Keluarga Tombolotutu Syukuran Atas Penetapan "TOMBOLOTUTU" Sebagai Pahlawan Nasional

PARIGI MOUTONG,RN Keluarga besar Tombolotutu melaksanakan syukuran atas penetapan "TOMBOLOTUTU" sebagai Pahlawan Nasional dari Pro...


PARIGI MOUTONG,RN

Keluarga besar Tombolotutu melaksanakan syukuran atas penetapan "TOMBOLOTUTU" sebagai Pahlawan Nasional dari Provinsi Sulawesi Tengah, bertempat di Rumah Kerajaan Moutong di Tinombo, Minggu (31/10/21).


Mewakili keluarga Moh Sudarmin Tombolotutu atau disapa Elvis, menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada tim peneliti atau tim penulis Tombolotutu. 


"Mewakili keluargaTombolotutu menyampaikan  penghargaan yang setinggi tingginya kepada tim penulis yang telah melakukan penelitian dan pengkajian dan mengajukan pejuang dari Provinsi Sulawesi Tengah untuk mendapatkan gelar Pahlawan Nasional dari Sulawesi Tengah, dan alhamdulillah TOMBOLOTUTU ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional,"Ucapnya.


Kata Sudarmin, tidak menutup kemungkinan masih ada pejuang dari Sulawesi Tengah asal Kabupaten Parigi Moutong yang memenuhi syarat untuk diajukan kembali ke tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP).


Lanjut Sudarmin, selaku mewakili keluarga Tombolotutu, ia menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah dan Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong yang telah memberikan rekomendasi dan persyaratan lainnya yang dibutuhkan, sehingga pejuang dari Provinsi Sulawesi Tengah Tombolotutu mendapat penghargaan sebagai pahlawan Nasional.


"Saya juga menyampaikan terima kasih kepada para Bupati dan para Rektor dan tokoh tokoh Masyarakat Sulawesi Tengah yang memberikan testimoni pengakuan bahwa Tombolotutu melakukan perlawanan kepada penjajah Belanda, dan wajar diberikan gelar Pahlawan Nasional dari Sulawesi Tengah,"Imbuhnya.


Sudarmin menyampaikan terima kasih pula kepada Pemerintah Daerah Parigi Moutong yang memberikan rekomendasi dan tahapan tahapan awal untuk TP2GP baik dari Kabupaen Parigi Moutong itu sendiri maupun yang ke Provinsi Sulawesi Tengah, juga kata ia di Parigi Moutong ada keterwakilan DPR, Dewan adat Patanggota Andi Cimu Tagunu, tokoh tokoh masyarakat mulai dari Kecamatan Parigi sampai dengan Kecamatan Moutong.


"Sekali lagi saya menyampaikan terima kasih kepada tokoh masyarakat yang ada di Parigi Moutong. Saya mewakili keluarga yang juga selaku Kadis Sosial Parigi Moutong yang menangani Pemerintahan tentang usul Pahlawan terhadap pejuang pejuang yang diusulkan untuk mendapatkan penghargaan gelar Pahlawan, terima kasih atas dukunganya,"Jelasnya.


"Kita melaksanakan syukuran ini karena kemarin tanggal 28 Oktober 2021 telah ditetapkan oleh Prsiden Joko Widodo untuk 4 tokoh yang diberikan penganugrahan gelar Pahlawan tahun 2021, yaitu Almarhum Tombolotutu dari Sulawesi Tengah, Sultan Aji Muhamad Idris dari Provinsi Kalimantan Timur,  H Usmar Ismail dari DKI Jakarta dan Raden Arya Wangsakara dari Provinsi Banten,"Tambahnya.


Sambung Sudarmin, keluarga Tombolotutu akan menerima penobatan pada tanggal 10 November 2021 bertepatan hari Pahlawan di Istana Bogor Jawa Barat.


Sementara itu Bupati Parigi Moutong H Samsurizal Tombolotutu sedikit menceritakan perjuangan sehingga Tombolotutu menjadi Pahlawan Nasional.


Kata Bupati Samsurizal, awalnya ia menyurat ke Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) kala itu dijabat Sudi Silalahi, namun Mensesneg memberikan masukan agar membuat sebuah buku, seminar dan lain sebagainya. Kata Samsurizal ia sempat di tegur oleh Longki Djanggola akibat menyurat seperti itu.


"Sedikit saya ceritakan bagaimana saya awalnya menyurat kepada Sekretaris Negara, kata Mensesneg bukan seperti ini, tetapi buat sebuah buku, adakan seminar dan lain lain. Saya ditegur sama pak Longki, karena kalau saya ditegur sama dengan mencambuk saya, dari teguran itu saya jadikan motivasi diri saya agar tidak berheti memperjuangkan Tombolotutu menjadi Pahlawan Nasional,"Terangnya.


Kata Samsurizal, selang beberapa bulan kemudian, Dr Lukman Nadjamudin bersama tim mendatanginya untuk izin menulis sejarah tentang Kabupaten Parigi Moutong.


"Timnya pak Lukman Najamudin sebenarnya datang ke saya, mereka mau menulis sejarah Parigi Moutong. Saya katakan baiknya menulis Tombolotutu agar bisa menjadi Pahlawan Nasional. karena untuk menulis tentang sejarah Parigi Moutong cocoknya temui atau wawancara para tokoh pejuang pemekaran Parigi Moutong.


"Saya katakan ke pak Lukman, kalau mau menulis sejarah Parigi Moutong pergi ke para pejuang yang memekarkan Parigi Moutong, saya tidak punya hak memberikan keterangan walaupun kala itu saya sebagai Wakil Bupati, saya katakan bagusnya pak Lukman menulis bagaimana Tombolotutu bisa menjadi Pahlawan Nasional. Akhirnya dengan tidak berat hati pak Lukman sampaikan ke saya yang penting didukung. Saya bilang insya Allah saya akan dukung, maka berubahlah, sehingga tim menulis dan mengkaji Tombolotutu agar bisa menjadi Pahlawan Nasional, waktu itu tahun 2018,"Jelasnya.


Bupati Samsurizal menambahkan, sehingga ia bersama Dr Lukman Nadjamudin terus membangun komunikasi dengan mengajukan nama Tombolotutu bersama nama dari Kabupaten lain di Sulawesi Tengah untuk menjadi Pahlawan Nasional.


"Waktu itu ada 18 nama yang diusulkan dari Provinsi Sulawesi Tengah, kita berada di urutan ke 18. Dari 18 nama yang diajukan ke pusat dan scor tertinggi dipusat sebanyak 3 nama yaitu Karajalembah dari Palu, Tombolotutu dari Parigi Moutong dan Marundu dari Morowali, dan perkembangan demi perkembangan akhirnya 

muncul lagi hanya 2 nama dari pusat yaitu Marundu dan Karajalemba. kita punya tercecer sehingga timnya pak Lukman sempat ciut, tetapi saya salut semangatnya pak Lukman. Pak lukman bilang ke saya "Pak Bupati jangan mundur",  saya bilang saya tidak akan mundur, sehingga kita ajukan kembali dan Tombolotutu masuk kembali, Morowali saat itu diperkuat oleh Bupati, Wakil Bupati dan anggota Forkopimda termasuk semua DPRD-nya. Morowali telah mengaggarkan dan siap untuk menjadikan Marundu sebagai Pahlawan Nasional. Saya pantang menyerah, akhinya saya bergerak dibantu oleh timnya pak Lukman, dan akhirnya hanya 1 nama yang muncul sebagai calon Pahlawan Naaional yaitu Tombolotutu,"Tandasnya.


"Empat malam yang lalu saya di telephone oleh pak Moeldoko, bahwa sudah naik ke Presiden. dua hari kemudian muncul berita di TV, saya cari informasi terus ke pusat, pak Lukman juga kerja keras siang malam dengan saya, kontak terus, dan alhamdulillah apa yang kita cita citakan terwujud. Ini adalah pahlawan pertamanya Provinsi Sulawesi Tengah,"Tambahnya.


Bupati Samsurizal juga kedepanya akan mengusulkan nama nama yang dianggap tokoh penting di Parigi Moutong dan berjasa untuk perjuangan bagi Indonesia.


"Insya Allah kedepan saya akan usulkan yang lain lagi, asalkan di dukung dengan data data yang ada, karena yang bisa meloloskan atau menggugurkan hanya data. Walaupun kita katakan bagus, tetapi tidak didukung dengan data data, maka tim pusat akan menggugurkan. Ada beberapa tokoh yang kita anggap bagus tetapi oleh tim dari pusat coret karena tidak terpenuhi syarat syarat Administrasi. Jadi kita bersyukur tim yang dibentuk oleh Dr Lukman Nadjamudin SPd MHum sudah berhasil. Pak Lukman Nadjamudin dengan timnya betul betul kerja berat di tingkat pusat,"Ujarnya.


Hadir dalam kegiatan syukuran itu Wakil Bupati Parigi Moutong H Badrun  Nggai SE, Ketua KONI Provinsi Sulawesi Tengah Nizar Rahmatu, Ketua Komisi IV DPRD Parigi Moutong, Dewan Adat Patanggota Magau Parigi Andi Cimu Tagunu, Forkopimda Parigi Moutong, para Kepala OPD, Perbankan, para tim penulis gelar Pahlawan Nasional Sulawesi Tengah, para Camat se Kabupaten Parigi Moutong, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh perempuan, leviathan Tombolotutu, Keluarga Mahdang, Keluarga Pangale, Keluarga Borman, tokoh lintas agama dari Kristiani dan hindu serta masyarakat. 

*DISKOMINFO PARIGI MOUTONG*

COMMENTS





































































Nama

.,3,.berita terkini,11108,.beritaterkini,6,.kalbar,17,(Merlung),5,abiansemal,2,Aceh,35,ACEH SINGKIL,78,Aceh Tamiang,23,Aceh Tengah,120,ACEH TENGGARA,2,ACEH TIMUR,2,Aceh Utara,3,advertorial,21,aek kanopan,1,Aekkanopan,9,agam,18,aimas,2,ALAI.,5,Alor,1,ambon,7,amlapura,65,anjatan,2,Anyer,1,AS,1,Asahan,6,babel,1,badau,1,badung,614,Bagansiapiapi,4,bakan,1,BALAESANG,1,bali,932,balige,9,BALIKPAPAN,6,balut.berita terkini,3,Banda Aceh,16,BANDAR LAMPUNG,39,Bandar Seri Begawan,1,bandara,7,Bandung,178,Bandung Barat,23,banggai,5,bangka,2,bangka barat,1,Bangka Belitung,5,Bangka Tengah,2,bangkep,1,BANGKEP - RN,1,BANGKINANG,5,bangli,828,Bangun Purba,1,Banguwangi,1,Banjar,23,Banjarnegara,8,bantaeng,46,Banten,151,Banyuasin,6,Banyumas,13,Banyuwangi,148,barito utara,1,Barru,6,Batam,103,batang,67,BATANG HARI,3,batang kuis,3,BATU,7,batu bara,68,baturaja,4,bekasai,1,Bekasi,2329,bekasi terkini,3,Bekasi Utara,1,belawan,2,Belitung,218,Belitung Timur,17,Beltim,225,belu,2,benakat,1,bener,1,Bener Meriah,481,BENGKALIS,79,Bengkayang,76,BENGKULU,6,BENGKULU SELATAN,19,BENGKULU UTARA,1,benoa,6,BER,3,BERI,1,beria terkini,1,beriita terkini,3,berit terkini,2,berita,1,Berita terkini,3281,berita terkini daerah,1,berita terkini.,1,berita terkinia,1,berita terkink,1,berita terkinu,2,berita tetkini,1,beritaterkini,4,beritq terkini,1,berta terkini,1,Bima,2,binjai,3,Bintan,9,Bintuni,1,Bitung,6,blahbatu,2,blahbatuh,17,Blitar,15,Blora,2,BMKG,1,BNN,1,Bogor,457,BOGOR TIMUR,71,Bola,1,BOLAANG MONGONDOW,3,bolmong,533,Bolmong raya,3,Bolmong selatan,13,bolmong timur,2,bolmong utara,1,bolmongsiar,1,bolmut,2,BOLNONG,1,bolong mopusi,1,bolsel,8,boltim,18,bone,3,BOYOLALI,2,Brebes,173,bualu,1,Bukit Tinggi,52,bukittinggi,19,buleleng,225,BUMIMORO,1,BUNGKU,1,Buol,90,BUTENG,1,Catatan Radar Nusantara,10,Ciamis,85,Cianjur,18,Cibinong,15,Cibitung,3,cikampek,42,Cikampek barat,1,Cikande,1,Cikarang,99,CIKARANG BARAT,1,CIKARANG PUSAT,1,cikarang utara,2,Cilacap,11,Cilegon,46,cilengsi,3,Cileungsi,41,Cimahi,461,Cimanggung,1,Cirebon,561,Cirebon Kota,2,Cisarua,1,citeureup,1,Dabo Singkep,266,daer,2,Daerah,7554,daerah Terkini,2,daerh,1,Daik Lingga,3,Dairi,245,Deli Serdang,53,Deli tua,1,deliserdang,1,demak,51,Denpasa,3,denpasar,838,denpasar timur,3,Dentim,1,Depok,621,derah,5,dharmasraya,6,DIY,8,Dolok,4,Doloksanggul,75,Dompu,2,Donggala,179,donri donri,1,DPRD Kab. Bekasi,11,DPRD Kota Bekasi,99,DPRD LamSel,8,Dumai,27,Dumoga,179,Dumoga Utara,2,duri,3,Ekonomi,3,EMPAT LAWANG,14,ende,2,eretan,1,Erkini,1,Fakfak,2,fakta,1,Garut,101,gianyar,799,gilimanuk,1,gorontalo,67,Gowa,107,Gresik,1,GROBOGAN,2,gunung mas,2,Gunung Putri,2,gunungsitoli,2,HL,23,HSU,1,Hukum,11,HUMAS BELTIM,6,humbahas,14,Indonesia,5,INDRA,1,Indragiri hulu,5,indralaya,44,Indramayu,35,Indrapura,15,info,1,INHIL,48,inhilriau,1,INHU,8,Jabar,22,jaka,4,Jakarta,1769,Jakarta barat,2,jakarta selatan,5,jakarta timur,3,jakarta utara,3,Jambi,160,jateng,5,jatijajar,1,JATIM,7,Jawa Barat,48,Jawa Tengah,10,Jawa Timur,13,Jayapura,54,Jember,8,jembrana,305,Jeneponto,23,Jepara,106,jimbaran,3,Jombang,4,kab,7,kab .Bandung,208,Kab 50 Kota,4,kab Bandung,30,kab. Agam,1,Kab. Bandung,3875,kab. bekasi,195,Kab. Bogor,27,Kab. Brebes,61,kab. buru,1,KAB. CIREBON,2,KAB. DAIRI,1,kab. Garut,1,Kab. Gumas,1,kab. Kajen,1,Kab. Kapuas Hulu,8,kab. Karawang,2,KAB. KARO,2,Kab. Kuningan,84,kab. langkat,2,kab. malang,1,Kab. Minahasa Tenggara,1,KAB. PELALAWAN,2,Kab. Serang,7,Kab. Serdang Bedagai,4,Kab. Sukabumi,12,kab. tangerang,6,Kab. Tasikmalaya,97,Kab. Toba,8,kab.agam,1,Kab.Bandung,1877,kab.barru,3,Kab.Bekasi,389,kab.bogor,31,KAB.BOGOR.BERITA TERKINI,1,kab.buru,2,Kab.Dogiyai Papua Tengah,1,kab.garut,2,kab.langkat,1,Kab.Malang,3,Kab.Nganjuk,6,kab.pekalongan,26,Kab.Samosir,8,KAB.SEMARANG,1,Kab.Sergai,5,KAB.SINJAI,5,kab.sorong,3,Kab.Sumedang,26,Kab.Tangerang,28,kab.Tasikmalaya,52,Kab.Way kanan,24,KABANJAHE,1,kabBandung,2,Kabupaten Bandung Barat,1,KABUPATEN SINJAI,3,KABUPATEN SINJAJ,3,kaimana,4,Kajen,4,Kalbar,591,kalideres,1,Kalimantan Barat,9,kalimantan timur,15,kalipuro,1,Kalsel,10,Kalteng,264,Kaltim,25,Kampar,170,Kampar Kiri,4,Kampar Riau,292,kapuas,3,Kapuas Hulu,278,kara,1,karanganyar,1,karangasem,867,Karawang,342,karawang Berita terkini,1,KARIMUN,6,KARIMUN - RN,1,KARO,27,katapang,1,KATINGAN,6,kayong utara,6,keban agung,1,KEBUMEN,1,Kec.Ukui,1,Kediri,62,KEEROM,27,Kendari,4,kepahiang,4,KEPRI,4,Kepulauan Riau,10,Kerinci,23,keritang inhil,1,kerobokan,6,KETAPANG,17,kintamani,1,klapanunggal,1,klungkung,525,KOBAR,1,kolaka,1,Kolaka Utara,1,Kominfo Kab.Bekasi,34,Korupsi,9,kota agung,1,KOTA BATU,1,KOTA KOTOMOBAGU,5,KOTA MANNA,2,KOTA METRO,29,kota pekalongan,8,Kota Sorong,9,kotabaru,1,Kotabumi,1,KOTAMIBAGU,3,Kotamobagu,107,kotawaringin barat,3,KOTAWARINGIN TIMUR,4,KOTIM,11,kriminal,5,Kronjo,1,Kuala Kapuas,6,kuala lumpur,1,Kuala Tungkal,9,kuansing,15,kuantan,1,kuantan Sengingi,4,kubu,4,kubu raya,54,KUDUS,123,Kuningan,1558,kupang,3,kuta,18,kuta badung,3,KUTAI KERTANEGARA,9,Kutai Timur,12,Kutim,6,l,1,Labuhan Bajo,1,Labuhan Batu,17,Labura,407,labusel,1,Lahat,31,LAMBATA,1,Lamongan,3,Lampung,97,Lampung Barat,196,LAMPUNG METRO,105,LAMPUNG SELATAN,63,Lampung Tengah,23,Lampung Timur,466,Lampung Utara,794,LAMPUNGUTARA,1,lampura,20,landak,6,langkat,5,langsa,3,LANTAMAL V,86,LANTAMAL X JAYAPURA,20,lawang kidul,46,lebak,203,LEMBATA,7,LIMAPULUHKOTA,6,Lingga,1072,liwa,13,Loksado,1,lolak,1,LOLAYAN,3,Lombok,6,Lombok barat,5,Lombok tengah,13,lombok timur,132,Lombok Utara,1,LOTIM,12,lotim.berita terkini,37,LUBUK LINGGAU,17,Lubuk Pakam,8,lubuk sikaping,1,lubuklinggau,16,lubuksikapaing,1,LUBUKSIKAPING,1,lukun,1,Lumajang,7,Lumanjang,1,Luwu,2,Luwuk,8,m,1,M.Labuhan,1,Mabar,1,madina,1,madura,1,Magelang,4,mahakam hulu,1,majaleMajalengka,1,Majalengka,638,majalengMajalengka,1,majalenMajalengka,1,majalMajalengka,1,majaMajalengka,1,majene,3,maka,1,makasar,3,makassar,212,malaka,1,Malang,192,Maluku,8,Maluku tengah,2,MALUKU UTARA,2,MAMAJU.RN,3,MAMASA,195,MAMUJU,219,MAMUJU TENGAH,7,Manado,64,mancanegara,1,mandau,1,mangapura,3,Manggar,91,Manggarai,1,manggarai barat,2,mangupura,130,Manokwari,163,mansel,1,marga,1,maros,1,mataram,13,MATENG,7,Mauk,2,Maybrat,1,medan,244,Mekar Baru,1,melawi,15,MEMPAWAH,1,mentawai,1,merak,5,merangin,93,MERANTI,969,MERAUKE,7,Merbau,3,Mesuji,75,metro,216,metro lampung,10,meulaboh,1,Minahasa,7,Minahasa Selatan,5,Minahasa Tenggara,2,Minahasa Utara,1,Minas,1,Minut,1,miranti,1,Mojokerto,560,monokwari,2,morowali,29,MOROWALI UTARA,1,MORUT,3,moskow,1,Muara Belida,1,Muara Bulian,1,muara bungo,3,Muara Enim,583,muara Tami,2,Muaro Jambi,4,muba,8,Mukomuko,81,muratara,534,murung raya,2,Musi Banyuasin,15,MUSI RAWAS,35,musirawas,7,Nabire,1,Naibenu,1,namlea,4,Nangka Bulik,2,Nasional,16,Natuna,95,negara,5,ngawi,3,Nias barat,21,NTB,74,NTT,14,nunukan,25,nusa dua,1,Ogan Ilir,7,OKI,3,OKU,2,Oku Selatan,565,Oku Timur,52,Opini,14,P. Bharat,1,P.SIANTAR,12,PACITAN,2,Padang,16,Padang Lawas,14,PADANG PANJANG,2,padang pariaman,1,Pagaralam,34,Pagimana,1,Pahuwato,1,Pakpak Bharat,21,Pakuhaji,2,Palangka raya,347,Palas,23,palelawan,44,Palembang,102,pali,2,palopo,1,Palu,195,palu utara,1,Paluta,66,pamekasan,2,Panang Enim,2,pancur batu,1,pand,1,pande,1,pandegelang,3,Pandeglang,2368,Pangandaran,23,Pangkalan Kerinci,1,pangkalanbun,3,Pangkalpinang,21,pangkep,4,pantai labu,1,Papandayan,1,Papua,96,PAPUA BARAT,227,papua barat daya,2,papua tengah,2,parapat,2,PARIAMAN,10,Parigi,6,Parigi Moutong,19,PARIMO,1063,Parlemen,32,PARUNG PANJANG,1,Pasaman,13,Pasangkayu,1,pasbar,1,Pasir Pangarayan,1,PASSI,1,PASSI TIMUR,6,Pasuruan,2,PATI,190,Patia,1,patrol,15,PAYAKUMBUH,9,PEBAYURAN,2,Pekalongan,85,pekan baru,7,Pekanbaru,503,Pekanbaru Riau,1593,pelalawan,26,pemalang,3,Pematangsiantar,47,pemekas,1,Pemkab Bekasi,7,Pemkot Bekasi,6,penanaman,1,penang Enim,2,Pendidikan,81,pengkadan,1,Penukal Abab Lematang Ilir (PALI),116,perbaungan,1,perimo,2,peristiwa,16,Permohonan,1,pesawaran,26,pesel,1,Pesisir Barat,2,Pesisir Barat,2,PESISIR SELATAN,1,Pilkada,1,pintianak,1,PIPIKORO,1,PN.TIPIKOR,2,polda jabar,1,Polhukam,154,Politik,2,polman,1,polres Pekalongan,2,ponorogo,1,pontia,1,Pontianak,1415,Poso,4,prabumulih,1,primo,9,Pringsewu,46,probolinggo,2,PROTOKOL DOLOK SANGGUL,1,PT Bukit Asam,1,Pulang Pisau,5,pulau merbau,7,pulau tidung,1,pulpis,1,purbalingga,5,Purwakarta,1859,Purwokerto,2,Putussibau,58,radar,3,Radar Artikel,33,Radar Selebrity,3,ragam,58,raja ampat,6,rambang dangku,1,RANGSANG,11,RANGSANG BARAT,1,rangsang pesisir,3,rantauprapat,1,rejang lebong,5,REMBANG,3,Renah mendalu,1,rengasdengklok,1,rengat,1,Riau,189,Rohil,6,rokan,1,Rokan Hilir,54,rokan hulu,15,Rongurnihuta,1,rote ndao,1,Sabang,57,Samarinda,60,sambas,2,sambilan,1,sampang,76,SAMPI,1,Sampit,652,Sangatta kutim,1,Sanggau,13,Sangihe,2,sar,1,Sarolangun,460,sekadau,7,SELAT PANJANG,10,SELATPANJANG,2,Selayar,18,selong,3,Semarang,62,Semarapura,43,semende,1,SEMOGA,2,SEMOGA TENGGARA,1,SENTANI,1,sentul,1,Seram Bagian Barat,1,Serang,484,Serdang Bedagai,42,Sergai,32,Seruyan,19,SIAK,22,siak hulu,9,sian,1,sibau hulu,1,Sibolga,166,siborongborong,1,sidikalang,1,SIDOARJO,6,SIDRAP,15,Sigi,103,silaen,1,Simalungun,139,simpang apek,1,Singaparna,10,singaraja,44,SINGKAWANG,14,SINGKEP BARAT,1,Sinjai,6,sintang,44,situbondo,6,sleman,2,solo,9,SOLOK,18,Solok Selatan,9,Soppeng,38,Sorong,296,Sorong selatan,4,Sragen,31,Subang,2037,SUKABUM,1,Sukabumi,571,sukawati,2,Sukoharjo,1,Sukra,1,Sulawesi,3,Sulawesi Selatan,33,sulawesi tengah,57,sulawesi tenggara,1,Sulbar,350,Sulsel,30,Sulteng,314,Sulut,375,Sumatera Selatan,6,SUMATERA UTARA,6,SUMB,1,sumba barat,1,Sumbar,68,Sumbawa,6,Sumbawa Barat(NTB),5,Sumedang,158,sumenep,43,sumsel,43,Sumut,108,Sungai Penuh,1,sungai tohor,3,Sunggal,2,SURABAYA,112,Surakarta,2,tabanan,632,tajabbarat,1,Takalar,203,talangpadang,5,TAMBANG,1,Tambraw,3,Tambraw - RN,6,tana toraja,1,tanah,1,tanah datar,2,TANAH JAWA,5,Tanah Karo,122,Tangerang,461,Tangerang Selatan,102,tangg,1,tanggamus,139,Tanjab Barat,973,Tanjab Timur,140,tanjabbar,1,Tanjabtim,1,tanjung agung,8,tanjung balai,4,Tanjung Enim,117,Tanjung Jabung timur,1,tanjung makmur,1,TANJUNG PINANG,14,tanjung samak,1,tanjung selor,1,tanjungenim,2,TANOYAN,8,Tapanuli Selatan,5,Tapanuli Tengah,99,Tapanuli Utara,31,tapung,3,tapung hulu,4,tarakan,1,tarutung,38,Tasikmalaya,398,tebi,1,tebin,1,tebing,1,Tebing Tinggi,109,tebing tinggi timur,1,tebingtinggi barat,11,Teekini,11,Teelini,1,Tegal,30,tekini,5,Telawang,1,teluk bintani,1,teluk buntal,1,telukuantan,5,temanggung,1,tembilahan,2,tembuku,2,Teminabuan,6,tenan,1,Tenggarong,1,ter,1,Terjini,3,TERJUN GAJAH,1,Terk,1,Terki,1,Terki i,3,Terkii,1,Terkiji,4,Terkimi,1,Terkin,9,Terkin8,1,Terkini,48045,Terkinii,1,Terkinin,1,TERKINIO,1,TERKINIP,2,Terkino,11,Terkinu,1,terkiri,9,TERKNI,3,Terkuni,2,Terlini,2,Termini,4,ternate,1,Tetkini,14,Timika,2,Toabo,1,toba,41,tolikara,2,tolitol,3,Tolitoli,1438,tolotoli,3,TOMOHON,5,Touna,27,Trenggalek,20,Trkini,1,Tterkini,1,tuba,1,tuba barat,11,Tuerkini,1,Tulang Bawang,14,Tulang Bawang Barat,9,Tulung agung,2,Tulungagung,304,Twrkini,1,ubud,25,Waibakul,1,Waisai,23,wajo,1,warseno,1,WAY KANAN,32,wonosari,1,Yogyakarta,10,
ltr
item
RADAR NUSANTARA NEWS: Keluarga Tombolotutu Syukuran Atas Penetapan "TOMBOLOTUTU" Sebagai Pahlawan Nasional
Keluarga Tombolotutu Syukuran Atas Penetapan "TOMBOLOTUTU" Sebagai Pahlawan Nasional
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhhodI0i1BJ0Ee0GOokDTgg1lINRt9EfoxkOQkHtR1zzHTFYHeC7KkrtsFH3M1-cBxgWMuMCkCQltB_-l-Ylv0P382MTcJmK3zlneafP7PvWGAJl4azpK78K5ifuvtia3fQ6u1UfFaIYi6prk7HbF5PG_6_Oxei1zUcq9Bi8IDXeee9OwgCzQ7HF3XcXQ=s320
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhhodI0i1BJ0Ee0GOokDTgg1lINRt9EfoxkOQkHtR1zzHTFYHeC7KkrtsFH3M1-cBxgWMuMCkCQltB_-l-Ylv0P382MTcJmK3zlneafP7PvWGAJl4azpK78K5ifuvtia3fQ6u1UfFaIYi6prk7HbF5PG_6_Oxei1zUcq9Bi8IDXeee9OwgCzQ7HF3XcXQ=s72-c
RADAR NUSANTARA NEWS
https://www.radarnusantara.com/2021/10/keluarga-tombolotutu-syukuran-atas.html
https://www.radarnusantara.com/
http://www.radarnusantara.com/
http://www.radarnusantara.com/2021/10/keluarga-tombolotutu-syukuran-atas.html
true
8338290086939464033
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy