Darman Silaban Matanya Hampir Buta Akibat Kecelakaan Kerja, Oknum Pengusaha Diduga Tutup Mata

PEKANBARU,RN Malang benar nasib yang dialami  buruh /pekerja Darman Silaban ,  sudah jatuh tertimpa tangga,inilah kisah pahit yang dialaminy...


PEKANBARU,RN

Malang benar nasib yang dialami  buruh /pekerja Darman Silaban ,  sudah jatuh tertimpa tangga,inilah kisah pahit yang dialaminya,kecelakaan kerja di lokasi kerja dan diabaikan pengusaha Water Park Panam Gembok mes pekerja dan menahan barang- barang milik Darman Silaban  sampai anaknya tidak dapat sekolah. 


Dihadapan awak media Darman Silaban menceritakan kisah pahit yang dialaminya, " Saya mulai ia bekerja di kolam renang ' Water Park ' yang berada di jalan HR Soebrantas ujung ( Panam ujung ) kecamatan Bina Widya kota Pekanbaru Januari 2016 awal bekerja  sebagai buruh kebun di tanah milik seorang pengusaha sukses dan ternama yang berinisial ( S ) , dilahan yang kurang lebih dengan 2 hektar Darman Silaban bersama 1 orang rekannya dipercaya sang pengusaha untuk menjaga dan merawat tanaman mangga,Diakuinya awal bekerja ia mendapatkan jatah tempat tinggal serta diberikan upah pertama Rp 2.000.000.00 ( dua juta rupiah ) setiap bulannya. 


Sabar hanya mendapatkan pasilitas mes tempat tinggal dan upah 2 juta rupiah ,   Darman  Silaban berharap bos nya dapat lebih memperhatikan kebutuhan lainnya yaitu ia berharap mendapatkan penunjang lainnya seperti kartu BPJS  kesehatan dan BPJS ketenaga kerjaan . 3 tahun bekerja menjadi tukang kebun mangga , pengusaha merubah bisnis kebun mangga nya menjadi kolam renang pemandian .


Tahun 2019 pengusaha merubah kebun mangga dan membangun kolam renang hingga sampai kini diberi nama ' Water Park ' "ucap Darman Silaban .


Ketika awak media bertanya berapa besaran upah yang ia terima mulai bekerja dari tahun 2016 hingga tahun 2021 , Darman Silaban dengan tegas menyampaikan ' kenaikan upah / gaji yang pernah ia terima selama ini adalah , kenaikan upah /gaji diterima dari 2 juta per bulan mengalami kenaikan bertahap sehingga terakhir diterima sebesar 2/ 3 juta rupiah .


Disinggung mengenai mata kiri nya yang kini terancam akan mengalami kebutaan akibat insiden kecelakaan kerja yang ia deritanya ,  Darman Silaban mengisahkan awal kejadian dimana tepatnya pada tanggal 09 Juli tahun 2021 ia mendapatkan tugas untuk memotong rumput . Star mulai pukul 08 : 00 wib ia mulai memotong rumput dengan mengunakan mesin pemotong rumput .


Malang tidak bisa dihindarkan , sekitar pukul 15:00 wib sedang asik memotong rumput mesin pemotong rumput kandas ketanah dengan kondisi tanah berpasir , hingga pasir yang mengenai mata kiri nya . Merasa mata kirinya terkena pasir Darman Silaban menghentikan mesin pemotong rumput .


Ia pun berusaha menahan rasa sakit dan perih dibola matanya , saat insiden terjadi ia mengakui orang yang pertama sekali mengetahui insiden tersebut adalah ( S ) tidak lain adalah diduga  pemilik tempat usaha ' Water Park ' 


Melihat anggotanya yang sedang kesakitan si bos ( S ) bertanya " kenapa  pak Silaban ......? lalu Darman Silaban mengatakan " mata kiri saya kemasukan pasir pak ..... lalu si bos ( S ) menyarankan agar mencuci mata nya dengan air bersih , namun Darman Silaban masih mengerang kesakitan , selang lima menit usai si bos ( S ) bertanya lalu si bos pergi begitu saja meninggalkan Darman Silaban dengan kondisi menahan rasa sakit dibola matanya .


Beberapa hari menahan rasa sakit di bola matanya , Darman Silaban berupaya meminta pertolongan kepada pengawas dan manager , namun upaya permintaan nya tidak terkabulkan. 


Tak tahan menahan rasa sakit dia pergi berobat ke Rumah Sakit ' SMEC '  yang beralamat di jalan Arifin Ahmad kota Pekanbaru , sesampai di Rumah Sakit ' SMEC '  pihak rumah sakit menganjurkan agar ia terlebih dahulu untuk melakukan ' SCAN ' dari hasil SCAN pihak rumah sakit ' SMEC ' melakukan tindakan medis dan mendapatkan jahitan di seputaran bola mata.


"Usai melakukan tindakan medis pihak rumah sakit ' SMEC ' menyarankan agar ia dalam waktu dekat ini untuk melakukan operasi untuk  terhadap mata kirinya.


Mengigat keuangannya yang tidak memadai ia pun berkordinasi kepada pengawas , dihadapan pengawas ia menyampaikan hasil pemeriksaan rumah sakit ' SMEC ' dan anjuran pihak rumah sakit agar mata kirinya segera dioperasi , usai mendengarkan penyampaian pengawas berjanji akan menyampaikan nya kepada pimpinannya yaitu ke manager .


Kurang lebih dua bulan menahan rasa sakit di bola matanya  Darman Silaban tidak kunjung mendapatkan perhatian dari pemilik usaha , ironisnya malah pengawas bertanya kepada nya kapan ia mulai bekerja lagi . Merasa dirugikan dan diabaikan oleh pemilik usaha Darman Silaban diskusi bersama keluarga lalu atas saran keluarga ia dianjurkan kerumah saudaranya yang kebetulan adalah pengacara .


Dengan kuasa yang diterima pengacara pihak kuasa hukum melakukan upaya hukum dan melaporkan kejadian tersebut ke Dinas Tenaga Kerja ( Disnaker ) kota Pekanbaru ter tanggal 08 September 2021 .satu Minggu menanti kabar dari pihak Disnaker tepatnya tanggal 15 September 2021 ia mendapatkan panggilan dari pihak Disnaker .


Sesampai di Disnaker atas saran dari pihak Disnaker ia dan si bos ( S ) diberikan 20 menit untuk berembuk , namun 20 menit waktu yang diberikan Disnaker kepada mereka tidak membuahkan hasi. 


Lagi asik mediasi , tiba- tiba Darman Silaban mendapatkan telpon dari adik perempuannya yang kebetulan berkunjung , lalu adik perempuannya menyampaikan ' bang....rumah sudah digembok oleh security dan beberapa pekerja disana.


Mendengar rumah telah digembok oleh orang suruhan si bos , lalu ia bertanya kepada si bos ' kenapa mes saya  digembok bos......? Lalu si bos mengatakan ' itukan rumah saya , suka- suka saya dengan rumah saya ....ucap si bos . Usai mediasi di Disnaker ia pun kembali ke mes tempat ia bekerja sesampai disana ia melihat mes sudah digembok dan seluruh jendela dipalang kayu . Bahkan saat eksekusi terjadi anak dan adik tidak diperbolehkan mengambil apapun dari dalam rumah termasuk baju sekolah anak , buku pelajaran serta tas , dompet dan perhiasan adik Darman Silaban ikut berada di daalam mes tersebut , "ucapnya .


Usai memberikan keterangan kepada media dan sampai berita ini di publikasikan si bos pemilik usaha ' Water Park ' masih tidak mengizinkan Darman Silaban untuk masuk kerumah bahkan si bos enggan untuk memberikan upah / gajinya , menahan semua penderitaan yang ia alami , sampai anak Darman Silaban tidak bisa pergi kesekolah akibat baju , buku dan keperluan sekolah anaknya berada dalam mes , bahkan mereka sampai saat ini tidur di halaman rumah atau di tanah dengan beralaskan tikar dan kardus.


Diakhir penyampaiannya Darman Silaban berharap kepada dinas Disnaker untuk segera memberikan solusi yang terbaik atas perlakuan yang ia terima dari si bos tempat ia bekerja bahkan  ia berharap penuh lewat pemberitaan ini agar bapak Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT untuk memperhatikan nasib mereka dan nasib anak nya yang tidak bisa pergi kesekolah  " Saya Mohon bapak Walikota ....perhatikan nasib saya masyarakat bapak ......saya dan anak saya sudah tidak tahan lagi pak dengan kondisi mata saya yang akan mengalami kebutaan jika saya tidak cepat di operasi....dan saya mohon bapak Walikota Pekanbaru ....agar anak saya dapat sekoalh kembali ....kami sudah tak tahan lagi pak.....tidur ditanah beralaskan tikar dan beratapkan langit , harap Darman Silaban akhiri penyampaiannya. 

(rls/kumbang)

COMMENTS




































































Nama

.,3,.berita terkini,11108,.beritaterkini,6,.kalbar,17,(Merlung),5,abiansemal,2,Aceh,35,ACEH SINGKIL,78,Aceh Tamiang,23,Aceh Tengah,120,ACEH TENGGARA,2,ACEH TIMUR,2,Aceh Utara,3,advertorial,21,aek kanopan,1,Aekkanopan,9,agam,18,aimas,2,ALAI.,5,Alor,1,ambon,7,amlapura,65,anjatan,2,Anyer,1,AS,1,Asahan,6,babel,1,badau,1,badung,612,Bagansiapiapi,4,bakan,1,BALAESANG,1,bali,927,balige,9,BALIKPAPAN,6,balut.berita terkini,3,Banda Aceh,16,BANDAR LAMPUNG,39,Bandar Seri Begawan,1,bandara,7,Bandung,177,Bandung Barat,23,banggai,5,bangka,2,bangka barat,1,Bangka Belitung,5,Bangka Tengah,2,bangkep,1,BANGKEP - RN,1,BANGKINANG,5,bangli,825,Bangun Purba,1,Banguwangi,1,Banjar,23,Banjarnegara,8,bantaeng,46,Banten,151,Banyuasin,6,Banyumas,13,Banyuwangi,148,barito utara,1,Barru,6,Batam,103,batang,67,BATANG HARI,3,batang kuis,3,BATU,7,batu bara,68,baturaja,4,bekasai,1,Bekasi,2327,bekasi terkini,3,Bekasi Utara,1,belawan,2,Belitung,218,Belitung Timur,17,Beltim,225,belu,2,benakat,1,bener,1,Bener Meriah,481,BENGKALIS,78,Bengkayang,76,BENGKULU,6,BENGKULU SELATAN,19,BENGKULU UTARA,1,benoa,6,BER,3,BERI,1,beria terkini,1,beriita terkini,3,berit terkini,2,berita,1,Berita terkini,3280,berita terkini daerah,1,berita terkini.,1,berita terkinia,1,berita terkink,1,berita terkinu,2,berita tetkini,1,beritaterkini,4,beritq terkini,1,berta terkini,1,Bima,2,binjai,3,Bintan,9,Bintuni,1,Bitung,6,blahbatu,2,blahbatuh,17,Blitar,15,Blora,2,BMKG,1,BNN,1,Bogor,457,BOGOR TIMUR,71,Bola,1,BOLAANG MONGONDOW,3,bolmong,533,Bolmong raya,3,Bolmong selatan,13,bolmong timur,2,bolmong utara,1,bolmongsiar,1,bolmut,2,BOLNONG,1,bolong mopusi,1,bolsel,8,boltim,18,bone,3,BOYOLALI,2,Brebes,173,bualu,1,Bukit Tinggi,52,bukittinggi,19,buleleng,225,BUMIMORO,1,BUNGKU,1,Buol,90,BUTENG,1,Catatan Radar Nusantara,10,Ciamis,85,Cianjur,18,Cibinong,15,Cibitung,3,cikampek,42,Cikampek barat,1,Cikande,1,Cikarang,99,CIKARANG BARAT,1,CIKARANG PUSAT,1,cikarang utara,2,Cilacap,11,Cilegon,46,cilengsi,3,Cileungsi,41,Cimahi,461,Cimanggung,1,Cirebon,561,Cirebon Kota,2,Cisarua,1,citeureup,1,Dabo Singkep,266,daer,2,Daerah,7553,daerah Terkini,2,daerh,1,Daik Lingga,3,Dairi,245,Deli Serdang,53,Deli tua,1,deliserdang,1,demak,51,Denpasa,3,denpasar,837,denpasar timur,3,Dentim,1,Depok,621,derah,5,dharmasraya,6,DIY,8,Dolok,4,Doloksanggul,75,Dompu,2,Donggala,179,donri donri,1,DPRD Kab. Bekasi,11,DPRD Kota Bekasi,99,DPRD LamSel,8,Dumai,27,Dumoga,179,Dumoga Utara,2,duri,3,Ekonomi,3,EMPAT LAWANG,14,ende,2,eretan,1,Erkini,1,Fakfak,2,fakta,1,Garut,101,gianyar,798,gilimanuk,1,gorontalo,67,Gowa,107,Gresik,1,GROBOGAN,2,gunung mas,2,Gunung Putri,2,gunungsitoli,2,HL,23,HSU,1,Hukum,11,HUMAS BELTIM,6,humbahas,14,Indonesia,5,INDRA,1,Indragiri hulu,5,indralaya,44,Indramayu,35,Indrapura,15,info,1,INHIL,48,inhilriau,1,INHU,8,Jabar,22,jaka,4,Jakarta,1765,Jakarta barat,2,jakarta selatan,5,jakarta timur,3,jakarta utara,3,Jambi,160,jateng,5,jatijajar,1,JATIM,7,Jawa Barat,48,Jawa Tengah,10,Jawa Timur,13,Jayapura,54,Jember,8,jembrana,305,Jeneponto,23,Jepara,106,jimbaran,3,Jombang,4,kab,7,kab .Bandung,208,Kab 50 Kota,4,kab Bandung,30,kab. Agam,1,Kab. Bandung,3875,kab. bekasi,195,Kab. Bogor,27,Kab. Brebes,61,kab. buru,1,KAB. CIREBON,2,KAB. DAIRI,1,kab. Garut,1,Kab. Gumas,1,kab. Kajen,1,Kab. Kapuas Hulu,8,kab. Karawang,2,KAB. KARO,2,Kab. Kuningan,84,kab. langkat,2,kab. malang,1,Kab. Minahasa Tenggara,1,KAB. PELALAWAN,2,Kab. Serang,7,Kab. Serdang Bedagai,4,Kab. Sukabumi,12,kab. tangerang,6,Kab. Tasikmalaya,97,Kab. Toba,8,kab.agam,1,Kab.Bandung,1877,kab.barru,3,Kab.Bekasi,389,kab.bogor,31,KAB.BOGOR.BERITA TERKINI,1,kab.buru,2,Kab.Dogiyai Papua Tengah,1,kab.garut,2,kab.langkat,1,Kab.Malang,3,Kab.Nganjuk,6,kab.pekalongan,26,Kab.Samosir,8,KAB.SEMARANG,1,Kab.Sergai,5,KAB.SINJAI,5,kab.sorong,3,Kab.Sumedang,26,Kab.Tangerang,28,kab.Tasikmalaya,52,Kab.Way kanan,24,KABANJAHE,1,kabBandung,2,Kabupaten Bandung Barat,1,KABUPATEN SINJAI,3,KABUPATEN SINJAJ,3,kaimana,4,Kajen,4,Kalbar,591,kalideres,1,Kalimantan Barat,9,kalimantan timur,15,kalipuro,1,Kalsel,10,Kalteng,264,Kaltim,25,Kampar,170,Kampar Kiri,4,Kampar Riau,292,kapuas,3,Kapuas Hulu,278,kara,1,karanganyar,1,karangasem,867,Karawang,342,karawang Berita terkini,1,KARIMUN,6,KARIMUN - RN,1,KARO,27,katapang,1,KATINGAN,6,kayong utara,6,keban agung,1,KEBUMEN,1,Kec.Ukui,1,Kediri,62,KEEROM,27,Kendari,4,kepahiang,4,KEPRI,4,Kepulauan Riau,10,Kerinci,23,keritang inhil,1,kerobokan,6,KETAPANG,17,kintamani,1,klapanunggal,1,klungkung,525,KOBAR,1,kolaka,1,Kolaka Utara,1,Kominfo Kab.Bekasi,34,Korupsi,9,kota agung,1,KOTA BATU,1,KOTA KOTOMOBAGU,5,KOTA MANNA,2,KOTA METRO,29,kota pekalongan,8,Kota Sorong,9,kotabaru,1,Kotabumi,1,KOTAMIBAGU,3,Kotamobagu,107,kotawaringin barat,3,KOTAWARINGIN TIMUR,4,KOTIM,11,kriminal,5,Kronjo,1,Kuala Kapuas,6,kuala lumpur,1,Kuala Tungkal,9,kuansing,15,kuantan,1,kuantan Sengingi,4,kubu,4,kubu raya,54,KUDUS,123,Kuningan,1555,kupang,3,kuta,18,kuta badung,3,KUTAI KERTANEGARA,9,Kutai Timur,12,Kutim,6,l,1,Labuhan Bajo,1,Labuhan Batu,17,Labura,407,labusel,1,Lahat,31,LAMBATA,1,Lamongan,3,Lampung,97,Lampung Barat,196,LAMPUNG METRO,105,LAMPUNG SELATAN,63,Lampung Tengah,23,Lampung Timur,466,Lampung Utara,794,LAMPUNGUTARA,1,lampura,20,landak,6,langkat,5,langsa,3,LANTAMAL V,86,LANTAMAL X JAYAPURA,20,lawang kidul,46,lebak,203,LEMBATA,7,LIMAPULUHKOTA,6,Lingga,1071,liwa,13,Loksado,1,lolak,1,LOLAYAN,3,Lombok,6,Lombok barat,5,Lombok tengah,13,lombok timur,132,Lombok Utara,1,LOTIM,12,lotim.berita terkini,37,LUBUK LINGGAU,17,Lubuk Pakam,8,lubuk sikaping,1,lubuklinggau,16,lubuksikapaing,1,LUBUKSIKAPING,1,lukun,1,Lumajang,7,Lumanjang,1,Luwu,2,Luwuk,8,m,1,M.Labuhan,1,Mabar,1,madina,1,madura,1,Magelang,4,mahakam hulu,1,majaleMajalengka,1,Majalengka,638,majalengMajalengka,1,majalenMajalengka,1,majalMajalengka,1,majaMajalengka,1,majene,3,maka,1,makasar,3,makassar,212,malaka,1,Malang,192,Maluku,8,Maluku tengah,2,MALUKU UTARA,2,MAMAJU.RN,3,MAMASA,195,MAMUJU,219,MAMUJU TENGAH,7,Manado,64,mancanegara,1,mandau,1,mangapura,3,Manggar,91,Manggarai,1,manggarai barat,2,mangupura,126,Manokwari,162,mansel,1,marga,1,maros,1,mataram,13,MATENG,7,Mauk,2,Maybrat,1,medan,244,Mekar Baru,1,melawi,15,MEMPAWAH,1,mentawai,1,merak,5,merangin,93,MERANTI,969,MERAUKE,7,Merbau,3,Mesuji,75,metro,216,metro lampung,10,meulaboh,1,Minahasa,7,Minahasa Selatan,5,Minahasa Tenggara,2,Minahasa Utara,1,Minas,1,Minut,1,miranti,1,Mojokerto,560,monokwari,2,morowali,29,MOROWALI UTARA,1,MORUT,3,moskow,1,Muara Belida,1,Muara Bulian,1,muara bungo,3,Muara Enim,583,muara Tami,2,Muaro Jambi,4,muba,8,Mukomuko,81,muratara,534,murung raya,2,Musi Banyuasin,15,MUSI RAWAS,35,musirawas,7,Nabire,1,Naibenu,1,namlea,4,Nangka Bulik,2,Nasional,16,Natuna,95,negara,5,ngawi,3,Nias barat,21,NTB,74,NTT,14,nunukan,25,nusa dua,1,Ogan Ilir,7,OKI,3,OKU,2,Oku Selatan,565,Oku Timur,52,Opini,14,P. Bharat,1,P.SIANTAR,12,PACITAN,2,Padang,16,Padang Lawas,14,PADANG PANJANG,2,padang pariaman,1,Pagaralam,34,Pagimana,1,Pahuwato,1,Pakpak Bharat,21,Pakuhaji,2,Palangka raya,347,Palas,23,palelawan,44,Palembang,102,pali,2,Palu,195,palu utara,1,Paluta,66,pamekasan,2,Panang Enim,2,pancur batu,1,pand,1,pande,1,pandegelang,3,Pandeglang,2359,Pangandaran,23,Pangkalan Kerinci,1,pangkalanbun,3,Pangkalpinang,21,pangkep,4,pantai labu,1,Papandayan,1,Papua,96,PAPUA BARAT,227,papua barat daya,2,papua tengah,2,parapat,2,PARIAMAN,10,Parigi,6,Parigi Moutong,19,PARIMO,1063,Parlemen,32,PARUNG PANJANG,1,Pasaman,13,Pasangkayu,1,pasbar,1,Pasir Pangarayan,1,PASSI,1,PASSI TIMUR,6,Pasuruan,2,PATI,190,Patia,1,patrol,15,PAYAKUMBUH,9,PEBAYURAN,2,Pekalongan,85,pekan baru,7,Pekanbaru,496,Pekanbaru Riau,1586,pelalawan,26,pemalang,3,Pematangsiantar,46,pemekas,1,Pemkab Bekasi,7,Pemkot Bekasi,6,penanaman,1,penang Enim,2,Pendidikan,81,pengkadan,1,Penukal Abab Lematang Ilir (PALI),116,perbaungan,1,perimo,2,peristiwa,16,Permohonan,1,pesawaran,26,pesel,1,Pesisir Barat,2,Pesisir Barat,2,PESISIR SELATAN,1,Pilkada,1,pintianak,1,PIPIKORO,1,PN.TIPIKOR,2,polda jabar,1,Polhukam,154,Politik,2,polman,1,polres Pekalongan,2,ponorogo,1,pontia,1,Pontianak,1414,Poso,4,prabumulih,1,primo,9,Pringsewu,46,probolinggo,2,PROTOKOL DOLOK SANGGUL,1,PT Bukit Asam,1,Pulang Pisau,5,pulau merbau,7,pulau tidung,1,pulpis,1,purbalingga,5,Purwakarta,1859,Purwokerto,2,Putussibau,58,radar,3,Radar Artikel,33,Radar Selebrity,3,ragam,58,raja ampat,6,rambang dangku,1,RANGSANG,11,RANGSANG BARAT,1,rangsang pesisir,3,rantauprapat,1,rejang lebong,5,REMBANG,3,Renah mendalu,1,rengasdengklok,1,rengat,1,Riau,188,Rohil,6,rokan,1,Rokan Hilir,54,rokan hulu,15,Rongurnihuta,1,rote ndao,1,Sabang,57,Samarinda,60,sambas,2,sambilan,1,sampang,76,SAMPI,1,Sampit,652,Sangatta kutim,1,Sanggau,13,Sangihe,2,sar,1,Sarolangun,460,sekadau,7,SELAT PANJANG,10,SELATPANJANG,2,Selayar,18,selong,3,Semarang,62,Semarapura,43,semende,1,SEMOGA,2,SEMOGA TENGGARA,1,SENTANI,1,sentul,1,Seram Bagian Barat,1,Serang,484,Serdang Bedagai,42,Sergai,32,Seruyan,19,SIAK,22,siak hulu,9,sian,1,sibau hulu,1,Sibolga,166,siborongborong,1,sidikalang,1,SIDOARJO,6,SIDRAP,15,Sigi,103,silaen,1,Simalungun,139,simpang apek,1,Singaparna,10,singaraja,44,SINGKAWANG,14,SINGKEP BARAT,1,Sinjai,6,sintang,44,situbondo,6,sleman,2,solo,9,SOLOK,18,Solok Selatan,9,Soppeng,38,Sorong,293,Sorong selatan,4,Sragen,31,Subang,2033,SUKABUM,1,Sukabumi,571,sukawati,2,Sukoharjo,1,Sukra,1,Sulawesi,3,Sulawesi Selatan,33,sulawesi tengah,57,sulawesi tenggara,1,Sulbar,349,Sulsel,30,Sulteng,314,Sulut,375,Sumatera Selatan,6,SUMATERA UTARA,6,SUMB,1,sumba barat,1,Sumbar,68,Sumbawa,6,Sumbawa Barat(NTB),5,Sumedang,158,sumenep,43,sumsel,43,Sumut,108,Sungai Penuh,1,sungai tohor,3,Sunggal,2,SURABAYA,112,Surakarta,2,tabanan,627,tajabbarat,1,Takalar,203,talangpadang,5,TAMBANG,1,Tambraw,3,Tambraw - RN,6,tana toraja,1,tanah,1,tanah datar,2,TANAH JAWA,5,Tanah Karo,122,Tangerang,461,Tangerang Selatan,102,tangg,1,tanggamus,139,Tanjab Barat,973,Tanjab Timur,140,tanjabbar,1,Tanjabtim,1,tanjung agung,8,tanjung balai,4,Tanjung Enim,117,Tanjung Jabung timur,1,tanjung makmur,1,TANJUNG PINANG,14,tanjung samak,1,tanjung selor,1,tanjungenim,2,TANOYAN,8,Tapanuli Selatan,5,Tapanuli Tengah,99,Tapanuli Utara,31,tapung,3,tapung hulu,4,tarakan,1,tarutung,37,Tasikmalaya,398,tebi,1,tebin,1,tebing,1,Tebing Tinggi,107,tebing tinggi timur,1,tebingtinggi barat,11,Teekini,11,Teelini,1,Tegal,30,tekini,5,Telawang,1,teluk bintani,1,teluk buntal,1,telukuantan,5,temanggung,1,tembilahan,2,tembuku,2,Teminabuan,6,tenan,1,Tenggarong,1,ter,1,Terjini,3,TERJUN GAJAH,1,Terk,1,Terki,1,Terki i,3,Terkii,1,Terkiji,4,Terkimi,1,Terkin,9,Terkin8,1,Terkini,47979,Terkinii,1,Terkinin,1,TERKINIO,1,TERKINIP,2,Terkino,11,Terkinu,1,terkiri,9,TERKNI,3,Terkuni,2,Terlini,2,Termini,4,ternate,1,Tetkini,14,Timika,2,Toabo,1,toba,41,tolikara,2,tolitol,3,Tolitoli,1437,tolotoli,3,TOMOHON,5,Touna,27,Trenggalek,20,Trkini,1,Tterkini,1,tuba,1,tuba barat,11,Tuerkini,1,Tulang Bawang,14,Tulang Bawang Barat,9,Tulung agung,2,Tulungagung,304,Twrkini,1,ubud,25,Waibakul,1,Waisai,23,wajo,1,warseno,1,WAY KANAN,32,wonosari,1,Yogyakarta,9,
ltr
item
RADAR NUSANTARA NEWS: Darman Silaban Matanya Hampir Buta Akibat Kecelakaan Kerja, Oknum Pengusaha Diduga Tutup Mata
Darman Silaban Matanya Hampir Buta Akibat Kecelakaan Kerja, Oknum Pengusaha Diduga Tutup Mata
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgSAbl44K5Lh9w8ZlfdHUngcBclEhWnVFI9ZvRkNJaQULtjX9Fx6-I3iZGMlvHOitSPs9hxUOQKl_uZFw5yneFHtXTFjgeuFHpUFSziIUYfu2dWP8O_4dmDYliUBc8cnQBoxBubaKCV9-eE/s320/IMG-20210920-WA0094.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgSAbl44K5Lh9w8ZlfdHUngcBclEhWnVFI9ZvRkNJaQULtjX9Fx6-I3iZGMlvHOitSPs9hxUOQKl_uZFw5yneFHtXTFjgeuFHpUFSziIUYfu2dWP8O_4dmDYliUBc8cnQBoxBubaKCV9-eE/s72-c/IMG-20210920-WA0094.jpg
RADAR NUSANTARA NEWS
https://www.radarnusantara.com/2021/09/darman-silaban-matanya-hampir-buta.html
https://www.radarnusantara.com/
http://www.radarnusantara.com/
http://www.radarnusantara.com/2021/09/darman-silaban-matanya-hampir-buta.html
true
8338290086939464033
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy