Warga Perumahan Aster Village Ciwastra Akan Menuntut Legalitas Atas kepemilikan Rumah

Kab. Bandung, RN Masyarakat selayaknya teliti dan cermat sebelum boking atau beli Perumahan tempat tinggal masa depan keluarga untuk menghin...



Kab. Bandung, RN

Masyarakat selayaknya teliti dan cermat sebelum boking atau beli Perumahan tempat tinggal masa depan keluarga untuk menghindari kerugian financial dan lainnya di kemudian hari. 


Hal utama  mengecek kredibilitas, kafabelitas dan perizinan resmi pengembangnya. 


Seperti salah satu adanya laporan warga penghuni perumahan yang terancam dihentikan proses pembangunannya, karena ada dugaan developernya tidak mengantongi izin dan lokasi lahan berdiri diatas area lahan hijau. 


Sebut saja  pengembang Perumahan  PT. ROYAL BRIDEA INDONESIA. Official Instragram Avcount.Jln Sukarno hata No 599 Metro Indah Mall Blok K-15  Bandung Kabupaten Bandung. 


Dalam pantauan lapangan, saat ini sedang dalam proses pengerjaan yang hampir rampung. 


Prediksi analisa kegaduhan proyek perumahan tersebut, mengemuka dan  mencuat kepermukaan. 


Hal mana banyak warga perumahan   Ater Viilage Ciwartra yang menunggu surat legalitas atas pembangunan  perumahan tersebut, hingga kabar masalah ini tembus kepada awak media Kontenjabar.id dan Radar Nusantara yang kemudian

Tim menggelar Pleno internal untuk menindaklanjuti laporan pengaduan warga kepada Media (  Rabu 04/08/2021). 


Pengaduan warga yang sudah selesai pembangunan dan rumah sedang ia tempatinya tanpa mau disebutkan namanya, meminta kepada media mengundang warga yang  perumahannya/villa selasai akan minta klarifikasi berupa penjelasan kepada  pengelola PT. 


Dikabarkan sampai saat ini mereka merasa resah, sebab legalitas bukti kepemilikan rumahnya belum diterimanya, yaitu surat hak atas kepemilikan  perumahan dari ASTER VILLAGE CIWASTARA. 


Dan bagi mereka yang sudah selesai dan menempati rumah,  akan minta kejelaskan hak kepemilikannya kepada  PT. ROYAL BRIDEA INDONESIA. Terkait hal itu wargapun minta kepada kami, awak media untuk membantu klarifikasi ke Kantor Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten  Bandung. 


Selain itu klarifikasi juga ke Kepala Desa Buah Batu, Camat Bojong Soang dan  Kepala DPMPTSP Kabupaten Bandung yang telah mengeluarkan ijin atas pembangunan perumahan  ASTER VILLAGE CIWASTARA  Tersebut. 


Namun sangat disayangkan ketika tim liputan investigasi Kontenjabar.id menyambangi kantor DPMPTSP bidang perijinan sedang WFH. 


Menurut informasi salah satu stafnya, bahwa hal yang sama pernah ada yang menanyakan tentang  legalitas yang diberikan atas PT ROYAL BRIDEA INDONESIA, tapi itu bukan hak dan wewenang saya, unkapnya salah satu Staf. 


Sepengetahuan saya. Ia hanya minta ijin  untuk proyek urugan saja" jelasnnya. 


Untuk lebih jelasnya pihak DPMTSP menanyakan langsung melalui surat resmi yang ditujukan ke

DPMPTSP, dan minta staf utuk tidak ditulis namanya  dalam pemberitan. 


"Saya  menyarankan untuk mengirim surat resmi yang langsung di tujukan ke  DPMPTSP biar jelas apa yang diberikan kepada PT Royal Bridea Indonesia dan itu dapat dipertangungjawabakan dan lebih  akurat" tandasnya. 


Berdasarkan penelusuran dilapangam,

Bahwa lokasi Perumahan Aster Vilage milik PT. Royal Bride Indonesia (RBI), alamat keberadaannya di Jalan Batusari RT. 01/06,  Desa Buah Batu ternyata tidak memiliki izin sesuai UU No. 01/2011 Omnibuslaw terkait Perumahan dan Kawasan Pemukiman. 


Dalam tanda kutip " Perumahan Tak Bertuan alias “BODONG " dan ada dugaan belum menempuh jalur resmi, bahkan ada dugaan direktur PT. Royal Bride Indonesia sdr. ILK berspekulasi dengan oknum Aparatur Pemerintahan DPMPTSP demi kelancaran dan kebebasan membangun. 


Dari inifo yang di dapat oleh tim SKU Tugas Bangsa  dilapangan, dulunya hanya terjadi atau di dengar yang ditempuh oleh pengembang izin Urugan saja. Didapan info oleh SKU Tugas Bangsa dihari rabu tanggal (04/8/201). 


Kantor Desa Buah batu  ketika dikonfirmasi melalui Sekdes, beri keterangan menyangkut sudah berdiri 201 Unit rumah mewah milik PT. ROYAL BRIDEA INDONESIA ( RBI Aster Vilage) beliau dulunya hanya mengetahui dan menandatangani atas permintaan warga RT/RW untuk izin Urugan saja kata, dan lebih mengetahui  sebab dulunya ( alrhm ) Kepala desa ‘jelasnya 


Sebelum kami menjabangi Dinas Perijinan  di hari yang sama, juga mengkonfirmasi Camat Bojongsoang Drs. AAM, Msi, dia sedang tidak ada ditempat. 


Walau demikian kami dapatkan dari salah staf dan dikonfirmasi kebenaranya. 


Pak Camat mengatakan, pernah memberikan atau mengeluarkan Izin IMB sebanyak delapan (8) unit rumah waktu itu, tetapi beliau cabut dan batalkan kembali, ungkapnya. 


Diberitahukan tentang hal ini, saat dimintai pendapatnya, Yulisman SH, Direktur Eksekutif LBH KSN KPK Jabar, coba berikan ulasan analisa hukumnya.  

"Bahwa tanah seluas 45,500 m2 tersebut dimaksud, hak kepemilikan suatu properti merupakan hak yang menjadikan sesuatu barang menjadi “kepunyaan seseorang” baik pribadi maupun kelompok" papar Yulisman SH 


Hak tersebut menjamin si pemilik atas haknya untuk untuk melakukan segala suatu terhadap properti sesuai kehendaknya, baik untuk menggunakannya ataupun tidak menggunakannya, imbuhnya. 


Dan juga mengalihkan hak kepemilikannya. Beberapa filsuf menyatakan bahwa hak atas properti timbul dari norma sosial. 


Beberapa lainnya mengatakan bahwa hak itu timbul dari moralitas atau hukum alamiah (natural law).16 Hak kepemilikan properti modern mengandung suatu hak kepemilikan dan hak penguasaan yang merupakan milik dari suatu perorangan yang sah. 


Dan apabila perorangan tersebut bukan merupakan bentuk orang yang sesungguhnya. Misalnya pada perusahaan, dimana perusahaan memiliki hak-hak setara dengan hak warga negara lainnya, termasuk hak-hak konstitusi. Oleh karena itulah maka perusahaan disebut badan hukum. 


Konsep hukum tanah nasional mengandung konsep sifat komunalistik religius yang memungkinkan penguasaan tanah secara individual dengan hak-hak atas tanah yang bersifat pribadi, sekaligus mengandung kebersamaan. 


Sifat tersebut ditunjukkan pada Pasal 1 ayat (2) UUPA yang menyatakan bahwa seluruh bumi, air dan ruang angkasa, termasuk kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dalam wilayah Republik Indonesia sebagai karunia Tuhan Yang Maha Esa. 


Adalah bumi, air dan ruang angkasa bangsa Indonesia merupakan kekayaan nasional.



Seperti diketahui, bahwa dalam konsep hak perdata, hak kepemilikan atas tanah merupakan hubungan hukum kepemilikan secara hakiki diakui keberadaannya, dijunjung tinggi, dihormati, dan tidak boleh diganggu gugat oleh siapapun. 


Hak kepemilikan atas tanah merupakan sumber kehidupan dan kehidupan bagi pemiliknya. 


Oleh karenanya orang yang mempunyai hak yang sah secara hukum harus mendapat perlindungan oleh Negara dan hal

Properti biasanya digunakan dalam hubungannya dengan kesatuan hak. 


Termasuk 1) Kontrol atas penggunaan dari properti; 2) Hak atas segala keuntungan dari properti (misalnya “hak tambang, hak sewa); 3) Hak untuk mengalihkan atau menjual properti; 4) Pembangunan Perumahan, pihak yang membangun perumahan disebut penyelenggara pembangunan perumahan. 


Penyelenggara pembangunan perumahan dapat berupa:

a.    Warga Negara Indonesia;

b.    Orang asing yang berkedudukan di Indonesia;

c.    Badan hukum yang didirikan menurut hukum Indonesia dan berkedudukan di Indonesia, yaitu perseroan terbatas (“PT”), yayasan;

d.    Badan hukum asing yang mempunyai perwakilan di Indonesia;

e.    Badan Usaha Milik Negara (“BUMN”) berbentuk perusahaan umum dan perusahaan perseroan.

f.     Badan Usaha Milik Daerah (“BUMD”);

g.   Instansi yaitu lembaga Negara, kementrian, lembaga pemerintah, non-kementerian, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota. 


Penyelenggara pembangunan perumahan menentukan status hak atas tanah yang di atasnya didirikan bangunan rumah. 


Hak Atas Tanah untuk Pembangunan Perumahan

Rumah yang dibangun oleh penyelenggara pembangunan perumahan dapat berbentuk rumah tinggal, rumah deret, dan/atau rumah susun. 


Pembangunan untuk rumah tinggal, rumah deret, dan/atau rumah susun, dapat dilakukan di atas tanah:[10] 


a.    hak milik;

b.    hak guna bangunan atas tanah negara;

c.    hak guna bangunan atas hak pengelolaan; atau

d.    hak pakai di atas tanah Negara 


1)    Hak Milik adalah hak turun-menurun, terkuat dan terpenuh yang dapat dipunyai orang atas tanah dengan mengingat fungsi sosial.[11]

2)  Hak Guna Bangunan (“HGB”) adalah hak untuk mendirikan dan mempunyai bangunan-bangunan atas tanah yang bukan miliknya sendiri, dengan jangka waktu paling lama 30 tahun.[12] 


Soal HGB, Pasal 21 Peraturan Pemerintah Nomor 40 Tahun 1996 tentang Hak Guna Usaha, Hak Guna Bangunan dan Hak Pakai Atas Tanah (“PP 40/1996”) berbunyi: 


Tanah yang dapat diberikan dengan Hak Guna Bangunan adalah: 


a.    Tanah Negara;

b.    Tanah Hak Pengelolaan;

c.    Tanah Hak Milik. 


3)   Hak pakai adalah hak untuk menggunakan dan/atau memungut hasil dari tanah yang dikuasai langsung oleh Negara atau tanah milik orang lain, yang memberi wewenang dan kewajiban yang ditentukan dalam keputusan pemberiannya oleh pejabat yang berwenang memberikannya atau dalam perjanjian dengan pemilik tanahnya, yang bukan perjanjian sewa-menyewa atau perjanjian pengolahan tanah, segala sesuatu asal tidak bertentangan dengan jiwa dan ketentuan-ketentuan UUPA.[13] 


Tanah yang dapat diberikan dengan Hak Pakai adalah:[14] 


a.    Tanah Negara;

b.    Tanah Hak pengelolaan;

c.    Tanah Hak Milik. 


Hak Pakai yang dapat dibangun perumahan hanya Hak Pakai di atas tanah Negara.[15] 


Seperti yang telah kami jelaskan di atas, UU 1/2011 menetapkan bahwa perumahan dapat dibangun di atas tanah HGB atas Tanah Negara atau HGB atas tanah Hak Pengelolaan. 


Atas semua paparan gambalang tersebut, kami warga perumahan ASTER VILLAGE CIWASTRA Memimta atas hak hak di atas tersebut  yang sudah di dalam per undang –undangan  , selain di atas tanah hak milik, Anda dapat menyelenggarakan pembangunan perumahan di atas tanah HGB atas tanah negara, HGB atas hak pengelolaan, atau hak pakai di atas tanah Negara. 


Maka kami sebagai warga perumahan Aster Village Ciwastra akan menuntut hak atas kepemilikan dengan dasar hukum yang sudah di atur 


Dasar hukum:

1. Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Peraturan Dasar Pokok-Pokok Agraria;

2. Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman;

3. Peraturan Pemerintah Nomor 40 Tahun 1996 tentang Hak Guna Usaha, Hak Guna Bangunan dan Hak Pakai Atas Tanah. 


Kami dalam hal ini sengaja mengudang para awak Media Online dan cetak  minta agar ungkap dengan terang benderang, terutama masalah legalitas yang diberikan kepada PT ROYAL BRIDEA INDONESIA  (RBI) oleh pihak Dinas DPMPTSP Kab Bandung 


Semua itu dimaksudkan agar mendapatkan kejelasannya. Selama ini kami bukan diam, tapi menunggu itikad baik dari PT ROYAL BREIDEA INDONESIA. 


Namun apa yang di janjikan di awal, bahwa setelah selesai perumahan surat dan legalitas akan diberikan sepenuhnya kepada pemiliknya, jelas salah warga yang menjadi perawaklian yang samapi Rumah sudah beres dan di tempati. 


Jadi pada intinya kami kepada PT ROYAL BREIDEA INDONESIA untuk segera memberikan Hak kami selaku warga legalitas atas  bagunan Rumah berupa surat sertipikat, pungkasnya penuh harap. (Id)

COMMENTS




































































Nama

.,3,.berita terkini,11108,.beritaterkini,6,.kalbar,17,(Merlung),5,abiansemal,2,Aceh,35,ACEH SINGKIL,78,Aceh Tamiang,23,Aceh Tengah,120,ACEH TENGGARA,2,ACEH TIMUR,2,Aceh Utara,3,advertorial,21,aek kanopan,1,Aekkanopan,9,agam,18,aimas,2,ALAI.,5,Alor,1,ambon,7,amlapura,65,anjatan,2,Anyer,1,AS,1,Asahan,6,babel,1,badau,1,badung,612,Bagansiapiapi,4,bakan,1,BALAESANG,1,bali,927,balige,9,BALIKPAPAN,6,balut.berita terkini,3,Banda Aceh,16,BANDAR LAMPUNG,39,Bandar Seri Begawan,1,bandara,7,Bandung,177,Bandung Barat,23,banggai,5,bangka,2,bangka barat,1,Bangka Belitung,5,Bangka Tengah,2,bangkep,1,BANGKEP - RN,1,BANGKINANG,5,bangli,825,Bangun Purba,1,Banguwangi,1,Banjar,23,Banjarnegara,8,bantaeng,46,Banten,151,Banyuasin,6,Banyumas,13,Banyuwangi,148,barito utara,1,Barru,6,Batam,103,batang,67,BATANG HARI,3,batang kuis,3,BATU,7,batu bara,68,baturaja,4,bekasai,1,Bekasi,2327,bekasi terkini,3,Bekasi Utara,1,belawan,2,Belitung,218,Belitung Timur,17,Beltim,225,belu,2,benakat,1,bener,1,Bener Meriah,481,BENGKALIS,78,Bengkayang,76,BENGKULU,6,BENGKULU SELATAN,19,BENGKULU UTARA,1,benoa,6,BER,3,BERI,1,beria terkini,1,beriita terkini,3,berit terkini,2,berita,1,Berita terkini,3280,berita terkini daerah,1,berita terkini.,1,berita terkinia,1,berita terkink,1,berita terkinu,2,berita tetkini,1,beritaterkini,4,beritq terkini,1,berta terkini,1,Bima,2,binjai,3,Bintan,9,Bintuni,1,Bitung,6,blahbatu,2,blahbatuh,17,Blitar,15,Blora,2,BMKG,1,BNN,1,Bogor,457,BOGOR TIMUR,71,Bola,1,BOLAANG MONGONDOW,3,bolmong,533,Bolmong raya,3,Bolmong selatan,13,bolmong timur,2,bolmong utara,1,bolmongsiar,1,bolmut,2,BOLNONG,1,bolong mopusi,1,bolsel,8,boltim,18,bone,3,BOYOLALI,2,Brebes,173,bualu,1,Bukit Tinggi,52,bukittinggi,19,buleleng,225,BUMIMORO,1,BUNGKU,1,Buol,90,BUTENG,1,Catatan Radar Nusantara,10,Ciamis,85,Cianjur,18,Cibinong,15,Cibitung,3,cikampek,42,Cikampek barat,1,Cikande,1,Cikarang,99,CIKARANG BARAT,1,CIKARANG PUSAT,1,cikarang utara,2,Cilacap,11,Cilegon,46,cilengsi,3,Cileungsi,41,Cimahi,461,Cimanggung,1,Cirebon,561,Cirebon Kota,2,Cisarua,1,citeureup,1,Dabo Singkep,266,daer,2,Daerah,7553,daerah Terkini,2,daerh,1,Daik Lingga,3,Dairi,245,Deli Serdang,53,Deli tua,1,deliserdang,1,demak,51,Denpasa,3,denpasar,837,denpasar timur,3,Dentim,1,Depok,621,derah,5,dharmasraya,6,DIY,8,Dolok,4,Doloksanggul,75,Dompu,2,Donggala,179,donri donri,1,DPRD Kab. Bekasi,11,DPRD Kota Bekasi,99,DPRD LamSel,8,Dumai,27,Dumoga,179,Dumoga Utara,2,duri,3,Ekonomi,3,EMPAT LAWANG,14,ende,2,eretan,1,Erkini,1,Fakfak,2,fakta,1,Garut,101,gianyar,798,gilimanuk,1,gorontalo,67,Gowa,107,Gresik,1,GROBOGAN,2,gunung mas,2,Gunung Putri,2,gunungsitoli,2,HL,23,HSU,1,Hukum,11,HUMAS BELTIM,6,humbahas,14,Indonesia,5,INDRA,1,Indragiri hulu,5,indralaya,44,Indramayu,35,Indrapura,15,info,1,INHIL,48,inhilriau,1,INHU,8,Jabar,22,jaka,4,Jakarta,1765,Jakarta barat,2,jakarta selatan,5,jakarta timur,3,jakarta utara,3,Jambi,160,jateng,5,jatijajar,1,JATIM,7,Jawa Barat,48,Jawa Tengah,10,Jawa Timur,13,Jayapura,54,Jember,8,jembrana,305,Jeneponto,23,Jepara,106,jimbaran,3,Jombang,4,kab,7,kab .Bandung,208,Kab 50 Kota,4,kab Bandung,30,kab. Agam,1,Kab. Bandung,3875,kab. bekasi,195,Kab. Bogor,27,Kab. Brebes,61,kab. buru,1,KAB. CIREBON,2,KAB. DAIRI,1,kab. Garut,1,Kab. Gumas,1,kab. Kajen,1,Kab. Kapuas Hulu,8,kab. Karawang,2,KAB. KARO,2,Kab. Kuningan,84,kab. langkat,2,kab. malang,1,Kab. Minahasa Tenggara,1,KAB. PELALAWAN,2,Kab. Serang,7,Kab. Serdang Bedagai,4,Kab. Sukabumi,12,kab. tangerang,6,Kab. Tasikmalaya,97,Kab. Toba,8,kab.agam,1,Kab.Bandung,1877,kab.barru,3,Kab.Bekasi,389,kab.bogor,31,KAB.BOGOR.BERITA TERKINI,1,kab.buru,2,Kab.Dogiyai Papua Tengah,1,kab.garut,2,kab.langkat,1,Kab.Malang,3,Kab.Nganjuk,6,kab.pekalongan,26,Kab.Samosir,8,KAB.SEMARANG,1,Kab.Sergai,5,KAB.SINJAI,5,kab.sorong,3,Kab.Sumedang,26,Kab.Tangerang,28,kab.Tasikmalaya,52,Kab.Way kanan,24,KABANJAHE,1,kabBandung,2,Kabupaten Bandung Barat,1,KABUPATEN SINJAI,3,KABUPATEN SINJAJ,3,kaimana,4,Kajen,4,Kalbar,591,kalideres,1,Kalimantan Barat,9,kalimantan timur,15,kalipuro,1,Kalsel,10,Kalteng,264,Kaltim,25,Kampar,170,Kampar Kiri,4,Kampar Riau,292,kapuas,3,Kapuas Hulu,278,kara,1,karanganyar,1,karangasem,867,Karawang,342,karawang Berita terkini,1,KARIMUN,6,KARIMUN - RN,1,KARO,27,katapang,1,KATINGAN,6,kayong utara,6,keban agung,1,KEBUMEN,1,Kec.Ukui,1,Kediri,62,KEEROM,27,Kendari,4,kepahiang,4,KEPRI,4,Kepulauan Riau,10,Kerinci,23,keritang inhil,1,kerobokan,6,KETAPANG,17,kintamani,1,klapanunggal,1,klungkung,525,KOBAR,1,kolaka,1,Kolaka Utara,1,Kominfo Kab.Bekasi,34,Korupsi,9,kota agung,1,KOTA BATU,1,KOTA KOTOMOBAGU,5,KOTA MANNA,2,KOTA METRO,29,kota pekalongan,8,Kota Sorong,9,kotabaru,1,Kotabumi,1,KOTAMIBAGU,3,Kotamobagu,107,kotawaringin barat,3,KOTAWARINGIN TIMUR,4,KOTIM,11,kriminal,5,Kronjo,1,Kuala Kapuas,6,kuala lumpur,1,Kuala Tungkal,9,kuansing,15,kuantan,1,kuantan Sengingi,4,kubu,4,kubu raya,54,KUDUS,123,Kuningan,1554,kupang,3,kuta,18,kuta badung,3,KUTAI KERTANEGARA,9,Kutai Timur,12,Kutim,6,l,1,Labuhan Bajo,1,Labuhan Batu,17,Labura,407,labusel,1,Lahat,31,LAMBATA,1,Lamongan,3,Lampung,97,Lampung Barat,196,LAMPUNG METRO,105,LAMPUNG SELATAN,63,Lampung Tengah,23,Lampung Timur,466,Lampung Utara,794,LAMPUNGUTARA,1,lampura,20,landak,6,langkat,5,langsa,3,LANTAMAL V,86,LANTAMAL X JAYAPURA,20,lawang kidul,46,lebak,203,LEMBATA,7,LIMAPULUHKOTA,6,Lingga,1071,liwa,13,Loksado,1,lolak,1,LOLAYAN,3,Lombok,6,Lombok barat,5,Lombok tengah,13,lombok timur,132,Lombok Utara,1,LOTIM,12,lotim.berita terkini,37,LUBUK LINGGAU,17,Lubuk Pakam,8,lubuk sikaping,1,lubuklinggau,16,lubuksikapaing,1,LUBUKSIKAPING,1,lukun,1,Lumajang,7,Lumanjang,1,Luwu,2,Luwuk,8,m,1,M.Labuhan,1,Mabar,1,madina,1,madura,1,Magelang,4,mahakam hulu,1,majaleMajalengka,1,Majalengka,638,majalengMajalengka,1,majalenMajalengka,1,majalMajalengka,1,majaMajalengka,1,majene,3,maka,1,makasar,3,makassar,212,malaka,1,Malang,192,Maluku,8,Maluku tengah,2,MALUKU UTARA,2,MAMAJU.RN,3,MAMASA,195,MAMUJU,219,MAMUJU TENGAH,7,Manado,64,mancanegara,1,mandau,1,mangapura,3,Manggar,91,Manggarai,1,manggarai barat,2,mangupura,126,Manokwari,162,mansel,1,marga,1,maros,1,mataram,13,MATENG,7,Mauk,2,Maybrat,1,medan,244,Mekar Baru,1,melawi,15,MEMPAWAH,1,mentawai,1,merak,5,merangin,93,MERANTI,969,MERAUKE,7,Merbau,3,Mesuji,75,metro,216,metro lampung,10,meulaboh,1,Minahasa,7,Minahasa Selatan,5,Minahasa Tenggara,2,Minahasa Utara,1,Minas,1,Minut,1,miranti,1,Mojokerto,560,monokwari,2,morowali,29,MOROWALI UTARA,1,MORUT,3,moskow,1,Muara Belida,1,Muara Bulian,1,muara bungo,3,Muara Enim,583,muara Tami,2,Muaro Jambi,4,muba,8,Mukomuko,81,muratara,534,murung raya,2,Musi Banyuasin,15,MUSI RAWAS,35,musirawas,7,Nabire,1,Naibenu,1,namlea,4,Nangka Bulik,2,Nasional,16,Natuna,95,negara,5,ngawi,3,Nias barat,21,NTB,74,NTT,14,nunukan,25,nusa dua,1,Ogan Ilir,7,OKI,3,OKU,2,Oku Selatan,565,Oku Timur,52,Opini,14,P. Bharat,1,P.SIANTAR,12,PACITAN,2,Padang,16,Padang Lawas,14,PADANG PANJANG,2,padang pariaman,1,Pagaralam,34,Pagimana,1,Pahuwato,1,Pakpak Bharat,21,Pakuhaji,2,Palangka raya,347,Palas,23,palelawan,44,Palembang,102,pali,2,Palu,195,palu utara,1,Paluta,66,pamekasan,2,Panang Enim,2,pancur batu,1,pand,1,pande,1,pandegelang,3,Pandeglang,2359,Pangandaran,23,Pangkalan Kerinci,1,pangkalanbun,3,Pangkalpinang,21,pangkep,4,pantai labu,1,Papandayan,1,Papua,96,PAPUA BARAT,227,papua barat daya,2,papua tengah,2,parapat,2,PARIAMAN,10,Parigi,6,Parigi Moutong,19,PARIMO,1063,Parlemen,32,PARUNG PANJANG,1,Pasaman,13,Pasangkayu,1,pasbar,1,Pasir Pangarayan,1,PASSI,1,PASSI TIMUR,6,Pasuruan,2,PATI,190,Patia,1,patrol,15,PAYAKUMBUH,9,PEBAYURAN,2,Pekalongan,85,pekan baru,7,Pekanbaru,496,Pekanbaru Riau,1586,pelalawan,26,pemalang,3,Pematangsiantar,46,pemekas,1,Pemkab Bekasi,7,Pemkot Bekasi,6,penanaman,1,penang Enim,2,Pendidikan,81,pengkadan,1,Penukal Abab Lematang Ilir (PALI),116,perbaungan,1,perimo,2,peristiwa,16,Permohonan,1,pesawaran,26,pesel,1,Pesisir Barat,2,Pesisir Barat,2,PESISIR SELATAN,1,Pilkada,1,pintianak,1,PIPIKORO,1,PN.TIPIKOR,2,polda jabar,1,Polhukam,154,Politik,2,polman,1,polres Pekalongan,2,ponorogo,1,pontia,1,Pontianak,1413,Poso,4,prabumulih,1,primo,9,Pringsewu,46,probolinggo,2,PROTOKOL DOLOK SANGGUL,1,PT Bukit Asam,1,Pulang Pisau,5,pulau merbau,7,pulau tidung,1,pulpis,1,purbalingga,5,Purwakarta,1859,Purwokerto,2,Putussibau,58,radar,3,Radar Artikel,33,Radar Selebrity,3,ragam,58,raja ampat,6,rambang dangku,1,RANGSANG,11,RANGSANG BARAT,1,rangsang pesisir,3,rantauprapat,1,rejang lebong,5,REMBANG,3,Renah mendalu,1,rengasdengklok,1,rengat,1,Riau,188,Rohil,6,rokan,1,Rokan Hilir,54,rokan hulu,15,Rongurnihuta,1,rote ndao,1,Sabang,57,Samarinda,60,sambas,2,sambilan,1,sampang,76,SAMPI,1,Sampit,652,Sangatta kutim,1,Sanggau,13,Sangihe,2,sar,1,Sarolangun,460,sekadau,7,SELAT PANJANG,10,SELATPANJANG,2,Selayar,18,selong,3,Semarang,62,Semarapura,43,semende,1,SEMOGA,2,SEMOGA TENGGARA,1,SENTANI,1,sentul,1,Seram Bagian Barat,1,Serang,484,Serdang Bedagai,42,Sergai,32,Seruyan,19,SIAK,22,siak hulu,9,sian,1,sibau hulu,1,Sibolga,166,siborongborong,1,sidikalang,1,SIDOARJO,6,SIDRAP,15,Sigi,103,silaen,1,Simalungun,139,simpang apek,1,Singaparna,10,singaraja,44,SINGKAWANG,14,SINGKEP BARAT,1,Sinjai,6,sintang,44,situbondo,6,sleman,2,solo,9,SOLOK,18,Solok Selatan,9,Soppeng,38,Sorong,293,Sorong selatan,4,Sragen,31,Subang,2033,SUKABUM,1,Sukabumi,571,sukawati,2,Sukoharjo,1,Sukra,1,Sulawesi,3,Sulawesi Selatan,33,sulawesi tengah,57,sulawesi tenggara,1,Sulbar,349,Sulsel,30,Sulteng,314,Sulut,375,Sumatera Selatan,6,SUMATERA UTARA,6,SUMB,1,sumba barat,1,Sumbar,68,Sumbawa,6,Sumbawa Barat(NTB),5,Sumedang,158,sumenep,43,sumsel,43,Sumut,108,Sungai Penuh,1,sungai tohor,3,Sunggal,2,SURABAYA,112,Surakarta,2,tabanan,627,tajabbarat,1,Takalar,203,talangpadang,5,TAMBANG,1,Tambraw,3,Tambraw - RN,6,tana toraja,1,tanah,1,tanah datar,2,TANAH JAWA,5,Tanah Karo,122,Tangerang,461,Tangerang Selatan,102,tangg,1,tanggamus,139,Tanjab Barat,973,Tanjab Timur,140,tanjabbar,1,Tanjabtim,1,tanjung agung,8,tanjung balai,4,Tanjung Enim,117,Tanjung Jabung timur,1,tanjung makmur,1,TANJUNG PINANG,14,tanjung samak,1,tanjung selor,1,tanjungenim,2,TANOYAN,8,Tapanuli Selatan,5,Tapanuli Tengah,99,Tapanuli Utara,31,tapung,3,tapung hulu,4,tarakan,1,tarutung,37,Tasikmalaya,398,tebi,1,tebin,1,tebing,1,Tebing Tinggi,107,tebing tinggi timur,1,tebingtinggi barat,11,Teekini,11,Teelini,1,Tegal,30,tekini,5,Telawang,1,teluk bintani,1,teluk buntal,1,telukuantan,5,temanggung,1,tembilahan,2,tembuku,2,Teminabuan,6,tenan,1,Tenggarong,1,ter,1,Terjini,3,TERJUN GAJAH,1,Terk,1,Terki,1,Terki i,3,Terkii,1,Terkiji,4,Terkimi,1,Terkin,9,Terkin8,1,Terkini,47977,Terkinii,1,Terkinin,1,TERKINIO,1,TERKINIP,2,Terkino,11,Terkinu,1,terkiri,9,TERKNI,3,Terkuni,2,Terlini,2,Termini,4,ternate,1,Tetkini,14,Timika,2,Toabo,1,toba,41,tolikara,2,tolitol,3,Tolitoli,1437,tolotoli,3,TOMOHON,5,Touna,27,Trenggalek,20,Trkini,1,Tterkini,1,tuba,1,tuba barat,11,Tuerkini,1,Tulang Bawang,14,Tulang Bawang Barat,9,Tulung agung,2,Tulungagung,304,Twrkini,1,ubud,25,Waibakul,1,Waisai,23,wajo,1,warseno,1,WAY KANAN,32,wonosari,1,Yogyakarta,9,
ltr
item
RADAR NUSANTARA NEWS: Warga Perumahan Aster Village Ciwastra Akan Menuntut Legalitas Atas kepemilikan Rumah
Warga Perumahan Aster Village Ciwastra Akan Menuntut Legalitas Atas kepemilikan Rumah
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgE7FyMhGnQBKf0mJETuVTGQLuIdUMfruDXTQLeGHfQb6pF6JfCL5zDg6lJ0OyQZbtVS-WRy_281i7RIpk5MiK8MepFik4KTRGHJPdQJcikZtHpJorhhBm5Dfvyc5YFSsizEgQwGcgslrvE/s320/IMG-20210807-WA0216.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgE7FyMhGnQBKf0mJETuVTGQLuIdUMfruDXTQLeGHfQb6pF6JfCL5zDg6lJ0OyQZbtVS-WRy_281i7RIpk5MiK8MepFik4KTRGHJPdQJcikZtHpJorhhBm5Dfvyc5YFSsizEgQwGcgslrvE/s72-c/IMG-20210807-WA0216.jpg
RADAR NUSANTARA NEWS
https://www.radarnusantara.com/2021/08/warga-perumahan-aster-village-ciwastra.html
https://www.radarnusantara.com/
http://www.radarnusantara.com/
http://www.radarnusantara.com/2021/08/warga-perumahan-aster-village-ciwastra.html
true
8338290086939464033
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy