Rapat Penyusunan Program Kerja DPRD Kota Bekasi Tahun 2023

DPRD Kota Bekasi,RN Jawa Barat - Rapat Penyusunan Program Kerja DPRD kota Bekasi Tahun 2023, diadakan selama 3 hari yakni Kamis, Jumat dan S...


DPRD Kota Bekasi,RN

Jawa Barat - Rapat Penyusunan Program Kerja DPRD kota Bekasi Tahun 2023, diadakan selama 3 hari yakni Kamis, Jumat dan Sabtu tanggal 3-5 Februari 2023. Rapat ini dihelat di Hotel JS Luwansa, Kuningan, Jakarta tepatnya di Ruang Ballroom. Agenda yang dirapatkan adalah perihal pemaparan dan diskusi terkait penyusunan Program Kerja DPRD yang mana berpedoman pada Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib DPRD Provinsi, Kabupaten dan Kota, lalu pada Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2017 Tentang Hak Keuangan Dan Administratif Pimpinan Dan Anggota DPRD.

 

Seorang Narasumber diundang dalam rapat Penyusunan Program Kerja DPRD ini. Narasumber tersebut adalah Bapak Dr. Sugeng Haryono, beliau merupakan Staff Ahli Permasyarakatan dan Hubungan Antar Lembaga serta Direktur Jenderal Bina Bangda Kementrian Dalam negeri (Kemendagri) Republik Indonesia. Selain itu, pada rapat edisi 2023 ini dihadiri oleh Pimpinan dan Seluruh Anggota DPRD, Para Kabag, Kasubag dan juga semua unsur Sekretariat DPRD Kota Bekasi. Adapun Bapak SETWAN ikut serta melalui Zoom Meeting.


Rapat diadakan di Ruang Ballroom Hotel JS Luwansa dan dibuka oleh Ketua DPRD Kota Bekasi Bapak Ir. H. Chairoman Joewono Putro, B.Eng., M.Si. Melalui sambutannya beliau menjelaskan “ Renja Tahun 2022 memuat rencana program dan kegiatan DPRD Kota Bekasi di Tahun 2023 yang disusun dalam rangka pencapaian tujuan dan sasaran serta rencana anggaran memenuhi prinsip efisien, efektif, transparan, dan akuntabel serta sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Rancangan ini disusun berlandaskan pada optimalisasi tugas pokok dan fungsi DPRD, sebagai lembaga legislasi, budgeting dan pengawasan terhadap jalannya pemerintah dan pembangunan dalam melayani masyarakat, meningkatkan kesejahteraan masyarakat “.

 

“ Kegiatan ini diikuti seluruh aggota dewan, dan jajaran  sekretariat dewan guna menetapkan program dan meningkatkan kinerja anggota DPRD agar semakin aspiratif, responsif dan advokatif terhadap keluhan, keinginan dan harapan masyarakat “. Papar Bang Choi, sapaan akrab Ketua DPRD Kota Bekasi.

 

Renja ini juga memuat evaluasi pelaksanaan Renja tahun 2021, berupa kendala dan hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan program dan kegiatan tahun 2021 serta upaya dan strategi pemecahan masalah guna pencapaian dan peningkatan kinerja di tahun-tahun yang akan datang.

 

“ Evaluasi pelaksanaan Renja tahun sebelumnya merupakan cerminan keberhasilan atau adanya kendala dalam mewujudkan target kinerja DPRD sesuai dengan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan serta guna lebih cermat dalam perencanaan tahun berikutnya “. Lanjut dipaparkan Politisi PKS ini.

 

Bapak Ketua Chairoman J Putro menegaskan, “ meskipun Kota Bekasi tengah menghadapi Covid 19 gelombang ketiga, Anggota legislatif Kota Bekasi pun tetap dan terus bekerja, untuk memastikan sistem checks and balances dalam roda pemerintahan Kota Bekasi tetap berjalan dengan baik.

 

“ Kegiatan ini juga diharapkan mampu mengoptimalkan fungsi pengawasan mulai tahap perencanaan, pelaksanaan, hingga monitoring dan evaluasi terhadap setiap kegiatan yang menggunakan APBD. Serta memaksimalkan fungsi pengawasan, budgetting dan legislasi DPRD tetap optimal meski di tengah pandemi covid “. Ujar Chairoman J Putro.

 

Setelah pembukaan oleh Bapak Ketua, rapat dilanjutkan dengan sambutan serta pemaparan materi oleh Dr. Sugeng Haryono, materi yang dipaparkan beliau bertemakan perihal Arah Kebijakan Penyusunan RKPD 2023 dan Posisi Tawar (Bargaining Position) DPRD Dalam Penyusunan RKPD.

 

‘’ Dalam Pemerintahan Daerah terdapat 2 hal yaitu “Mengatur” urusan yang menjadi kewenangan kita dan “mengurus” kewenangan tersebut. Adapun alat yang digunakan adalah 3 fungsi DRPD itu sendiri yaitu Fungsi Pembentukan Perda, Fungsi Pengawasan Dan Fungsi Anggaran ‘’.

 

“ Merupakan hal yang sangat baik jika DPRD mau ikut serta terjun langsung dan menuangkan opini dalam pelaksanaan program, sub program dan lainnya secara detail. Kami Bina Bangda mengawal Permendagri terkait RKPD, sehingga kami dapat mendengar langsung masukan terkait APBD dan hal lainnya perihal Penyusunan RKPD. Beliau melanjutkan bahwa RKPD adalah turunan dari RPJMD dan RKPD pasti mengambil rancangan dari RPJMD pada BAB 5 Tahun 2004/2005 ”. Ujar Bapak Sugeng

 

Selanjutnya, terkait dengan Reses. Reses terbagi menjadi 3 dalam pelaksanaannya, yaitu dimulai dengan Menjaring aspirasi pada dapil, lalu menyiapkan laporan reses dan kemudian Disampaikan pada Paripurna. Dalam pelaksanaannya, ada satu Azas yang perlu menjadi perhatian yaitu penggalan kata ‘’ Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili ‘’ dalam Sumpah Janji Anggota DPRD Pasal 157 UU Dasar Negara RI nomor 23 tahun 2014 dan juga Kewajiban untuk Menyerap serta Menghimpun Aspirasi Lalu Menampung Dan Menindaklanjuti Aspirasi kemudian Pengaduan Masyarakat (Pasal 161 UU 23/2014).

 

Terkait dengan hal tersebut, Bapak Sugeng menjelaskan bahwa salah satu yang menjadi tugas utama Partai Politik adalah Melakukan Pendidikan Edukasi mengenai Politik kepada rakyat. Perihal penyerapan aspirasi dan keluhan masyarakat, setiap anggota dewan memiliku Batasan wewenang dalam penugasannya (UU Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah). Dengan kata lain, tidak semua keluhan dan aspirasi rakyat dapat direalisasikan oleh anggota dewan namun tetap dapat diserap untuk diteruskan kepada Pemerintah yang memiliki wewenang (Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota). Sejalan dengan hal tersebut maka dari itu maksud dan tujuan dari edukasi tentang politik kepada rakyat ialah untuk membantu rakyat agar dapat memahami peraturan dan hukum yang ada untuk dapat meminimalisir terjadi nya konfrontasi ataupun konflik antara rakyat dan pihak DPRD.

 

Bapak Sugeng pun menegaskan, bahwa diperlukan adanya peningkatan dalam kinerja DPRD melalui pemahaman melalui regulasi terbaru yang mempengaruhi pola penyelenggaraan pemerintahan dan keuangan daerah, kemudian dukungan perencanaan khusus nya RPJMD yang dijabarkan dalam RKPD 2023. Kemudian Isu strategis terbaru yang menyerap dinamika dan tuntutan masyarakat terhadap peningkatan pelayanan publik. Lalu berkaitan dengan hasil pengendalian dan evaluasi dari DPRD terhadap penyelenggaraan pemerintahan dan bangunan. Yang terakhir adalah pokok pikiran DPRD yang menggambarkan penyerapan aspirasi masyarakat.

 

“ Hal ini dibingkai dalam pendekatan baru, khususnya 3 hal penting yaitu bagaimana DPRD memahami batas kewenangan yang sesuai dengan UU Nomor 23 tahun 2014 terkait 32 urusan pemerintahan yang konkluen. Lalu memahami prioritas program serta pendanaan pada RPJMD 2018-2023, serta memastikan pokok pikiran berisi daftar kebutuhan masyarakat yang real dan bukan hanya sekedar keinginan “. Lanjut Pak Sugeng

 

Bingkai tersebut yang nantinya akan merubah fungsi tawar dari DPRD dalam penyusunan RKPD 2023. Dalam hal ini, pokok pikiran dibantu dengan bukti evidence ataupun bukti-bukti fakta aktual di lapangan kemudian berupaya untuk membangun dialog Bersama masyarakat berbasis pada pemahaman terkait RPJMD dan edukasi tentang batas kewenangan DPRD.


Adapun Rapat ini adalah kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Sekretariat DPRD Kota Bekasi berdasarkan pada Peraturan Walikota Bekasi Nomor 52 Tahun 2019 tentang Tugas, Fungsi dan Tata Kerja serta rincian Tugas Jabatan pada Sekretariat DPRD Kota Bekasi serta Peraturan DPRD Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Tata Tertib DPRD Kota Bekasi. Sementara itu, maksud dan tujuan dari Rapat Penyusunan Program Kerja DPRD Kota Bekasi itu sendiri adalah sebagai berikut :

 

1. Acuan terhadap Program Dan Kegiatan Yang Akan Dilaksanakan di TA 2023

2. Menjadi bahan bagi Sekretariat DPRD dalam monitoring dan evaluasi terhadap Rencana Kerja TA 2023

3. Sebagai landasan bagi perencanaan kerja DPRD Kota Bekasi Tahun berikutnya

 

Sementara itu, berikut adalah daftar nama yang ditunjuk untuk penugasan Keanggotaan Panitia Kerja Rencana Kerja (PANCA RENJA) dengan susunan sebagai berikut :

 

Bapak Ketua Ir. H. Chairoman Joewono Putro, B.Eng,. M.Si sebagai Koordinator

Bapak Wakil I Anim imamuddin, SE, MM. sebagai Koordinator

Bapak Wakil II H.Edi, S.Sos sebagai Koordinator

Bapak Wakil III Tahapan Bambang Sutopo, S.H sebagai Koordinator

Bapak Oloan Nababan, S.E sebagai Anggota

Bapak H. Agus Rohadi, S.E sebagai Anggota

Bapak Komarudin, S.Pd.i sebagai Anggota

Ibu Puspa Yani, S.Pd sebagai Anggota

Bapak Syaifudin sebagai Anggota

Bapak Sardi Efendi, S.Pd, MM. sebagai Anggota

Bapak Ahmad Faisyal Hermawan, SE, MM. sebagai Anggota

Bapak H. Sholihin, S.Ip sebagai Anggota

Bapak Arwis Sembiring Meliala, SH sebagai Anggota.

Sind Red

COMMENTS




































































Nama

.,3,.berita terkini,11108,.beritaterkini,6,.kalbar,17,(Merlung),5,abiansemal,2,Aceh,35,ACEH SINGKIL,78,Aceh Tamiang,23,Aceh Tengah,120,ACEH TENGGARA,2,ACEH TIMUR,2,Aceh Utara,3,advertorial,21,aek kanopan,1,Aekkanopan,9,agam,18,aimas,2,ALAI.,5,Alor,1,ambon,7,amlapura,65,anjatan,2,Anyer,1,AS,1,Asahan,6,babel,1,badau,1,badung,612,Bagansiapiapi,4,bakan,1,BALAESANG,1,bali,927,balige,9,BALIKPAPAN,6,balut.berita terkini,3,Banda Aceh,16,BANDAR LAMPUNG,39,Bandar Seri Begawan,1,bandara,7,Bandung,177,Bandung Barat,23,banggai,5,bangka,2,bangka barat,1,Bangka Belitung,5,Bangka Tengah,2,bangkep,1,BANGKEP - RN,1,BANGKINANG,5,bangli,825,Bangun Purba,1,Banguwangi,1,Banjar,23,Banjarnegara,8,bantaeng,46,Banten,151,Banyuasin,6,Banyumas,13,Banyuwangi,148,barito utara,1,Barru,6,Batam,103,batang,67,BATANG HARI,3,batang kuis,3,BATU,7,batu bara,68,baturaja,4,bekasai,1,Bekasi,2327,bekasi terkini,3,Bekasi Utara,1,belawan,2,Belitung,218,Belitung Timur,17,Beltim,225,belu,2,benakat,1,bener,1,Bener Meriah,481,BENGKALIS,78,Bengkayang,76,BENGKULU,6,BENGKULU SELATAN,19,BENGKULU UTARA,1,benoa,6,BER,3,BERI,1,beria terkini,1,beriita terkini,3,berit terkini,2,berita,1,Berita terkini,3280,berita terkini daerah,1,berita terkini.,1,berita terkinia,1,berita terkink,1,berita terkinu,2,berita tetkini,1,beritaterkini,4,beritq terkini,1,berta terkini,1,Bima,2,binjai,3,Bintan,9,Bintuni,1,Bitung,6,blahbatu,2,blahbatuh,17,Blitar,15,Blora,2,BMKG,1,BNN,1,Bogor,457,BOGOR TIMUR,71,Bola,1,BOLAANG MONGONDOW,3,bolmong,533,Bolmong raya,3,Bolmong selatan,13,bolmong timur,2,bolmong utara,1,bolmongsiar,1,bolmut,2,BOLNONG,1,bolong mopusi,1,bolsel,8,boltim,18,bone,3,BOYOLALI,2,Brebes,173,bualu,1,Bukit Tinggi,52,bukittinggi,19,buleleng,225,BUMIMORO,1,BUNGKU,1,Buol,90,BUTENG,1,Catatan Radar Nusantara,10,Ciamis,85,Cianjur,18,Cibinong,15,Cibitung,3,cikampek,42,Cikampek barat,1,Cikande,1,Cikarang,99,CIKARANG BARAT,1,CIKARANG PUSAT,1,cikarang utara,2,Cilacap,11,Cilegon,46,cilengsi,3,Cileungsi,41,Cimahi,461,Cimanggung,1,Cirebon,561,Cirebon Kota,2,Cisarua,1,citeureup,1,Dabo Singkep,266,daer,2,Daerah,7553,daerah Terkini,2,daerh,1,Daik Lingga,3,Dairi,245,Deli Serdang,53,Deli tua,1,deliserdang,1,demak,51,Denpasa,3,denpasar,837,denpasar timur,3,Dentim,1,Depok,621,derah,5,dharmasraya,6,DIY,8,Dolok,4,Doloksanggul,75,Dompu,2,Donggala,179,donri donri,1,DPRD Kab. Bekasi,11,DPRD Kota Bekasi,99,DPRD LamSel,8,Dumai,27,Dumoga,179,Dumoga Utara,2,duri,3,Ekonomi,3,EMPAT LAWANG,14,ende,2,eretan,1,Erkini,1,Fakfak,2,fakta,1,Garut,101,gianyar,798,gilimanuk,1,gorontalo,67,Gowa,107,Gresik,1,GROBOGAN,2,gunung mas,2,Gunung Putri,2,gunungsitoli,2,HL,23,HSU,1,Hukum,11,HUMAS BELTIM,6,humbahas,14,Indonesia,5,INDRA,1,Indragiri hulu,5,indralaya,44,Indramayu,35,Indrapura,15,info,1,INHIL,48,inhilriau,1,INHU,8,Jabar,22,jaka,4,Jakarta,1765,Jakarta barat,2,jakarta selatan,5,jakarta timur,3,jakarta utara,3,Jambi,160,jateng,5,jatijajar,1,JATIM,7,Jawa Barat,48,Jawa Tengah,10,Jawa Timur,13,Jayapura,54,Jember,8,jembrana,305,Jeneponto,23,Jepara,106,jimbaran,3,Jombang,4,kab,7,kab .Bandung,208,Kab 50 Kota,4,kab Bandung,30,kab. Agam,1,Kab. Bandung,3875,kab. bekasi,195,Kab. Bogor,27,Kab. Brebes,61,kab. buru,1,KAB. CIREBON,2,KAB. DAIRI,1,kab. Garut,1,Kab. Gumas,1,kab. Kajen,1,Kab. Kapuas Hulu,8,kab. Karawang,2,KAB. KARO,2,Kab. Kuningan,84,kab. langkat,2,kab. malang,1,Kab. Minahasa Tenggara,1,KAB. PELALAWAN,2,Kab. Serang,7,Kab. Serdang Bedagai,4,Kab. Sukabumi,12,kab. tangerang,6,Kab. Tasikmalaya,97,Kab. Toba,8,kab.agam,1,Kab.Bandung,1877,kab.barru,3,Kab.Bekasi,389,kab.bogor,31,KAB.BOGOR.BERITA TERKINI,1,kab.buru,2,Kab.Dogiyai Papua Tengah,1,kab.garut,2,kab.langkat,1,Kab.Malang,3,Kab.Nganjuk,6,kab.pekalongan,26,Kab.Samosir,8,KAB.SEMARANG,1,Kab.Sergai,5,KAB.SINJAI,5,kab.sorong,3,Kab.Sumedang,26,Kab.Tangerang,28,kab.Tasikmalaya,52,Kab.Way kanan,24,KABANJAHE,1,kabBandung,2,Kabupaten Bandung Barat,1,KABUPATEN SINJAI,3,KABUPATEN SINJAJ,3,kaimana,4,Kajen,4,Kalbar,591,kalideres,1,Kalimantan Barat,9,kalimantan timur,15,kalipuro,1,Kalsel,10,Kalteng,264,Kaltim,25,Kampar,170,Kampar Kiri,4,Kampar Riau,292,kapuas,3,Kapuas Hulu,278,kara,1,karanganyar,1,karangasem,867,Karawang,342,karawang Berita terkini,1,KARIMUN,6,KARIMUN - RN,1,KARO,27,katapang,1,KATINGAN,6,kayong utara,6,keban agung,1,KEBUMEN,1,Kec.Ukui,1,Kediri,62,KEEROM,27,Kendari,4,kepahiang,4,KEPRI,4,Kepulauan Riau,10,Kerinci,23,keritang inhil,1,kerobokan,6,KETAPANG,17,kintamani,1,klapanunggal,1,klungkung,525,KOBAR,1,kolaka,1,Kolaka Utara,1,Kominfo Kab.Bekasi,34,Korupsi,9,kota agung,1,KOTA BATU,1,KOTA KOTOMOBAGU,5,KOTA MANNA,2,KOTA METRO,29,kota pekalongan,8,Kota Sorong,9,kotabaru,1,Kotabumi,1,KOTAMIBAGU,3,Kotamobagu,107,kotawaringin barat,3,KOTAWARINGIN TIMUR,4,KOTIM,11,kriminal,5,Kronjo,1,Kuala Kapuas,6,kuala lumpur,1,Kuala Tungkal,9,kuansing,15,kuantan,1,kuantan Sengingi,4,kubu,4,kubu raya,54,KUDUS,123,Kuningan,1555,kupang,3,kuta,18,kuta badung,3,KUTAI KERTANEGARA,9,Kutai Timur,12,Kutim,6,l,1,Labuhan Bajo,1,Labuhan Batu,17,Labura,407,labusel,1,Lahat,31,LAMBATA,1,Lamongan,3,Lampung,97,Lampung Barat,196,LAMPUNG METRO,105,LAMPUNG SELATAN,63,Lampung Tengah,23,Lampung Timur,466,Lampung Utara,794,LAMPUNGUTARA,1,lampura,20,landak,6,langkat,5,langsa,3,LANTAMAL V,86,LANTAMAL X JAYAPURA,20,lawang kidul,46,lebak,203,LEMBATA,7,LIMAPULUHKOTA,6,Lingga,1071,liwa,13,Loksado,1,lolak,1,LOLAYAN,3,Lombok,6,Lombok barat,5,Lombok tengah,13,lombok timur,132,Lombok Utara,1,LOTIM,12,lotim.berita terkini,37,LUBUK LINGGAU,17,Lubuk Pakam,8,lubuk sikaping,1,lubuklinggau,16,lubuksikapaing,1,LUBUKSIKAPING,1,lukun,1,Lumajang,7,Lumanjang,1,Luwu,2,Luwuk,8,m,1,M.Labuhan,1,Mabar,1,madina,1,madura,1,Magelang,4,mahakam hulu,1,majaleMajalengka,1,Majalengka,638,majalengMajalengka,1,majalenMajalengka,1,majalMajalengka,1,majaMajalengka,1,majene,3,maka,1,makasar,3,makassar,212,malaka,1,Malang,192,Maluku,8,Maluku tengah,2,MALUKU UTARA,2,MAMAJU.RN,3,MAMASA,195,MAMUJU,219,MAMUJU TENGAH,7,Manado,64,mancanegara,1,mandau,1,mangapura,3,Manggar,91,Manggarai,1,manggarai barat,2,mangupura,126,Manokwari,162,mansel,1,marga,1,maros,1,mataram,13,MATENG,7,Mauk,2,Maybrat,1,medan,244,Mekar Baru,1,melawi,15,MEMPAWAH,1,mentawai,1,merak,5,merangin,93,MERANTI,969,MERAUKE,7,Merbau,3,Mesuji,75,metro,216,metro lampung,10,meulaboh,1,Minahasa,7,Minahasa Selatan,5,Minahasa Tenggara,2,Minahasa Utara,1,Minas,1,Minut,1,miranti,1,Mojokerto,560,monokwari,2,morowali,29,MOROWALI UTARA,1,MORUT,3,moskow,1,Muara Belida,1,Muara Bulian,1,muara bungo,3,Muara Enim,583,muara Tami,2,Muaro Jambi,4,muba,8,Mukomuko,81,muratara,534,murung raya,2,Musi Banyuasin,15,MUSI RAWAS,35,musirawas,7,Nabire,1,Naibenu,1,namlea,4,Nangka Bulik,2,Nasional,16,Natuna,95,negara,5,ngawi,3,Nias barat,21,NTB,74,NTT,14,nunukan,25,nusa dua,1,Ogan Ilir,7,OKI,3,OKU,2,Oku Selatan,565,Oku Timur,52,Opini,14,P. Bharat,1,P.SIANTAR,12,PACITAN,2,Padang,16,Padang Lawas,14,PADANG PANJANG,2,padang pariaman,1,Pagaralam,34,Pagimana,1,Pahuwato,1,Pakpak Bharat,21,Pakuhaji,2,Palangka raya,347,Palas,23,palelawan,44,Palembang,102,pali,2,Palu,195,palu utara,1,Paluta,66,pamekasan,2,Panang Enim,2,pancur batu,1,pand,1,pande,1,pandegelang,3,Pandeglang,2359,Pangandaran,23,Pangkalan Kerinci,1,pangkalanbun,3,Pangkalpinang,21,pangkep,4,pantai labu,1,Papandayan,1,Papua,96,PAPUA BARAT,227,papua barat daya,2,papua tengah,2,parapat,2,PARIAMAN,10,Parigi,6,Parigi Moutong,19,PARIMO,1063,Parlemen,32,PARUNG PANJANG,1,Pasaman,13,Pasangkayu,1,pasbar,1,Pasir Pangarayan,1,PASSI,1,PASSI TIMUR,6,Pasuruan,2,PATI,190,Patia,1,patrol,15,PAYAKUMBUH,9,PEBAYURAN,2,Pekalongan,85,pekan baru,7,Pekanbaru,496,Pekanbaru Riau,1586,pelalawan,26,pemalang,3,Pematangsiantar,46,pemekas,1,Pemkab Bekasi,7,Pemkot Bekasi,6,penanaman,1,penang Enim,2,Pendidikan,81,pengkadan,1,Penukal Abab Lematang Ilir (PALI),116,perbaungan,1,perimo,2,peristiwa,16,Permohonan,1,pesawaran,26,pesel,1,Pesisir Barat,2,Pesisir Barat,2,PESISIR SELATAN,1,Pilkada,1,pintianak,1,PIPIKORO,1,PN.TIPIKOR,2,polda jabar,1,Polhukam,154,Politik,2,polman,1,polres Pekalongan,2,ponorogo,1,pontia,1,Pontianak,1414,Poso,4,prabumulih,1,primo,9,Pringsewu,46,probolinggo,2,PROTOKOL DOLOK SANGGUL,1,PT Bukit Asam,1,Pulang Pisau,5,pulau merbau,7,pulau tidung,1,pulpis,1,purbalingga,5,Purwakarta,1859,Purwokerto,2,Putussibau,58,radar,3,Radar Artikel,33,Radar Selebrity,3,ragam,58,raja ampat,6,rambang dangku,1,RANGSANG,11,RANGSANG BARAT,1,rangsang pesisir,3,rantauprapat,1,rejang lebong,5,REMBANG,3,Renah mendalu,1,rengasdengklok,1,rengat,1,Riau,188,Rohil,6,rokan,1,Rokan Hilir,54,rokan hulu,15,Rongurnihuta,1,rote ndao,1,Sabang,57,Samarinda,60,sambas,2,sambilan,1,sampang,76,SAMPI,1,Sampit,652,Sangatta kutim,1,Sanggau,13,Sangihe,2,sar,1,Sarolangun,460,sekadau,7,SELAT PANJANG,10,SELATPANJANG,2,Selayar,18,selong,3,Semarang,62,Semarapura,43,semende,1,SEMOGA,2,SEMOGA TENGGARA,1,SENTANI,1,sentul,1,Seram Bagian Barat,1,Serang,484,Serdang Bedagai,42,Sergai,32,Seruyan,19,SIAK,22,siak hulu,9,sian,1,sibau hulu,1,Sibolga,166,siborongborong,1,sidikalang,1,SIDOARJO,6,SIDRAP,15,Sigi,103,silaen,1,Simalungun,139,simpang apek,1,Singaparna,10,singaraja,44,SINGKAWANG,14,SINGKEP BARAT,1,Sinjai,6,sintang,44,situbondo,6,sleman,2,solo,9,SOLOK,18,Solok Selatan,9,Soppeng,38,Sorong,293,Sorong selatan,4,Sragen,31,Subang,2033,SUKABUM,1,Sukabumi,571,sukawati,2,Sukoharjo,1,Sukra,1,Sulawesi,3,Sulawesi Selatan,33,sulawesi tengah,57,sulawesi tenggara,1,Sulbar,349,Sulsel,30,Sulteng,314,Sulut,375,Sumatera Selatan,6,SUMATERA UTARA,6,SUMB,1,sumba barat,1,Sumbar,68,Sumbawa,6,Sumbawa Barat(NTB),5,Sumedang,158,sumenep,43,sumsel,43,Sumut,108,Sungai Penuh,1,sungai tohor,3,Sunggal,2,SURABAYA,112,Surakarta,2,tabanan,627,tajabbarat,1,Takalar,203,talangpadang,5,TAMBANG,1,Tambraw,3,Tambraw - RN,6,tana toraja,1,tanah,1,tanah datar,2,TANAH JAWA,5,Tanah Karo,122,Tangerang,461,Tangerang Selatan,102,tangg,1,tanggamus,139,Tanjab Barat,973,Tanjab Timur,140,tanjabbar,1,Tanjabtim,1,tanjung agung,8,tanjung balai,4,Tanjung Enim,117,Tanjung Jabung timur,1,tanjung makmur,1,TANJUNG PINANG,14,tanjung samak,1,tanjung selor,1,tanjungenim,2,TANOYAN,8,Tapanuli Selatan,5,Tapanuli Tengah,99,Tapanuli Utara,31,tapung,3,tapung hulu,4,tarakan,1,tarutung,37,Tasikmalaya,398,tebi,1,tebin,1,tebing,1,Tebing Tinggi,107,tebing tinggi timur,1,tebingtinggi barat,11,Teekini,11,Teelini,1,Tegal,30,tekini,5,Telawang,1,teluk bintani,1,teluk buntal,1,telukuantan,5,temanggung,1,tembilahan,2,tembuku,2,Teminabuan,6,tenan,1,Tenggarong,1,ter,1,Terjini,3,TERJUN GAJAH,1,Terk,1,Terki,1,Terki i,3,Terkii,1,Terkiji,4,Terkimi,1,Terkin,9,Terkin8,1,Terkini,47979,Terkinii,1,Terkinin,1,TERKINIO,1,TERKINIP,2,Terkino,11,Terkinu,1,terkiri,9,TERKNI,3,Terkuni,2,Terlini,2,Termini,4,ternate,1,Tetkini,14,Timika,2,Toabo,1,toba,41,tolikara,2,tolitol,3,Tolitoli,1437,tolotoli,3,TOMOHON,5,Touna,27,Trenggalek,20,Trkini,1,Tterkini,1,tuba,1,tuba barat,11,Tuerkini,1,Tulang Bawang,14,Tulang Bawang Barat,9,Tulung agung,2,Tulungagung,304,Twrkini,1,ubud,25,Waibakul,1,Waisai,23,wajo,1,warseno,1,WAY KANAN,32,wonosari,1,Yogyakarta,9,
ltr
item
RADAR NUSANTARA NEWS: Rapat Penyusunan Program Kerja DPRD Kota Bekasi Tahun 2023
Rapat Penyusunan Program Kerja DPRD Kota Bekasi Tahun 2023
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhH-46KVmwIqcrDZii1LyagLTeexy_Apdar3cVFNssOcbho9KwU7lFQTeBbwq1JTvIK1djud8yNL7JnUBy0NMRzHi3afFpAFafCNqeRvnBjbIw-tHT6uu45fsbs_os8kBW2Molt7kxV4_fAw8lmxe5zp3SpNkmCm2NllgX-mLmBvSsaTvHf1myOvQOB=s320
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhH-46KVmwIqcrDZii1LyagLTeexy_Apdar3cVFNssOcbho9KwU7lFQTeBbwq1JTvIK1djud8yNL7JnUBy0NMRzHi3afFpAFafCNqeRvnBjbIw-tHT6uu45fsbs_os8kBW2Molt7kxV4_fAw8lmxe5zp3SpNkmCm2NllgX-mLmBvSsaTvHf1myOvQOB=s72-c
RADAR NUSANTARA NEWS
https://www.radarnusantara.com/2022/02/rapat-penyusunan-program-kerja-dprd.html
https://www.radarnusantara.com/
http://www.radarnusantara.com/
http://www.radarnusantara.com/2022/02/rapat-penyusunan-program-kerja-dprd.html
true
8338290086939464033
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy