DUGAAN MALADMINISTRASI DISPENSASI MOBILISASI BATU BARA DIKABUPATEN MUARA ENIM.

Muara Enim,RN Larangan angkutan batu bara menggunakan jalan umum di Provinsi Sumatera Selatan setelah Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan m...


Muara Enim,RN

Larangan angkutan batu bara menggunakan jalan umum di Provinsi Sumatera Selatan setelah Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mencabut Pergub Nomor 23/2013 tentang Tata Cara Pengangkutan Batu Bara di Jalanan Umum dan kembali kepada Peraturan Daerah (Perda) No 5/2011 tentang Pengangkutan Batu Bara melalui jalur khusus.


Pristiwa itu merupakan implementasi janji kampanye dan ketegasan Gubernur Provinsi Sumatera Selatan H Herman Deru setelah terpilih menjadi pemimpin Provinsi Sumatera Selatan pada pilkada Provinsi Sumsel tahun 2018 lalu.


Karena diketahui bahwa angkutan batu bara menggunakan jalan umum sudah sangat meresahkan masyarakat Provinsi Sumatera Selatan.


Setelah dilantik sebagai Gubernur Provinsi Sumsel oleh Presiden Jokowi pada Tanggal 1 Oktober 2018. Tidak begitu lama, tepatnya

pada 8 November 1918, H Herman Deru mencabut Pergub Nomor 23/2013 tentang Tata Cara Pengangkutan Batu Bara di Jalanan Umum dan kembali kepada Peraturan Daerah (Perda) No 5/2011 tentang Pengangkutan Batu Bara melalui jalur khusus.


Dengan kembali berlakunya Peraturan Daerah (Perda) No 5/2011 tentang Pengangkutan Batu Bara melalui jalur khusus. Maka Gubernur Sumsel H Herman Deru memastikan tidak ada lagi angkutan batu bara melewati jalan umum. Truk batu bara kini diwajibkan melewati jalur khusus karena Pergub angkutan batu bara lewat jalan umum sudah dicabut.


Gubernur Sumsel H Herman Deru mengatakan dengan kembali berlakunya Peraturan Daerah (Perda) No 5/2011 tentang Pengangkutan Batu Bara melalui jalur khusus maka mengenai teknis pelaksanaan akan dilakukan oleh Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Sumsel dan Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sumsel. Kedua dinas itu akan mengatur teknisnya bagaimana agar angkutan batubara tidak melintas di jalan umum.


Sudah memasuki  4 tahun masyarakat Provinsi Sumsel bisa menarik napas lega, bisa terbebas dari debu dan lalu lalang angkutan batu bara dijalan umum yang pernah jadi momok yang sangat menakutkan masyarakat di Provinsi Sumatera Selatan.


Namun baru baru ini, masyarakat Sumsel khususnya masyarakat di Kabupaten Muara Enim kembali diresahkan dengan terbitnya dispensasi angkutan batu bara yang diperbolehkan melintas dijalan umum Kabupaten Muara Enim oleh Pemkab Muara Enim. Jelas saja hal itu menimbulkan pertanyaaan apakah Peraturan Daerah (Perda) No 5/2011 tentang Pengangkutan Batu Bara melalui jalur khusus masih berlaku ?


Dispensasi itu sepertinya mulai menimbulkan permasalahan baru. Dispensasi ini mulai jadi polemik dan jadi perhatian serius serta jadi sorotan dari pemerhati kebijakan Pemerintah Kabupaten Muara Enim.


Inti persoalannya bukan masalah pro dan kontra, setuju atau tidak setuju dari pihak pihak yang berkepentingan.Melainkan hal ini mengaitkan masalah penegakan peraturan yang berlaku.


Sehingga akhirnya persoalan ini dibawa ke Rapat DPRD Kabupaten Muara Enim yang mengikut sertakan masyarakat Kabupaten Muara Enim, Dinas terkait dan pihak perusahaan batu bara serta dari Komisi 1 DPRD kabupaten Muara Enim yang mempasilitasi pertemuan itu di kantor DPRD Kabupaten pada Senin (23/05/2022).


H Ardiansyah, salah seorang Aktivis Kabupaten Muara Enim yang mengikuti rapat di DPRD Kabupaten Muara Enim tersebut, sangat menyayangkan sikap DPRD Kabupaten Muara Enim pada rapat itu.


Seharusnya kata Ardiansyah, dengan permasalahan yang sedang terjadi, pihak DPRD kabupaten Muara Enim bisa ketegasan untuk merekomendasikan menghentikan sementara pengangkutan batubara dijalan umum PT Duta Bara Utama (DBU) dan PT Royaltama Mulya Kencana (RMK) yang mengandalkan dispensasi tersebut.


Karena menurut dia, Dispensasi dari Pemkab Muara Enim itu disinyalir ada maladministrasi dan mengangkangi aturan yang ada


" Terkait ada dispensasi menggunakan jalan umum untuk PT RMK dan PT DBU, diketahui sudah menimbulkan masalah. Untuk itu saya meminta DPRD untuk merekomendasikan menghentikan sementara pengangkutan batubara PT DBU dan PT RMK. Karena ada dugaan sudah terjadi maladministrasi dalam proses penerbitan izin dimaksud " Ujar Ardiansyah, Minggu (29/05/2022)


" Memang pada rapat itu diundur lagi lantaran pihak terkait, terutama dari perusahaan PT DBU dan PT RMK cuma menghadirkan perwakilan yang tidak bisa mengambil keputusan. Maka rapat akan dilanjutkan pada Senin tanggal tgl 6 juni 2022 mendatang " Tambahnya.


Terkait persoalan itu, Lanjut Ardiansyah, ada dugaan telah terjadi maladministrasi dalam memberikan dispensasi. Karena selain masih berlakunya Peraturan Daerah (Perda) No 5/2011, juga

berdasarkan PP nomor 96 tahun 2021 tentang minerba, menyebutkan tidak ada kewenangan Pemerintah Kabupaten atau Kota untuk mengeluarkan izin yang berkaitan dengan pertambangan batu bara.


" Dispensasi dari Dinas PMPTSP Kabupaten Muara Enim disinyalir sudah terjadi maladministrasi. Karena itu sudah mengangkangi peraturan yang ada, " Ungkap Ardiansyah.


" Yang jadi masalah itu, diantaranya untuk PT DBU, bahwa perusahaan ini diduga bukan perusahaan pengangkut batubara, namun kenapa diberi dispensasi izin mengangkut batu bara melintas di jalan umum, " Jelas Ardiansyah.


" Permasalahan itulah yang akan kita telusuri lebih mendalam " Pungkas Ardiansyah.


Kepala Dinas PMPTSP Kabupaten Muara Enim H Shofyan Aripanca S Kom, Msi


Sementara itu, terkait permasalahan ini, Kepala Dinas PMPTSP Kabupaten Muara Enim H Shofyan Aripanca S Kom, Msi ketika dikonfirmasi media ini melalui pesan WA, Minggu (29/05/2022) Disampaikannya mengenai permasalahan itu silahkan tanya dengan Dinas PUPR kabupaten Muara Enim, karena teknisnya mereka yang mengeluarkan. Kenapa itu keluar.


" Tanya dengan PUPR saja, karena mereka yang mengeluarkan rekomtek nya. Saya kurang paham tekhnis, kenapa itu keluar " Tulis Shofyan.


Tambah Shofyan, itu tekhnis yang bisa menjawab PUPR dengan Dinas Perhubungan. Karena selagi rekom belum ada, dari OPD terkait, izin tidak akan diberikan.


" Itu tekhnis yang bisa jawab PUPR dengan DISHUB, karena selagi rekom belum ada dari OPD terkait, izin tidak akan diberikan " Shofyan menjelaskan.


" Baca nian dan teliti lagi surat nya. Dasar surat itu rekom dari dinas teknis.  PMPTSP mana ada tenaga teknis yg ngerti dengan jalan  dan angkutan " Urai Shofyan.


Dengan adanya keterangan dari Kepala Dinas PMPTSP Kabupaten Muara Enim tersebut, Dinas PUPR Kabupaten Muara Enim menanggapinya bahwa dalam masalah ini, Dinas PUPR hanya menguarkan persyaratan teknis sebelum dispensasi dikeluarkan oleh Dinas PMPTSP Kabupaten Muara Enim.


" Dinas PUPR kabupaten Muara Enim hanya mengeluarkan persyaratan teknis sebelum dispensasi angkutan batu bara menggunakan jalan umum dikeluarkan oleh Dinas PMPTSP. Sedangkan masalah perizinan (dispensasi) itu Dinas PMPTSP yang mengeluarkan " Ucap Sekretaris PUPR, Ilham Yaholi via sambungan telpon, Minggu (29/05/2022).


Jelas Ilham lagi, persyaratan tekhnis dimaksud diantaranya tentang pihak yang bertanggung jawab untuk perawatan jalan, pemeliharaan jalan dan memperbaiki jalan yang dilewati angkutan batu bara perusahaan.


" Jadi kalau masalah urusan izin itu dari Dinas PMPTSP Kabupaten Muara Enim, bukan dari Dinas PUPR. Untuk lebih jelasnya konfirmasi dengan bidang presevasi jalan dan jembatan dinas PUPR Kabupaten Muara Enim " Tutupnya.


Sedangkan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Muara Enim, Junaidi ketika dikonfirmasi terkait permasalahan ini, Minggu (29/05/2022). Hingga berita ini diturunkan, Junaidi belum memberikan tanggapan.


Diketahui berdasarkan Undang Undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan, pada pasal 1 angka 5 disebutkan bahwa “ jalan umum adalah jalan yang diperuntukkan bagi lalu lintas umum ”, dan pasal 1 angka 6 di sebutkan “Jalan khusus adalah jalan yang di bangun oleh instansi, badan usaha, perseorangan, atau kelompok masyarakat untuk kepentingan sendiri.


Menyimak ketentuan pasal 1 angka 5 dan 6 UU No. 38 Tahun 2004 sangat jelas bahwa jalan umum di peruntukan untuk lalu lintas umum dan bukan untuk kepentingan badan Usaha


Juga Peraturan Daerah (perda) Provinsi Sumsel No 5/2011 tentang Pengangkutan Batu Bara melalui jalur khusus.(Ab)


Sebelumnya pada rapat di kantor DPRD kabupaten Muara Enim, dijelaskan Sekretaris Dinas PMPTSP Haryadi Mulyawan ST MT mewakili Kepala Dinas PMPTSP Kabupaten Muara Enim pada pertemuan masyarakat Muara Enim, Karang Taruna Muara Enim, Instansi yang terkait, pihak PT DBU, pihak PT RMK dan Komisi I DPRD Kabupaten Muara Enim di ruang rapat Kantor DPRD Kabupaten Muara Enim, Senin (23/05/2022).


Mengenai adanya dispensasi yang dikeluarkan oleh Dinas PMPTSP kabupaten Muara Enim, diakui oleh Sekretaris Dinas PMPTSP Kabupaten Muara Enim Haryadi Mulyawan ST MT, ketika menghadiri rapat di DPRD kabupaten Muara Enim pada Senin (23/05/2022) lalu.


Dijelaskannya Dispensasi dimaksud sebagaimana berdasarkan surat Kepala Dinas PMPTSP Kabupaten Muara Enim Tanggal 21 April 2022, yaitu izin Dispensasi dimaksud adalah izin untuk menggunakan jalan Kabupaten dari Simpang Kepur sampai stock file PT DBU yang panjangnya 8,9 KM. Juga izin Dispensasi untuk menggunakan jalan Kabupaten Muara Enim dari Desa Saka Jaya, Harapan Jaya Kecamatan Muara Enim sepanjang 1.2 KM berdasarkan surat dari Kadin PMPTSP Kabupaten Muara Enim hingga Tanggal 14 Desember 2022, dan izin Dispensasi menggunakan jalan area PTPN 7 sepanjang 10.5 KM.


Juga berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas PMPTSP Kabupaten Muara Enim Tanggal 20 Maret 2022 mengenai izin PT RMK untuk menggunakan jalan Kabupaten akses Desa Sido Mulyo menuju Kayu Arasakti terus ke Desa, Senjang sepanjang 25 KM.


Namun  terkait PT Gunung Mas Makmur Energi (GMME), dia mengungkapkan bahwa perusahaan PT GMME belum pernah mengajukan permohonan izin dispensasi menggunakan jalan Kabupaten kepada Pemkab Muara Enim.


” Dinas PMPTSP Kabupaten Muara Enim akan memproses, pihak manapun atau siapapun yang akan mengurus izin ” Kata Sekretaris Dinas PMPTSP (Khair)

COMMENTS




































































Nama

.,3,.berita terkini,11108,.beritaterkini,6,.kalbar,17,(Merlung),5,abiansemal,1,Aceh,35,ACEH SINGKIL,78,Aceh Tamiang,23,Aceh Tengah,120,ACEH TENGGARA,2,ACEH TIMUR,2,Aceh Utara,3,advertorial,21,aek kanopan,1,Aekkanopan,9,agam,18,aimas,1,ALAI.,5,Alor,1,ambon,7,amlapura,65,anjatan,2,Anyer,1,AS,1,Asahan,6,babel,1,badau,1,badung,603,Bagansiapiapi,4,bakan,1,BALAESANG,1,bali,921,balige,9,BALIKPAPAN,6,balut.berita terkini,3,Banda Aceh,16,BANDAR LAMPUNG,39,Bandar Seri Begawan,1,bandara,7,Bandung,177,Bandung Barat,23,banggai,5,bangka,2,bangka barat,1,Bangka Belitung,5,Bangka Tengah,2,bangkep,1,BANGKEP - RN,1,BANGKINANG,5,bangli,825,Bangun Purba,1,Banguwangi,1,Banjar,23,Banjarnegara,8,bantaeng,46,Banten,149,Banyuasin,6,Banyumas,13,Banyuwangi,148,barito utara,1,Barru,6,Batam,103,batang,67,BATANG HARI,3,batang kuis,3,BATU,7,batu bara,68,baturaja,4,bekasai,1,Bekasi,2321,bekasi terkini,3,Bekasi Utara,1,belawan,2,Belitung,218,Belitung Timur,17,Beltim,225,belu,2,benakat,1,bener,1,Bener Meriah,481,BENGKALIS,78,Bengkayang,76,BENGKULU,6,BENGKULU SELATAN,19,BENGKULU UTARA,1,benoa,6,BER,3,BERI,1,beria terkini,1,beriita terkini,3,berit terkini,2,berita,1,Berita terkini,3276,berita terkini daerah,1,berita terkini.,1,berita terkinia,1,berita terkink,1,berita terkinu,2,berita tetkini,1,beritaterkini,4,beritq terkini,1,berta terkini,1,Bima,2,binjai,3,Bintan,9,Bintuni,1,Bitung,6,blahbatu,2,blahbatuh,17,Blitar,15,Blora,2,BMKG,1,BNN,1,Bogor,457,BOGOR TIMUR,71,Bola,1,BOLAANG MONGONDOW,3,bolmong,533,Bolmong raya,3,Bolmong selatan,13,bolmong timur,2,bolmong utara,1,bolmongsiar,1,bolmut,2,BOLNONG,1,bolong mopusi,1,bolsel,8,boltim,18,bone,3,BOYOLALI,2,Brebes,173,bualu,1,Bukit Tinggi,51,bukittinggi,18,buleleng,224,BUMIMORO,1,BUNGKU,1,Buol,90,BUTENG,1,Catatan Radar Nusantara,10,Ciamis,85,Cianjur,18,Cibinong,15,Cibitung,3,cikampek,42,Cikampek barat,1,Cikande,1,Cikarang,99,CIKARANG BARAT,1,CIKARANG PUSAT,1,cikarang utara,2,Cilacap,11,Cilegon,46,cilengsi,3,Cileungsi,41,Cimahi,461,Cimanggung,1,Cirebon,561,Cirebon Kota,2,Cisarua,1,citeureup,1,Dabo Singkep,266,daer,2,Daerah,7551,daerah Terkini,2,daerh,1,Daik Lingga,3,Dairi,245,Deli Serdang,53,Deli tua,1,deliserdang,1,demak,51,Denpasa,3,denpasar,835,denpasar timur,3,Dentim,1,Depok,621,derah,5,dharmasraya,6,DIY,8,Dolok,4,Doloksanggul,75,Dompu,2,Donggala,179,donri donri,1,DPRD Kab. Bekasi,11,DPRD Kota Bekasi,99,DPRD LamSel,8,Dumai,27,Dumoga,179,Dumoga Utara,2,duri,3,Ekonomi,3,EMPAT LAWANG,14,ende,2,eretan,1,Erkini,1,Fakfak,2,fakta,1,Garut,101,gianyar,795,gilimanuk,1,gorontalo,67,Gowa,107,Gresik,1,GROBOGAN,2,gunung mas,2,Gunung Putri,2,gunungsitoli,2,HL,23,HSU,1,Hukum,11,HUMAS BELTIM,6,humbahas,14,Indonesia,5,INDRA,1,Indragiri hulu,5,indralaya,44,Indramayu,35,Indrapura,15,info,1,INHIL,48,inhilriau,1,INHU,8,Jabar,22,jaka,4,Jakarta,1758,Jakarta barat,2,jakarta selatan,5,jakarta timur,3,jakarta utara,3,Jambi,160,jateng,5,jatijajar,1,JATIM,7,Jawa Barat,48,Jawa Tengah,10,Jawa Timur,13,Jayapura,54,Jember,8,jembrana,305,Jeneponto,23,Jepara,106,jimbaran,3,Jombang,4,kab,7,kab .Bandung,208,Kab 50 Kota,4,kab Bandung,30,kab. Agam,1,Kab. Bandung,3875,kab. bekasi,195,Kab. Bogor,27,Kab. Brebes,61,kab. buru,1,KAB. CIREBON,2,KAB. DAIRI,1,kab. Garut,1,Kab. Gumas,1,kab. Kajen,1,Kab. Kapuas Hulu,8,kab. Karawang,2,KAB. KARO,2,Kab. Kuningan,84,kab. langkat,2,kab. malang,1,Kab. Minahasa Tenggara,1,KAB. PELALAWAN,2,Kab. Serang,7,Kab. Serdang Bedagai,4,Kab. Sukabumi,12,kab. tangerang,6,Kab. Tasikmalaya,97,Kab. Toba,8,kab.agam,1,Kab.Bandung,1877,kab.barru,3,Kab.Bekasi,389,kab.bogor,31,KAB.BOGOR.BERITA TERKINI,1,kab.buru,2,Kab.Dogiyai Papua Tengah,1,kab.garut,2,kab.langkat,1,Kab.Malang,3,Kab.Nganjuk,6,kab.pekalongan,26,Kab.Samosir,8,KAB.SEMARANG,1,Kab.Sergai,5,KAB.SINJAI,5,kab.sorong,3,Kab.Sumedang,26,Kab.Tangerang,28,kab.Tasikmalaya,52,Kab.Way kanan,24,KABANJAHE,1,kabBandung,2,Kabupaten Bandung Barat,1,KABUPATEN SINJAI,3,KABUPATEN SINJAJ,3,kaimana,4,Kajen,4,Kalbar,590,kalideres,1,Kalimantan Barat,9,kalimantan timur,15,kalipuro,1,Kalsel,10,Kalteng,264,Kaltim,25,Kampar,168,Kampar Kiri,4,Kampar Riau,290,kapuas,3,Kapuas Hulu,278,kara,1,karanganyar,1,karangasem,867,Karawang,342,karawang Berita terkini,1,KARIMUN,6,KARIMUN - RN,1,KARO,27,katapang,1,KATINGAN,6,kayong utara,6,keban agung,1,KEBUMEN,1,Kec.Ukui,1,Kediri,62,KEEROM,27,Kendari,4,kepahiang,4,KEPRI,4,Kepulauan Riau,10,Kerinci,23,keritang inhil,1,kerobokan,5,KETAPANG,17,kintamani,1,klapanunggal,1,klungkung,525,KOBAR,1,kolaka,1,Kolaka Utara,1,Kominfo Kab.Bekasi,34,Korupsi,9,kota agung,1,KOTA BATU,1,KOTA KOTOMOBAGU,5,KOTA MANNA,2,KOTA METRO,29,kota pekalongan,8,Kota Sorong,9,kotabaru,1,Kotabumi,1,KOTAMIBAGU,3,Kotamobagu,107,kotawaringin barat,3,KOTAWARINGIN TIMUR,4,KOTIM,11,kriminal,5,Kronjo,1,Kuala Kapuas,6,kuala lumpur,1,Kuala Tungkal,9,kuansing,15,kuantan,1,kuantan Sengingi,4,kubu,4,kubu raya,51,KUDUS,123,Kuningan,1548,kupang,3,kuta,18,kuta badung,3,KUTAI KERTANEGARA,9,Kutai Timur,12,Kutim,6,l,1,Labuhan Bajo,1,Labuhan Batu,17,Labura,407,labusel,1,Lahat,31,LAMBATA,1,Lamongan,3,Lampung,97,Lampung Barat,196,LAMPUNG METRO,105,LAMPUNG SELATAN,63,Lampung Tengah,23,Lampung Timur,466,Lampung Utara,794,LAMPUNGUTARA,1,lampura,20,landak,6,langkat,5,langsa,3,LANTAMAL V,86,LANTAMAL X JAYAPURA,20,lawang kidul,46,lebak,203,LEMBATA,7,LIMAPULUHKOTA,6,Lingga,1071,liwa,13,Loksado,1,lolak,1,LOLAYAN,3,Lombok,6,Lombok barat,5,Lombok tengah,13,lombok timur,132,Lombok Utara,1,LOTIM,12,lotim.berita terkini,37,LUBUK LINGGAU,17,Lubuk Pakam,8,lubuk sikaping,1,lubuklinggau,16,lubuksikapaing,1,LUBUKSIKAPING,1,lukun,1,Lumajang,7,Lumanjang,1,Luwu,2,Luwuk,8,m,1,M.Labuhan,1,Mabar,1,madina,1,madura,1,Magelang,4,mahakam hulu,1,majaleMajalengka,1,Majalengka,638,majalengMajalengka,1,majalenMajalengka,1,majalMajalengka,1,majaMajalengka,1,majene,3,maka,1,makasar,3,makassar,212,malaka,1,Malang,192,Maluku,8,Maluku tengah,2,MALUKU UTARA,2,MAMAJU.RN,3,MAMASA,195,MAMUJU,219,MAMUJU TENGAH,7,Manado,64,mancanegara,1,mandau,1,mangapura,3,Manggar,91,Manggarai,1,manggarai barat,2,mangupura,120,Manokwari,162,mansel,1,marga,1,maros,1,mataram,13,MATENG,7,Mauk,2,Maybrat,1,medan,243,Mekar Baru,1,melawi,14,MEMPAWAH,1,mentawai,1,merak,5,merangin,93,MERANTI,969,MERAUKE,7,Merbau,3,Mesuji,75,metro,216,metro lampung,10,meulaboh,1,Minahasa,7,Minahasa Selatan,5,Minahasa Tenggara,2,Minahasa Utara,1,Minas,1,Minut,1,miranti,1,Mojokerto,560,monokwari,2,morowali,29,MOROWALI UTARA,1,MORUT,3,moskow,1,Muara Belida,1,Muara Bulian,1,muara bungo,3,Muara Enim,583,muara Tami,2,Muaro Jambi,4,muba,8,Mukomuko,81,muratara,534,murung raya,2,Musi Banyuasin,15,MUSI RAWAS,35,musirawas,7,Nabire,1,Naibenu,1,namlea,4,Nangka Bulik,2,Nasional,16,Natuna,95,negara,5,ngawi,3,Nias barat,21,NTB,74,NTT,14,nunukan,25,nusa dua,1,Ogan Ilir,7,OKI,3,OKU,2,Oku Selatan,565,Oku Timur,52,Opini,14,P. Bharat,1,P.SIANTAR,12,PACITAN,2,Padang,16,Padang Lawas,14,PADANG PANJANG,2,padang pariaman,1,Pagaralam,34,Pagimana,1,Pahuwato,1,Pakpak Bharat,21,Pakuhaji,2,Palangka raya,347,Palas,23,palelawan,44,Palembang,102,pali,2,Palu,195,palu utara,1,Paluta,66,pamekasan,2,Panang Enim,2,pancur batu,1,pand,1,pande,1,pandegelang,3,Pandeglang,2353,Pangandaran,23,Pangkalan Kerinci,1,pangkalanbun,3,Pangkalpinang,21,pangkep,4,pantai labu,1,Papandayan,1,Papua,96,PAPUA BARAT,227,papua barat daya,2,papua tengah,2,parapat,2,PARIAMAN,10,Parigi,6,Parigi Moutong,19,PARIMO,1063,Parlemen,32,PARUNG PANJANG,1,Pasaman,13,Pasangkayu,1,pasbar,1,Pasir Pangarayan,1,PASSI,1,PASSI TIMUR,6,Pasuruan,2,PATI,190,Patia,1,patrol,15,PAYAKUMBUH,9,PEBAYURAN,2,Pekalongan,85,pekan baru,7,Pekanbaru,486,Pekanbaru Riau,1576,pelalawan,26,pemalang,3,Pematangsiantar,46,pemekas,1,Pemkab Bekasi,7,Pemkot Bekasi,6,penanaman,1,penang Enim,2,Pendidikan,81,pengkadan,1,Penukal Abab Lematang Ilir (PALI),116,perbaungan,1,perimo,2,peristiwa,16,Permohonan,1,pesawaran,26,pesel,1,Pesisir Barat,2,Pesisir Barat,2,PESISIR SELATAN,1,Pilkada,1,pintianak,1,PIPIKORO,1,PN.TIPIKOR,2,polda jabar,1,Polhukam,154,Politik,2,polman,1,polres Pekalongan,2,ponorogo,1,pontia,1,Pontianak,1411,Poso,4,prabumulih,1,primo,9,Pringsewu,46,probolinggo,2,PROTOKOL DOLOK SANGGUL,1,PT Bukit Asam,1,Pulang Pisau,5,pulau merbau,7,pulau tidung,1,pulpis,1,purbalingga,5,Purwakarta,1859,Purwokerto,2,Putussibau,58,radar,3,Radar Artikel,33,Radar Selebrity,3,ragam,58,raja ampat,6,rambang dangku,1,RANGSANG,11,RANGSANG BARAT,1,rangsang pesisir,3,rantauprapat,1,rejang lebong,5,REMBANG,3,Renah mendalu,1,rengasdengklok,1,rengat,1,Riau,187,Rohil,6,rokan,1,Rokan Hilir,54,rokan hulu,15,Rongurnihuta,1,rote ndao,1,Sabang,57,Samarinda,60,sambas,1,sambilan,1,sampang,76,SAMPI,1,Sampit,652,Sangatta kutim,1,Sanggau,13,Sangihe,2,sar,1,Sarolangun,460,sekadau,7,SELAT PANJANG,10,SELATPANJANG,2,Selayar,18,selong,3,Semarang,62,Semarapura,43,semende,1,SEMOGA,2,SEMOGA TENGGARA,1,SENTANI,1,sentul,1,Seram Bagian Barat,1,Serang,483,Serdang Bedagai,42,Sergai,32,Seruyan,19,SIAK,22,siak hulu,9,sian,1,sibau hulu,1,Sibolga,166,siborongborong,1,sidikalang,1,SIDOARJO,6,SIDRAP,15,Sigi,103,silaen,1,Simalungun,138,simpang apek,1,Singaparna,10,singaraja,44,SINGKAWANG,14,SINGKEP BARAT,1,Sinjai,6,sintang,44,situbondo,6,sleman,2,solo,9,SOLOK,18,Solok Selatan,9,Soppeng,38,Sorong,287,Sorong selatan,4,Sragen,31,Subang,2028,SUKABUM,1,Sukabumi,571,sukawati,2,Sukoharjo,1,Sukra,1,Sulawesi,3,Sulawesi Selatan,33,sulawesi tengah,57,sulawesi tenggara,1,Sulbar,349,Sulsel,30,Sulteng,314,Sulut,375,Sumatera Selatan,6,SUMATERA UTARA,6,SUMB,1,sumba barat,1,Sumbar,68,Sumbawa,6,Sumbawa Barat(NTB),5,Sumedang,158,sumenep,43,sumsel,43,Sumut,108,Sungai Penuh,1,sungai tohor,3,Sunggal,2,SURABAYA,109,Surakarta,2,tabanan,620,tajabbarat,1,Takalar,203,talangpadang,5,TAMBANG,1,Tambraw,3,Tambraw - RN,6,tana toraja,1,tanah,1,tanah datar,2,TANAH JAWA,5,Tanah Karo,122,Tangerang,461,Tangerang Selatan,102,tangg,1,tanggamus,139,Tanjab Barat,973,Tanjab Timur,140,tanjabbar,1,Tanjabtim,1,tanjung agung,8,tanjung balai,4,Tanjung Enim,117,Tanjung Jabung timur,1,tanjung makmur,1,TANJUNG PINANG,14,tanjung samak,1,tanjung selor,1,tanjungenim,2,TANOYAN,8,Tapanuli Selatan,5,Tapanuli Tengah,99,Tapanuli Utara,31,tapung,3,tapung hulu,4,tarakan,1,tarutung,35,Tasikmalaya,398,tebi,1,tebin,1,tebing,1,Tebing Tinggi,107,tebing tinggi timur,1,tebingtinggi barat,11,Teekini,11,Teelini,1,Tegal,30,tekini,5,Telawang,1,teluk bintani,1,teluk buntal,1,telukuantan,5,temanggung,1,tembilahan,2,tembuku,2,Teminabuan,6,tenan,1,Tenggarong,1,ter,1,Terjini,3,TERJUN GAJAH,1,Terk,1,Terki,1,Terki i,3,Terkii,1,Terkiji,4,Terkimi,1,Terkin,9,Terkin8,1,Terkini,47881,Terkinii,1,Terkinin,1,TERKINIO,1,TERKINIP,2,Terkino,11,Terkinu,1,terkiri,9,TERKNI,3,Terkuni,2,Terlini,2,Termini,4,ternate,1,Tetkini,14,Timika,2,Toabo,1,toba,41,tolikara,2,tolitol,3,Tolitoli,1437,tolotoli,3,TOMOHON,5,Touna,27,Trenggalek,20,Trkini,1,Tterkini,1,tuba,1,tuba barat,11,Tuerkini,1,Tulang Bawang,14,Tulang Bawang Barat,9,Tulung agung,2,Tulungagung,304,Twrkini,1,ubud,25,Waibakul,1,Waisai,23,wajo,1,warseno,1,WAY KANAN,32,wonosari,1,Yogyakarta,9,
ltr
item
RADAR NUSANTARA NEWS: DUGAAN MALADMINISTRASI DISPENSASI MOBILISASI BATU BARA DIKABUPATEN MUARA ENIM.
DUGAAN MALADMINISTRASI DISPENSASI MOBILISASI BATU BARA DIKABUPATEN MUARA ENIM.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg0B3QIOrDH6qHq__pQ7gNAwYLq8v7Bwgr0WRUT-Ysbqbpo-7oOToOTJoeqiAjidgnjiMCHJ2v_qovP0gUoaof5Am6M4mjImp8mnMiIOp1Iyda_vfiQxI4mW6u3MrNE2s_5X6UWemgHWjq8VJTaPFeZ7IqJcAiAHyp_FOGvEGqxV_VJqWki_BqM8iFT/s320/IMG-20220530-WA0129.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg0B3QIOrDH6qHq__pQ7gNAwYLq8v7Bwgr0WRUT-Ysbqbpo-7oOToOTJoeqiAjidgnjiMCHJ2v_qovP0gUoaof5Am6M4mjImp8mnMiIOp1Iyda_vfiQxI4mW6u3MrNE2s_5X6UWemgHWjq8VJTaPFeZ7IqJcAiAHyp_FOGvEGqxV_VJqWki_BqM8iFT/s72-c/IMG-20220530-WA0129.jpg
RADAR NUSANTARA NEWS
https://www.radarnusantara.com/2022/05/dugaan-maladministrasi-dispensasi.html
https://www.radarnusantara.com/
http://www.radarnusantara.com/
http://www.radarnusantara.com/2022/05/dugaan-maladministrasi-dispensasi.html
true
8338290086939464033
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy