Dra. Elis Herawati, M.Pd, Srikandi SMK Jabar

SUMEDANG, RN  Srikandi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Jawa Barat rasanya layak disematkan pada Dra.Elis Herawati, M.Pd. Pasalnya, ia saat i...


SUMEDANG, RN 

Srikandi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Jawa Barat rasanya layak disematkan pada Dra.Elis Herawati, M.Pd. Pasalnya, ia saat ini tengah dipercaya menjabat Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK di Wilayah Pasundan ini.


Kepercayaan tersebut sangat pantas. Pasalnya, menurut pandangan para kepala SMK, Elis adalah perempuan berdedikasi dan memiliki etos kerja luar biasa dalam memajukan dunia pendidikan. Khususnya, menggerakan para kepala SMK di Jawa Barat agar menjadi manager handal yang mampu mengelola sekolah dan meningkatkan kompetensi para staf pendidiknya untuk terus relevan dengan kompetensi yang digunakan dan dibutuhkan industri dan dunia kerja.


Sementara, saat ditemui di ruang kerjanya, Elis mengaku, posisinya sebagai Ketua MKKS SMK Jabar adalah amanah yang mesti dijalankan dengan penuh rasa tanggungjawab. Untuk itu, ia tidak pernah setengah-setengah dalam menjalankan tugas. Selalu all out demi kepentingan dan kemajuan SMK di tanah Pasundan.


Sebagai contoh, Elis kerap mendukung penuh setiap program Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (PSMK). Karena, ia paham betul seluruh program kerja PSMK sangat bersentuhan dengan pengembangan kelompok kerja kepala sekolah agar efektif sebagai forum komunikasi, konsultasi dan kerjasama kekeluargaan kepala sekolah guna meningkatkan optimalisasi layanan dan prestasi serta mutu pendidikan SMK.


Tak hanya itu, PSMK juga selalu mencoba memperluas wawasan dan pengetahuan kepala sekolah dalam upaya membangun sekolah yang efektif dalam kontek Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) era otonomi daerah. Dan, meningkatkan mutu pendidikan dalam suasana kondusif dengan meningkatkan kinerja kepala sekolah sebagai ujung tombak terjadinya perubahan pendidikan SMK.


"Karena program PSMK sangat beririsan dengan program kerja MKKS Jawa Barat, maka sudah seharusnya kami selalu mendukung penuh segenap program-programnya. Intinya, kami selalu berupaya untuk meningkatkan kompetensi para kepala sekolah, sehingga mereka mampu berinovasi atau menciptakan hal-hal baru dalam pengembangan sekolah yang dipimpinnya," jelas Elis, saat ditemui di ruangan kerjanya.


Selain mendukung program PSMK, lanjut Elis, MKKS Jabar juga seringkali melakukam sharing dengan kelompok kerja sekolah yang berada di wilayah lain. 


"Kita juga sering berkomunikasi atau sharing dengan MKKS di luar Jawa Barat. Diantaranya, membahas pelaksanaan peningkatan mutu pendidikan dengan menggunakan instrument akreditasi sekolah untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan sekolah, mengembangkan sistem evaluasi terhadap pelaksanaan manajeman sekolah," terangnya.

Inovasi SMKN 2 Sumedang

Sebagai bagian dari sistem pendidikan nasional, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bertujuan menghasilkan tenaga kerja terampil yang memiliki kemampuan sesuai dengan tuntutan kebutuhan dan persyaratan dunia kerja, serta mampu mengembangkan potensi diri dalam mengadopsi dan beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. 


Maka, semenjak dipercaya menahkodai SMKN 2 Sumedang, Elis mengaku langsung memikirkan cara agar bisa berkontribusi dan memberikan dampak positif bagi sekolah. Tujuan dari pikiran sederhananya ini untuk menjadikan sekolah tak lagi kekurangan, sehingga mutu pendidikan yang diharapkan siswa, guru dan orang tua siswa bisa diwujudkan dengan kepemimpinannya.


Tak heran, saat pertama kali ditugaskan di SMKN 2 Sumedang, hal pertama yang jadi prioritas Elis adalah SDM dan sarana prasarana. Salah satunya, etalase sekolah yang harus nyaman bagi para tamu.


"Makanya, langkah awal yang saya benahi adalah lobi sekolah. Agar siapapun tamu yang ingin mendapatkan informasi dari SMKN 2 Sumedang benar-benar merasa nyaman. Kenyamanan juga tentu harus bisa dirasakan oleh siswa dan para guru," beber Elis.


Saat disinggung soal jurusan yang ada di SMKN 2 Sumedang, dengan antusias Elis menjabarkan, sekolahnya memiliki empat kompetensi keahlian. Yakni, Akutansi, Otomatisasi dan Tata kelola Perkantoran (OTKP), Bisnis Daring dan Pemasaran (BDB), dan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL).


"Saat pertama kali tugas, saya tak melihat kekurangan dari empat kompetensi ini, hanya saja belum optimal. Untuk itu, menjadi kewajiban saya untuk mengoptimalkannya," terang Elis.


"Misal, masalah SDM. Saya kira telah bekerja sesuai bidangnya masing-masing, tapi belum ada target jelas. Jika bekerja tanpa target, tentu tak akan bisa mengukur hasil yang hendak dicapai," imbuhnya.


Kendati demikian, SDM SMKN 2 Sumedang sudah baik, tinggal mengarahkan saja. Terbukti, setelah digerakan Elis, segenap SDM yang ada langsung mampu bekerja dengan baik.


Tak hanya SDM, Elis juga serius menangani sarana prasarana. Perempuan yang memiliki prinsip "Tidak hanya memberi contoh, tapi harus bisa menjadi contoh ini" sedikit demi sedikit mulai membenahi soal ini. Tujuannya, sarana prasarana yang dibutuhkan bisa terpenuhi guna menghasilkan kualitas peserta didik lebih unggul.


Optimalkan Program Ekstrakulikuler

Selain memiliki empat kompetensi, SMKN 2 Sumedang juga coba mengoptimalkan program ekstrakulikuler yang sarana parasarananya tersedia. Program ini bertujuan untuk menunjang keterampilan dan bisa membekali siswa di luar latar belakang komptensi. Sebut saja, tata rias, tata boga, fotografer, dan menjahit.


"Untuk Tata rias, saya lihat peralatannya sudah lengkap layaknya salon kecantikan. Guna lebih mengoptimalkannya kita terus membenahi dan mengatur agar bisa mendatangkan guru tamu dari luar atau bekerjasama dengan IWAPI," paparnya.


Misal, siswa jurusan Akutansi tak hanya menguasai soal hitung-hitungan, tapi memiliki keahlian bidang tata rias. Dengan keahlian ini, siswa bersangkutan setidaknya bisa merias untuk temannya atau tetangganya yang mau undangan, dan lain sebagainya.


"Tujuan akhir kami, dengan memiliki keahlian para siswa bisa memiliki kerja sampingan dan nilai tambah sehingga tak terjebak dalam lingkaran pengangguran," jelasnya.


Sementara saat bicara peningkatan mutu pendidikan, hal pertama yang dilakukan Elis adalah meningkatkan SDM. Setidaknya ada tiga poin yang dibenahi. Pertama, kompetensi guru, kedua membenahi dan melengkapi sarana prasarana yang dibutuhkan, dan terakhir adalah kolaborasi antar mata pelajaran. Artinya, siswa tak hanya belajar teori, tapi aplikatif. Misal, dalam Bisnis Center, SMKN 2 Sumedang bekerjasama dengan Alfamart, sehingga ketika praktik, para siswa layaknya di Alfamart sesungguhnya.


Untuk bidang wirausaha, SMKN 2 Sumedang juga coba meningkatkan kemampuan anak tentang cara berwirausaha dengan cara mendirikan warung kewirausahaan. Praktiknya, para siswa secara bergilir memasok makanan yang dijual kepada teman-temannya. Mereka juga secara bergilir menjadi tukang warung, seperti jadi jadi reseller, kasir dan lain sebagainya.


Tujuan program tersebut agar lulusan SMKN 2 Sumedang tidak menjadi pengangguran. Mereka bisa bekerja sesuai dengan latar belakang kompetensi dan bisa memanfaatkan ilmu dari program ekstrakulikuler yang pernah diikuti.


Para siswa SMKN 2 Sumedang juga diberi keterampilan pelajaran IPAS. Dalam pelajaran ini para siswa bakal mampu menghasilkan suatu produk. Misal, membuat sabun cair cuci tangan, cuci piring dan lain sebagainya.


"Nah, ketika mereka lulus, setidaknya bisa menghasilkan suatu produk yang bisa dijual meski dengan modal kecil," pungkas Elis. (ARIS )

COMMENTS



























































































Nama

.,3,.berita terkini,11108,.beritaterkini,6,.kalbar,17,(Merlung),5,abiansemal,9,Aceh,35,aceh besar,1,ACEH SINGKIL,78,Aceh Tamiang,23,Aceh Tengah,120,ACEH TENGGARA,2,ACEH TIMUR,2,Aceh Utara,5,advertorial,21,aek kanopan,1,Aekkanopan,9,agam,19,aimas,3,ALAI.,5,Alor,1,ambon,7,amlapura,66,ampana,1,anjatan,2,Anyer,1,AS,1,Asahan,7,babel,1,badau,1,badung,675,Bagansiapiapi,4,bakan,1,BALAESANG,1,bali,1156,balige,14,BALIKPAPAN,6,balut.berita terkini,3,Banda Aceh,17,BANDAR LAMPUNG,39,Bandar Seri Begawan,1,bandara,7,Bandung,186,Bandung Barat,23,banggai,15,bangka,2,bangka barat,1,Bangka Belitung,5,Bangka Tengah,2,bangkep,1,BANGKEP - RN,1,BANGKINANG,5,bangli,915,Bangun Purba,1,Banguwangi,1,Banjar,23,Banjarnegara,8,bantaeng,46,Banten,165,Banyuasin,6,Banyumas,13,Banyuwangi,148,barito utara,2,Barru,6,Batam,104,batang,67,BATANG HARI,3,batang kuis,3,BATU,7,batu bara,73,baturaja,4,baturiti,2,bekasai,1,Bekasi,2567,bekasi berita terkini,1,bekasi terkini,3,Bekasi Utara,1,belawan,2,Belitung,219,Belitung Timur,17,Beltim,225,belu,2,benakat,1,bener,1,Bener Meriah,481,BENGKALIS,143,Bengkayang,77,BENGKULU,6,BENGKULU SELATAN,19,BENGKULU UTARA,1,benoa,9,BER,3,BERI,1,beria terkini,1,beriita terkini,3,berit terkini,2,berita,1,berita berita terkini,1,berita teekini,1,berita terikini,1,Berita terkini,3453,berita terkini daerah,1,berita terkini.,1,berita terkinia,1,berita terkink,1,berita terkinu,2,berita tetkini,1,beritaterkini,4,beritq terkini,1,berta terkini,1,Bima,2,binjai,3,Bintan,9,Bintuni,1,Bitung,7,blahbatu,2,blahbatuh,35,Blitar,15,Blora,2,BMKG,1,BNN,1,Bogor,465,BOGOR TIMUR,71,Bola,1,BOLAANG MONGONDOW,3,bolmong,555,Bolmong raya,4,Bolmong selatan,19,bolmong timur,2,bolmong utara,1,bolmongsiar,1,bolmut,2,BOLNONG,1,bolong mopusi,1,bolsel,12,boltim,18,bone,3,BOYOLALI,2,Brebes,173,bualu,1,Bukit Tinggi,52,bukittinggi,19,buleleng,234,BUMIMORO,1,BUNGKU,1,bunta banggai,3,Buol,91,BUTENG,1,Catatan Radar Nusantara,10,Ciamis,85,Cianjur,18,Cibinong,15,Cibitung,3,cikampek,46,Cikampek barat,1,Cikande,1,Cikarang,104,CIKARANG BARAT,1,CIKARANG PUSAT,1,cikarang utara,2,Cilacap,12,Cilegon,51,cilengsi,3,Cileungsi,41,Cimahi,461,Cimanggung,1,Cirebon,562,Cirebon Kota,2,Cisarua,1,citeureup,1,Dabo Singkep,266,daer,2,Daerah,7715,daerah Terkini,2,daerh,1,Daik Lingga,3,Dairi,245,Deli Serdang,54,Deli tua,1,deliserdang,1,demak,51,Denpasa,5,denpasar,967,denpasar timur,3,Dentim,1,Depok,652,derah,5,dharmasraya,6,DIY,8,Dolok,4,Doloksanggul,75,Dompu,2,Donggala,179,donri donri,1,DPRD Kab. Bekasi,11,DPRD Kota Bekasi,99,DPRD LamSel,8,Dumai,29,Dumoga,186,Dumoga Utara,2,duri,3,Ekonomi,3,EMPAT LAWANG,19,ende,2,eretan,1,Erkini,1,Fakfak,2,fakta,1,Garut,102,gianyar,895,gilimanuk,1,gorontalo,68,Gowa,107,Gresik,2,GROBOGAN,2,gunung mas,2,Gunung Putri,2,gunungsitoli,2,hamparan perak,1,HL,23,HSU,1,Hukum,11,HUMAS BELTIM,6,humbahas,14,iklan,2,Indonesia,5,INDRA,1,Indragiri hulu,6,indralaya,44,Indramayu,35,Indrapura,15,info,1,INHIL,51,inhilriau,1,INHU,8,Jabar,22,jaka,4,Jakarta,1878,Jakarta barat,2,jakarta selatan,5,jakarta timur,3,jakarta utara,3,Jambi,162,jateng,5,jatijajar,1,JATIM,7,Jawa Barat,48,Jawa Tengah,13,Jawa Timur,13,Jayapura,56,Jayawijaya,1,Jember,9,jembrana,310,Jeneponto,23,Jepara,106,jimbaran,3,Jombang,4,kab,7,kab .Bandung,208,Kab 50 Kota,4,kab Bandung,31,kab. Agam,1,Kab. Bandung,3876,kab. bekasi,195,Kab. Bogor,27,Kab. Brebes,61,kab. buru,1,KAB. CIREBON,2,KAB. DAIRI,1,kab. Garut,1,Kab. Gumas,1,kab. Kajen,1,Kab. Kapuas Hulu,8,kab. Karawang,2,KAB. KARO,2,Kab. Kuningan,93,kab. langkat,3,kab. malang,1,Kab. Minahasa Tenggara,1,KAB. PELALAWAN,2,Kab. Serang,7,Kab. Serdang Bedagai,4,Kab. Sukabumi,12,kab. tangerang,6,Kab. Tasikmalaya,110,Kab. Toba,8,kab.agam,1,Kab.Bandung,1877,kab.barru,3,kab.beka,1,Kab.Bekasi,398,kab.bogor,31,KAB.BOGOR.BERITA TERKINI,1,kab.buru,2,Kab.Caringin,1,Kab.Dogiyai Papua Tengah,1,kab.garut,2,kab.langkat,2,Kab.Malang,3,Kab.Nganjuk,11,kab.pekalongan,26,Kab.Samosir,9,KAB.SEMARANG,1,Kab.Sergai,5,KAB.SINJAI,5,kab.sorong,3,Kab.Sumedang,26,Kab.Tangerang,28,kab.Tasikmalaya,66,Kab.Way kanan,29,KABANJAHE,1,kabBandung,2,Kabupaten Bandung Barat,1,KABUPATEN SINJAI,3,KABUPATEN SINJAJ,3,kaimana,4,Kajen,4,Kalbar,591,kalideres,1,Kalimantan Barat,9,kalimantan timur,15,kalipuro,1,Kalsel,10,Kalteng,265,Kaltim,25,Kampar,195,Kampar Kiri,4,Kampar Riau,318,kapuas,3,Kapuas Hulu,278,kara,1,karanganyar,1,karangasem,968,Karawang,346,karawang Berita terkini,1,KARIMUN,12,KARIMUN - RN,1,KARO,27,katapang,1,KATINGAN,6,kayong utara,6,keban agung,1,KEBUMEN,1,Kec.Ukui,1,Kediri,74,KEEROM,27,Kendari,4,kepahiang,4,KEPRI,5,Kepulauan Riau,10,Kerinci,23,keritang inhil,1,kerobokan,13,KETAPANG,17,kintamani,1,klapanunggal,1,klungkung,531,KOBAR,1,kolaka,1,Kolaka Utara,1,Kominfo Kab.Bekasi,34,konawe selatan,1,Korupsi,9,kota agung,1,KOTA BATU,1,KOTA KOTOMOBAGU,5,KOTA MANNA,2,KOTA METRO,29,kota pekalongan,8,Kota Sorong,10,kotabaru,1,Kotabumi,1,KOTAMIBAGU,3,Kotamobagu,111,kotawaringin barat,3,KOTAWARINGIN TIMUR,4,KOTIM,11,kriminal,5,Kronjo,1,Kuala Kapuas,6,kuala lumpur,1,Kuala Tungkal,9,kuansing,15,kuantan,1,kuantan Sengingi,4,kubu,4,kubu raya,64,KUDUS,123,Kuningan,1668,kupang,4,kuta,20,kuta badung,3,kuta selatan,5,kuta utara,16,KUTAI KERTANEGARA,9,Kutai Timur,12,Kutim,6,l,1,Labuhan Bajo,1,Labuhan Batu,18,Labura,407,labusel,1,Lahat,31,LAMBATA,1,Lamongan,3,Lampung,99,Lampung Barat,196,LAMPUNG METRO,105,LAMPUNG SELATAN,65,Lampung Tengah,23,Lampung Timur,466,Lampung Utara,794,LAMPUNGUTARA,1,lampura,20,landak,6,langkat,6,langsa,3,LANTAMAL V,86,LANTAMAL X JAYAPURA,20,lawang kidul,46,lebak,208,LEMBATA,7,LIMAPULUHKOTA,6,Lingga,1145,liwa,13,Loksado,1,lolak,1,LOLAYAN,3,Lombok,6,Lombok barat,5,Lombok tengah,13,lombok timur,139,Lombok Utara,1,LOTIM,12,lotim.berita terkini,37,LUBUK LINGGAU,17,Lubuk Pakam,8,lubuk sikaping,1,lubuklinggau,16,lubuksikapaing,1,LUBUKSIKAPING,1,lukun,1,Lumajang,7,Lumanjang,1,Luwu,2,Luwuk,13,luwuk banggai,33,m,1,M.Labuhan,1,Mabar,1,madina,1,madura,1,Magelang,4,mahakam hulu,1,majaleMajalengka,1,Majalengka,639,majalengMajalengka,1,majalenMajalengka,1,majalMajalengka,1,majaMajalengka,1,majene,3,maka,1,makasar,3,makassar,212,malaka,1,Malang,192,Maluku,8,Maluku tengah,2,MALUKU UTARA,2,MAMAJU.RN,3,MAMASA,195,MAMUJU,219,MAMUJU TENGAH,7,Manado,67,mancanegara,1,mandau,1,mangapura,4,Manggar,91,Manggarai,1,manggarai barat,2,mangupura,238,Manokwari,165,mansel,1,marga,1,maros,1,mataram,13,MATENG,7,Mauk,2,Maybrat,1,medan,255,Mekar Baru,1,melawi,15,MEMPAWAH,1,mengwi,14,mentawai,1,merak,5,merangin,93,MERANTI,969,MERAUKE,7,Merbau,3,Mesuji,75,metro,216,metro lampung,10,meulaboh,1,mimika,1,Minahasa,7,Minahasa Selatan,5,Minahasa Tenggara,2,Minahasa Utara,1,Minas,1,Minut,2,miranti,1,Mojokerto,561,monokwari,2,morowali,30,MOROWALI UTARA,1,MORUT,3,moskow,1,Muara Belida,1,Muara Bulian,1,muara bungo,3,Muara Enim,583,muara Tami,2,Muaro Jambi,4,muba,8,Mukomuko,81,muratara,534,murung raya,2,Musi Banyuasin,15,MUSI RAWAS,35,musirawas,7,Nabire,1,Naibenu,1,namlea,4,Nangka Bulik,2,Nasional,16,Natuna,95,negara,5,negara batin,1,ngawi,4,Nias barat,21,NTB,75,NTT,14,nunukan,25,nusa dua,1,Ogan Ilir,7,OKI,3,OKU,2,Oku Selatan,566,Oku Timur,52,olahraga,1,Opini,14,P. Bharat,1,P.SIANTAR,12,PACITAN,2,Padang,16,Padang Lawas,14,PADANG PANJANG,2,padang pariaman,1,padang sidimpuan,2,Pagaralam,34,Pagimana,1,Pahuwato,1,Pakpak Bharat,21,pakuan ratu,2,Pakuhaji,2,Palangka raya,348,Palas,23,palelawan,44,Palembang,103,pali,2,palopo,1,Palu,290,palu utara,2,Paluta,66,pamekasan,2,Panang Enim,2,pancur batu,1,pand,1,pande,1,pandegelang,3,Pandeglang,2548,Pangandaran,23,Pangkalan Kerinci,3,pangkalanbun,5,Pangkalpinang,21,pangkep,4,pantai labu,1,Papandayan,1,Papua,96,PAPUA BARAT,227,papua barat daya,2,papua tengah,2,parapat,2,PARIAMAN,10,Parigi,6,Parigi Moutong,20,PARIMO,1065,PARIMOUT,1,Parlemen,32,PARUNG PANJANG,1,Pasaman,14,Pasangkayu,1,pasbar,1,Pasir Pangarayan,1,PASSI,1,PASSI TIMUR,6,Pasuruan,2,PATI,190,Patia,1,patrol,17,PAYAKUMBUH,9,PEBAYURAN,2,pecatu,1,Pekalongan,88,pekan baru,7,Pekanbaru,554,Pekanbaru Riau,1644,pelalawan,26,pemalang,3,Pematangsiantar,47,pemekas,1,Pemkab Bekasi,7,Pemkot Bekasi,6,Penajam Paser Utara,1,penanaman,1,penang Enim,2,Pendidikan,81,pengkadan,1,Penukal Abab Lematang Ilir (PALI),116,perbaungan,1,perimo,2,peristiwa,16,Permohonan,1,pesawaran,27,pesel,1,Pesisir Barat,2,Pesisir Barat,2,PESISIR SELATAN,1,Pilkada,1,pinrang,1,pintianak,1,PIPIKORO,1,PN.TIPIKOR,2,polda jabar,1,Polhukam,154,Politik,2,polman,1,polres Pekalongan,2,ponorogo,1,pontia,1,Pontianak,1430,Poso,13,prabumulih,1,primo,9,Pringsewu,54,probolinggo,4,PROTOKOL DOLOK SANGGUL,1,PT Bukit Asam,1,Pulang Pisau,5,pulau merbau,7,pulau tidung,1,pulpis,1,purbalingga,5,Purwakarta,1875,Purwokerto,2,Putussibau,58,Rabat,6,radar,3,Radar Artikel,42,Radar Selebrity,3,ragam,58,raja ampat,6,rambang dangku,1,RANGSANG,11,RANGSANG BARAT,1,rangsang pesisir,3,rantauprapat,1,rejang lebong,5,REMBANG,4,Renah mendalu,1,rengasdengklok,1,rengat,1,Riau,196,Rohil,6,rokan,1,Rokan Hilir,55,rokan hulu,16,Rongurnihuta,1,rote ndao,1,Sabang,57,Samarinda,60,sambas,2,sambilan,1,sampang,76,SAMPI,1,Sampit,652,Sangatta kutim,1,Sanggau,16,Sangihe,2,sar,1,Sarolangun,460,sekadau,7,SELAT PANJANG,10,SELATPANJANG,2,Selayar,18,selong,3,Semarang,64,Semarapura,43,semende,1,SEMOGA,2,SEMOGA TENGGARA,1,SENTANI,2,sentul,1,Seram Bagian Barat,1,Serang,518,Serdang Bedagai,42,Sergai,32,Seruyan,19,SIAK,22,siak hulu,9,sian,1,sibau hulu,1,Sibolga,166,siborongborong,1,sidikalang,1,SIDOARJO,7,SIDRAP,15,Sigi,103,silaen,1,Simalungun,167,simpang apek,1,Singaparna,10,singaraja,50,SINGKAWANG,15,SINGKEP BARAT,1,Sinjai,6,sintang,44,situbondo,6,slawi,2,sleman,2,solo,10,SOLOK,18,Solok Selatan,9,Soppeng,38,Sorong,309,Sorong selatan,4,Sragen,34,suabang,1,Subang,2189,SUKABUM,1,Sukabumi,571,sukawati,4,Sukoharjo,1,Sukra,1,Sulawesi,3,Sulawesi Selatan,34,sulawesi tengah,57,sulawesi tenggara,1,Sulbar,361,Sulsel,30,Sulteng,389,Sulut,423,Sumatera Selatan,6,SUMATERA UTARA,6,SUMB,1,sumba barat,1,Sumbar,73,Sumbawa,6,Sumbawa Barat(NTB),5,Sumedang,176,sumenep,50,sumsel,43,Sumut,109,Sungai Penuh,1,sungai tohor,3,Sunggal,2,SURABAYA,116,Surakarta,3,tabanan,745,tajabbarat,1,Takalar,203,talangpadang,5,TAMBANG,1,Tambraw,3,Tambraw - RN,6,tana toraja,1,tanah,1,tanah datar,2,TANAH JAWA,5,Tanah Karo,122,Tangerang,467,Tangerang Selatan,105,tangg,1,tanggamus,142,Tanjab Barat,974,Tanjab Timur,141,tanjabbar,1,Tanjabtim,1,tanjung agung,8,tanjung balai,4,Tanjung Enim,153,Tanjung Jabung timur,1,tanjung makmur,1,tanjung morawa,1,TANJUNG PINANG,14,tanjung samak,1,tanjung selor,1,tanjungenim,2,tanjungperak,1,TANOYAN,8,Tapanuli Selatan,7,Tapanuli Tengah,99,Tapanuli Utara,31,tapung,3,tapung hulu,4,tarakan,1,tarutu,1,tarutung,53,tasik,1,Tasikmalaya,427,tebi,1,tebin,1,tebing,1,Tebing Tinggi,139,tebing tinggi timur,1,tebingtinggi barat,11,Teekini,11,Teelini,1,Tegal,39,tekini,5,Telawang,1,teluk bintani,1,teluk buntal,1,telukuantan,5,temanggung,2,tembilahan,2,tembuku,2,Teminabuan,6,tenan,1,Tenggarong,1,ter,1,Terjini,3,TERJUN GAJAH,1,Terk,1,Terki,1,Terki i,3,Terkii,1,Terkiji,4,Terkimi,1,Terkin,9,Terkin8,1,Terkini,50868,Terkinii,2,Terkinin,1,TERKINIO,1,TERKINIP,2,Terkino,11,Terkinu,1,terkiri,9,TERKNI,3,Terkuni,2,Terlini,2,Termini,4,ternate,1,Tetkini,14,Timika,2,Toabo,1,toba,41,toili banggai,6,Tokyo,1,tolikara,2,tolitol,3,Tolitoli,1464,tolotoli,3,TOMOHON,5,Touna,150,Trenggalek,20,Trkini,1,Tterkini,1,tuba,1,tuba barat,11,Tuerkini,1,Tulang Bawang,14,Tulang Bawang Barat,9,Tulung agung,2,Tulungagung,304,Twrkini,1,ubud,25,Waibakul,1,Waisai,23,wajo,1,warseno,1,WAY KANAN,38,way tuba,1,wonosari,1,Yogyakarta,11,
ltr
item
RADAR NUSANTARA NEWS: Dra. Elis Herawati, M.Pd, Srikandi SMK Jabar
Dra. Elis Herawati, M.Pd, Srikandi SMK Jabar
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEimM5OFpS5Um7BKP7ZOYEk-nxgH6SN_9GAYfvfhzumQ73FiYapNyV6iUFdKRvVXw8NJz-p1nh0fyYWh7HwP8cC4AExCCKg7b_IYcDDdHTJiIjqOte-s9-fTNkAvIFGxT2Z0-z3_wTEhrUwGBAjLOeUJfw15Y9gtZyfHvBD7xhmhe0s5ML1XHrobzKjneBs/s320/IMG-20240704-WA0087.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEimM5OFpS5Um7BKP7ZOYEk-nxgH6SN_9GAYfvfhzumQ73FiYapNyV6iUFdKRvVXw8NJz-p1nh0fyYWh7HwP8cC4AExCCKg7b_IYcDDdHTJiIjqOte-s9-fTNkAvIFGxT2Z0-z3_wTEhrUwGBAjLOeUJfw15Y9gtZyfHvBD7xhmhe0s5ML1XHrobzKjneBs/s72-c/IMG-20240704-WA0087.jpg
RADAR NUSANTARA NEWS
http://www.radarnusantara.com/2024/07/dra-elis-herawati-mpd-srikandi-smk-jabar.html
http://www.radarnusantara.com/
http://www.radarnusantara.com/
http://www.radarnusantara.com/2024/07/dra-elis-herawati-mpd-srikandi-smk-jabar.html
true
8338290086939464033
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy