya,44,Indramayu,35,Indrapura,15,info,1,INHIL,48,inhilriau,1,INHU,8,Jabar,22,jaka,4,Jakarta,1765,Jakarta barat,2,jakarta selatan,5,jakarta timur,3,jakarta utara,3,Jambi,160,jateng,5,jatijajar,1,JATIM,7,Jawa Barat,48,Jawa Tengah,10,Jawa Timur,13,Jayapura,54,Jember,8,jembrana,305,Jeneponto,23,Jepara,106,jimbaran,3,Jombang,4,kab,7,kab .Bandung,208,Kab 50 Kota,4,kab Bandung,30,kab. Agam,1,Kab. Bandung,3875,kab. bekasi,195,Kab. Bogor,27,Kab. Brebes,61,kab. buru,1,KAB. CIREBON,2,KAB. DAIRI,1,kab. Garut,1,Kab. Gumas,1,kab. Kajen,1,Kab. Kapuas Hulu,8,kab. Karawang,2,KAB. KARO,2,Kab. Kuningan,84,kab. langkat,2,kab. malang,1,Kab. Minahasa Tenggara,1,KAB. PELALAWAN,2,Kab. Serang,7,Kab. Serdang Bedagai,4,Kab. Sukabumi,12,kab. tangerang,6,Kab. Tasikmalaya,97,Kab. Toba,8,kab.agam,1,Kab.Bandung,1877,kab.barru,3,Kab.Bekasi,389,kab.bogor,31,KAB.BOGOR.BERITA TERKINI,1,kab.buru,2,Kab.Dogiyai Papua Tengah,1,kab.garut,2,kab.langkat,1,Kab.Malang,3,Kab.Nganjuk,6,kab.pekalongan,26,Kab.Samosir,8,KAB.SEMARANG,1,Kab.Sergai,5,KAB.SINJAI,5,kab.sorong,3,Kab.Sumedang,26,Kab.Tangerang,28,kab.Tasikmalaya,52,Kab.Way kanan,24,KABANJAHE,1,kabBandung,2,Kabupaten Bandung Barat,1,KABUPATEN SINJAI,3,KABUPATEN SINJAJ,3,kaimana,4,Kajen,4,Kalbar,591,kalideres,1,Kalimantan Barat,9,kalimantan timur,15,kalipuro,1,Kalsel,10,Kalteng,264,Kaltim,25,Kampar,170,Kampar Kiri,4,Kampar Riau,292,kapuas,3,Kapuas Hulu,278,kara,1,karanganyar,1,karangasem,867,Karawang,342,karawang Berita terkini,1,KARIMUN,6,KARIMUN - RN,1,KARO,27,katapang,1,KATINGAN,6,kayong utara,6,keban agung,1,KEBUMEN,1,Kec.Ukui,1,Kediri,62,KEEROM,27,Kendari,4,kepahiang,4,KEPRI,4,Kepulauan Riau,10,Kerinci,23,keritang inhil,1,kerobokan,6,KETAPANG,17,kintamani,1,klapanunggal,1,klungkung,525,KOBAR,1,kolaka,1,Kolaka Utara,1,Kominfo Kab.Bekasi,34,Korupsi,9,kota agung,1,KOTA BATU,1,KOTA KOTOMOBAGU,5,KOTA MANNA,2,KOTA METRO,29,kota pekalongan,8,Kota Sorong,9,kotabaru,1,Kotabumi,1,KOTAMIBAGU,3,Kotamobagu,107,kotawaringin barat,3,KOTAWARINGIN TIMUR,4,KOTIM,11,kriminal,5,Kronjo,1,Kuala Kapuas,6,kuala lumpur,1,Kuala Tungkal,9,kuansing,15,kuantan,1,kuantan Sengingi,4,kubu,4,kubu raya,54,KUDUS,123,Kuningan,1555,kupang,3,kuta,18,kuta badung,3,KUTAI KERTANEGARA,9,Kutai Timur,12,Kutim,6,l,1,Labuhan Bajo,1,Labuhan Batu,17,Labura,407,labusel,1,Lahat,31,LAMBATA,1,Lamongan,3,Lampung,97,Lampung Barat,196,LAMPUNG METRO,105,LAMPUNG SELATAN,63,Lampung Tengah,23,Lampung Timur,466,Lampung Utara,794,LAMPUNGUTARA,1,lampura,20,landak,6,langkat,5,langsa,3,LANTAMAL V,86,LANTAMAL X JAYAPURA,20,lawang kidul,46,lebak,203,LEMBATA,7,LIMAPULUHKOTA,6,Lingga,1071,liwa,13,Loksado,1,lolak,1,LOLAYAN,3,Lombok,6,Lombok barat,5,Lombok tengah,13,lombok timur,132,Lombok Utara,1,LOTIM,12,lotim.berita terkini,37,LUBUK LINGGAU,17,Lubuk Pakam,8,lubuk sikaping,1,lubuklinggau,16,lubuksikapaing,1,LUBUKSIKAPING,1,lukun,1,Lumajang,7,Lumanjang,1,Luwu,2,Luwuk,8,m,1,M.Labuhan,1,Mabar,1,madina,1,madura,1,Magelang,4,mahakam hulu,1,majaleMajalengka,1,Majalengka,638,majalengMajalengka,1,majalenMajalengka,1,majalMajalengka,1,majaMajalengka,1,majene,3,maka,1,makasar,3,makassar,212,malaka,1,Malang,192,Maluku,8,Maluku tengah,2,MALUKU UTARA,2,MAMAJU.RN,3,MAMASA,195,MAMUJU,219,MAMUJU TENGAH,7,Manado,64,mancanegara,1,mandau,1,mangapura,3,Manggar,91,Manggarai,1,manggarai barat,2,mangupura,126,Manokwari,162,mansel,1,marga,1,maros,1,mataram,13,MATENG,7,Mauk,2,Maybrat,1,medan,244,Mekar Baru,1,melawi,15,MEMPAWAH,1,mentawai,1,merak,5,merangin,93,MERANTI,969,MERAUKE,7,Merbau,3,Mesuji,75,metro,216,metro lampung,10,meulaboh,1,Minahasa,7,Minahasa Selatan,5,Minahasa Tenggara,2,Minahasa Utara,1,Minas,1,Minut,1,miranti,1,Mojokerto,560,monokwari,2,morowali,29,MOROWALI UTARA,1,MORUT,3,moskow,1,Muara Belida,1,Muara Bulian,1,muara bungo,3,Muara Enim,583,muara Tami,2,Muaro Jambi,4,muba,8,Mukomuko,81,muratara,534,murung raya,2,Musi Banyuasin,15,MUSI RAWAS,35,musirawas,7,Nabire,1,Naibenu,1,namlea,4,Nangka Bulik,2,Nasional,16,Natuna,95,negara,5,ngawi,3,Nias barat,21,NTB,74,NTT,14,nunukan,25,nusa dua,1,Ogan Ilir,7,OKI,3,OKU,2,Oku Selatan,565,Oku Timur,52,Opini,14,P. Bharat,1,P.SIANTAR,12,PACITAN,2,Padang,16,Padang Lawas,14,PADANG PANJANG,2,padang pariaman,1,Pagaralam,34,Pagimana,1,Pahuwato,1,Pakpak Bharat,21,Pakuhaji,2,Palangka raya,347,Palas,23,palelawan,44,Palembang,102,pali,2,Palu,195,palu utara,1,Paluta,66,pamekasan,2,Panang Enim,2,pancur batu,1,pand,1,pande,1,pandegelang,3,Pandeglang,2359,Pangandaran,23,Pangkalan Kerinci,1,pangkalanbun,3,Pangkalpinang,21,pangkep,4,pantai labu,1,Papandayan,1,Papua,96,PAPUA BARAT,227,papua barat daya,2,papua tengah,2,parapat,2,PARIAMAN,10,Parigi,6,Parigi Moutong,19,PARIMO,1063,Parlemen,32,PARUNG PANJANG,1,Pasaman,13,Pasangkayu,1,pasbar,1,Pasir Pangarayan,1,PASSI,1,PASSI TIMUR,6,Pasuruan,2,PATI,190,Patia,1,patrol,15,PAYAKUMBUH,9,PEBAYURAN,2,Pekalongan,85,pekan baru,7,Pekanbaru,496,Pekanbaru Riau,1586,pelalawan,26,pemalang,3,Pematangsiantar,46,pemekas,1,Pemkab Bekasi,7,Pemkot Bekasi,6,penanaman,1,penang Enim,2,Pendidikan,81,pengkadan,1,Penukal Abab Lematang Ilir (PALI),116,perbaungan,1,perimo,2,peristiwa,16,Permohonan,1,pesawaran,26,pesel,1,Pesisir Barat,2,Pesisir Barat,2,PESISIR SELATAN,1,Pilkada,1,pintianak,1,PIPIKORO,1,PN.TIPIKOR,2,polda jabar,1,Polhukam,154,Politik,2,polman,1,polres Pekalongan,2,ponorogo,1,pontia,1,Pontianak,1414,Poso,4,prabumulih,1,primo,9,Pringsewu,46,probolinggo,2,PROTOKOL DOLOK SANGGUL,1,PT Bukit Asam,1,Pulang Pisau,5,pulau merbau,7,pulau tidung,1,pulpis,1,purbalingga,5,Purwakarta,1859,Purwokerto,2,Putussibau,58,radar,3,Radar Artikel,33,Radar Selebrity,3,ragam,58,raja ampat,6,rambang dangku,1,RANGSANG,11,RANGSANG BARAT,1,rangsang pesisir,3,rantauprapat,1,rejang lebong,5,REMBANG,3,Renah mendalu,1,rengasdengklok,1,rengat,1,Riau,188,Rohil,6,rokan,1,Rokan Hilir,54,rokan hulu,15,Rongurnihuta,1,rote ndao,1,Sabang,57,Samarinda,60,sambas,2,sambilan,1,sampang,76,SAMPI,1,Sampit,652,Sangatta kutim,1,Sanggau,13,Sangihe,2,sar,1,Sarolangun,460,sekadau,7,SELAT PANJANG,10,SELATPANJANG,2,Selayar,18,selong,3,Semarang,62,Semarapura,43,semende,1,SEMOGA,2,SEMOGA TENGGARA,1,SENTANI,1,sentul,1,Seram Bagian Barat,1,Serang,484,Serdang Bedagai,42,Sergai,32,Seruyan,19,SIAK,22,siak hulu,9,sian,1,sibau hulu,1,Sibolga,166,siborongborong,1,sidikalang,1,SIDOARJO,6,SIDRAP,15,Sigi,103,silaen,1,Simalungun,139,simpang apek,1,Singaparna,10,singaraja,44,SINGKAWANG,14,SINGKEP BARAT,1,Sinjai,6,sintang,44,situbondo,6,sleman,2,solo,9,SOLOK,18,Solok Selatan,9,Soppeng,38,Sorong,293,Sorong selatan,4,Sragen,31,Subang,2033,SUKABUM,1,Sukabumi,571,sukawati,2,Sukoharjo,1,Sukra,1,Sulawesi,3,Sulawesi Selatan,33,sulawesi tengah,57,sulawesi tenggara,1,Sulbar,349,Sulsel,30,Sulteng,314,Sulut,375,Sumatera Selatan,6,SUMATERA UTARA,6,SUMB,1,sumba barat,1,Sumbar,68,Sumbawa,6,Sumbawa Barat(NTB),5,Sumedang,158,sumenep,43,sumsel,43,Sumut,108,Sungai Penuh,1,sungai tohor,3,Sunggal,2,SURABAYA,112,Surakarta,2,tabanan,627,tajabbarat,1,Takalar,203,talangpadang,5,TAMBANG,1,Tambraw,3,Tambraw - RN,6,tana toraja,1,tanah,1,tanah datar,2,TANAH JAWA,5,Tanah Karo,122,Tangerang,461,Tangerang Selatan,102,tangg,1,tanggamus,139,Tanjab Barat,973,Tanjab Timur,140,tanjabbar,1,Tanjabtim,1,tanjung agung,8,tanjung balai,4,Tanjung Enim,117,Tanjung Jabung timur,1,tanjung makmur,1,TANJUNG PINANG,14,tanjung samak,1,tanjung selor,1,tanjungenim,2,TANOYAN,8,Tapanuli Selatan,5,Tapanuli Tengah,99,Tapanuli Utara,31,tapung,3,tapung hulu,4,tarakan,1,tarutung,37,Tasikmalaya,398,tebi,1,tebin,1,tebing,1,Tebing Tinggi,107,tebing tinggi timur,1,tebingtinggi barat,11,Teekini,11,Teelini,1,Tegal,30,tekini,5,Telawang,1,teluk bintani,1,teluk buntal,1,telukuantan,5,temanggung,1,tembilahan,2,tembuku,2,Teminabuan,6,tenan,1,Tenggarong,1,ter,1,Terjini,3,TERJUN GAJAH,1,Terk,1,Terki,1,Terki i,3,Terkii,1,Terkiji,4,Terkimi,1,Terkin,9,Terkin8,1,Terkini,47979,Terkinii,1,Terkinin,1,TERKINIO,1,TERKINIP,2,Terkino,11,Terkinu,1,terkiri,9,TERKNI,3,Terkuni,2,Terlini,2,Termini,4,ternate,1,Tetkini,14,Timika,2,Toabo,1,toba,41,tolikara,2,tolitol,3,Tolitoli,1437,tolotoli,3,TOMOHON,5,Touna,27,Trenggalek,20,Trkini,1,Tterkini,1,tuba,1,tuba barat,11,Tuerkini,1,Tulang Bawang,14,Tulang Bawang Barat,9,Tulung agung,2,Tulungagung,304,Twrkini,1,ubud,25,Waibakul,1,Waisai,23,wajo,1,warseno,1,WAY KANAN,32,wonosari,1,Yogyakarta,9,
ltr
item
RADAR NUSANTARA NEWS: Pelatihan Paralayang Resmi Dimulai. Parimo Siap Mencetak Atlit Paralayang Profesional
Pelatihan Paralayang Resmi Dimulai. Parimo Siap Mencetak Atlit Paralayang Profesional
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgMH-5le8uhmpPCIDZ6unnMm0yhaVupTqTxn4JsQWmnqUSJruxpzW_YyytlVmBAV63wT0m3KIINyZOmI6CstqiEvEZ6-OJ9u6Zzy_-XNDObktr___J5C57YMM_qqgb1x3X2caSi5jFhVDjR/s320/IMG-20210724-WA0218.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgMH-5le8uhmpPCIDZ6unnMm0yhaVupTqTxn4JsQWmnqUSJruxpzW_YyytlVmBAV63wT0m3KIINyZOmI6CstqiEvEZ6-OJ9u6Zzy_-XNDObktr___J5C57YMM_qqgb1x3X2caSi5jFhVDjR/s72-c/IMG-20210724-WA0218.jpg
RADAR NUSANTARA NEWS
https://www.radarnusantara.com/2021/07/pelatihan-paralayang-resmi-dimulai.html
https://www.radarnusantara.com/
http://www.radarnusantara.com/
http://www.radarnusantara.com/2021/07/pelatihan-paralayang-resmi-dimulai.html
true
8338290086939464033
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy