OKNUM POLSEK SEMENDO DISINYALIR SEPELEHKAN UU NO 2 TAHUN 2011

Muara Enim,RN Herliadi Bin (Alm) Komar Zamani (41th) Kepala Desa Pajar Bulan Kecamatan Semendo Darat Ulu (SDU) Kabupaten Muara Enim ditangka...


Muara Enim,RN

Herliadi Bin (Alm) Komar Zamani (41th) Kepala Desa Pajar Bulan Kecamatan Semendo Darat Ulu (SDU) Kabupaten Muara Enim ditangkap Tim Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Semendo Polres Muara Enim setelah ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan " Pemalsuan Surat " Sebagaimana pasal 263 Ayat (2) KUHP mengatur tentang perbuatan memakai surat palsu, “Çindak pidana pemalsuan surat adalah suatu jenis pelanggaran terhadap kebenaran dan kepercayaan, dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan bagi diri sendiri atau orang lain yang dapat menimbulkan kerugian secara materiil maupun non materiil, Senin (18/10/2021) sekitar pukul 17.30 WIB. 


Penetapan tersangka dan penangkapan Herliadi ini membuat terkejut pihak internal DPD Partai Golkar Kabupaten Muara Enim. 


Pengurus DPD Partai Golkar Kabupaten Muara Enim, Yusran Efendi,. yang juga anggota DPRD Kabupaten Muara Enim dari dapil 4 sangat menyesali penetapan tersangka dan penangkapan Herliadi itu. Karena menurut dia permasalahan Herliadi itu adalah masalah internal Partai. 


" Permasalah Herliadi itu murni masalah Internal Partai, itu masalah Partai Politik, ada undang undang partai politik yang mengaturnya, belum bisa begitu saja dimasukan dalam rana pidana "  Ujar Yusran ketika jumpa pers kepada media ini, Selasa (26/10/2021). 


Dituturkan Yusran, permasalahan yang menimpah Herliadi itu berawal adanya kegiatan prosesi pemilihan Komisaris Kecamatan (Komcat) Partai Golongan Karya Kecamatan Semendo Darat Ulu (SDU) Kabupaten Muara Enim, Minggu (11/10/2020) lalu sekitar pukul 13.00 WIB. 


Yang mana waktu itu ada dua orang figur yang mencalonkan diri sebagai Ketua Komisaris Kecamatan Partai Golongan Karya Kecamatan Semendo Darat Ulu (SDU) yakni Herliadi dan Tarmulis. 


Dalam pemilihan Komcat, syarat juklak dan juknis DPP, yaitu untuk bisa menjadi pemenang masing masing calon harus mendapat dukungan dari komisaris desa (Komdes) Partai Golkar minimal 30 persen. 


Ketika itu, ada 10 Komdes yang dukungannya diperebutkan. Setiap suara komdes dihitung 10 persen. Namun sangat disayangkan yang terjadi, 10 komdes tersebut memberi dukungan ganda yakni mendukung Herliadi, juga mendukung Tarmulis. Sedangkan dalam aturan juknis juklak partai menyebutkan apabila terjadi dukungan ganda maka suara dinyatakan tidak sah. 


Sehingga pada pemilihan Ketua Komcat SDU itu, kedua calon tidak ada yang berhak sebagai pemenang. Karena dua kandidat, baik Herliadi maupun Tarmulis tidak ada yang memperoleh dukungan sampai 30 persen. Hasil pemilihan Ketua Komcat partai Golkar Kecamatan SDU dinyatakan DRAW, dan itu tertuang dalam berita acara DPD Partai Golkar Kabupaten Muara Enim. 


Sedangkan ada satu suara komdes yang diduga tanda tangannya dipalsukan yang dipermasalahkan. Suara itu tidak dihitung. Atau kalaupun suara itu dihitung, dimasukan kedalam pendukung kandidat Tarmulis, tetap saja tidak bisa menjadikan Tarmulis sebagai pemenang, mengingat dukungan seluruhnya kepada Tarmulis tidak mencapai 30 persen. Sehingga DPD Partai Golkar mengeluarkan berita acara menyimpulkan bahwa pemilihan Ketua Komcat Partai Golkar Kecamatan Semendo Darat Ulu mendapatkan hasil DRAW. 


Untuk ketua Komcat Kecamatan Semendo Darat Ulu (SDU) dipegang oleh Plt dari DPD Partai Golkar Kabupaten Muara Enim, Dani Efendi SE. 


Lanjut Yusran, Untuk diketahui bahwa pada pemilihan Ketua Komcat Kecamatan SDU 11 Oktober 2020  itu tidak ada fihak yang dirugikan ataupun fihak yang diuntungkan karena menghasilkan draw atau tidak ada kandidat yang memperoleh dukungan mencapai 30 persen 


Terkait ada nya dugaan pemalsuan tanda tangan salah seorang Komdes di Kecamatan Semendo Darat Ulu yang diarahkan ke pidana. Kasus itu pelakunya sudah diketemukan, yaitu Indra Gani. Indra Gani sendiri sudah mengakui kalau dia pelaku tunggal. Dia tidak melaksanakan atas perintah siapapun, atau mengaitkan siapapun dalam melakukan perbuatan memalsukan tanda tangan itu.  Itu atas inisiatf dia sendiri Dan dia pun saat ini sudah diproses hukum, sudah memiliki kekuatan hukum tetap atau sudah inkra. 


" Lantas apa lagi yang perlu dikembangkan oleh penegak hukum Polsek Semendo dalam kasus ini. Apalagi ini masalah internal Partai " Ucap Yusran. 


" Kalau pihak kepolisian, khususnya Polsek Semendo mau menerapkan dan memaksakan pasal  263 Ayat (2) KUHP terhadap Herliadi dalam kasus ini, itu sangat tidak tepat karena ini masalah internal Partai Golkar " Ujarnya. 


Seharusnya disini, kata Yusran, pihak Polsek Semendo Polres Muara Enim lebih tahu ketika menerima laporan kasus ini. Karena ini masalah internal Partai maka kasus ini harus menerapkan Undang undang Nomor 2 Tahun 2011, Perubahan atas Umdang Undang Nomor 2 Tahun 2008 tentang Partai Politik. Polsek Ssmendo jangan langsung saja mengarahkan masalah internal partai ke masalah pidana. 


Karena acuannya sebagaimana pasal 32 - 33 Undang Undang Nomor 2 Tahun 2011 menyebutkan bahwa permasalahan internal partai harus diselesaikan melalui Mahkamah Partai atau sebutan lain yang dibentuk oleh Partai. 


Setelah ke Mahkamah Partai ketika disitu ada tindak pidananya, baru Mahkamah Partai melimpahkan ke Pengadilan Nageri. Dan seandainya Pengadilan Negeri tidak bisa menyelesaikan dilanjutkan ke Mahkamah Agung. Begitulah aturannya. 


" Tapi kalau melihat dari kasus yang dialami Herliadi ini, jelas, pihak Polsek Semendo disinyalir sudah mengangkangi UU Nomor 2 Tahun 2011, Perubahan atas Undang Undang Nomor 2 Tahun 2008 tentang Partai Politik 


" Itu Undang Undang berlaku seluruh wilayah Indonesia, Negara kita ini negara hukum, kalau masalah Partai Politik tidak bisa tidak harus menggunakan UU Nomor 2 Tahun 2011. Apakah pihak polsek Semendo sudah mengikuti aturan di UU Nomor 2 Tahun 2011 itu" Yusran menanyakan 


" Permasalahannya dengan kasus Herliadi ini, Pihak Polsek Semendo langsung saja mengarahkan ke pasal KUHP untuk diadili di pengadilan negeri  sebelum melalui Mahkamah Partai. Penangkapan Herliadi ini terkesan dipaksakan " Ungkap Yusran 


" Tidak bolehlah pihak kepolisian mencampuri urusan internal Partai " Ucap Yusran. 


" Kalaupun Pelapor Tarmulis tidak senang dengan hasil draw Muscam Partai Golkar SDU itu, silahkan Tarmulis menggugat ke Mahkamah Partai, itu kan ada juklak juknis dari DPP  " Papar Yusran. 


" Mempidanakan Herliadi ini, atau mengkriminalisasi urusan internal Partai, ada indikasi apa sebenarnya ?, sehingga oknum aparat hukum Polsek Semendo mengobok obok internal Partai Golkar, menyepelehkan UU Partai Politik. Permasalahan Partai Politik tidak bisa terlepas dengan UU Partai Politik "  Ucap Yusran. 


Dalam hal ini, Kata Yusran, dirinya sebagai wakil rakyat dari dapil 4 berasal dari Partai Golkar, juga pengurus Partai Golkar sangat merasa tersinggung atas tindakan yang dilakukan Oknum Polsek Semendo ini. 


Menyikapi kasus ini, kata Yusran, pihaknya akan segera melaporkan permasalahan ini ke Propam, Kapolda dan Kapolri. Hal ini harus ditindak tegas. Begitu juga dalam internal Partai Golkar, pihaknya akan melaporkan hingga ke DPP.  Pihaknya juga akan melapor ke Kemenhumham, menyatakan bahwa UU nomor 2 Tahun 2011 tidak berlaku diwilayah Kabupaten Muara Enim. 


" Dalam hal ini kami minta agar aparat hukum bisa mengkaji ulang permasalahan ini, Propam dan Kapolda harus turun tangan jangan sampai kejadian ini ada indikasi oknum aparat hukum mau mengobok obok Partai Golkar, mau merusak citra Partai Golkar. Partai Golkar ini Partai besar. Karena nantinya tidak tertutup kemungkinan Partai lain juga akan diobok - obok " Ujar Yusran. 


" Untuk diketahui, kita mendapat informasi bahwa kasus yang menimpah Herliadi ini terbilang " kasus kilat "karena baru beberapa hari ditangkap sudah dilimpahkan kepengadilan. Ada apa ini " Tambahnya 


Jadi dalam hal ini, lanjut Yusran, pihaknya juga berharap kepada Pengadilan Negeri Muara Enim untuk bisa mengkaji ulang Kasus Herliadi yang merupakan kasus Internal Partai ini. Jangan sampai Undang Undang Partai Politik dikesampingkan . 


Juga pihaknya mensinyalir kasus Heiadi ini, pertama, ada indikasi oknum penegak hukum Polsek Semendo sudah mengangkangi Undang Undang nomor 2 Tahun 2011 tentang Partai Politik, kedua Oknum aparat penegak Polsek Semendo  ada indikasi akan menghancurkan Partai Golkar diKabupaten Muara Enim, ketiga Penetapan sebagai tersangka dan penangkapan Herliadi  terindikasi ada unsur dipaksakan atau pesanan. 


Yusran menambahkan bahwa dalam kasus Herliadi ini, pihak Polsek Semendo Polres Muara Enim tidak perna berkoordinasi atau meminta saran pendapat ke pihaknya di DPD Partai Golkar Kabupaten Muara Enim atau ketingkat lain. Begitu juga pelapor Tarmulis belum perna ada upaya untuk melaporkan masalah ini ke internal Partai secara resmi untuk meminta petunjuk. Disinyalir Tarmulis langsung saja melapor ke Polsek Semendo. Dan itupun langsung direspon oleh oknum Polsek Semendo, walaupun kasus Herliadi merupakan kasus internal partai politik, ada aturan tersendiri. Kalau seandainya Tarmulis tidak setuju dengan ketentuan juklak juknis yang sudah ditetapkan DPP Partai, Tarmulis silahkan melapor ke Mahkamah Partai. Itu aturannya. 


Yusran menambahkan, dirinya sebagai wakil rakyat di dapil 4 Semendo, mempertanyakan kinerja penegak hukum di Polsek Semendo. Karena penangkapan Herliadi disinyalir tidak sesuai SOP. Masalahnya sudah berapa hari Herliadi ditangkap tidak ada secarik surat pun bentuk pemberitahuan kepada pihak keluarga yang ada didesa Pajar Bulan Kecamatan SDU. Apalagi Herliadi itu seorang Kepala Desa Pajar Bulan dan juga Ketua Forum Kades Semendo 


" Penangkapan Herliadi itu tidak sesuai SOP, atau lebih pantas disebut penculikan " Pungkas Yusran. 


Sementara itu secara terpisah Kapolres Muara Enim AKBP Danny Sianipar melalui Kapolsek Semendo ketika dikinfirmasi terkait masalah ini melalui pesan WhatsApp ke nomor +62 813-6*2*-*17, Rabu (27/10/2021) sekitar pukul 02 ,42 WIB. Sampai Beriita ini ditayangkan Kapolsek Semendo tidak memberikan respon sedikit pun ( Khair)

COMMENTS




































































Nama

.,3,.berita terkini,11108,.beritaterkini,6,.kalbar,17,(Merlung),5,abiansemal,2,Aceh,35,ACEH SINGKIL,78,Aceh Tamiang,23,Aceh Tengah,120,ACEH TENGGARA,2,ACEH TIMUR,2,Aceh Utara,3,advertorial,21,aek kanopan,1,Aekkanopan,9,agam,18,aimas,2,ALAI.,5,Alor,1,ambon,7,amlapura,65,anjatan,2,Anyer,1,AS,1,Asahan,6,babel,1,badau,1,badung,612,Bagansiapiapi,4,bakan,1,BALAESANG,1,bali,927,balige,9,BALIKPAPAN,6,balut.berita terkini,3,Banda Aceh,16,BANDAR LAMPUNG,39,Bandar Seri Begawan,1,bandara,7,Bandung,177,Bandung Barat,23,banggai,5,bangka,2,bangka barat,1,Bangka Belitung,5,Bangka Tengah,2,bangkep,1,BANGKEP - RN,1,BANGKINANG,5,bangli,825,Bangun Purba,1,Banguwangi,1,Banjar,23,Banjarnegara,8,bantaeng,46,Banten,151,Banyuasin,6,Banyumas,13,Banyuwangi,148,barito utara,1,Barru,6,Batam,103,batang,67,BATANG HARI,3,batang kuis,3,BATU,7,batu bara,68,baturaja,4,bekasai,1,Bekasi,2327,bekasi terkini,3,Bekasi Utara,1,belawan,2,Belitung,218,Belitung Timur,17,Beltim,225,belu,2,benakat,1,bener,1,Bener Meriah,481,BENGKALIS,78,Bengkayang,76,BENGKULU,6,BENGKULU SELATAN,19,BENGKULU UTARA,1,benoa,6,BER,3,BERI,1,beria terkini,1,beriita terkini,3,berit terkini,2,berita,1,Berita terkini,3280,berita terkini daerah,1,berita terkini.,1,berita terkinia,1,berita terkink,1,berita terkinu,2,berita tetkini,1,beritaterkini,4,beritq terkini,1,berta terkini,1,Bima,2,binjai,3,Bintan,9,Bintuni,1,Bitung,6,blahbatu,2,blahbatuh,17,Blitar,15,Blora,2,BMKG,1,BNN,1,Bogor,457,BOGOR TIMUR,71,Bola,1,BOLAANG MONGONDOW,3,bolmong,533,Bolmong raya,3,Bolmong selatan,13,bolmong timur,2,bolmong utara,1,bolmongsiar,1,bolmut,2,BOLNONG,1,bolong mopusi,1,bolsel,8,boltim,18,bone,3,BOYOLALI,2,Brebes,173,bualu,1,Bukit Tinggi,52,bukittinggi,19,buleleng,225,BUMIMORO,1,BUNGKU,1,Buol,90,BUTENG,1,Catatan Radar Nusantara,10,Ciamis,85,Cianjur,18,Cibinong,15,Cibitung,3,cikampek,42,Cikampek barat,1,Cikande,1,Cikarang,99,CIKARANG BARAT,1,CIKARANG PUSAT,1,cikarang utara,2,Cilacap,11,Cilegon,46,cilengsi,3,Cileungsi,41,Cimahi,461,Cimanggung,1,Cirebon,561,Cirebon Kota,2,Cisarua,1,citeureup,1,Dabo Singkep,266,daer,2,Daerah,7553,daerah Terkini,2,daerh,1,Daik Lingga,3,Dairi,245,Deli Serdang,53,Deli tua,1,deliserdang,1,demak,51,Denpasa,3,denpasar,837,denpasar timur,3,Dentim,1,Depok,621,derah,5,dharmasraya,6,DIY,8,Dolok,4,Doloksanggul,75,Dompu,2,Donggala,179,donri donri,1,DPRD Kab. Bekasi,11,DPRD Kota Bekasi,99,DPRD LamSel,8,Dumai,27,Dumoga,179,Dumoga Utara,2,duri,3,Ekonomi,3,EMPAT LAWANG,14,ende,2,eretan,1,Erkini,1,Fakfak,2,fakta,1,Garut,101,gianyar,798,gilimanuk,1,gorontalo,67,Gowa,107,Gresik,1,GROBOGAN,2,gunung mas,2,Gunung Putri,2,gunungsitoli,2,HL,23,HSU,1,Hukum,11,HUMAS BELTIM,6,humbahas,14,Indonesia,5,INDRA,1,Indragiri hulu,5,indralaya,44,Indramayu,35,Indrapura,15,info,1,INHIL,48,inhilriau,1,INHU,8,Jabar,22,jaka,4,Jakarta,1765,Jakarta barat,2,jakarta selatan,5,jakarta timur,3,jakarta utara,3,Jambi,160,jateng,5,jatijajar,1,JATIM,7,Jawa Barat,48,Jawa Tengah,10,Jawa Timur,13,Jayapura,54,Jember,8,jembrana,305,Jeneponto,23,Jepara,106,jimbaran,3,Jombang,4,kab,7,kab .Bandung,208,Kab 50 Kota,4,kab Bandung,30,kab. Agam,1,Kab. Bandung,3875,kab. bekasi,195,Kab. Bogor,27,Kab. Brebes,61,kab. buru,1,KAB. CIREBON,2,KAB. DAIRI,1,kab. Garut,1,Kab. Gumas,1,kab. Kajen,1,Kab. Kapuas Hulu,8,kab. Karawang,2,KAB. KARO,2,Kab. Kuningan,84,kab. langkat,2,kab. malang,1,Kab. Minahasa Tenggara,1,KAB. PELALAWAN,2,Kab. Serang,7,Kab. Serdang Bedagai,4,Kab. Sukabumi,12,kab. tangerang,6,Kab. Tasikmalaya,97,Kab. Toba,8,kab.agam,1,Kab.Bandung,1877,kab.barru,3,Kab.Bekasi,389,kab.bogor,31,KAB.BOGOR.BERITA TERKINI,1,kab.buru,2,Kab.Dogiyai Papua Tengah,1,kab.garut,2,kab.langkat,1,Kab.Malang,3,Kab.Nganjuk,6,kab.pekalongan,26,Kab.Samosir,8,KAB.SEMARANG,1,Kab.Sergai,5,KAB.SINJAI,5,kab.sorong,3,Kab.Sumedang,26,Kab.Tangerang,28,kab.Tasikmalaya,52,Kab.Way kanan,24,KABANJAHE,1,kabBandung,2,Kabupaten Bandung Barat,1,KABUPATEN SINJAI,3,KABUPATEN SINJAJ,3,kaimana,4,Kajen,4,Kalbar,591,kalideres,1,Kalimantan Barat,9,kalimantan timur,15,kalipuro,1,Kalsel,10,Kalteng,264,Kaltim,25,Kampar,170,Kampar Kiri,4,Kampar Riau,292,kapuas,3,Kapuas Hulu,278,kara,1,karanganyar,1,karangasem,867,Karawang,342,karawang Berita terkini,1,KARIMUN,6,KARIMUN - RN,1,KARO,27,katapang,1,KATINGAN,6,kayong utara,6,keban agung,1,KEBUMEN,1,Kec.Ukui,1,Kediri,62,KEEROM,27,Kendari,4,kepahiang,4,KEPRI,4,Kepulauan Riau,10,Kerinci,23,keritang inhil,1,kerobokan,6,KETAPANG,17,kintamani,1,klapanunggal,1,klungkung,525,KOBAR,1,kolaka,1,Kolaka Utara,1,Kominfo Kab.Bekasi,34,Korupsi,9,kota agung,1,KOTA BATU,1,KOTA KOTOMOBAGU,5,KOTA MANNA,2,KOTA METRO,29,kota pekalongan,8,Kota Sorong,9,kotabaru,1,Kotabumi,1,KOTAMIBAGU,3,Kotamobagu,107,kotawaringin barat,3,KOTAWARINGIN TIMUR,4,KOTIM,11,kriminal,5,Kronjo,1,Kuala Kapuas,6,kuala lumpur,1,Kuala Tungkal,9,kuansing,15,kuantan,1,kuantan Sengingi,4,kubu,4,kubu raya,54,KUDUS,123,Kuningan,1556,kupang,3,kuta,18,kuta badung,3,KUTAI KERTANEGARA,9,Kutai Timur,12,Kutim,6,l,1,Labuhan Bajo,1,Labuhan Batu,17,Labura,407,labusel,1,Lahat,31,LAMBATA,1,Lamongan,3,Lampung,97,Lampung Barat,196,LAMPUNG METRO,105,LAMPUNG SELATAN,63,Lampung Tengah,23,Lampung Timur,466,Lampung Utara,794,LAMPUNGUTARA,1,lampura,20,landak,6,langkat,5,langsa,3,LANTAMAL V,86,LANTAMAL X JAYAPURA,20,lawang kidul,46,lebak,203,LEMBATA,7,LIMAPULUHKOTA,6,Lingga,1071,liwa,13,Loksado,1,lolak,1,LOLAYAN,3,Lombok,6,Lombok barat,5,Lombok tengah,13,lombok timur,132,Lombok Utara,1,LOTIM,12,lotim.berita terkini,37,LUBUK LINGGAU,17,Lubuk Pakam,8,lubuk sikaping,1,lubuklinggau,16,lubuksikapaing,1,LUBUKSIKAPING,1,lukun,1,Lumajang,7,Lumanjang,1,Luwu,2,Luwuk,8,m,1,M.Labuhan,1,Mabar,1,madina,1,madura,1,Magelang,4,mahakam hulu,1,majaleMajalengka,1,Majalengka,638,majalengMajalengka,1,majalenMajalengka,1,majalMajalengka,1,majaMajalengka,1,majene,3,maka,1,makasar,3,makassar,212,malaka,1,Malang,192,Maluku,8,Maluku tengah,2,MALUKU UTARA,2,MAMAJU.RN,3,MAMASA,195,MAMUJU,219,MAMUJU TENGAH,7,Manado,64,mancanegara,1,mandau,1,mangapura,3,Manggar,91,Manggarai,1,manggarai barat,2,mangupura,127,Manokwari,162,mansel,1,marga,1,maros,1,mataram,13,MATENG,7,Mauk,2,Maybrat,1,medan,244,Mekar Baru,1,melawi,15,MEMPAWAH,1,mentawai,1,merak,5,merangin,93,MERANTI,969,MERAUKE,7,Merbau,3,Mesuji,75,metro,216,metro lampung,10,meulaboh,1,Minahasa,7,Minahasa Selatan,5,Minahasa Tenggara,2,Minahasa Utara,1,Minas,1,Minut,1,miranti,1,Mojokerto,560,monokwari,2,morowali,29,MOROWALI UTARA,1,MORUT,3,moskow,1,Muara Belida,1,Muara Bulian,1,muara bungo,3,Muara Enim,583,muara Tami,2,Muaro Jambi,4,muba,8,Mukomuko,81,muratara,534,murung raya,2,Musi Banyuasin,15,MUSI RAWAS,35,musirawas,7,Nabire,1,Naibenu,1,namlea,4,Nangka Bulik,2,Nasional,16,Natuna,95,negara,5,ngawi,3,Nias barat,21,NTB,74,NTT,14,nunukan,25,nusa dua,1,Ogan Ilir,7,OKI,3,OKU,2,Oku Selatan,565,Oku Timur,52,Opini,14,P. Bharat,1,P.SIANTAR,12,PACITAN,2,Padang,16,Padang Lawas,14,PADANG PANJANG,2,padang pariaman,1,Pagaralam,34,Pagimana,1,Pahuwato,1,Pakpak Bharat,21,Pakuhaji,2,Palangka raya,347,Palas,23,palelawan,44,Palembang,102,pali,2,Palu,195,palu utara,1,Paluta,66,pamekasan,2,Panang Enim,2,pancur batu,1,pand,1,pande,1,pandegelang,3,Pandeglang,2359,Pangandaran,23,Pangkalan Kerinci,1,pangkalanbun,3,Pangkalpinang,21,pangkep,4,pantai labu,1,Papandayan,1,Papua,96,PAPUA BARAT,227,papua barat daya,2,papua tengah,2,parapat,2,PARIAMAN,10,Parigi,6,Parigi Moutong,19,PARIMO,1063,Parlemen,32,PARUNG PANJANG,1,Pasaman,13,Pasangkayu,1,pasbar,1,Pasir Pangarayan,1,PASSI,1,PASSI TIMUR,6,Pasuruan,2,PATI,190,Patia,1,patrol,15,PAYAKUMBUH,9,PEBAYURAN,2,Pekalongan,85,pekan baru,7,Pekanbaru,496,Pekanbaru Riau,1586,pelalawan,26,pemalang,3,Pematangsiantar,46,pemekas,1,Pemkab Bekasi,7,Pemkot Bekasi,6,penanaman,1,penang Enim,2,Pendidikan,81,pengkadan,1,Penukal Abab Lematang Ilir (PALI),116,perbaungan,1,perimo,2,peristiwa,16,Permohonan,1,pesawaran,26,pesel,1,Pesisir Barat,2,Pesisir Barat,2,PESISIR SELATAN,1,Pilkada,1,pintianak,1,PIPIKORO,1,PN.TIPIKOR,2,polda jabar,1,Polhukam,154,Politik,2,polman,1,polres Pekalongan,2,ponorogo,1,pontia,1,Pontianak,1414,Poso,4,prabumulih,1,primo,9,Pringsewu,46,probolinggo,2,PROTOKOL DOLOK SANGGUL,1,PT Bukit Asam,1,Pulang Pisau,5,pulau merbau,7,pulau tidung,1,pulpis,1,purbalingga,5,Purwakarta,1859,Purwokerto,2,Putussibau,58,radar,3,Radar Artikel,33,Radar Selebrity,3,ragam,58,raja ampat,6,rambang dangku,1,RANGSANG,11,RANGSANG BARAT,1,rangsang pesisir,3,rantauprapat,1,rejang lebong,5,REMBANG,3,Renah mendalu,1,rengasdengklok,1,rengat,1,Riau,188,Rohil,6,rokan,1,Rokan Hilir,54,rokan hulu,15,Rongurnihuta,1,rote ndao,1,Sabang,57,Samarinda,60,sambas,2,sambilan,1,sampang,76,SAMPI,1,Sampit,652,Sangatta kutim,1,Sanggau,13,Sangihe,2,sar,1,Sarolangun,460,sekadau,7,SELAT PANJANG,10,SELATPANJANG,2,Selayar,18,selong,3,Semarang,62,Semarapura,43,semende,1,SEMOGA,2,SEMOGA TENGGARA,1,SENTANI,1,sentul,1,Seram Bagian Barat,1,Serang,484,Serdang Bedagai,42,Sergai,32,Seruyan,19,SIAK,22,siak hulu,9,sian,1,sibau hulu,1,Sibolga,166,siborongborong,1,sidikalang,1,SIDOARJO,6,SIDRAP,15,Sigi,103,silaen,1,Simalungun,139,simpang apek,1,Singaparna,10,singaraja,44,SINGKAWANG,14,SINGKEP BARAT,1,Sinjai,6,sintang,44,situbondo,6,sleman,2,solo,9,SOLOK,18,Solok Selatan,9,Soppeng,38,Sorong,293,Sorong selatan,4,Sragen,31,Subang,2033,SUKABUM,1,Sukabumi,571,sukawati,2,Sukoharjo,1,Sukra,1,Sulawesi,3,Sulawesi Selatan,33,sulawesi tengah,57,sulawesi tenggara,1,Sulbar,349,Sulsel,30,Sulteng,314,Sulut,375,Sumatera Selatan,6,SUMATERA UTARA,6,SUMB,1,sumba barat,1,Sumbar,68,Sumbawa,6,Sumbawa Barat(NTB),5,Sumedang,158,sumenep,43,sumsel,43,Sumut,108,Sungai Penuh,1,sungai tohor,3,Sunggal,2,SURABAYA,112,Surakarta,2,tabanan,629,tajabbarat,1,Takalar,203,talangpadang,5,TAMBANG,1,Tambraw,3,Tambraw - RN,6,tana toraja,1,tanah,1,tanah datar,2,TANAH JAWA,5,Tanah Karo,122,Tangerang,461,Tangerang Selatan,102,tangg,1,tanggamus,139,Tanjab Barat,973,Tanjab Timur,140,tanjabbar,1,Tanjabtim,1,tanjung agung,8,tanjung balai,4,Tanjung Enim,117,Tanjung Jabung timur,1,tanjung makmur,1,TANJUNG PINANG,14,tanjung samak,1,tanjung selor,1,tanjungenim,2,TANOYAN,8,Tapanuli Selatan,5,Tapanuli Tengah,99,Tapanuli Utara,31,tapung,3,tapung hulu,4,tarakan,1,tarutung,37,Tasikmalaya,398,tebi,1,tebin,1,tebing,1,Tebing Tinggi,107,tebing tinggi timur,1,tebingtinggi barat,11,Teekini,11,Teelini,1,Tegal,30,tekini,5,Telawang,1,teluk bintani,1,teluk buntal,1,telukuantan,5,temanggung,1,tembilahan,2,tembuku,2,Teminabuan,6,tenan,1,Tenggarong,1,ter,1,Terjini,3,TERJUN GAJAH,1,Terk,1,Terki,1,Terki i,3,Terkii,1,Terkiji,4,Terkimi,1,Terkin,9,Terkin8,1,Terkini,47984,Terkinii,1,Terkinin,1,TERKINIO,1,TERKINIP,2,Terkino,11,Terkinu,1,terkiri,9,TERKNI,3,Terkuni,2,Terlini,2,Termini,4,ternate,1,Tetkini,14,Timika,2,Toabo,1,toba,41,tolikara,2,tolitol,3,Tolitoli,1438,tolotoli,3,TOMOHON,5,Touna,27,Trenggalek,20,Trkini,1,Tterkini,1,tuba,1,tuba barat,11,Tuerkini,1,Tulang Bawang,14,Tulang Bawang Barat,9,Tulung agung,2,Tulungagung,304,Twrkini,1,ubud,25,Waibakul,1,Waisai,23,wajo,1,warseno,1,WAY KANAN,32,wonosari,1,Yogyakarta,9,
ltr
item
RADAR NUSANTARA NEWS: OKNUM POLSEK SEMENDO DISINYALIR SEPELEHKAN UU NO 2 TAHUN 2011
OKNUM POLSEK SEMENDO DISINYALIR SEPELEHKAN UU NO 2 TAHUN 2011
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgCXZbQATif3M6jEvC6kZNaOpZzKFBYQWnm3fNwOcXb_cjitx6M0i251kEeMDyQls3Ug9ARkAutFtOjC3iXBU3D20_PAydtWkyhgkB4Wp9upvHbZMlsNjkYx5F5oroJyx1XC9wM74VZkxvRXzOG8u8IwGNwF2RX5UC1qWMdUqMc2siO8TwknNIQHiJFqQ=s320
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgCXZbQATif3M6jEvC6kZNaOpZzKFBYQWnm3fNwOcXb_cjitx6M0i251kEeMDyQls3Ug9ARkAutFtOjC3iXBU3D20_PAydtWkyhgkB4Wp9upvHbZMlsNjkYx5F5oroJyx1XC9wM74VZkxvRXzOG8u8IwGNwF2RX5UC1qWMdUqMc2siO8TwknNIQHiJFqQ=s72-c
RADAR NUSANTARA NEWS
https://www.radarnusantara.com/2021/10/oknum-polsek-semendo-disinyalir.html
https://www.radarnusantara.com/
http://www.radarnusantara.com/
http://www.radarnusantara.com/2021/10/oknum-polsek-semendo-disinyalir.html
true
8338290086939464033
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy