PT.GRAHA PERDANA INDAH BANTAH SENGKETA DAN UPAYA PREMANISME

Depok, RN Terkait pelaksanaan pemagaran di lahan Blok pancoran Curug, Welli A. Tresyanto investor dan pengembang property dari PT.Graha Perd...



Depok, RN

Terkait pelaksanaan pemagaran di lahan Blok pancoran Curug, Welli A. Tresyanto investor dan pengembang property dari PT.Graha Perdana Indah,saat di konfirmasi Rn, Senin 09.00.wib di kantor pemasaran Graha, Jl.Cinangka Sawangan, Depok.Welli menyangkal dengan tegas adaya upaya prenamisme terkait pelaksanaan pemagaran lahan blok pancoran.


"Welli menjelaskan bahwa semua pekerja  pengawas dan keamanan yang di tugaskan di blok pancoran curug bebas dari unsur  tindakan premanisme dan tidak membawa dan mengatas namakan organisasi ormas tertentu, ucap nya" Graha hindari keributan dari pihak manapun.Kami dari pihak Graha memberdayakan potensi kearipan lokal. Tentunya kerja sama yang baik dan saling menguntungkan.


Mereka semua adalah bagian dari Graha meskipun tidak ada keterikatan kontrak kerja dan aturan waktu yang tertentu.PT.Graha perdana Indah juga membayar mereka  upah bulanan, dan tidak etis bila saya sebut nominalnya, jelas Welli.


"Saya sebutkan seperti Asmawih, Idham di percayakan sebagai kepala team keamanan di lingkungan dan external Graha.Fendy di berikan tugas tanggung jawab sebagai plaksana tekhnis di lapangan. Dan lain nya yang tidak sebutkan satu persatu, nama nya.


Di saat bersamaan  idham turut serta juga memberikan pernyataan, bahwa dirinya harus tanggung jawab atas kepercayaan yang di emban nya dari Pihak Graha, yang membayar dirinya setiap bulan nya, dan saya melakukan pekerjaan dari Graha, tampa membawa atribut organisasi ormas tertentu pungkasnya.


Terkait perizinan adanya pelaksanaan pemagaran dengan alat berat,bahwa Graha mengakui sudah mendapatkan izin semua pihak terkait,dari Amdal   lingkungan rt/rw dan kelurahan. Namun saat Lurah Curug Juanda di konfirmasi di ruang kerja terkait, perizinan Graha bertolak belakang dari pengakuan pihak Graha.


"Saya secara resmi tertulis tidak menerima pemberitahuan pelaksanaan pemagaran dan pendoseran di lahan Blok pancoran tersebut, ucap lurah".Bahkan sepontanitas saat itu juga Lurah Curug Juanda, menghubungi Kasatpol PP, kecamatan Sawangan,  Dede di hubungi melalui Wa.Agar lakukan  sidak tinjau langsung ke lokasi.Tidak lama kemudian team Satpol PP tiba di lokasi. Namun karena tidak di dukung dengan situasi dan kondisi di karenakan hujan juga ,khawatir mobil mereka tidak bisa bergerak karena kondisi jalan yang berlumpur. 


Adanya keluhan dan respon protes keberatan dari petani penggarap tumpangsari,yang informasi nya mereka sudah menanam bertahun tahun lamanya, berbagai macam jenis tanaman pertanian di rusak begitu saja oleh pihak Graha. Tampa ada pemberitahuan sebelum nya dan sama sekali tidak ada di berikan ganti rugi.


Saat Rn menanyakan sikap Welli atas protes dan keberatan dari  penggarap tumpang sari, "Bahwa pihak graha sudah dua kali memberikan ganti rugi kepada mereka, tegas Welli," justru Pihak Graha  yang seharus nya keberatan, karena penggarap mengelolah dan memampaatkan lahan  tampa ada izin dari pihak Graha. Cetus nya.Jangan seenak nya  saja petani penggarap minta ganti rugi,  saat ada masalah mereka  hanya bisa diam, dan tidak akan membantu pungkas nya." "Saya sendiri loh pelakunya betapa rumit dan lama mekanisme proses pengurusan legalitas tanah tersebut, saya ke Kanwil Agraria Jawa barat , Polda, dan BPN Depok melewati mekanisme yang begitu lama, jelas welly.


Dari pengakuan dan keterangan yang di himpun dari Welly A. Tresyanto menegaskan bahwa,PT.Graha Perdana Indah menyakini pihak nya tidak ada kelalaian dalam proses pelepasan hak atas ahli waris dan penggarap tumpang sari. semua kewajiban sudah graha penuhi sesuai dengan prosodure dan aturan secara Hukum.


Welli juga menegaskan kembali pada tahun 2010, tepat nya di kantor kelurahan curug di saksikan dan di hadiri rt/rw dan Kepala desa curug periode 1989 s/d 2007, waktu itu dijabat Manguluang Mansyur. berjumlah 50  orang ahli waris dan penggarap turut serta  hadir saat pembayaran pelepasan hak ahli waris dan penggarap.


Pihak Graha yaitu welli , memyatakan bersedia menyelesaikan dan membayar pelepasan hak kepada ahli waris dan penggarap.  Ada syarat dari  Graha memasukan alat berat di objek tanah yang akan di bebaskan. welly menjelaskan selama dua minggu lamanya keberadaan alat berat bulldoser di lokasi lahan tersebut tidak ada yang menyatakan  komplain maupun keberatan ke pihak Graha. "Berarti tidak ada masalah dong?" Cetus Welli.


Graha juga sdh melakukan upaya pengajuan floating tanah ya ke pihak berwenang yaitu Bpn Depok. Saat Bpn Depok lakukan floating di lahan yang luasnya (+-)13,6Ha.Adanya makam Jawa dan makam kampung di lokasi objek tanah  tersebut ini   tambahan untuk memperkuat kebenaran objek tanah milik Graha, ucap welli.


Menanggapi alas hak ahli waris dan penggarap memiliki bukti kepemilikan,kekuatan alas Hukum yang kuat dan sah yang di keluarkan dari kantor,INSPEKSI AGRARIA Jawa Barat,tanggal 13 desember 1964.Nomor. 205D/VIII/54/1964-Sebagaimana telah di tegaskan berdasarkan surat,Badan Pertanahan Nasional Kantor Wilayah Jawa Barat,Nomor 570-2236 tanggal 11 noverber 1998. Perihal:Masalah tanah bekas hak pakai No.1 Desa curug kecamatan Sawangan seluas(+-),136.660M2. terletak di desa Curug kecamatan Sawangan,Kabupaten Bogor. Bahwa Nama petani pengggarap,H.Saroh,Dkk  berjumlah 41 orang  tersebut adalah benar.


Bahwa Surat Badan pertanahan Nasional Kantor Wilayah Jawa Propinsi Jawa Barat NO:570.2236 tanggal 11 November 1998 adalah bukti,HUKUM yang KUAT & SAH atas kepemilikan Hak garap oleh Ahli waris Alm.H.Saroh dan masih berlaku hingga saat sekarang, Dan surat tersebut telah di tegaskan kembali kekuatan HUKUM nya Oleh Badan Pertanahan Nasional RI.


"Welly berkomentar bahwa, Keputusan Badan Pertanahan Nasional Kantor Wilayah Propinsi Jawa Barat Tahun 1998,Sudah di batalkan ke  absahanya  dan hak legalitas kekuatan hukum nya , melalui Rekomendasi dari BPN  Kantor wilayah Jawa Barat di tujukan kepada, Wilayah kerja, BPN Kota Depok. 


Menyikapi kebijakan dan keputusan sepihak,  menurut Kuasa Hukum Ahli Waris Dkk, SUTARA, SH. M.H. & PATNERS   adalah Cacat HUKUM. Menurut SUTARA, S.H. M.H. yang seyogianya pembatalan nya harus melalui Proses Pengadilan PTUN ,Administrasi Negara, Yang berhak dan berwenang, menyatakan, menimbang memutuskan pembatalan terkait Keputusan Tahun 1998 yang di keluarkan Kanwil BPN Jawa Barat. Patut di duga cacat HUKUM,Ungkap Sutara S.H. MH. Selaku kuasa Hukum.


Pembatalan yang di di putuskan yang di lakukan BPN, Depok Patut di lakukan Peninjauan kembali atas perkara dan sengketa antara PT.GRAHA PERDANA INDAH dan Ahli Waris Dkk.


Welly juga dari pihak  Graha, memperkuat pernyataannya bahwa  rekomondasi Dari Badan Pertanahan Nasional Kantor Wilayah Propinsi Jawa Barat yang di tujukan ke Wilayah BPN Depok sudah membatalkan keputusan Tahun 1998 dan dinyatakan tidak berlaku lagi, papar Welli.  dari pembatalan keputusan 1998. Maka Graha bisa memiliki,Sertifikat SHGB Sah, di keluarkan dan di terbitkan BPN Depok, tahun 2014. Saat itu juga welli di sarankan dari DPRD, Komisi A, Kota Depok ,  agar segera melakukan Split atas objek tanah yang memiliki Sertipikat SHGB NOMOR 2076 tersebut.


Untuk meminta keterangan terkait pembayaran dan pembebasan tanah blok pancoran Curug seluas kurang lebih 13,6Ha. Menurut dan pengakuan Pihak Graha, Welly A.Tresyanto, sudah membayar bebaskan Hak hak Ahli Waris.


Keluarga besar Ahli waris Astari dan Muhammad saat di konfirmasi  Rn, di kediaman nya Curug.Menyangkal bahwa mereka Ahli waris tidak ada pernah  melakukan transaksi jual beli tanah blok pancoran ke Pihak Graha dan mereka juga menyangkal merasa tidak pernah menerima  sejumlah Uang bahkan seperakpun kami tidak pernah menerima uang dari Graha,pungkas ahliwaris.


Ahli waris  minta Graha tunjukkan bukti ,kebenaran kalau   kami Ahli waris  dari alm. H. Saroh, pernah di di bayar oleh PT. GRAHA PERDANA INDAH, dan menerima bayaran atas pelepasan lahan Blok Pancoran HAK MUTLAK, Ahli waris Dari alm H. Saroh.


Munif Faisal,A.M.S.H.  ketua aktivist Dewan Pimpinan Pusat , Lembaga Swadaya Masyarakat ,MITRA PATRIA INDONESIA,yang berkantor di Curug Depok, LSM MPI, Tupoksi spesipik  menangani  Permasalahan di bidang pertanahan yang  berkaitan dengan sengketa pertanahan.


Memberikan statemen sengketa lahan blok Pancoran, Curug Antara Pihak Graha dan Ahli waris  bisa di selesaikan melalui musyawarah  dan mupakat, cara ini adalah solusi tercepat dan terbaik untuk menyelesaikan Sengketa antara Penggarap dengan pihak PT. GRAHA PERDANA INDAH.


Welli A. Tresyanto,  saat di konfirmasi senin 10/01/2022 di Kantor marketting Graha sawangan Depok di akhir wawancara dengan Rn, Dirinya menyebutkan, Silahkan saja laporkan ke pihak yang berwajib  bila, Welli A.  Tresyanto  Saya sendiri  melakukan, tindak pidana penyerobotan tanah, 


Dan Silahkan juga laporkan saya dan tuntut  Ke PTUN, bila saya melakukan  pelanggaran perdata ,Pungkas nya,sekaligus penutup pembicaraan nya.



Jer Silalahi.

COMMENTS




































































Nama

.,3,.berita terkini,11108,.beritaterkini,6,.kalbar,17,(Merlung),5,abiansemal,1,Aceh,35,ACEH SINGKIL,78,Aceh Tamiang,23,Aceh Tengah,120,ACEH TENGGARA,2,ACEH TIMUR,2,Aceh Utara,3,advertorial,21,aek kanopan,1,Aekkanopan,9,agam,18,aimas,1,ALAI.,5,Alor,1,ambon,7,amlapura,65,anjatan,2,Anyer,1,AS,1,Asahan,6,babel,1,badau,1,badung,603,Bagansiapiapi,4,bakan,1,BALAESANG,1,bali,922,balige,9,BALIKPAPAN,6,balut.berita terkini,3,Banda Aceh,16,BANDAR LAMPUNG,39,Bandar Seri Begawan,1,bandara,7,Bandung,177,Bandung Barat,23,banggai,5,bangka,2,bangka barat,1,Bangka Belitung,5,Bangka Tengah,2,bangkep,1,BANGKEP - RN,1,BANGKINANG,5,bangli,825,Bangun Purba,1,Banguwangi,1,Banjar,23,Banjarnegara,8,bantaeng,46,Banten,149,Banyuasin,6,Banyumas,13,Banyuwangi,148,barito utara,1,Barru,6,Batam,103,batang,67,BATANG HARI,3,batang kuis,3,BATU,7,batu bara,68,baturaja,4,bekasai,1,Bekasi,2321,bekasi terkini,3,Bekasi Utara,1,belawan,2,Belitung,218,Belitung Timur,17,Beltim,225,belu,2,benakat,1,bener,1,Bener Meriah,481,BENGKALIS,78,Bengkayang,76,BENGKULU,6,BENGKULU SELATAN,19,BENGKULU UTARA,1,benoa,6,BER,3,BERI,1,beria terkini,1,beriita terkini,3,berit terkini,2,berita,1,Berita terkini,3276,berita terkini daerah,1,berita terkini.,1,berita terkinia,1,berita terkink,1,berita terkinu,2,berita tetkini,1,beritaterkini,4,beritq terkini,1,berta terkini,1,Bima,2,binjai,3,Bintan,9,Bintuni,1,Bitung,6,blahbatu,2,blahbatuh,17,Blitar,15,Blora,2,BMKG,1,BNN,1,Bogor,457,BOGOR TIMUR,71,Bola,1,BOLAANG MONGONDOW,3,bolmong,533,Bolmong raya,3,Bolmong selatan,13,bolmong timur,2,bolmong utara,1,bolmongsiar,1,bolmut,2,BOLNONG,1,bolong mopusi,1,bolsel,8,boltim,18,bone,3,BOYOLALI,2,Brebes,173,bualu,1,Bukit Tinggi,51,bukittinggi,18,buleleng,224,BUMIMORO,1,BUNGKU,1,Buol,90,BUTENG,1,Catatan Radar Nusantara,10,Ciamis,85,Cianjur,18,Cibinong,15,Cibitung,3,cikampek,42,Cikampek barat,1,Cikande,1,Cikarang,99,CIKARANG BARAT,1,CIKARANG PUSAT,1,cikarang utara,2,Cilacap,11,Cilegon,46,cilengsi,3,Cileungsi,41,Cimahi,461,Cimanggung,1,Cirebon,561,Cirebon Kota,2,Cisarua,1,citeureup,1,Dabo Singkep,266,daer,2,Daerah,7551,daerah Terkini,2,daerh,1,Daik Lingga,3,Dairi,245,Deli Serdang,53,Deli tua,1,deliserdang,1,demak,51,Denpasa,3,denpasar,835,denpasar timur,3,Dentim,1,Depok,621,derah,5,dharmasraya,6,DIY,8,Dolok,4,Doloksanggul,75,Dompu,2,Donggala,179,donri donri,1,DPRD Kab. Bekasi,11,DPRD Kota Bekasi,99,DPRD LamSel,8,Dumai,27,Dumoga,179,Dumoga Utara,2,duri,3,Ekonomi,3,EMPAT LAWANG,14,ende,2,eretan,1,Erkini,1,Fakfak,2,fakta,1,Garut,101,gianyar,795,gilimanuk,1,gorontalo,67,Gowa,107,Gresik,1,GROBOGAN,2,gunung mas,2,Gunung Putri,2,gunungsitoli,2,HL,23,HSU,1,Hukum,11,HUMAS BELTIM,6,humbahas,14,Indonesia,5,INDRA,1,Indragiri hulu,5,indralaya,44,Indramayu,35,Indrapura,15,info,1,INHIL,48,inhilriau,1,INHU,8,Jabar,22,jaka,4,Jakarta,1758,Jakarta barat,2,jakarta selatan,5,jakarta timur,3,jakarta utara,3,Jambi,160,jateng,5,jatijajar,1,JATIM,7,Jawa Barat,48,Jawa Tengah,10,Jawa Timur,13,Jayapura,54,Jember,8,jembrana,305,Jeneponto,23,Jepara,106,jimbaran,3,Jombang,4,kab,7,kab .Bandung,208,Kab 50 Kota,4,kab Bandung,30,kab. Agam,1,Kab. Bandung,3875,kab. bekasi,195,Kab. Bogor,27,Kab. Brebes,61,kab. buru,1,KAB. CIREBON,2,KAB. DAIRI,1,kab. Garut,1,Kab. Gumas,1,kab. Kajen,1,Kab. Kapuas Hulu,8,kab. Karawang,2,KAB. KARO,2,Kab. Kuningan,84,kab. langkat,2,kab. malang,1,Kab. Minahasa Tenggara,1,KAB. PELALAWAN,2,Kab. Serang,7,Kab. Serdang Bedagai,4,Kab. Sukabumi,12,kab. tangerang,6,Kab. Tasikmalaya,97,Kab. Toba,8,kab.agam,1,Kab.Bandung,1877,kab.barru,3,Kab.Bekasi,389,kab.bogor,31,KAB.BOGOR.BERITA TERKINI,1,kab.buru,2,Kab.Dogiyai Papua Tengah,1,kab.garut,2,kab.langkat,1,Kab.Malang,3,Kab.Nganjuk,6,kab.pekalongan,26,Kab.Samosir,8,KAB.SEMARANG,1,Kab.Sergai,5,KAB.SINJAI,5,kab.sorong,3,Kab.Sumedang,26,Kab.Tangerang,28,kab.Tasikmalaya,52,Kab.Way kanan,24,KABANJAHE,1,kabBandung,2,Kabupaten Bandung Barat,1,KABUPATEN SINJAI,3,KABUPATEN SINJAJ,3,kaimana,4,Kajen,4,Kalbar,590,kalideres,1,Kalimantan Barat,9,kalimantan timur,15,kalipuro,1,Kalsel,10,Kalteng,264,Kaltim,25,Kampar,168,Kampar Kiri,4,Kampar Riau,290,kapuas,3,Kapuas Hulu,278,kara,1,karanganyar,1,karangasem,867,Karawang,342,karawang Berita terkini,1,KARIMUN,6,KARIMUN - RN,1,KARO,27,katapang,1,KATINGAN,6,kayong utara,6,keban agung,1,KEBUMEN,1,Kec.Ukui,1,Kediri,62,KEEROM,27,Kendari,4,kepahiang,4,KEPRI,4,Kepulauan Riau,10,Kerinci,23,keritang inhil,1,kerobokan,5,KETAPANG,17,kintamani,1,klapanunggal,1,klungkung,525,KOBAR,1,kolaka,1,Kolaka Utara,1,Kominfo Kab.Bekasi,34,Korupsi,9,kota agung,1,KOTA BATU,1,KOTA KOTOMOBAGU,5,KOTA MANNA,2,KOTA METRO,29,kota pekalongan,8,Kota Sorong,9,kotabaru,1,Kotabumi,1,KOTAMIBAGU,3,Kotamobagu,107,kotawaringin barat,3,KOTAWARINGIN TIMUR,4,KOTIM,11,kriminal,5,Kronjo,1,Kuala Kapuas,6,kuala lumpur,1,Kuala Tungkal,9,kuansing,15,kuantan,1,kuantan Sengingi,4,kubu,4,kubu raya,51,KUDUS,123,Kuningan,1549,kupang,3,kuta,18,kuta badung,3,KUTAI KERTANEGARA,9,Kutai Timur,12,Kutim,6,l,1,Labuhan Bajo,1,Labuhan Batu,17,Labura,407,labusel,1,Lahat,31,LAMBATA,1,Lamongan,3,Lampung,97,Lampung Barat,196,LAMPUNG METRO,105,LAMPUNG SELATAN,63,Lampung Tengah,23,Lampung Timur,466,Lampung Utara,794,LAMPUNGUTARA,1,lampura,20,landak,6,langkat,5,langsa,3,LANTAMAL V,86,LANTAMAL X JAYAPURA,20,lawang kidul,46,lebak,203,LEMBATA,7,LIMAPULUHKOTA,6,Lingga,1071,liwa,13,Loksado,1,lolak,1,LOLAYAN,3,Lombok,6,Lombok barat,5,Lombok tengah,13,lombok timur,132,Lombok Utara,1,LOTIM,12,lotim.berita terkini,37,LUBUK LINGGAU,17,Lubuk Pakam,8,lubuk sikaping,1,lubuklinggau,16,lubuksikapaing,1,LUBUKSIKAPING,1,lukun,1,Lumajang,7,Lumanjang,1,Luwu,2,Luwuk,8,m,1,M.Labuhan,1,Mabar,1,madina,1,madura,1,Magelang,4,mahakam hulu,1,majaleMajalengka,1,Majalengka,638,majalengMajalengka,1,majalenMajalengka,1,majalMajalengka,1,majaMajalengka,1,majene,3,maka,1,makasar,3,makassar,212,malaka,1,Malang,192,Maluku,8,Maluku tengah,2,MALUKU UTARA,2,MAMAJU.RN,3,MAMASA,195,MAMUJU,219,MAMUJU TENGAH,7,Manado,64,mancanegara,1,mandau,1,mangapura,3,Manggar,91,Manggarai,1,manggarai barat,2,mangupura,120,Manokwari,162,mansel,1,marga,1,maros,1,mataram,13,MATENG,7,Mauk,2,Maybrat,1,medan,243,Mekar Baru,1,melawi,14,MEMPAWAH,1,mentawai,1,merak,5,merangin,93,MERANTI,969,MERAUKE,7,Merbau,3,Mesuji,75,metro,216,metro lampung,10,meulaboh,1,Minahasa,7,Minahasa Selatan,5,Minahasa Tenggara,2,Minahasa Utara,1,Minas,1,Minut,1,miranti,1,Mojokerto,560,monokwari,2,morowali,29,MOROWALI UTARA,1,MORUT,3,moskow,1,Muara Belida,1,Muara Bulian,1,muara bungo,3,Muara Enim,583,muara Tami,2,Muaro Jambi,4,muba,8,Mukomuko,81,muratara,534,murung raya,2,Musi Banyuasin,15,MUSI RAWAS,35,musirawas,7,Nabire,1,Naibenu,1,namlea,4,Nangka Bulik,2,Nasional,16,Natuna,95,negara,5,ngawi,3,Nias barat,21,NTB,74,NTT,14,nunukan,25,nusa dua,1,Ogan Ilir,7,OKI,3,OKU,2,Oku Selatan,565,Oku Timur,52,Opini,14,P. Bharat,1,P.SIANTAR,12,PACITAN,2,Padang,16,Padang Lawas,14,PADANG PANJANG,2,padang pariaman,1,Pagaralam,34,Pagimana,1,Pahuwato,1,Pakpak Bharat,21,Pakuhaji,2,Palangka raya,347,Palas,23,palelawan,44,Palembang,102,pali,2,Palu,195,palu utara,1,Paluta,66,pamekasan,2,Panang Enim,2,pancur batu,1,pand,1,pande,1,pandegelang,3,Pandeglang,2354,Pangandaran,23,Pangkalan Kerinci,1,pangkalanbun,3,Pangkalpinang,21,pangkep,4,pantai labu,1,Papandayan,1,Papua,96,PAPUA BARAT,227,papua barat daya,2,papua tengah,2,parapat,2,PARIAMAN,10,Parigi,6,Parigi Moutong,19,PARIMO,1063,Parlemen,32,PARUNG PANJANG,1,Pasaman,13,Pasangkayu,1,pasbar,1,Pasir Pangarayan,1,PASSI,1,PASSI TIMUR,6,Pasuruan,2,PATI,190,Patia,1,patrol,15,PAYAKUMBUH,9,PEBAYURAN,2,Pekalongan,85,pekan baru,7,Pekanbaru,486,Pekanbaru Riau,1576,pelalawan,26,pemalang,3,Pematangsiantar,46,pemekas,1,Pemkab Bekasi,7,Pemkot Bekasi,6,penanaman,1,penang Enim,2,Pendidikan,81,pengkadan,1,Penukal Abab Lematang Ilir (PALI),116,perbaungan,1,perimo,2,peristiwa,16,Permohonan,1,pesawaran,26,pesel,1,Pesisir Barat,2,Pesisir Barat,2,PESISIR SELATAN,1,Pilkada,1,pintianak,1,PIPIKORO,1,PN.TIPIKOR,2,polda jabar,1,Polhukam,154,Politik,2,polman,1,polres Pekalongan,2,ponorogo,1,pontia,1,Pontianak,1412,Poso,4,prabumulih,1,primo,9,Pringsewu,46,probolinggo,2,PROTOKOL DOLOK SANGGUL,1,PT Bukit Asam,1,Pulang Pisau,5,pulau merbau,7,pulau tidung,1,pulpis,1,purbalingga,5,Purwakarta,1859,Purwokerto,2,Putussibau,58,radar,3,Radar Artikel,33,Radar Selebrity,3,ragam,58,raja ampat,6,rambang dangku,1,RANGSANG,11,RANGSANG BARAT,1,rangsang pesisir,3,rantauprapat,1,rejang lebong,5,REMBANG,3,Renah mendalu,1,rengasdengklok,1,rengat,1,Riau,187,Rohil,6,rokan,1,Rokan Hilir,54,rokan hulu,15,Rongurnihuta,1,rote ndao,1,Sabang,57,Samarinda,60,sambas,1,sambilan,1,sampang,76,SAMPI,1,Sampit,652,Sangatta kutim,1,Sanggau,13,Sangihe,2,sar,1,Sarolangun,460,sekadau,7,SELAT PANJANG,10,SELATPANJANG,2,Selayar,18,selong,3,Semarang,62,Semarapura,43,semende,1,SEMOGA,2,SEMOGA TENGGARA,1,SENTANI,1,sentul,1,Seram Bagian Barat,1,Serang,483,Serdang Bedagai,42,Sergai,32,Seruyan,19,SIAK,22,siak hulu,9,sian,1,sibau hulu,1,Sibolga,166,siborongborong,1,sidikalang,1,SIDOARJO,6,SIDRAP,15,Sigi,103,silaen,1,Simalungun,138,simpang apek,1,Singaparna,10,singaraja,44,SINGKAWANG,14,SINGKEP BARAT,1,Sinjai,6,sintang,44,situbondo,6,sleman,2,solo,9,SOLOK,18,Solok Selatan,9,Soppeng,38,Sorong,287,Sorong selatan,4,Sragen,31,Subang,2028,SUKABUM,1,Sukabumi,571,sukawati,2,Sukoharjo,1,Sukra,1,Sulawesi,3,Sulawesi Selatan,33,sulawesi tengah,57,sulawesi tenggara,1,Sulbar,349,Sulsel,30,Sulteng,314,Sulut,375,Sumatera Selatan,6,SUMATERA UTARA,6,SUMB,1,sumba barat,1,Sumbar,68,Sumbawa,6,Sumbawa Barat(NTB),5,Sumedang,158,sumenep,43,sumsel,43,Sumut,108,Sungai Penuh,1,sungai tohor,3,Sunggal,2,SURABAYA,109,Surakarta,2,tabanan,620,tajabbarat,1,Takalar,203,talangpadang,5,TAMBANG,1,Tambraw,3,Tambraw - RN,6,tana toraja,1,tanah,1,tanah datar,2,TANAH JAWA,5,Tanah Karo,122,Tangerang,461,Tangerang Selatan,102,tangg,1,tanggamus,139,Tanjab Barat,973,Tanjab Timur,140,tanjabbar,1,Tanjabtim,1,tanjung agung,8,tanjung balai,4,Tanjung Enim,117,Tanjung Jabung timur,1,tanjung makmur,1,TANJUNG PINANG,14,tanjung samak,1,tanjung selor,1,tanjungenim,2,TANOYAN,8,Tapanuli Selatan,5,Tapanuli Tengah,99,Tapanuli Utara,31,tapung,3,tapung hulu,4,tarakan,1,tarutung,35,Tasikmalaya,398,tebi,1,tebin,1,tebing,1,Tebing Tinggi,107,tebing tinggi timur,1,tebingtinggi barat,11,Teekini,11,Teelini,1,Tegal,30,tekini,5,Telawang,1,teluk bintani,1,teluk buntal,1,telukuantan,5,temanggung,1,tembilahan,2,tembuku,2,Teminabuan,6,tenan,1,Tenggarong,1,ter,1,Terjini,3,TERJUN GAJAH,1,Terk,1,Terki,1,Terki i,3,Terkii,1,Terkiji,4,Terkimi,1,Terkin,9,Terkin8,1,Terkini,47885,Terkinii,1,Terkinin,1,TERKINIO,1,TERKINIP,2,Terkino,11,Terkinu,1,terkiri,9,TERKNI,3,Terkuni,2,Terlini,2,Termini,4,ternate,1,Tetkini,14,Timika,2,Toabo,1,toba,41,tolikara,2,tolitol,3,Tolitoli,1437,tolotoli,3,TOMOHON,5,Touna,27,Trenggalek,20,Trkini,1,Tterkini,1,tuba,1,tuba barat,11,Tuerkini,1,Tulang Bawang,14,Tulang Bawang Barat,9,Tulung agung,2,Tulungagung,304,Twrkini,1,ubud,25,Waibakul,1,Waisai,23,wajo,1,warseno,1,WAY KANAN,32,wonosari,1,Yogyakarta,9,
ltr
item
RADAR NUSANTARA NEWS: PT.GRAHA PERDANA INDAH BANTAH SENGKETA DAN UPAYA PREMANISME
PT.GRAHA PERDANA INDAH BANTAH SENGKETA DAN UPAYA PREMANISME
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgSnyFGE0f214JEiPFpoVHU6ITXyok2DUk5aY4r9hMmYSWnAWxtikAjMkUkum2Eb8mNj0BjevVXob79QwLKWTizMnS2Lw6G0BM8slNls1RnZMyhiH_rBY1HC2PWzMwgJ9pi3qeiUkeL8GoVOU3p53ejG5L3QzqiiDFboreMOeaq_CFJz72B1XitlhpX=s320
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEgSnyFGE0f214JEiPFpoVHU6ITXyok2DUk5aY4r9hMmYSWnAWxtikAjMkUkum2Eb8mNj0BjevVXob79QwLKWTizMnS2Lw6G0BM8slNls1RnZMyhiH_rBY1HC2PWzMwgJ9pi3qeiUkeL8GoVOU3p53ejG5L3QzqiiDFboreMOeaq_CFJz72B1XitlhpX=s72-c
RADAR NUSANTARA NEWS
https://www.radarnusantara.com/2022/01/ptgraha-perdana-indah-bantah-sengketa.html
https://www.radarnusantara.com/
http://www.radarnusantara.com/
http://www.radarnusantara.com/2022/01/ptgraha-perdana-indah-bantah-sengketa.html
true
8338290086939464033
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy