Dinkominfotik Gelar Bimbingan Teknik Kelompok Informasi Masyarakat (KIM)

Brebes,RN Bertempat di Aula Kantor Camat Jatibarang Brebes (14/10) bimbingan teknis KIM diikuti 45 Orang dari Kecamatan Brebes dan Jatibaran...



Brebes,RN

Bertempat di Aula Kantor Camat Jatibarang Brebes (14/10) bimbingan teknis KIM diikuti 45 Orang dari Kecamatan Brebes dan Jatibarang  dibuka oleh Kepala Dinkominfotik Kab Brebes yang diwakili Sekdin Dinkominfotik Diah Intan Fitriyati, SH : 

Pada era digitalisasi sekarang ini komunikasi dan informasi cepat tepat dan transparan sangat dibutuhkan oleh masyarakat . untuk membuka akses bagi keterbukaan informasi di desa/kelurahan  maka pemerintah perlu menjamin salah satunya dengan dibentuknya kelompok Informasi masyarakat.

Masyarakat perlu diberdayakan guna mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk kepentingannya sendiri maupun untuk kepentingan kebijakan pemerintah dalam melanjutkan informasi pembangunan agar tidak terjadi kesenjangan informasi 

Kelompok Informasi masyarakat (KIM) merupakan mitra dari Dinas Komunikasi informatika dan Statistik  Kabupaten Brebes dalam menyebarkan informasi publik untuk itu peranan KIM sangat strategis sebagai media penyampai informasi atau kebijakan pemerintah ke masyarakat luas dan sebagai jurnalis warga 

Dengan melihat peran KIM yang begitu efektif mendiseminasikan informasi publik ,pemberdayaan KIM perlu dilakukan . Sumbangan sumbangan berupa pemikiran pengembangan ,sosialisasi dan teknis pelatihan anggota KIM patut diusulkan dalam program Pemerintah Daerah

Dalam penyebaran informasi kepada masyarakat Dinkominfotik mempunyai media Informasi internal yaitu 2 penyiaran publik lokal , Website running teks baliho /spanduk mobil publikasi keliling  pemutaran Film Rilis berita  Humas TV, PPID  dan sambu . media informasi tersebut dapat dijadi sumber penyebaran informasi KIM kepada masyarakat .

Kabid.Komunikasi dan Kehumasan Dinkominfotik Lusiana Indira Isni M.Ikom:

KIM adalah Lembaga layanan Publik yang dibentuk dan dikelola untuk masyarakat yang berorientasi pada layanan informasi dan pemberdayaan masyarakat sesuai kebutuhannya terletak di perkotaan/pedesaan beranggotakan 3 sampai 30 orang 

Tugas KIM mewujudkan masyarakat yang aktif  peduli peka dan memahami informasi memberdayakan masyarakat agar dapat memilih dan memilah informasi yang dibutuhkan dan bermanfaat

Sedangkan peran KIM adalah mengelola informasi yaitu mencari mengumpulkan mengelola dan mendesiminasikan informasi kepada masyarakat sesuai dengan kebutuhannya.

Adapun tujuan dilaksanakannya Bintek KIM untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan mengenai tugas dan peran KIM serta memberikan pemahaman mengenai pembentukan KIM Desa/ Kelurahan.

Zaenal Muhibbin Ketua FKIM Kota Pekalongan: Perkembangan zaman yang bisa diibaratkan meloncat, loncatannya telah jauh melampaui perkiraan dan prediksi para pakar dan para ahli. Terjadinya proses globalisasi adalah proses penghilangan sekat-sekat lintas bangsa dan negara. Banyak hal positif dengan adanya globalisasi, namun tak sedikit pula dampak negatifnya.

Dampak positif yang kita dapatkan adalah kemudahan-kemudahan di dalam proses komunikasi antar wilayah, antar pulau bahkan antar negara termasuk pula persebaran informasi yang dengan sangat fantastis dapat tersebar ke seluruh dunia hanya dalam hitungan menit bahkan dalam hitungan detik.

Persebaran informasi yang super cepat ini mengakibatkan arus informasi yang massif ini tidak sekedar dalam jumlah yang tak terukur namun sudah melebihi kebutuhan masyarakat, karena informasi yang tersebar begitu luas jangkauannya dalam jumlah yang sangat besar, terjadiah banjir infomasi, bahkan menjadi tsunami informasi yang kita sebagai warga masyarakatan memilih. Bila ini dibiarkan maka kita akan tenggelam dan terseret didalam pusaran arus informasi tanpa sempat menyaring, ujung-ujungnya kita akan terjebak didalam informasi yang tak pasti termasuk informasi bohong atau “HOAX”. Maka kita harus lakukan sesuatu untuk mengeliminir hal ini Kelompok informasi Masyarakat (KIM) Sebagai Alternatif .

Kelompok Informasi Masyarakat Sebagai Alternatif Kenyataan bahwa sementara masyarakat dengan berbagai alasan dan kondisi  tidak bisa atau gagal mengakses informasi yang dibutuhkan ,ujung-ujungnya mereka gagal mengakses fasilitas yang seharusnya mereka dapatkan. Ini menjadi kesempatan bagi pihak ketiga untuk mengambil peran yang justru kadang malah menambah keruwetan.   

Diperparah lagi ketidak berdayaan warga dalam membendung  besarnya arus informasi yang masuk menjadikan warga semakin gamang untuk mempercayai sebuah infomasi, akibatnya adalah makin maraknya mis-informasi dan mis-komunikasi, kondisi masyarakat seperti ini sangat rentan dan bisa mengancam stabilitas yang lebih luas.

KIM, dari, oleh dan untuk masyarakat adalah kelompok yang pendiriannya diprakarsai oleh masyarakat. Dibentuk untuk membatu dan mendampingi masyarakat yang  membutuhkan informasi akurat tentang isu terkini dan bersangkutan langsung dengan hajat dan kebutuhan mereka.

Pendampingan KIM bersifat penguatan , edukatif dan partisipatif. Artinya masyarakat diajak untuk berpartisipasi didalam mengakses informasi, memilih informasi yang mereka butuhkan, mendiskusikannya dan menemukan pihak yang terkait.

Ini untuk menghindari ketergantungan warga dan dalam rangka membentukmasyarakat yang berdaya dan mandiri khususnya di bidang informasi. 

Tujuan dibentuknya KIM adalah terjadinya hubungan yang harmonis dan saling memahami antar warga dengan warga, warga dengan pemerintah atau warga dengan lembaga public lainnya karena tidak adanya saluran informasi yang mampet, baik informasi dari pemerintah ke masyakat atau sebaliknya. Karena KIM mengambil peran menjembatani bertemunya para pihak dalam rangka proses “tabayyun”.

KIM menginginkan terciptanya masyarakat  yang informatif, komunikatif, berdaya dan mandiri menuju masyarakat madani,  maka KIM mengupayakan penyelesaian yang win-win solution. Masyarakat adem tentrem, pemerintah bisa berjalan dengan ayem dan jenjem.   Posisi Strategis KIM  Sebagai kelompok yang dilahirkan dan tumbuh di masyarakat KIM dapat mendengar dan melihat langsung apa yang terjadi di tengah masyarakat. KIM melihat dan mendengar apa yang didapat dan tidak didapatkan oleh masyarakat yang seharusnya mereka dapatkan baik dari pemerintah maupun dari lembaga public lainnya. Sebagai kelompok yang bersifat moderat maka mereka akan menggunakan pola-pola yang sedapat mungkin bisa menangkap ikannya tanpa membuat keruh airnya.

Sehingga dalam hal ini masyarakat relatif lebih tenang, pemerintah akan lebih memahamkan dan melaksanakan program-program pembangunan dan pihak –pihak yang dapat berkiprah dalam mendukung pembangunanpun bisa lebih yain karena berhadapan dengan masyarakat yang cerdas dan visioner. 

KIM dan kejelasan sebuah informasi. Maka disamping menyebarkan informasi KIM juga bersifat aspiratif  yakni akomodatif terhadap komplain dan masukan dari warga, dan sesuai dengan mekanisme dan tata cara yang berlaku harus menyampaikan kepada pemerintah maupun kepada lembaga public terkait lainnya..Adapun pola persebaran yang dilakukan oleh KIM bisa dengan berbagai cara dan media, misalnya dengan cara:

1. Getok Tular

2. Grumungan Warga

3. Rembug Warga

4. Temu Warga, dll

Kinerja KIM akan sangat besar manfaatnya bagi masyarakat, dan selaras dengan nilai-nilai kearifan local yang adiluhung. Didalam proses kerja KIM terdapat nilai - nilai demokratis yang menjunjung tinggi asas musyawarah mufakat, penghargaan kepada harkat manusia, mengutamakan persatuan, menginginkan terwujudnya keadilan dan kesejahteraan sehingga masyarakat akan lebih bermartabat dan lebih mudah disadarkan untuk senantiasa ingat dan bersyukur kepada Tuhan YME. Maka akan lestari dan tetap jayalah Pancasila di bumi Indonesia.

(Hendro Saputro)

COMMENTS





































































Nama

.,3,.berita terkini,11108,.beritaterkini,6,.kalbar,17,(Merlung),5,abiansemal,2,Aceh,35,ACEH SINGKIL,78,Aceh Tamiang,23,Aceh Tengah,120,ACEH TENGGARA,2,ACEH TIMUR,2,Aceh Utara,3,advertorial,21,aek kanopan,1,Aekkanopan,9,agam,18,aimas,2,ALAI.,5,Alor,1,ambon,7,amlapura,65,anjatan,2,Anyer,1,AS,1,Asahan,6,babel,1,badau,1,badung,614,Bagansiapiapi,4,bakan,1,BALAESANG,1,bali,932,balige,9,BALIKPAPAN,6,balut.berita terkini,3,Banda Aceh,16,BANDAR LAMPUNG,39,Bandar Seri Begawan,1,bandara,7,Bandung,178,Bandung Barat,23,banggai,5,bangka,2,bangka barat,1,Bangka Belitung,5,Bangka Tengah,2,bangkep,1,BANGKEP - RN,1,BANGKINANG,5,bangli,828,Bangun Purba,1,Banguwangi,1,Banjar,23,Banjarnegara,8,bantaeng,46,Banten,151,Banyuasin,6,Banyumas,13,Banyuwangi,148,barito utara,1,Barru,6,Batam,103,batang,67,BATANG HARI,3,batang kuis,3,BATU,7,batu bara,68,baturaja,4,bekasai,1,Bekasi,2329,bekasi terkini,3,Bekasi Utara,1,belawan,2,Belitung,218,Belitung Timur,17,Beltim,225,belu,2,benakat,1,bener,1,Bener Meriah,481,BENGKALIS,79,Bengkayang,76,BENGKULU,6,BENGKULU SELATAN,19,BENGKULU UTARA,1,benoa,6,BER,3,BERI,1,beria terkini,1,beriita terkini,3,berit terkini,2,berita,1,Berita terkini,3281,berita terkini daerah,1,berita terkini.,1,berita terkinia,1,berita terkink,1,berita terkinu,2,berita tetkini,1,beritaterkini,4,beritq terkini,1,berta terkini,1,Bima,2,binjai,3,Bintan,9,Bintuni,1,Bitung,6,blahbatu,2,blahbatuh,17,Blitar,15,Blora,2,BMKG,1,BNN,1,Bogor,457,BOGOR TIMUR,71,Bola,1,BOLAANG MONGONDOW,3,bolmong,533,Bolmong raya,3,Bolmong selatan,13,bolmong timur,2,bolmong utara,1,bolmongsiar,1,bolmut,2,BOLNONG,1,bolong mopusi,1,bolsel,8,boltim,18,bone,3,BOYOLALI,2,Brebes,173,bualu,1,Bukit Tinggi,52,bukittinggi,19,buleleng,225,BUMIMORO,1,BUNGKU,1,Buol,90,BUTENG,1,Catatan Radar Nusantara,10,Ciamis,85,Cianjur,18,Cibinong,15,Cibitung,3,cikampek,42,Cikampek barat,1,Cikande,1,Cikarang,99,CIKARANG BARAT,1,CIKARANG PUSAT,1,cikarang utara,2,Cilacap,11,Cilegon,46,cilengsi,3,Cileungsi,41,Cimahi,461,Cimanggung,1,Cirebon,561,Cirebon Kota,2,Cisarua,1,citeureup,1,Dabo Singkep,266,daer,2,Daerah,7554,daerah Terkini,2,daerh,1,Daik Lingga,3,Dairi,245,Deli Serdang,53,Deli tua,1,deliserdang,1,demak,51,Denpasa,3,denpasar,838,denpasar timur,3,Dentim,1,Depok,621,derah,5,dharmasraya,6,DIY,8,Dolok,4,Doloksanggul,75,Dompu,2,Donggala,179,donri donri,1,DPRD Kab. Bekasi,11,DPRD Kota Bekasi,99,DPRD LamSel,8,Dumai,27,Dumoga,179,Dumoga Utara,2,duri,3,Ekonomi,3,EMPAT LAWANG,14,ende,2,eretan,1,Erkini,1,Fakfak,2,fakta,1,Garut,101,gianyar,799,gilimanuk,1,gorontalo,67,Gowa,107,Gresik,1,GROBOGAN,2,gunung mas,2,Gunung Putri,2,gunungsitoli,2,HL,23,HSU,1,Hukum,11,HUMAS BELTIM,6,humbahas,14,Indonesia,5,INDRA,1,Indragiri hulu,5,indralaya,44,Indramayu,35,Indrapura,15,info,1,INHIL,48,inhilriau,1,INHU,8,Jabar,22,jaka,4,Jakarta,1769,Jakarta barat,2,jakarta selatan,5,jakarta timur,3,jakarta utara,3,Jambi,160,jateng,5,jatijajar,1,JATIM,7,Jawa Barat,48,Jawa Tengah,10,Jawa Timur,13,Jayapura,54,Jember,8,jembrana,305,Jeneponto,23,Jepara,106,jimbaran,3,Jombang,4,kab,7,kab .Bandung,208,Kab 50 Kota,4,kab Bandung,30,kab. Agam,1,Kab. Bandung,3875,kab. bekasi,195,Kab. Bogor,27,Kab. Brebes,61,kab. buru,1,KAB. CIREBON,2,KAB. DAIRI,1,kab. Garut,1,Kab. Gumas,1,kab. Kajen,1,Kab. Kapuas Hulu,8,kab. Karawang,2,KAB. KARO,2,Kab. Kuningan,84,kab. langkat,2,kab. malang,1,Kab. Minahasa Tenggara,1,KAB. PELALAWAN,2,Kab. Serang,7,Kab. Serdang Bedagai,4,Kab. Sukabumi,12,kab. tangerang,6,Kab. Tasikmalaya,97,Kab. Toba,8,kab.agam,1,Kab.Bandung,1877,kab.barru,3,Kab.Bekasi,389,kab.bogor,31,KAB.BOGOR.BERITA TERKINI,1,kab.buru,2,Kab.Dogiyai Papua Tengah,1,kab.garut,2,kab.langkat,1,Kab.Malang,3,Kab.Nganjuk,6,kab.pekalongan,26,Kab.Samosir,8,KAB.SEMARANG,1,Kab.Sergai,5,KAB.SINJAI,5,kab.sorong,3,Kab.Sumedang,26,Kab.Tangerang,28,kab.Tasikmalaya,52,Kab.Way kanan,24,KABANJAHE,1,kabBandung,2,Kabupaten Bandung Barat,1,KABUPATEN SINJAI,3,KABUPATEN SINJAJ,3,kaimana,4,Kajen,4,Kalbar,591,kalideres,1,Kalimantan Barat,9,kalimantan timur,15,kalipuro,1,Kalsel,10,Kalteng,264,Kaltim,25,Kampar,170,Kampar Kiri,4,Kampar Riau,292,kapuas,3,Kapuas Hulu,278,kara,1,karanganyar,1,karangasem,867,Karawang,342,karawang Berita terkini,1,KARIMUN,6,KARIMUN - RN,1,KARO,27,katapang,1,KATINGAN,6,kayong utara,6,keban agung,1,KEBUMEN,1,Kec.Ukui,1,Kediri,62,KEEROM,27,Kendari,4,kepahiang,4,KEPRI,4,Kepulauan Riau,10,Kerinci,23,keritang inhil,1,kerobokan,6,KETAPANG,17,kintamani,1,klapanunggal,1,klungkung,525,KOBAR,1,kolaka,1,Kolaka Utara,1,Kominfo Kab.Bekasi,34,Korupsi,9,kota agung,1,KOTA BATU,1,KOTA KOTOMOBAGU,5,KOTA MANNA,2,KOTA METRO,29,kota pekalongan,8,Kota Sorong,9,kotabaru,1,Kotabumi,1,KOTAMIBAGU,3,Kotamobagu,107,kotawaringin barat,3,KOTAWARINGIN TIMUR,4,KOTIM,11,kriminal,5,Kronjo,1,Kuala Kapuas,6,kuala lumpur,1,Kuala Tungkal,9,kuansing,15,kuantan,1,kuantan Sengingi,4,kubu,4,kubu raya,54,KUDUS,123,Kuningan,1558,kupang,3,kuta,18,kuta badung,3,KUTAI KERTANEGARA,9,Kutai Timur,12,Kutim,6,l,1,Labuhan Bajo,1,Labuhan Batu,17,Labura,407,labusel,1,Lahat,31,LAMBATA,1,Lamongan,3,Lampung,97,Lampung Barat,196,LAMPUNG METRO,105,LAMPUNG SELATAN,63,Lampung Tengah,23,Lampung Timur,466,Lampung Utara,794,LAMPUNGUTARA,1,lampura,20,landak,6,langkat,5,langsa,3,LANTAMAL V,86,LANTAMAL X JAYAPURA,20,lawang kidul,46,lebak,203,LEMBATA,7,LIMAPULUHKOTA,6,Lingga,1072,liwa,13,Loksado,1,lolak,1,LOLAYAN,3,Lombok,6,Lombok barat,5,Lombok tengah,13,lombok timur,132,Lombok Utara,1,LOTIM,12,lotim.berita terkini,37,LUBUK LINGGAU,17,Lubuk Pakam,8,lubuk sikaping,1,lubuklinggau,16,lubuksikapaing,1,LUBUKSIKAPING,1,lukun,1,Lumajang,7,Lumanjang,1,Luwu,2,Luwuk,8,m,1,M.Labuhan,1,Mabar,1,madina,1,madura,1,Magelang,4,mahakam hulu,1,majaleMajalengka,1,Majalengka,638,majalengMajalengka,1,majalenMajalengka,1,majalMajalengka,1,majaMajalengka,1,majene,3,maka,1,makasar,3,makassar,212,malaka,1,Malang,192,Maluku,8,Maluku tengah,2,MALUKU UTARA,2,MAMAJU.RN,3,MAMASA,195,MAMUJU,219,MAMUJU TENGAH,7,Manado,64,mancanegara,1,mandau,1,mangapura,3,Manggar,91,Manggarai,1,manggarai barat,2,mangupura,130,Manokwari,163,mansel,1,marga,1,maros,1,mataram,13,MATENG,7,Mauk,2,Maybrat,1,medan,244,Mekar Baru,1,melawi,15,MEMPAWAH,1,mentawai,1,merak,5,merangin,93,MERANTI,969,MERAUKE,7,Merbau,3,Mesuji,75,metro,216,metro lampung,10,meulaboh,1,Minahasa,7,Minahasa Selatan,5,Minahasa Tenggara,2,Minahasa Utara,1,Minas,1,Minut,1,miranti,1,Mojokerto,560,monokwari,2,morowali,29,MOROWALI UTARA,1,MORUT,3,moskow,1,Muara Belida,1,Muara Bulian,1,muara bungo,3,Muara Enim,583,muara Tami,2,Muaro Jambi,4,muba,8,Mukomuko,81,muratara,534,murung raya,2,Musi Banyuasin,15,MUSI RAWAS,35,musirawas,7,Nabire,1,Naibenu,1,namlea,4,Nangka Bulik,2,Nasional,16,Natuna,95,negara,5,ngawi,3,Nias barat,21,NTB,74,NTT,14,nunukan,25,nusa dua,1,Ogan Ilir,7,OKI,3,OKU,2,Oku Selatan,565,Oku Timur,52,Opini,14,P. Bharat,1,P.SIANTAR,12,PACITAN,2,Padang,16,Padang Lawas,14,PADANG PANJANG,2,padang pariaman,1,Pagaralam,34,Pagimana,1,Pahuwato,1,Pakpak Bharat,21,Pakuhaji,2,Palangka raya,347,Palas,23,palelawan,44,Palembang,102,pali,2,palopo,1,Palu,195,palu utara,1,Paluta,66,pamekasan,2,Panang Enim,2,pancur batu,1,pand,1,pande,1,pandegelang,3,Pandeglang,2368,Pangandaran,23,Pangkalan Kerinci,1,pangkalanbun,3,Pangkalpinang,21,pangkep,4,pantai labu,1,Papandayan,1,Papua,96,PAPUA BARAT,227,papua barat daya,2,papua tengah,2,parapat,2,PARIAMAN,10,Parigi,6,Parigi Moutong,19,PARIMO,1063,Parlemen,32,PARUNG PANJANG,1,Pasaman,13,Pasangkayu,1,pasbar,1,Pasir Pangarayan,1,PASSI,1,PASSI TIMUR,6,Pasuruan,2,PATI,190,Patia,1,patrol,15,PAYAKUMBUH,9,PEBAYURAN,2,Pekalongan,85,pekan baru,7,Pekanbaru,503,Pekanbaru Riau,1593,pelalawan,26,pemalang,3,Pematangsiantar,47,pemekas,1,Pemkab Bekasi,7,Pemkot Bekasi,6,penanaman,1,penang Enim,2,Pendidikan,81,pengkadan,1,Penukal Abab Lematang Ilir (PALI),116,perbaungan,1,perimo,2,peristiwa,16,Permohonan,1,pesawaran,26,pesel,1,Pesisir Barat,2,Pesisir Barat,2,PESISIR SELATAN,1,Pilkada,1,pintianak,1,PIPIKORO,1,PN.TIPIKOR,2,polda jabar,1,Polhukam,154,Politik,2,polman,1,polres Pekalongan,2,ponorogo,1,pontia,1,Pontianak,1415,Poso,4,prabumulih,1,primo,9,Pringsewu,46,probolinggo,2,PROTOKOL DOLOK SANGGUL,1,PT Bukit Asam,1,Pulang Pisau,5,pulau merbau,7,pulau tidung,1,pulpis,1,purbalingga,5,Purwakarta,1859,Purwokerto,2,Putussibau,58,radar,3,Radar Artikel,33,Radar Selebrity,3,ragam,58,raja ampat,6,rambang dangku,1,RANGSANG,11,RANGSANG BARAT,1,rangsang pesisir,3,rantauprapat,1,rejang lebong,5,REMBANG,3,Renah mendalu,1,rengasdengklok,1,rengat,1,Riau,189,Rohil,6,rokan,1,Rokan Hilir,54,rokan hulu,15,Rongurnihuta,1,rote ndao,1,Sabang,57,Samarinda,60,sambas,2,sambilan,1,sampang,76,SAMPI,1,Sampit,652,Sangatta kutim,1,Sanggau,13,Sangihe,2,sar,1,Sarolangun,460,sekadau,7,SELAT PANJANG,10,SELATPANJANG,2,Selayar,18,selong,3,Semarang,62,Semarapura,43,semende,1,SEMOGA,2,SEMOGA TENGGARA,1,SENTANI,1,sentul,1,Seram Bagian Barat,1,Serang,484,Serdang Bedagai,42,Sergai,32,Seruyan,19,SIAK,22,siak hulu,9,sian,1,sibau hulu,1,Sibolga,166,siborongborong,1,sidikalang,1,SIDOARJO,6,SIDRAP,15,Sigi,103,silaen,1,Simalungun,139,simpang apek,1,Singaparna,10,singaraja,44,SINGKAWANG,14,SINGKEP BARAT,1,Sinjai,6,sintang,44,situbondo,6,sleman,2,solo,9,SOLOK,18,Solok Selatan,9,Soppeng,38,Sorong,296,Sorong selatan,4,Sragen,31,Subang,2037,SUKABUM,1,Sukabumi,571,sukawati,2,Sukoharjo,1,Sukra,1,Sulawesi,3,Sulawesi Selatan,33,sulawesi tengah,57,sulawesi tenggara,1,Sulbar,350,Sulsel,30,Sulteng,314,Sulut,375,Sumatera Selatan,6,SUMATERA UTARA,6,SUMB,1,sumba barat,1,Sumbar,68,Sumbawa,6,Sumbawa Barat(NTB),5,Sumedang,158,sumenep,43,sumsel,43,Sumut,108,Sungai Penuh,1,sungai tohor,3,Sunggal,2,SURABAYA,112,Surakarta,2,tabanan,632,tajabbarat,1,Takalar,203,talangpadang,5,TAMBANG,1,Tambraw,3,Tambraw - RN,6,tana toraja,1,tanah,1,tanah datar,2,TANAH JAWA,5,Tanah Karo,122,Tangerang,461,Tangerang Selatan,102,tangg,1,tanggamus,139,Tanjab Barat,973,Tanjab Timur,140,tanjabbar,1,Tanjabtim,1,tanjung agung,8,tanjung balai,4,Tanjung Enim,117,Tanjung Jabung timur,1,tanjung makmur,1,TANJUNG PINANG,14,tanjung samak,1,tanjung selor,1,tanjungenim,2,TANOYAN,8,Tapanuli Selatan,5,Tapanuli Tengah,99,Tapanuli Utara,31,tapung,3,tapung hulu,4,tarakan,1,tarutung,38,Tasikmalaya,398,tebi,1,tebin,1,tebing,1,Tebing Tinggi,109,tebing tinggi timur,1,tebingtinggi barat,11,Teekini,11,Teelini,1,Tegal,30,tekini,5,Telawang,1,teluk bintani,1,teluk buntal,1,telukuantan,5,temanggung,1,tembilahan,2,tembuku,2,Teminabuan,6,tenan,1,Tenggarong,1,ter,1,Terjini,3,TERJUN GAJAH,1,Terk,1,Terki,1,Terki i,3,Terkii,1,Terkiji,4,Terkimi,1,Terkin,9,Terkin8,1,Terkini,48045,Terkinii,1,Terkinin,1,TERKINIO,1,TERKINIP,2,Terkino,11,Terkinu,1,terkiri,9,TERKNI,3,Terkuni,2,Terlini,2,Termini,4,ternate,1,Tetkini,14,Timika,2,Toabo,1,toba,41,tolikara,2,tolitol,3,Tolitoli,1438,tolotoli,3,TOMOHON,5,Touna,27,Trenggalek,20,Trkini,1,Tterkini,1,tuba,1,tuba barat,11,Tuerkini,1,Tulang Bawang,14,Tulang Bawang Barat,9,Tulung agung,2,Tulungagung,304,Twrkini,1,ubud,25,Waibakul,1,Waisai,23,wajo,1,warseno,1,WAY KANAN,32,wonosari,1,Yogyakarta,10,
ltr
item
RADAR NUSANTARA NEWS: Dinkominfotik Gelar Bimbingan Teknik Kelompok Informasi Masyarakat (KIM)
Dinkominfotik Gelar Bimbingan Teknik Kelompok Informasi Masyarakat (KIM)
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgWcfu6V5VT8qBVDYGgbg_lOYqSecFSoZFHyk7p7MnR5cZaD-s4IVkKzAtybqj6tJrDCYmW9CAXSuJhbejT0D6S4RQ20IVX-mtLrO_F5HLvfThYQNrNy4aokDGbDjG1PR-qYNfry32EnVFY3EwRi6lSOVKvqrH2rnPlth2KopJ2GMGyJ7MbcgSZwrPJVQ=s320
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgWcfu6V5VT8qBVDYGgbg_lOYqSecFSoZFHyk7p7MnR5cZaD-s4IVkKzAtybqj6tJrDCYmW9CAXSuJhbejT0D6S4RQ20IVX-mtLrO_F5HLvfThYQNrNy4aokDGbDjG1PR-qYNfry32EnVFY3EwRi6lSOVKvqrH2rnPlth2KopJ2GMGyJ7MbcgSZwrPJVQ=s72-c
RADAR NUSANTARA NEWS
https://www.radarnusantara.com/2021/10/dinkominfotik-gelar-bimbingan-teknik.html
https://www.radarnusantara.com/
http://www.radarnusantara.com/
http://www.radarnusantara.com/2021/10/dinkominfotik-gelar-bimbingan-teknik.html
true
8338290086939464033
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy