Gelar Tasyakuran 1 Abad NU,Para Kiai Berkumpul di Labuan

Pandeglang, RN  Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Labuan menggelar tasyakuran hari lahir (Harlah) ke-97 NU versi masehi ...



Pandeglang, RN 

Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Labuan menggelar tasyakuran hari lahir (Harlah) ke-97 NU versi masehi secara meriah di Halaman Parkir Pondok Huffadz Manbaul Quran Kampung Sukahati Desa Kalanganyar Labuan Pandeglang, Sabtu 18 Maret 2023/25 Syaban 1444 H malam.


Ketua MWCNU Labuan Ustad Uung Humaedi mengatakan, pihaknya sengaja menggelar tasyakuran Harlah ke-97 NU secara meriah.


"Kami paket komplit mengundang para pengurus NU terdiri dari mustasyar, awan, syuriyah, tanfidziyah, para ketua lembaga dan badan otonom (Banom) serta seluruh Majelis Wakil Cabang NU (MWCNU)," ujarnya.


Dijelaskan, tasyakuran dimulai dengan hadroh, dilanjutkan haul para Muasis, istigotsah, tahlil, dan pembacaan shalawat ulama. 


Dalam sambutannya sekretaris PC NU Kabupaten Pandeglang Tb. Nuruzaman menjelaskan, biasanya warga NU memperingati Harlah NU sebanyak dua kali dalam satu tahun. Hal itu tak lepas karena mengambil rujukan lahirnya NU dari kalender hijriah dan masehi.


"Berdasarkan kalender masehi NU lahir 31 Januari 1926. Jadi NU berusia 97 tahun menurut kalender Masehi. Kalau mengikuti kalender hijriyah, NU berusia 100 tahun atau satu abad karena lahir pada 16 Rajab 1344H. Tanggal 16 Rajab 1444 tahun ini bertepatan pada Selasa 7 Februari 2023," pungkasnya.  


Ketua PWNU Banten KH. Bunyamin Hafidz dalam sambutannya menjelaskan, kegiatan ziarah ke muassis NU itu memang digelar secara rutin pada saat harlah NU. Kali ini terbilang spesial lantaran juga bertepatan dengan harlah satu abad NU.


Dia mengungkapkan, haul para muassis NU merupakan momentum untuk kembali mengingat tujuan utama pendirian Nahdlatul Ulama. Ini dilakukan untuk menjadi pijakan berkhidmat bagi generasi penerus saat ini.


"Tentu sambil haul kita mengingat kembali motivasi apa yang membuat beliau mendirikan NU. Kemudian kita renungkan bersama sebagai pijakan utama dalam meneruskan perjuangan para muassis, ujarnya.


KH. Bunyamin Hafidz berharap melalui agenda ini para pengurus NU bisa menjaga khidmat dengan keilmuan serta sebagai wadah untuk menjaga kekompakan dan kebersamaan antar ulama maupun dengan umat.


Sehingga tidak ada tujuan lain yang sifatnya pribadi apalagi sampai mengorbankan amanah yang diemban, ucapnya


KH. Bunyamin Hafidz menambahkan satu abad merupakan usia yang sangat matang bagi sebuah organisasi keagamaan. Dia mengucapkan terima kasih kepada pendiri NU yang telah ikut berjuang melawan penjajah merebut kemerdekaan Indonesia. 


"Usia NU lebih tua dibandingkan dengan Republik Indonesia. Para pendiri NU adalah pahlawan. Karena, sejatinya NU dengan bangsa ini satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan," kata Kiai Bunyamin.


Kiai Siroj, selaku tuan rumah sekaligus Pengasuh Pondok Huffadz Manbaul Quran Kampung Sukahati mengatakan, perhelatan ini menjadi forum para kiai, khususnya juga yang berada dalam struktur jam'iyah NU.


"forum sekarang ini adalah forumnya Jam'iyyah. Pesertanya sebagian besar para pengurus NU," kata Kiai Sirojuddin Hasby yang biasa disapa Kiai Bewok ini.


Putra dari Almarhum KH Zaenal 'Arifin (Pendiri/Pengasuh Pondok Huffadz Manbaul Quran) ini menjelaskan, setidaknya ada tiga agenda utama dalam kesempatan ini. 


Pertama, kirim doa untuk para muassis (pendiri) dan masyayikh (sesepuh) NU sebagai wujud terima kasih atas limpahan berkah satu abad organisasi ini. Kedua, syukuran ulang tahun ke-100. Ketiga, penyampaian harapan para kiai NU Labuan di abad kedua ini," sambungnya.


Kata Kiai Siroj, harapan-harapan tersebut akan dicatat dan menjadi acuan penting bagi MWCNU Labuan dalam mengelola organisasi.


"MWCNU Labuan akan menindaklanjuti, dengan memilah mana yang merupakan fundamen, mana yang masuk kategori strategi, dan mana yang mesti masuk menjadi bagian dari program prioritas NU ke depan," tambahnya.


Menggagas Kampung NU


Berdiri sebuah kampung bernama Kampung NU Sukahati. Kampung kecil ini berada di ujung barat pulau Jawa. Semula, berdirinya kampung ini hanya sebuah gagasan dan inisiatif dari para Kiai-kiai di Saung Shoang Pondok Huffadz Manbaul Quran Kampung Sukahati Desa Kalanganyar Labuan Pandeglang. Ide kreatif tersebut kemudian disambut baik dan mendapat dukungan dari kader NU, Ansor dan Banser di Kecamatan Labuan.  


Di kampungnya 100% warganya menjalankan amaliyah Islam Ahlussunnah Wal Jama'ah An-Nahdliyah. 


"Kami memperkenalkan NU di sini berjuang dari RT ke RT, dari warung satu menuju warung lain untuk mengajak anak-anak muda supaya mau bergabung dengan NU," katanya.  


Tak hanya itu, Kiai Siroj juga membentuk wadah pengajian bernama pengajian rutin Saung Shoang, malam selasaan dan sehabis Jumatan. Wadah tersebut menjadi sarana dalam memperkenalkan dan menyebarkan benih-benih NU kepada generasi muda mengenai NU secara struktural ataupun kultural.  


"Kami ingin menunjukan bahwa di kampung kami NU itu ada, bukan hanya sekedar mitos belaka. Kami ingin nantinya generasi kami bergabung dengan kami berjuang melalui NU," tegasnya.  


Kiai Siroj melanjutkan, untuk mewujudkan khidmat terhadap NU di kampungnya, ia bersama sahabat sudah membangun panggung besar. Kemudian, muncul ide untuk merayakan peringatan-peringatan tradisi NU yang selalu diselenggarakan rutin di sana.  



Kiai Siroj berharap dengan sering terselenggaranya acara-acara NU di Labuan nantinya, dan ditambah baru selesainya pembangunan Tugu Satu Abad NU (TUSANU) di Kampung Sukahati, semua orang bangga dengan NU. 


"Dan dengan gagah berani mengatakan, 'Saya NU, Saya bangga jadi warga NU!' Karena NU adalah kita, dan kita adalah NU," pungkasnya.


Untuk mewujudkan Kampung NU di Labuan, tentunya seluruh kader harus bergerak. Seluruh kader NU untuk benar-benar maksimal berkhidmah di Nahdlatul Ulama. 


Terlebih dengan adanya program Kampung NU yang diharapkan mampu lebih membumikan syiar Ahlussunah wal Jamaah An-Nahdliyah di wilayah ujung barat pulau Jawa ini. 


Untuk bisa mewujudkan Kampung NU di di Labuan, semua warga NU harus sama-sama bergerak. Terlebih Pengurus harus mau Ngurusi dan sebagai Kader penggerak harus mau bergerak. Tidak akan bisa terwujud kampung NU jika pengurus tidak mau mengurus dan penggerak tidak mau bergerak, tegasnya. 


Sementara Ketua MWCNU Labuan Ustad Uung Humaedi mengajak para kader untuk terus memperkuat khidmah dengan penuh kepercayaan diri. Sebagai Kader NU kita harus kuat, harus percaya diri untuk menyiarkan NU kepada masyarakat di lingkungan kita, ajaknya. 


Oleh karena itu, MWCNU Labuan selalu menggelar acara-acara NU ini untuk lebih menguatkan khidmah NU dari para kader Penggerak NU yang sudah mencapai ratusan kader. 


Selain juga memperkuat tali silaturahim antar kader NU untuk meng-upgrade agar semakin kuat dan percaya diri dalam menjalankan ibadah dan muamalah sebagi warga NU. 


MWCNU Labuan mengajak kepada pengurus dan warga NU untuk terus menguatkan dan menyiarkan amaliah-amaliah NU di masyarakat. 


Aktivitas tahlilan, yasinan, qunut subuh, nyekar, ziarah kubur dan lain-lain menurutnya tidak bisa diragukan lagi dalil-dalilnya. Kesemua itu jelas ada rujukan haditsnya dan shahih yang pada kesempatan tersebut ia jelaskan dengan jelas dan sangat rinci. 


Terakhir, Kepala Kantor Kemenag Pandeglang Amin Hidayat menyampaikan dalam keterangannya mengenai tujuan kegiatan Haul Muassis Nahdlatul Ulama ini.


"Tujuannya untuk kegiatan haul ini untuk mendoakan muasis dan untuk mendoakan agar acara puncak resepsi dapat berjalan dengan lancar semuanya," ungkap Amin.


"Melalui Satu Abad, semoga NU makin jaya, kemudian tidak meninggalkan pokok kaidah-kaidah, yaitu memelihara nilai-nilai lama yang baik serta mengambil nilai baru lebih baik itu menjadi motor Nahdlatul Ulama," ucap Amin Hidayat.


Sori Endah Ketua Panitia Pelaksana kegiatan ini berharap Semoga agenda ini, terus diagendakan tiap tahun agar menjadi bukti bakti seorang santri terhadap kiayi muassis NU di Wilayah MWC. Masing-masing.


Kami berharap agenda ini, terus diagendakan tiap tahun agar menjadi bukti bakti seorang santri terhadap kyai muassis NU di Wilayah MWC. Masing-masing, Tutupnya.


Di akhir kegiatan, yakni pada pukul 00.00 WIB, lebih tepatnya tengah malam, dilakukan pembacaan do'a Haul Para Muasis dan Harlah 1 Abad Nahdlatul Ulama secara bersamaan. Doa sendiri dipimpin langsung oleh KH Mohammad Suhri Utsman. (Wan)

COMMENTS















































































Nama

.,3,.berita terkini,11108,.beritaterkini,6,.kalbar,17,(Merlung),5,abiansemal,5,Aceh,35,ACEH SINGKIL,78,Aceh Tamiang,23,Aceh Tengah,120,ACEH TENGGARA,2,ACEH TIMUR,2,Aceh Utara,5,advertorial,21,aek kanopan,1,Aekkanopan,9,agam,19,aimas,3,ALAI.,5,Alor,1,ambon,7,amlapura,66,ampana,1,anjatan,2,Anyer,1,AS,1,Asahan,7,babel,1,badau,1,badung,655,Bagansiapiapi,4,bakan,1,BALAESANG,1,bali,1037,balige,12,BALIKPAPAN,6,balut.berita terkini,3,Banda Aceh,16,BANDAR LAMPUNG,39,Bandar Seri Begawan,1,bandara,7,Bandung,180,Bandung Barat,23,banggai,11,bangka,2,bangka barat,1,Bangka Belitung,5,Bangka Tengah,2,bangkep,1,BANGKEP - RN,1,BANGKINANG,5,bangli,864,Bangun Purba,1,Banguwangi,1,Banjar,23,Banjarnegara,8,bantaeng,46,Banten,153,Banyuasin,6,Banyumas,13,Banyuwangi,148,barito utara,1,Barru,6,Batam,103,batang,67,BATANG HARI,3,batang kuis,3,BATU,7,batu bara,72,baturaja,4,baturiti,2,bekasai,1,Bekasi,2411,bekasi terkini,3,Bekasi Utara,1,belawan,2,Belitung,218,Belitung Timur,17,Beltim,225,belu,2,benakat,1,bener,1,Bener Meriah,481,BENGKALIS,89,Bengkayang,77,BENGKULU,6,BENGKULU SELATAN,19,BENGKULU UTARA,1,benoa,7,BER,3,BERI,1,beria terkini,1,beriita terkini,3,berit terkini,2,berita,1,berita terikini,1,Berita terkini,3311,berita terkini daerah,1,berita terkini.,1,berita terkinia,1,berita terkink,1,berita terkinu,2,berita tetkini,1,beritaterkini,4,beritq terkini,1,berta terkini,1,Bima,2,binjai,3,Bintan,9,Bintuni,1,Bitung,6,blahbatu,2,blahbatuh,26,Blitar,15,Blora,2,BMKG,1,BNN,1,Bogor,460,BOGOR TIMUR,71,Bola,1,BOLAANG MONGONDOW,3,bolmong,538,Bolmong raya,4,Bolmong selatan,16,bolmong timur,2,bolmong utara,1,bolmongsiar,1,bolmut,2,BOLNONG,1,bolong mopusi,1,bolsel,8,boltim,18,bone,3,BOYOLALI,2,Brebes,173,bualu,1,Bukit Tinggi,52,bukittinggi,19,buleleng,228,BUMIMORO,1,BUNGKU,1,Buol,91,BUTENG,1,Catatan Radar Nusantara,10,Ciamis,85,Cianjur,18,Cibinong,15,Cibitung,3,cikampek,45,Cikampek barat,1,Cikande,1,Cikarang,104,CIKARANG BARAT,1,CIKARANG PUSAT,1,cikarang utara,2,Cilacap,11,Cilegon,48,cilengsi,3,Cileungsi,41,Cimahi,461,Cimanggung,1,Cirebon,562,Cirebon Kota,2,Cisarua,1,citeureup,1,Dabo Singkep,266,daer,2,Daerah,7584,daerah Terkini,2,daerh,1,Daik Lingga,3,Dairi,245,Deli Serdang,54,Deli tua,1,deliserdang,1,demak,51,Denpasa,4,denpasar,894,denpasar timur,3,Dentim,1,Depok,642,derah,5,dharmasraya,6,DIY,8,Dolok,4,Doloksanggul,75,Dompu,2,Donggala,179,donri donri,1,DPRD Kab. Bekasi,11,DPRD Kota Bekasi,99,DPRD LamSel,8,Dumai,28,Dumoga,179,Dumoga Utara,2,duri,3,Ekonomi,3,EMPAT LAWANG,16,ende,2,eretan,1,Erkini,1,Fakfak,2,fakta,1,Garut,101,gianyar,841,gilimanuk,1,gorontalo,67,Gowa,107,Gresik,1,GROBOGAN,2,gunung mas,2,Gunung Putri,2,gunungsitoli,2,hamparan perak,1,HL,23,HSU,1,Hukum,11,HUMAS BELTIM,6,humbahas,14,Indonesia,5,INDRA,1,Indragiri hulu,5,indralaya,44,Indramayu,35,Indrapura,15,info,1,INHIL,48,inhilriau,1,INHU,8,Jabar,22,jaka,4,Jakarta,1826,Jakarta barat,2,jakarta selatan,5,jakarta timur,3,jakarta utara,3,Jambi,160,jateng,5,jatijajar,1,JATIM,7,Jawa Barat,48,Jawa Tengah,12,Jawa Timur,13,Jayapura,56,Jember,8,jembrana,310,Jeneponto,23,Jepara,106,jimbaran,3,Jombang,4,kab,7,kab .Bandung,208,Kab 50 Kota,4,kab Bandung,30,kab. Agam,1,Kab. Bandung,3875,kab. bekasi,195,Kab. Bogor,27,Kab. Brebes,61,kab. buru,1,KAB. CIREBON,2,KAB. DAIRI,1,kab. Garut,1,Kab. Gumas,1,kab. Kajen,1,Kab. Kapuas Hulu,8,kab. Karawang,2,KAB. KARO,2,Kab. Kuningan,84,kab. langkat,3,kab. malang,1,Kab. Minahasa Tenggara,1,KAB. PELALAWAN,2,Kab. Serang,7,Kab. Serdang Bedagai,4,Kab. Sukabumi,12,kab. tangerang,6,Kab. Tasikmalaya,97,Kab. Toba,8,kab.agam,1,Kab.Bandung,1877,kab.barru,3,Kab.Bekasi,398,kab.bogor,31,KAB.BOGOR.BERITA TERKINI,1,kab.buru,2,Kab.Caringin,1,Kab.Dogiyai Papua Tengah,1,kab.garut,2,kab.langkat,2,Kab.Malang,3,Kab.Nganjuk,6,kab.pekalongan,26,Kab.Samosir,8,KAB.SEMARANG,1,Kab.Sergai,5,KAB.SINJAI,5,kab.sorong,3,Kab.Sumedang,26,Kab.Tangerang,28,kab.Tasikmalaya,52,Kab.Way kanan,29,KABANJAHE,1,kabBandung,2,Kabupaten Bandung Barat,1,KABUPATEN SINJAI,3,KABUPATEN SINJAJ,3,kaimana,4,Kajen,4,Kalbar,591,kalideres,1,Kalimantan Barat,9,kalimantan timur,15,kalipuro,1,Kalsel,10,Kalteng,264,Kaltim,25,Kampar,181,Kampar Kiri,4,Kampar Riau,304,kapuas,3,Kapuas Hulu,278,kara,1,karanganyar,1,karangasem,902,Karawang,344,karawang Berita terkini,1,KARIMUN,12,KARIMUN - RN,1,KARO,27,katapang,1,KATINGAN,6,kayong utara,6,keban agung,1,KEBUMEN,1,Kec.Ukui,1,Kediri,67,KEEROM,27,Kendari,4,kepahiang,4,KEPRI,4,Kepulauan Riau,10,Kerinci,23,keritang inhil,1,kerobokan,11,KETAPANG,17,kintamani,1,klapanunggal,1,klungkung,530,KOBAR,1,kolaka,1,Kolaka Utara,1,Kominfo Kab.Bekasi,34,konawe selatan,1,Korupsi,9,kota agung,1,KOTA BATU,1,KOTA KOTOMOBAGU,5,KOTA MANNA,2,KOTA METRO,29,kota pekalongan,8,Kota Sorong,10,kotabaru,1,Kotabumi,1,KOTAMIBAGU,3,Kotamobagu,108,kotawaringin barat,3,KOTAWARINGIN TIMUR,4,KOTIM,11,kriminal,5,Kronjo,1,Kuala Kapuas,6,kuala lumpur,1,Kuala Tungkal,9,kuansing,15,kuantan,1,kuantan Sengingi,4,kubu,4,kubu raya,63,KUDUS,123,Kuningan,1618,kupang,3,kuta,18,kuta badung,3,kuta selatan,3,kuta utara,9,KUTAI KERTANEGARA,9,Kutai Timur,12,Kutim,6,l,1,Labuhan Bajo,1,Labuhan Batu,18,Labura,407,labusel,1,Lahat,31,LAMBATA,1,Lamongan,3,Lampung,98,Lampung Barat,196,LAMPUNG METRO,105,LAMPUNG SELATAN,65,Lampung Tengah,23,Lampung Timur,466,Lampung Utara,794,LAMPUNGUTARA,1,lampura,20,landak,6,langkat,6,langsa,3,LANTAMAL V,86,LANTAMAL X JAYAPURA,20,lawang kidul,46,lebak,205,LEMBATA,7,LIMAPULUHKOTA,6,Lingga,1081,liwa,13,Loksado,1,lolak,1,LOLAYAN,3,Lombok,6,Lombok barat,5,Lombok tengah,13,lombok timur,132,Lombok Utara,1,LOTIM,12,lotim.berita terkini,37,LUBUK LINGGAU,17,Lubuk Pakam,8,lubuk sikaping,1,lubuklinggau,16,lubuksikapaing,1,LUBUKSIKAPING,1,lukun,1,Lumajang,7,Lumanjang,1,Luwu,2,Luwuk,8,luwuk banggai,13,m,1,M.Labuhan,1,Mabar,1,madina,1,madura,1,Magelang,4,mahakam hulu,1,majaleMajalengka,1,Majalengka,638,majalengMajalengka,1,majalenMajalengka,1,majalMajalengka,1,majaMajalengka,1,majene,3,maka,1,makasar,3,makassar,212,malaka,1,Malang,192,Maluku,8,Maluku tengah,2,MALUKU UTARA,2,MAMAJU.RN,3,MAMASA,195,MAMUJU,219,MAMUJU TENGAH,7,Manado,66,mancanegara,1,mandau,1,mangapura,3,Manggar,91,Manggarai,1,manggarai barat,2,mangupura,178,Manokwari,165,mansel,1,marga,1,maros,1,mataram,13,MATENG,7,Mauk,2,Maybrat,1,medan,248,Mekar Baru,1,melawi,15,MEMPAWAH,1,mengwi,8,mentawai,1,merak,5,merangin,93,MERANTI,969,MERAUKE,7,Merbau,3,Mesuji,75,metro,216,metro lampung,10,meulaboh,1,Minahasa,7,Minahasa Selatan,5,Minahasa Tenggara,2,Minahasa Utara,1,Minas,1,Minut,1,miranti,1,Mojokerto,560,monokwari,2,morowali,29,MOROWALI UTARA,1,MORUT,3,moskow,1,Muara Belida,1,Muara Bulian,1,muara bungo,3,Muara Enim,583,muara Tami,2,Muaro Jambi,4,muba,8,Mukomuko,81,muratara,534,murung raya,2,Musi Banyuasin,15,MUSI RAWAS,35,musirawas,7,Nabire,1,Naibenu,1,namlea,4,Nangka Bulik,2,Nasional,16,Natuna,95,negara,5,negara batin,1,ngawi,3,Nias barat,21,NTB,75,NTT,14,nunukan,25,nusa dua,1,Ogan Ilir,7,OKI,3,OKU,2,Oku Selatan,566,Oku Timur,52,olahraga,1,Opini,14,P. Bharat,1,P.SIANTAR,12,PACITAN,2,Padang,16,Padang Lawas,14,PADANG PANJANG,2,padang pariaman,1,padang sidimpuan,1,Pagaralam,34,Pagimana,1,Pahuwato,1,Pakpak Bharat,21,pakuan ratu,2,Pakuhaji,2,Palangka raya,347,Palas,23,palelawan,44,Palembang,102,pali,2,palopo,1,Palu,230,palu utara,1,Paluta,66,pamekasan,2,Panang Enim,2,pancur batu,1,pand,1,pande,1,pandegelang,3,Pandeglang,2438,Pangandaran,23,Pangkalan Kerinci,3,pangkalanbun,5,Pangkalpinang,21,pangkep,4,pantai labu,1,Papandayan,1,Papua,96,PAPUA BARAT,227,papua barat daya,2,papua tengah,2,parapat,2,PARIAMAN,10,Parigi,6,Parigi Moutong,19,PARIMO,1063,PARIMOUT,1,Parlemen,32,PARUNG PANJANG,1,Pasaman,14,Pasangkayu,1,pasbar,1,Pasir Pangarayan,1,PASSI,1,PASSI TIMUR,6,Pasuruan,2,PATI,190,Patia,1,patrol,17,PAYAKUMBUH,9,PEBAYURAN,2,Pekalongan,88,pekan baru,7,Pekanbaru,537,Pekanbaru Riau,1627,pelalawan,26,pemalang,3,Pematangsiantar,47,pemekas,1,Pemkab Bekasi,7,Pemkot Bekasi,6,penanaman,1,penang Enim,2,Pendidikan,81,pengkadan,1,Penukal Abab Lematang Ilir (PALI),116,perbaungan,1,perimo,2,peristiwa,16,Permohonan,1,pesawaran,27,pesel,1,Pesisir Barat,2,Pesisir Barat,2,PESISIR SELATAN,1,Pilkada,1,pintianak,1,PIPIKORO,1,PN.TIPIKOR,2,polda jabar,1,Polhukam,154,Politik,2,polman,1,polres Pekalongan,2,ponorogo,1,pontia,1,Pontianak,1425,Poso,6,prabumulih,1,primo,9,Pringsewu,50,probolinggo,2,PROTOKOL DOLOK SANGGUL,1,PT Bukit Asam,1,Pulang Pisau,5,pulau merbau,7,pulau tidung,1,pulpis,1,purbalingga,5,Purwakarta,1874,Purwokerto,2,Putussibau,58,Rabat,4,radar,3,Radar Artikel,36,Radar Selebrity,3,ragam,58,raja ampat,6,rambang dangku,1,RANGSANG,11,RANGSANG BARAT,1,rangsang pesisir,3,rantauprapat,1,rejang lebong,5,REMBANG,3,Renah mendalu,1,rengasdengklok,1,rengat,1,Riau,192,Rohil,6,rokan,1,Rokan Hilir,54,rokan hulu,16,Rongurnihuta,1,rote ndao,1,Sabang,57,Samarinda,60,sambas,2,sambilan,1,sampang,76,SAMPI,1,Sampit,652,Sangatta kutim,1,Sanggau,15,Sangihe,2,sar,1,Sarolangun,460,sekadau,7,SELAT PANJANG,10,SELATPANJANG,2,Selayar,18,selong,3,Semarang,62,Semarapura,43,semende,1,SEMOGA,2,SEMOGA TENGGARA,1,SENTANI,2,sentul,1,Seram Bagian Barat,1,Serang,500,Serdang Bedagai,42,Sergai,32,Seruyan,19,SIAK,22,siak hulu,9,sian,1,sibau hulu,1,Sibolga,166,siborongborong,1,sidikalang,1,SIDOARJO,6,SIDRAP,15,Sigi,103,silaen,1,Simalungun,152,simpang apek,1,Singaparna,10,singaraja,46,SINGKAWANG,14,SINGKEP BARAT,1,Sinjai,6,sintang,44,situbondo,6,slawi,2,sleman,2,solo,10,SOLOK,18,Solok Selatan,9,Soppeng,38,Sorong,308,Sorong selatan,4,Sragen,34,Subang,2114,SUKABUM,1,Sukabumi,571,sukawati,3,Sukoharjo,1,Sukra,1,Sulawesi,3,Sulawesi Selatan,34,sulawesi tengah,57,sulawesi tenggara,1,Sulbar,350,Sulsel,30,Sulteng,328,Sulut,386,Sumatera Selatan,6,SUMATERA UTARA,6,SUMB,1,sumba barat,1,Sumbar,73,Sumbawa,6,Sumbawa Barat(NTB),5,Sumedang,166,sumenep,47,sumsel,43,Sumut,108,Sungai Penuh,1,sungai tohor,3,Sunggal,2,SURABAYA,113,Surakarta,2,tabanan,694,tajabbarat,1,Takalar,203,talangpadang,5,TAMBANG,1,Tambraw,3,Tambraw - RN,6,tana toraja,1,tanah,1,tanah datar,2,TANAH JAWA,5,Tanah Karo,122,Tangerang,463,Tangerang Selatan,105,tangg,1,tanggamus,140,Tanjab Barat,973,Tanjab Timur,140,tanjabbar,1,Tanjabtim,1,tanjung agung,8,tanjung balai,4,Tanjung Enim,145,Tanjung Jabung timur,1,tanjung makmur,1,TANJUNG PINANG,14,tanjung samak,1,tanjung selor,1,tanjungenim,2,TANOYAN,8,Tapanuli Selatan,6,Tapanuli Tengah,99,Tapanuli Utara,31,tapung,3,tapung hulu,4,tarakan,1,tarutu,1,tarutung,46,Tasikmalaya,401,tebi,1,tebin,1,tebing,1,Tebing Tinggi,132,tebing tinggi timur,1,tebingtinggi barat,11,Teekini,11,Teelini,1,Tegal,38,tekini,5,Telawang,1,teluk bintani,1,teluk buntal,1,telukuantan,5,temanggung,2,tembilahan,2,tembuku,2,Teminabuan,6,tenan,1,Tenggarong,1,ter,1,Terjini,3,TERJUN GAJAH,1,Terk,1,Terki,1,Terki i,3,Terkii,1,Terkiji,4,Terkimi,1,Terkin,9,Terkin8,1,Terkini,49394,Terkinii,1,Terkinin,1,TERKINIO,1,TERKINIP,2,Terkino,11,Terkinu,1,terkiri,9,TERKNI,3,Terkuni,2,Terlini,2,Termini,4,ternate,1,Tetkini,14,Timika,2,Toabo,1,toba,41,toili banggai,3,tolikara,2,tolitol,3,Tolitoli,1449,tolotoli,3,TOMOHON,5,Touna,109,Trenggalek,20,Trkini,1,Tterkini,1,tuba,1,tuba barat,11,Tuerkini,1,Tulang Bawang,14,Tulang Bawang Barat,9,Tulung agung,2,Tulungagung,304,Twrkini,1,ubud,25,Waibakul,1,Waisai,23,wajo,1,warseno,1,WAY KANAN,38,way tuba,1,wonosari,1,Yogyakarta,11,
ltr
item
RADAR NUSANTARA NEWS: Gelar Tasyakuran 1 Abad NU,Para Kiai Berkumpul di Labuan
Gelar Tasyakuran 1 Abad NU,Para Kiai Berkumpul di Labuan
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiXnyyDSylgtL85zLAtwo1jhEJFPtbuOlC04XEDSNjKJsq0C2mQKDo6Mlm-oVhlDVinacPaDHElvRzqDgl_Z8jIOMs84qztCXke20N39vJvHdp-n2ceIMk7rSp0Gaj1TEFSG2TNeQgzfZxWx_UbAbiCNpJjYbED4rKKufqxoFQDtlKiy-XEg9sLh2TX/s320/IMG-20230319-WA0160.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiXnyyDSylgtL85zLAtwo1jhEJFPtbuOlC04XEDSNjKJsq0C2mQKDo6Mlm-oVhlDVinacPaDHElvRzqDgl_Z8jIOMs84qztCXke20N39vJvHdp-n2ceIMk7rSp0Gaj1TEFSG2TNeQgzfZxWx_UbAbiCNpJjYbED4rKKufqxoFQDtlKiy-XEg9sLh2TX/s72-c/IMG-20230319-WA0160.jpg
RADAR NUSANTARA NEWS
https://www.radarnusantara.com/2023/03/gelar-tasyakuran-1-abad-nupara-kiai.html
https://www.radarnusantara.com/
http://www.radarnusantara.com/
http://www.radarnusantara.com/2023/03/gelar-tasyakuran-1-abad-nupara-kiai.html
true
8338290086939464033
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy